carisinyal web banner retina

10 Merk Router Terbaik yang Mendukung Wi-Fi 6, Ada Apa Saja?

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Baik untuk aktivitas hiburan maupun produktivitas, rasanya tidak mungkin publik bisa lepas dari keberadaan internet. Pasalnya, internet sudah menjadi bagian yang melekat di keseharian, seperti untuk bermain gim daring, streaming, mencari informasi, hingga melakukan pekerjaan kantoran.

Bagi yang kesehariannya lebih sering dihabiskan di rumah, tentu memerlukan router Wi-Fi agar kebutuhan internet selalu terpenuhi. Pasalnya, internet rumahan dengan menggunakan ISP (Internet Service Provider) lebih nyaman dibandingkan jaringan internet seluler.

Salah satu versi protokol router yang paling modern adalah Wi-Fi 6 yang merupakan generasi lanjutan dari Wi-Fi 5 dan Wi-Fi 4. Kendati mampu sama-sama terhubung dengan pita jaringan 5 GHz seperti Wi-Fi 5, tapi dukungan kecepatan maksimalnya kini lebih tinggi.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk menggunakan router yang dukung Wi-Fi 6, agar kecepatan internet bisa terasa lebih maksimal sekalipun banyak perangkat yang terhubung. Berikut ini Tim Carisinyal sajikan merk-merk ternama sekaligus produk router-nya sebagai bahan pertimbangan.

1. ASUS RT-AX3000

ASUS RT-AX3000_
Cek Harga Produk Ini:

ASUS merupakan salah satu perusahaan elektronik ternama di dunia. Perusahaan asal Taiwan ini telah memproduksi berbagai kategori perangkat seperti smartphone, laptop, kartu grafis, hingga router. Maka tidak heran ia menjadi salah satu merk terbaik yang mengeluarkan produk router Wi-Fi 6.

Adalah ASUS RT-AX 3000, router yang mendukung jaringan Wi-Fi 6 802.11 ax yang memiliki kecepatan yang begitu tinggi, jangkauan luas, juga fitur-fitur yang begitu lengkap dan modern. Router ini menggunakan fitur OFDMA dan MU-MIMO, sehingga dapat mengirimkan data ke banyak perangkat sekaligus secara bersamaan.

Router ASUS ini juga dilindungi dengan fitur AiProtection Pro guna menghindari ancaman malware. Tersedia juga port RJ45 agar pengguna bisa mendapatkan koneksi yang lebih kencang lagi, yakni dengan menghubungkan kabel LAN ke perangkat.

Kecepatan maksimal yang didukung router ini adalah hingga 3000 Mbps, turut mengandalkan teknologi beamforming agar sinyalnya bisa menjangkau perangkat dengan jarak yang lebih jauh. Router ini juga kompatibel dengan protokol jaringan di generasi sebelumnya, seperti Wi-Fi 5 dan WI-Fi 4.

Anda bisa mengandalkan router ini untuk berbagai keperluan, baik itu di rumah maupun di kantor. Entah itu untuk melakukan streaming film di resolusi 4K tanpa hambatan, memastikan ping selalu rendah saat memainkan gim eSport, atau untuk melakukan backup data besar dengan waktu singkat. Semua akan lancar dengan router ASUS RT-AX3000 ini.

Tapi sayangnya, mendapatkan router ini memang tidak mudah karena memerlukan biaya cukup banyak. ASUS RT-AX3000 bisa Anda dapatkan di toko online dengan kisaran harga Rp2,3 jutaan.

2. TP-Link Archer AX10

TP-Link Archer AX10_
Cek Harga Produk Ini:

Kalau mau mendapatkan router Wi-Fi 6 dengan harga cukup bersahabat, TP-Link Archer AX10 adalah jawabannya. TP-Link merupakan brand asal Cina yang memasuki pasar Indonesia sejak tahun 2002, berfokus pada penjualan dan distribusi perangkat jaringan seperti router, switch, dan kartu jaringan.

Dengan hanya membayarkan dana sebesar Rp700 ribuan saja, Anda bisa bawa pulang TP-Link Archer AX10 yang pastinya sudah mendukung protokol Wi-Fi 6. Fitur-fiturnya mencakup dukungan speed hingga maksimal 1,5 Gb per detik (1201 Mbps untuk 5 GHz dan 300 Mbps untuk pita 2,4 GHz), beamforming, hingga teknologi MU-MIMO.

Turut dibekali dengan OFDMA, router pun dapat mentransmisikan data pada lusinan perangkat secara bersamaan dengan latensi yang rendah. Selain itu, beamforming yang dipadukan dengan empat buah antena bisa memfokuskan sinyal kepada masing-masing perangkat demi jangkauan yang lebih luas.

Terdapat juga empat buah port LAN untuk menghubungkan kabel RJ45 ke konsol gim, TV, dan juga komputer. Ini tentu sangat berguna untuk aktivitas streaming dan download agar semakin lancar dan stabil. Yang menariknya lagi, router Wi-Fi 6 besutan TP-Link ini punya antarmuka yang begitu intuitive.

Pengguna bisa dengan mudah melakukan setup router seperti mengatur parental control, atau sekadar melakukan pemasangan awal dalam hitungan menit. Bahkan dengan menggunakan aplikasi Tether, pengguna bisa melakukan setup hanya dari smartphone.

Tapi karena router ini terbilang murah, memang ada beberapa fitur yang tidak disediakan. Salah satunya adalah fitur keamanan yang bisa melindungi dari malware. Lalu, perangkat juga tidak menyediakan port ethernet dengan kecepatan 2.5 Gbps.

Bagi yang mencari router untuk gedung bertingkat, benda satu ini terasa kurang cocok karena tidak menyuguhkan kapabilitas mesh.

3. NETGEAR Nighthawk 12-Stream AX12

NETGEAR Nighthawk 12-Stream AX12_
Cek Harga Produk Ini:

Pertumbuhan pasar Netgear sebagai suatu brand terbilang pesat. Memasuki pasar Indonesia pada 2000-an, perusahaan asal Amerika Serikat ini memiliki diversifikasi portofolio produk yang cukup beragam.

Mulai dari router, perangkat penyimpanan jaringan (NAS), switch, hingga access point, Netgear berhasil menarik minat pengguna di Indonesia berkat inovasi modern, kinerja mumpuni, serta dukungan layanan purna jual yang optimal pada setiap produknya.

Salah satu router WI-Fi 6 terbaik besutan merk tersebut adalah NETGEAR Nighthawk 12-Stream AX12, dibanderol dengan harga cukup tinggi yaitu Rp10,9 jutaan. Harganya yang selangit ini tentu bukan tanpa alasan.

Begitu banyak benefit ditawarkan produk ini. Contohnya adalah mendukung standar Wi-Fi 6, memiliki teknologi 12 stream dengan dukungan kecepatan unduh hingga 6 Gb per detik, MU-MIMO+ dengan delapan aliran data, serta prosesor kencang dual core berfrekuensi 1.8 GHz.

Kinerjanya dalam menangani banyak perangkat sekaligus sungguh layak diacungi jempol. Ini tak lain karena dukungan prosesor berperforma cepat ditambah dengan dukungan teknologi OFDMA agar bisa mengirimkan data ke banyak perangkat tanpa mengorbankan kecepatan.

Anda pun bisa membangun cloud storage pribadi dengan cara membagikannya pada perangkat yang terhubung. Nantinya, pengguna pun melakukan perpindahan data menggunakan USB Port 3.0 sebanyak dua buah.

Pada sisi keamanan, tersedia fitur NETGEAR Armor yang dicanangkan oleh BitDefender sebagai antivirus dan anti-malware pada skala jaringan internet. Berbekal empat buah port 1 GHz dan satu buah port LAN 2.5 GHz, pengguna bisa merasakan kecepatan internet jauh lebih stabil secara kabel.

Kekurangan router ini mencakup desainnya yang agak mencolok, sehingga mungkin saja tidak preferable bagi sebagian pengguna. Ukurannya yang cukup besar juga terasa kurang praktis untuk penyimpanan.

4. Linksys E7350 Dual-Band AX1800

Linksys E7350 Dual-Band AX1800_
Cek Harga Produk Ini:

Linksys pertama kali didirikan pada 1988 di California, Amerika Serikat. Perusahaan elektronik ini memasuki pasar perangkat jaringan di Indonesia pada 2000-an awal. Sejak saat itu, perusahaan ini menjadi salah satu merk pemasok router berkualitas yang bisa diandalkan.

Dan tentu saja merk ini juga memiliki produk router Wi-Fi 6 yang tidak kalah saing, yaitu Linksys E7350 Dual-Band AX1800. Perangkat yang mendukung generasi Wi-Fi generasi ke-6 ini mendukung hingga kecepatan nirkabel 1,8 Gb per detik. Kecepatan tersebut merupakan gabungan dari 1200 Mbps di pita jaringan 5 GHz dan 600 Mbps di pita 2,4 GHz.

Sebagai salah satu router Wi-Fi 6 terbaik, tentu ia mengandalkan fitur beamforming untuk dapat memiliki jangkauan yang sangat luas. Adapun supaya berbagai perangkat bisa merasakan internet kencang saat digunakan bersamaan, modem menghadirkan fitur OFDMA dan juga MU-MIMO.

Router ini juga cenderung unggul lantaran mudah di-setup oleh orang awam sekalipun. Berkat antarmukanya yang user friendly, pengaturan network bisa dilakukan dengan waktu yang relatif singkat. Bahkan tersedia juga aplikasi Linksys di smartphone untuk melakukan pengaturan dan monitoring jaringan.

Namun agak disayangkan, router ini hanya menggunakan antena internal (tanpa antena eksternal). Sehingga jika dipasangkan pada wilayah yang banyak gangguan fisik, kemungkinan akan mengurangi kemampuan dalam memancarkan sinyal.

Pun pada fitur keamanannya, router hanya disertai enkripsi dasar WPA3 tanpa dukungan keamanan tingkat lanjut untuk menghadang DDoS. Tidak adanya port USB di modem ini juga berarti pengguna tidak dapat menghubungkan storage eksternal atau melakukan printer sharing.

Di luar itu semua, Linksys E7350 Dual Band AX1800 ini punya konstruksi bodi yang compact dan mudah melebur dengan perangkat lainnya di sebuah ruangan. Anda bisa dapatkan router ini seharga Rp1,3 jutaan.

5. D-Link R15 AX1500

D-Link R15 AX1500_
Cek Harga Produk Ini:

Seperti beberapa brand lain yang telah disebutkan di artikel ini, D-Link juga merupakan merk ternama yang sudah memasuki pasar Indonesia sejak lama. Berdiri di Taiwan sejak 1986, perusahaan ini telah meluncurkan serangkaian produk jaringan seperti router dan switch.

Sebagai tambahan, D-Link juga turut memperkaya diversifikasi portofolio produk dengan mengeluarkan akses poin dan kamera IP. Baik itu UMKM, perusahaan besar, maupun individu, sudah banyak yang terbantu oleh produk jaringan komputer buatannya.

D-Link R15 EAGLE PRO AI AX1500 adalah salah satu router Wi-Fi 6 terbaik yang memiliki cukup banyak keunikan. Selain mendukung kecepatan nirkabel yang cukup tinggi (1,5 Gb per detik), modem ini juga sudah gunakan teknologi AI Mesh. Teknologi ini berfungsi agar pengguna bisa menambahkan unit modem tambahan untuk meraih jangkauan lebih luas.

Mengecek performa jaringan dan mengelola perangkat yang terhubung juga semakin mudah menggunakan aplikasi di smartphone. Tidak perlu lagi membuka web di PC untuk dapat mengaplikasikan kontrol terhadap internet di rumah atau kantor Anda.

Atau, Anda pun bisa pergunakan Amazon Alexa dan Google Assistant untuk memberikan perintah pada router melalui suara. Melalui aplikasi Eagle Pro AI, pengguna bisa mengatur parental control dan health mode untuk gaya hidup keluarga yang lebih teratur, dan aman dari ancaman radiasi elektromagnetik.

6. Tenda TX9 AX3000

Tenda TX9 AX3000_
Cek Harga Produk Ini:

Kelebihan utama dari Tenda TX9 AX3000 adalah kecepatan maksimalnya yang begitu tinggi yaitu 2976 Mbps. Kecepatan ini merupakan kombinasi dari kecepatan 574 Mbps di pita 2,4 GHz dan 2402 Mbps di pita 5 GHz.

Dapur pacu router menggunakan inti dual core dengan clock speed hingga 1.6 GHz. Performanya begitu andal untuk mengurangi gangguan saat streaming film 4K atau memainkan gim virtual reality.

Tenda yang merupakan perusahaan perangkat jaringan asal Cina ini dibangun pada tahun 1999. Ia pun turut menghiasi persaingan router Wi-Fi 6 dengan kualitasnya yang bisa dibanggakan.

Didukung dengan empat buah antena eksternal dan teknologi OFDA + MU-MIMO, router Tenda ini bisa menjangkau jarak yang begitu luas di lingkungan rumah berukuran kecil dan sedang. Berapa pun perangkat yang terhubung juga akan mendapatkan kecepatan internet yang cepat tanpa saling terganggu satu sama lain.

Sejumlah fitur andalan turut hadir, seperti teknologi mesh yang bisa diatur dalam sekali klik, IPv6, keamanan enkripsi WPA3, serta empat port ethernet untuk memaksimalkan bandwidth dari ISP yang Anda gunakan. Tenda TX9 AX3000 Wi-Fi 6 bisa Anda beli seharga Rp1.04 jutaan.

7. Huawei AX6 Router

Huawei AX6 Router_
Cek Harga Produk Ini:

Siapa yang tidak kenal Huawei? Perusahaan elektronik yang telah banyak meluncurkan smartphone dan tablet ini juga meluncurkan produk router yang mendukung WI-Fi 6.

Ya, produk tersebut dinamakan Huawei AX6 Router, mendukung hingga kecepatan maksimal 7.200 Mb per detik. Untuk mengunduh file besar, streaming, atau bahkan cloud gaming, router seharga Rp1,6 jutaan ini sangat bisa diandalkan.

Di dalam router sudah ada fitur Huawei GameTurbo 2.0 yang dapat mendeteksi aktivitas gim ponsel, serta langsung menghubungkan perangkat dengan jalur tercepat untuk mengurangi delay sebanyak 20 persen.

Router ini menggunakan HarmonyOS yang merupakan sistem operasi besutan Huawei. Antarmukanya cukup intuitif, pengguna dapat mengatur perangkat internet dengan cara drag and drop saja. Tentunya tidak lupa dengan fitur parental control, di mana pengguna dapat melakukan blokir akses situs serta mengatur jadwal penggunaan internet.

8. Totolink X2000R AX1500 WiFi 6 

Totolink X2000R AX1500 WiFi 6 _
Cek Harga Produk Ini:

Untuk penggunaan internet di rumah, router Wi-Fi 6 dari Totolink yang satu ini mungkin sudah cukup memuaskan untuk Anda. Adalah Totolink X2000R AX1500, modem yang mendukung hingga kecepatan internet 1501 Mbps untuk pengalaman internet yang gesit dan menyenangkan.

Di bodinya pun sudah ada port WAN dan LAN untuk menyajikan kecepatan yang lebih kencang lagi melalui kabel RJ45. Seperti router lain pada umumnya, tidak ketinggalan juga fitur beamforming untuk memfokuskan arah sinyal dalam mencari masing-masing perangkat serta MU-MIMO dan OFDMA untuk mengurangi latensi saat terhubung ke banyak perangkat.

Tidak lupa, terdapat juga sejumlah pengaturan mesh yang memungkinkannya terhubung dengan satu unit router lagi demi jangkauan yang lebih luas. Router dari perusahaan besutan Cina tersebut cocok untuk pemenuhan ekosistem smart home di rumah.

Harganya yang terjangkau juga sudah pasti membuatnya jadi incaran banyak pengguna, yakni hanya Rp540 ribuan saja. Setiap unitnya juga sudah dipersiapkan dengan jaminan garansi selama 3 tahun. Worth it, bukan?

9. MERCUSYS MR70X AX1800 

MERCUSYS MR70X AX1800 _
Cek Harga Produk Ini:

Siapa pun yang sering berkecimpung di dunia jaringan internet tentu tidak lagi asing dengan nama Mercusys. Ia sudah menjadi pemain lama di dunia perangkat jaringan, dan menjadi salah satu merk terbaik yang hasilkan router Wi-Fi 6.

Router tersebut diberi nama Mercusys MR70X AX1800, yang sesuai namanya, dikemas dengan dukungan kecepatan hingga 1.8 Gb per detik (gabungan dari 1201 Mb per detik pada pita 5 GHz dan 574 Mb per detik pada pita jaringan 2.4 GHz).

Router ini disebutkan memiliki kapasitas 4x lipat lebih luas dengan teknologi OFDMA dan MU-MIMO. Sehingga, baik itu IP kamera, laptop, HP, konsol, dan Smart TV terhubung di waktu sama, semua perangkat tadi tetap bisa merasakan kecepatan yang benar-benar total.

Kalau dirasa kurang cepat, bisa memanfaatkan gigabit wired connection agar dapat meningkatkan kecepatan internet jauh lebih tinggi dengan menggunakan kabel LAN. Lebih uniknya lagi, perangkat jaringan ini dikemas dengan teknologi target wake time (TWT) yang dapat mengurangi konsumsi daya perangkat yang terhubung.

Dengan menggunakan empat buah antena segala arah yang dipadukan dengan beamforming, setiap sudut di rumah akan merasakan sinyal yang kencang. Cocok untuk rumah dengan ukuran yang luas.

Tersedia juga fitur smart connect yang dapat hubungkan router dengan perangkat, menggunakan pita jaringan yang memberikan kecepatan paling tinggi. Ada garansi resmi 1 tahun yang menunggu jika Anda memutuskan beli modem ini di harga Rp595 ribuan.

10. Xiaomi WiFi 6 Router AX1800

Xiaomi WiFi 6 Router AX1800_
Cek Harga Produk Ini:

Rasanya merk Xiaomi tidak lagi membutuhkan perkenalan, ya. Sama seperti Huawei, Xiaomi juga salah satu merk smartphone asal Tiongkok yang sangat terkenal. Diversifikasi produknya pun begitu lengkap, mencakup Smart TV, sepeda listrik, smartwatch, bahkan hingga pengisap debu.

Tidak mau ketinggalan, Xiaomi juga terlibat sebagai pemain utama di industri perangkat jaringan, loh. Salah satu router-nya yang paling kompeten adalah Xiaomi Wi-Fi 6 Router AX1800, dihargai sebesar Rp675 ribuan.

Xiaomi menyebutkan kecepatan unduhannya mencapai 624 Mbps dengan kecepatan unggahan hingga 37,7 Mbps. Kecepatan teoritis maksimal pada pita 2,4 GHz mencapai 574 Mbps, dengan kecepatan 5 GHz mencapai 1201 Mbps.

Untuk kemudahan dalam konektivitas ethernet gigabit, tersedia satu port WAN dan juga tiga buah port LAN. Tidak perlu khawatir soal performanya, lantaran router dibekali prosesor IPQ6000 4-core A53 berfrekuensi 1.2 GHz dengan NPU single-core hingga 1.5 GHz.

Router ini sanggup mengintegrasikan dual band menjadi satu dan memilih band terbaik secara otomatis. Teknologi beamforming dan MU-MIMO juga jelas hadir sebagai fitur wajib agar sinyal ditangkap dengan optimal, serta mendukung ekosistem smart home dengan banyak perangkat.

Terdapat juga teknologi BSS Coloring untuk membuat sinyal tetap kuat meski terhalang oleh gangguan fisik, seperti pilar, tembok, dan semacamnya. Lalu saat ada perangkat tak dikenal yang terhubung ke Wi-Fi, router akan mengirimkan notifikasi secara real-time. Pengguna lalu bisa memblokir perangkat tersebut dengan hanya sekali sentuhan.

Nah, itu tadi sejumlah merk ternama sekaligus produk router terbaik yang sudah menggunakan protokol Wi-Fi 6. Dengan gunakan benda-benda ini, pengguna bisa merasakan kecepatan internet yang melesat tinggi ketimbang Wi-Fi 5.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram