10 Rekomendasi Merk Stabilizer untuk Kamera HP Terbaik 2023

Ditulis oleh Dikdik Saparudin

Kamera merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah ponsel pintar masa kini. Tidak sedikit orang yang membeli ponsel dari sisi kamera. Meski kemampuannya belum bisa menandingi kamera profesional, namun beberapa kamera HP telah menawarkan fitur-fitur hebat untuk memotret maupun merekam dalam kualitas tinggi.

Dalam hal merekam, sebagian pengguna ponsel pintar biasanya menggunakan alat bernama stabilizer kamera untuk memastikan perekaman yang mulus, stabil dan terlihat profesional. Alat ini dirancang lebih kecil dari tripod dan Anda dapat menggunakannya dengan cara digenggam, sehingga lebih portabel dan mudah dibawa saat bepergian.

Nah, saat ini ada banyak pilihan stabilizer kamera HP yang tersedia di pasaran. Jika Anda ingin membeli stabilizer kamera yang bagus untuk merekam dengan ponsel Anda, di bawah ini Carisinyal akan memberikan rekomendasi merk dan model terbaik untuk Anda.

1. DJI Osmo Mobile 3

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

DJI adalah perusahaan asal Tiongkok yang terkenal sebagai produsen drone untuk videografi dan fotografi udara. merancang dan memproduksi gimbal kamera, platform penerbangan, kamera, sistem propulsi, stabilizer kamera dan sistem kendali penerbangan. Salah satu model stabilizer kamera DJI yang kami rekomendasikan adalah DJI Osmo Mobile 3.

Dengan gimbal 3 sumbu yang secara efektif mengurangi rekaman goyang, Osmo Mobile 3 mampu memberikan gambar yang sangat halus dan stabil. DJI Osmo Mobile 3 juga memiliki desain yang ringan dan sangat responsif bereaksi terhadap gerakan Anda secara real time, memungkinkan Anda lebih fokus pada momen yang ada.

DJI Osmo Mobile 3 memiliki berat 405 gram yang relatif ringan dan portabel. Stabilizer kamera ini juga menawarkan grip yang ergonomis, yang nyaman dan sangat pas di telapak tangan, sehingga Anda bisa tetap nyaman memegangnya dalam waktu lama. Dan masih banyak lagi fitur-fitur unggulan yang ditawarkan produk seharga Rp 1,5 jutaan ini.

2. DJI Osmo Mobile 4

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

DJI merilis suksesor Osmo Mobile 3, yaitu DJI OM 4 atau DJI Osmo Mobile 4 pada Agustus 2020. Produk ini sudah bisa Anda dapatkan di Indonesia melalui sejumlah toko online dengan harga di angka Rp 2,1 jutaan. Lalu apa saja yang ditawarkan DJI Osmo Mobile 4 ini?

Salah satu fitur baru dan unggulan yang ditawarkan DJI Osmo Mobile 4 adalah Quick-Snap Magnetic Phone Attachment. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menempelkan ponsel secara magnetis pada gimbal. DJI menyebutkan kalau stabilizer gimbal pada perangkatnya ini sudah menahan bobot ponsel yang ada di pasaran saat ini.

Selain itu, DJI Osmo Mobile 4 juga hadir dengan komponen motor baru, sehingga gimbal mampu menciptakan gerakan yang lebih mulus dibanding generasi sebelumnya. Dan masih ada lagi fitur-fitur baru lainnya yang bisa Anda temukan di DJI Osmo Mobile 4.

3. Brica B-Steady Pro

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Brica adalah salah satu merk kamera yang cukup populer di Indonesia. Brand ini menawarkan kualitas dengan harga yang terjangkau dan kompetitif. Brica menawarkan produk stabilizer kamera HP yang disebut dengan B-Steady. Salah satu modelnya yang paling laku adalah B-Steady Pro yang dijual seharga Rp 1 jutaan.

Brica B-Steady Pro dilengkapi dengan motor 3 sumbu, baterai tahan lama, dan tripod mini, sehingga bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan perekaman. Baterainya yang berkapasitas 3600 mAh diklaim dapat bertahan hingga 12 jam serta dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel Anda. Fitur-fitur lainnya termasuk kontrol zoom, mode panorama, dan mode multi pelacakan.

4. Zhiyun Smooth 4

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kami juga merekomendasikan produk Zhiyun Smooth 4 dari Zhiyun-Tech, yang merupakan produsen global terkemuka dengan perangkat inovatif di gimbal ponsel, gimbal kamera DSLR dan stabilizer kamera aksi. Anda bisa mendapatkan Zhiyun Smooth 4 di angka Rp 1,1 jutaan.

Salah satu kelebihan stabilizer kamera HP ini terletak pada aplikasinya yang disebutkan menawarkan pengaturan yang lebih baik, seperti bukaan dan filter, dari produk kompetitor. Selain itu, aplikasinya juga terintegrasi dengan mulus dengan tombol pegangan, yang merupakan kabar bagus jika Anda tidak ingin sering menyentuh layar ponsel.

5. Brica B-Steady

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Versi reguler dari Brica B-Steady Pro dijual di bawah Rp 1 jutaan. Brica B-Steady mungkin tidak menawarkan kemampuan sebaik Brica B-Steady Pro, namun salah satu hal yang membuatnya unggul dari versi Pro terletak pada kapasitas baterai. Ya, stabilizer ini hadir dengan baterai 4000 mAh yang mungkin menawarkan daya tahan yang sedikit lebih lama.

Secara keseluruhan, Brica B-Steady menawarkan kemudahan dalam pengoperasian, sehingga cocok untuk pengguna pemula. Stabilizer ini memiliki tombol yang cukup sederhana dan mudah dimengerti. Gimbalnya juga cukup fleksibel karena bisa di-panning hingga 330 derajat; tilting 325 derajat; dan rolling 180 derajat.

6. Zhiyun Smooth X

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Zhiyun Smooth X juga bisa Anda dapatkan di bawah satu jutaan. Stabilizer ini menawarkan fleksibilitas yang bagus. Selain mudah dibawa-bawa, gimbal berputar seukuran ponsel dengan berat hanya 246 gram juga diklaim mampu memberikan rekaman yang sangat stabil dengan ponsel Anda.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram