carisinyal web banner retina

ASUS ExpertBook B3000: Laptop Windows dengan Cip ARM yang Ringkas dan Bisa Jadi Tablet

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha pada 25/03/2023

Kami pernah mengulas soal ASUS ExpertBook B3000 secara lengkap. Namun, pada kesempatan ini, kami ingin coba bercerita kembali soal laptop ini. Pasalnya, kami diundang di gelaran ASUS ExpertBook B3000 Detachable Gathering  pada 18 Maret 2023 di Hotel THE 101 Bandung. 

Kami akan sedikit cerita soal laptop dan soal cip yang dipakai laptop ini. 

Laptop yang satu ini merupakan perpaduan laptop dan tablet namun berbasis sistem operasi Windows. Nama resminya sendiri adalah ASUS ExpertBook B3 Detachable (B3000).

Penamaan Detachable mengacu pada konsep laptop yang bisa dilepas bagian keyboard dan layarnya. Sementara untuk laptop 2-in-1 lain biasanya memakai nama “Flip” yang layarnya hanya bisa diputar. 

ASUS ExpertBook B3000

Yang menarik dari ASUS ExpertBook B3 Detachable adalah konsepnya yang hadir sebagai laptop 2-in-1 yang hadir dengan ukuran yang ringkas dan telah ditenagai chipset berbasis ARM. Bisa menjadi laptop, bisa juga menjadi tablet. 

Dua poin yang menarik dari  ASUS ExpertBook B3 Detachable adalah keringkasannya tapi tahan banting dan soal cip yang dipakai. 

Soal keringanan, laptop ini cocok untuk Anda yang membutuhkan perangkat komputasi yang mendukung mobilitas tinggi, karena memiliki bobot hanya 590 gram dan ketebalan hanya 0,9 cm. Selain itu, laptop ini juga memiliki desain yang tangguh dan tahan banting, karena telah memenuhi standar militer AS MIL-STD 810H. 

Tentang Snapdragon 7C Gen 2 

snapdragon 7c gen 2

Keunggulan kedua adalah soal cip yang dipakainya. ASUS ExpertBook B3000 memakai chipset berbasis ARM yakni, Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform yang berperforma tinggi. Chipset ini memiliki delapan inti prosesor dengan kecepatan hingga 2,55 GHz dan GPU Adreno 618 yang mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar.

Chipset ini juga hemat daya dan mendukung konektivitas nirkabel yang cepat dan andal. Laptop ini dilengkapi dengan baterai 38 Wh yang diklaim dapat bertahan hingga 10 jam pemakaian. Selain itu, laptop ini juga mendukung WiFi 5 (802.11ac) dual-band dan Bluetooth 5.1.

Dalam gelaran acara ASUS ExpertBook B3000 Detachable Gathering, pihak ASUS Indonesia menghadirkan Dominikus Susanto, Senior Manager dan Business Development Qualcomm.

Beliau memaparkan tentang keunggulan penggunaan cip ARM Snapdragon 7C Gen 2. Salah satunya adalah daya tahan baterai yang lebih panjang jika dibandingkan perangkat sejenis yang menawarkan sistem prosesor berbasis x86. 

ASUS ExpertBook B3000

Keunggulan lain adalah dukungan terhadap kamera yang ada di ASUS ExpertBook B3000. Ini membuat pengguna bisa lebih nyaman saat konferensi video dengan laptop ini. Pasalnya, laptop ini telah dilengkapi dengan teknologi 3DNR (3D Noise Reduction) yang memungkinkan sistem untuk mengurangi noise pada kamera secara signifikan. 

Teknologi tersebut juga membuat tampilan pengguna ExpertBook B3000 saat melakukan video conference menjadi lebih jernih dan terang meski dilakukan pada kondisi minim cahaya.

Teknologi AI juga disematkan pada kualitas audio. Contohnya adalah hadirnya fitur AI noise cancellation. Fitur tersebut memungkinkan suara bising dapat diredam oleh sistem berbasis kecerdasan buatan (AI), sehingga pengguna laptop ini dapat berkomunikasi lebih lancar saat mengikuti sesi online conference atau online meeting.

Yang pasti, kehadiran Snapdragon 7C Gen 2  di ExpertBook B3000 menjadi nilai lebih. Cip ini merupakan cip berbasis ARM yang menawarkan performa, konektivitas, efisiensi, dan keamanan yang tinggi untuk laptop kelas menengah seperti halnya ASUS ExpertBook B3000. 

Tentang ASUS ExpertBook B3000

ASUS ExpertBook B3000

ASUS ExpertBook B3000 bukan cuman punya keunggulan di sektor  desain yang ringkas dan juga cip yang oke. Kedua poin tersebut sudah dibahas sebelumnya. 

Selain kedua poin tersebut, laptop ini juga punya berbagia keunggulan lain. Contohnya adalah layar. 

Layar sentuh ASUS ExpertBook B3000 memiliki ukuran 10,5 inci dengan resolusi WUXGA (1920 x 1200) dan rasio aspek 16:10. Layar ini memiliki sudut pandang luas, tingkat kecerahan 320 nits, dan rentang warna sRGB 121%. Layar ini juga mendukung stylus MPP 2.0 yang dapat disimpan di dalam stand cover.

ASUS ExpertBook B3000 memiliki memori LPDDR4X 8 GB dan penyimpanan eMMC 128 GB yang cukup untuk menyimpan data dan file Anda. Laptop ini juga memiliki port USB 3.2 Gen 1 Type-C yang mendukung display dan power delivery, serta port audio combo 3,5 mm. Laptop ini juga dilengkapi dengan kamera depan 5 MP dan kamera belakang 13 MP.

stylus asus expertbook b3000

ASUS ExpertBook B3000 menjalankan sistem operasi Windows 11 Home in S Mode yang menawarkan pengalaman penggunaan yang intuitif dan aman. Laptop ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan seperti Trusted Platform Module (Firmware TPM) untuk melindungi data Anda dari akses yang tidak sah.

ASUS ExpertBook B3000 adalah laptop 2-in-1 yang menawarkan portabilitas, fleksibilitas, performa, dan konektivitas yang tinggi. Laptop ini cocok untuk Anda yang membutuhkan perangkat komputasi yang ringan, tangguh, dan hemat daya untuk menunjang aktivitas sehari-hari Anda.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram