carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Aksesoris / 10 Merk WiFi Adapter untuk PC dan Laptop Terbaik di 2021

10 Merk WiFi Adapter untuk PC dan Laptop Terbaik di 2021

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 9 Juli 2021

Jika Anda ingin merasakan pengalaman bermain game daring atau streaming video tanpa lag di PC Anda, Anda membutuhkan sebuah perangkat keras bernama adapter WiFi yang bagus. Perangkat ini dapat membantu Anda terhubung ke jaringan WiFi dengan optimal dengan kecepatan hingga ribuan Mbps, tergantung spesifikasi adapternya.

Lalu apa itu adapter WiFi? Menurut Techopedia, adapter WiFi atau umumnya disebut adapter nirkabel adalah perangkat keras yang umumnya terpasang ke komputer atau perangkat workstation lain untuk memungkinkannya terhubung ke sistem nirkabel.

Sebuah adapter WiFi biasanya datang dalam bentuk stik USB yang dapat langsung dicolokkan ke port komputer. Namun ada juga adapter yang berbentuk kartu jaringan PCI yang ditancapkan ke slot PCI pada motherboard komputer.

Di pasaran ada banyak merek-merek jaringan komputer yang membuat adapter WiFi berkualitas. Jika Anda bingung memilih mana yang terbaik, di bawah ini Carisinyal akan membahas beberapa merek terbaik yang direkomendasikan. Berikut adalah daftarnya.

1. Netgear

Netgear adalah perusahaan jaringan komputer terkemuka yang berasal dari Amerika Serikat. Jika Anda sedang mencari adapter WiFi berkualitas dan berperforma tinggi, Netgear adalah salah satu merek yang paling disarankan.

Salah satu model terbaiknya adalah Netgear A6210 AC1200 WiFi USB Adapter. Dijual seharga Rp 900 ribuan, WiFi adapter ini menawarkan fitur-fitur unggulan, termasuk sudah dilengkapi dengan USB 3.0 untuk akses data yang 10x lebih cepat.

Selain itu, Netgear A6210 AC1200 WiFi USB Adapter juga mengadopsi teknologi Beamforming+ yang membuat WiFi lebih kencang lagi. Dengannya Anda bisa melakukan streaming video HD secara bersamaan tanpa lemot.

Untuk pemakaian yang mudah dan nyaman, adapter WiFi dual band dengan kecepatan hingga 1200 Mbps tersebut juga dilengkapi dengan desktop dock. Sehingga selain dicolok langsung, Anda juga bisa meletakkannya berdiri di atas meja.

2. ASUS

Siapa bilang ASUS hanya membuat laptop dan HP? Ternyata lini produk ASUS terbilang luas. Merek ini juga menawarkan serangkaian produk adapter nirkabel yang berkualitas baik. Salah satu model terbaiknya adalah ASUS USB-AC68.

ASUS USB-AC68 memungkinkan Anda merasakan kecepatan WiFi dual-band AC1900 secara instan. Tinggal colok ke port USB PC atau laptop, Anda bisa berselancar di dunia dengan lancar tanpa lemot.

ASUS USB-AC68 memiliki desain 3x4 MIMO yang kuat dengan antena eksternal 3 posisi ganda dan beamforming ASUS AiRadar untuk penerimaan Wi-Fi yang luar biasa. Antarmukanya juga sudah USB 3.0 serta memiliki dudukan untuk pemosisian fleksibel untuk mencapai kinerja terbaik.

3. TP-Link

TP-Link mengklaim dirinya sebagai penyedia perangkat jaringan WiFi konsumen nomor 1 di dunia. Produk-produknya, termasuk adapter WiFi, sudah tersebar ke lebih dari 170 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Produk WiFi adapter TP-Link cukup beragam. Ada yang harganya murah di bawah 100 ribu dan ada juga yang dijual jutaan rupiah. Anda bisa memilih salah satunya yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Jika bingung, salah satu modelnya yang banyak dipilih adalah TP-Link TL-WN725N seharga Rp 80 ribuan.

TP-Link TL-WN725N yang memiliki desain mini ini mampu menyajikan kecepatan hingga 150 Mbps. Ini ideal untuk melakukan streaming video atau melakukan panggilan internet.

Selain mudah dipasang, adapter WiFi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terdepan serta fasilitas utilitas setup yang mudah dan terdapat pada 14 bahasa. Tak salah jika produk ini banyak dipilih oleh pengguna internet di Indonesia.

4. Prolink

Prolink juga termasuk penyedia produk jaringan nirkabel yang populer. Lebih dari itu, perusahaan ini memproduksi beragam aksesoris ponsel seperti pengisi daya mobil dan power bank serta produk cadangan daya.

Satu di antara produk adapter nirkabel yang ditawarkan oleh Prolink adalah Prolink DH-5102U AC650 yang dijual seharga Rp 130 ribuan. Adapter ini mendukung WiFi dual band yang menyediakan konektivitas fleksibel yang sesuai dengan standar 802.11 /g/n/ac.

Kecepatan yang ditawarkan oleh adapter WiFi Prolink AC650 adalah 433 Mbps pada 5 GHz yang ideal untuk streaming video HD dan game online dan 200 Mbps pada 2,4 GHz yang cocok untuk penggunaan sehari-hari seperti berselancar di web.

5. Edimax

Edimax adalah produsen produk-produk jaringan data yang berasal dari Taiwan. Untuk adapter nirkabel, Edimax menawarkan cukup banyak model yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Edimax EW-7822ULC menjadi salah satu modelnya yang paling populer.

Adapter WiFi tersebut menawarkan kecepatan maksimum hingga 300 Mbps (2,4GHz) dan 867 Mbps (5 GHz) dengan standar Wi-Fi 802.11ac dan kompatibel dengan standar 802.11a/b/g/n. Teknologi 11ac terbaru yang digunakannya memungkinkan beberapa perangkat terhubung secara bersamaan.

Meski ukurannya mungil, Edimax EW-7822ULC telah hadir dengan dukungan sinyal arah beamforming untuk meningkatkan kinerja WiFi dan menghadirkan jangkauan yang lebih baik serta lebih sedikit sinyal yang terbuang.

6. D-Link

Carisinyal juga merekomendasikan merek D-Link. Salah satu adapter WiFi yang bagus dari merek ini adalah model DWA-192. Adapter nirkabel ini memiliki bentuk yang unik. Alih-alih persegi, ia berbentuk bulat seperti bola.

Adapter DWA-192 ditenagai dengan desain antena 3 x 3 yang mendukung kecepatan hingga 600 Mbps pada 2,4 GHz dan 1300 Mbps pada 5 GHz untuk menghadirkan kecepatan nirkabel yang cepat dan lebih sedikit interferensi untuk throughput maksimum.

Fitur-fitur lainnya termasuk antarmuka USB 3.0, adanya tombol WPS, memiliki teknologi Advanced AC SmartBeam yang memfokuskan sinyal nirkabel ke router Anda untuk meningkatkan kualitas koneksi, dan lain sebagainya.

7. Tenda

Tenda adalah pemasok peralatan dan perangkat jaringan terdepan yang telah berdiri sejak tahun 1999. Produk-produknya, termasuk adapter nirkabel sudah banyak beredar di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Tenda U3 menjadi salah satu adapter terlaris dari Tenda. Menawarkan kecepatan hingga 300 Mbps, adapter tersebut mendukung mode SoftAP yang memfungsikan AP untuk mengubah jaringan kabel menjadi nirkabel, membuat jaringan LAN nirkabel cepat dan mudah.

Adapter Tenda U3 juga mendukung teknologi MIMO yang membuatnya dapat diandalkan untuk bermain game online dan streaming video tanpa khawatir terjadi lag.

8. Linksys

Linksys adalah merek produk perangkat keras jaringan data asal Amerika yang berdiri pada tahun 1988. Produk-produk Linksys sudah dapat ditemukan secara resmi di Indonesia. Ini adalah pilihan yang bagus untuk produk berkualitas.

Linksys WUSB6300 adalah salah satu adapter WiFi Linksys yang tersedia untuk pasar Indonesia. Dijual seharga Rp 700 ribuan, adapter ini hadir dengan beberapa fitur unggulan, salah satunya adalah enkripsi WPA/WPA2 nirkabel untuk keamanan.

Linksys WUSB6300 juga memiliki kemampuan untuk memilih pita yang diinginkan, 2,4 GHz atau 5 GHz. Fitur semacam ini dapat membantu menghindari gangguan untuk kinerja jaringan yang optimal. Dan masih ada lagi fitur-fitur yang tidak disebutkan di sini.

9. Mercusys

Adapter WiFi merek Mercusys juga dapat menjadi pilihan yang bagus dan terjangkau. Contohnya adalah Mercusys MW300UM yang bisa Anda dapatkan di bawah 100 ribuan.

Adapter yang mirip dengan flash disk ini menawarkan kecepatan hingga 300 Mbps, ideal untuk beragam keperluan daring, seperti bermain game, streaming, browsing, dan lain sebagainya.

Mercusys MW300UM juga hadir dengan fungsi SoftAP yang bisa mengubah PC atau laptop Anda menjadi hotspot Wi-Fi jika Anda menggunakan koneksi kabel yang sudah ada.

10. Totolink

Totolink juga termasuk salah satu merek produk jaringan komputer yang populer. Totolink memiliki beberapa produk adapter nirkabel yang beberapa di antaranya sudah mendukung pita ganda serta hadir dengan port USB 3.0.

Salah satu modelnya adalah Totolink A650USM. Adapter ini mengadopsi teknologi Wi-Fi AC Next-GEN dengan MU-MIMO yang didukung untuk meningkatkan komputer berbasis Windows untuk menikmati WiFi rumahan yang lebih cepat dan lebih kuat daripada adaptor 11ac biasa.

Adapter tersebut juga mendukung pita ganda dengan kecepatan 633 Mbps (2,4G: 200 Mbps + 5G: 433 Mbps). Selain itu, adapter ini hadir tanpa driver yang dibutuhkan untuk OS Windows, sehingga cukup colok dan mainkan.

Itulah beberapa merek adapter WiFi yang bagus dan produk-produknya dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Anda dapat memilih adapter sesusai dengan kebutuhan. Harga setiap produknya juga bervariasi. Produk dengan spesifikasi tinggi memiliki harga jual tinggi, namun performanya sangat andal.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram