carisinyal web banner retina

Launching ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304): Tipis, Ringan, & Ramah Lingkungan

Ditulis oleh Listiorini pada 29/05/2023

Jakarta, 30 Mei 2023 – ASUS meluncurkan Zenbook S 13 OLED (UX5304), sebuah laptop ultra-portable berukuran 13,3-inci dengan layar OLED, yang membanggakan status sebagai perangkat paling tipis dan ringan di dunia.

Zenbook S 13 OLED (UX5304) bukan hanya menonjol dalam aspek desain yang tipis dan ringkas, tetapi juga dalam pendekatannya yang pro-lingkungan, menggunakan bahan daur ulang premium yang menghasilkan jejak karbon minimal. Dengan inovasi tersebut, tidak heran jika laptop ini memperoleh sertifikasi EPEAT® Gold.

Jimmy Lin, Regional Director ASUS untuk wilayah Southeast Asia, menyatakan, "ASUS berkomitmen untuk tidak hanya menghasilkan produk berkualitas tinggi, namun juga berperan aktif dalam pelestarian lingkungan. Melalui teknik produksi inovatif dan ramah lingkungan serta penggunaan bahan premium daur ulang, Zenbook S 13 OLED (UX5304) berhasil menjadi salah satu laptop dengan jejak karbon terendah, suatu pencapaian yang diakui secara internasional."

Laptop Ramah Lingkungan

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)_

Zenbook S 13 OLED (UX5304) memegang sertifikasi EPEAT® Gold dan mendapat pengakuan internasional. Siklus hidup lengkap dari Zenbook S 13 OLED (UX5304) - termasuk pemilihan bahan, proses pembuatan dan perakitan, penggunaan, hingga daur ulang saat berakhir masa pakai - dirancang untuk meminimalkan jejak karbon.

Material utama laptop ini adalah magnesium-aluminium daur ulang industri yang berhasil mengurangi jejak karbon sebesar lebih dari 50%. Tombol dan speaker dari Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga dihasilkan dari plastik daur ulang.

Lebih jauh lagi, kemasan laptop ini sepenuhnya dapat didaur ulang, menggunakan material yang dapat dimanfaatkan kembali sebagai kompos.

Kemasan Zenbook S 13 OLED (UX5304) menggunakan 100% kertas dengan sertifikat FSC Mix yang berasal dari pengelolaan hutan yang bertanggung jawab, kayu terkontrol, dan sumber daya daur ulang. Bahkan, bagian penyangga dalam kemasan dapat digunakan kembali sebagai dudukan laptop.

Tidak seperti laptop konvensional, Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi dengan bodi berbahan plasma-ceramic aluminium.

Bahan tersebut diproduksi melalui proses eksklusif yang hanya membutuhkan air murni dan listrik, tidak menggunakan senyawa organik, asam kuat, atau logam berat. Metode ini menghasilkan bodi yang tahan korosi, memiliki durabilitas yang unggul dan masa pakai yang panjang, sekaligus meminimalkan dampak lingkungan.

Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga menunjukkan efisiensi energi melampaui standar ENERGY STAR® sebesar 43%.

Tipis dan Ringan

ASUS Zenbook S 13_

Zenbook S 13 OLED (UX5304) memiliki ketebalan hanya 1 cm dan bobot sebesar 1 kg. Untuk mewujudkan bodi yang luar biasa tipis ini, tim ASUS telah menyertakan kamera IR FHD dengan ukuran lebih minimalis namun tetap fungsional yang ditempatkan langsung di dalam bagian layar yang diproses melalui teknik CNC.

Panel OLED yang lebih tipis juga digunakan pada laptop ini sehingga menghasilkan bagian layar lebih tipis 30%.

Presisi proses CNC tidak hanya diterapkan pada layar, tetapi juga pada bodi utama, yang membuat ruang komponen lebih luas tanpa mengorbankan daya tahan.

Zenbook S 13 OLED (UX5304) memanfaatkan papan sirkuit dengan lapisan yang lebih sedikit, kerapatan kabel yang lebih tinggi, serta jumlah transistor lebih banyak, sehingga dapat menghasilkan kinerja efektif dengan bobot lebih ringan dan ruang lebih hemat.

Desain motherboard dirancang secara presisi untuk menampung dua kipas sangat tipis, yang berkontribusi pada peningkatan aliran udara dan efisiensi pendinginan. Dengan teknologi tadi menjadikan Zenbook S 13 OLED (UX5304) mampu tampil 25% lebih tipis dibandingkan laptop lainnya.

Untuk mengurangi bobot lebih lanjut, bahan magnesium-aluminium digunakan pada bagian keyboard. Untuk membuatnya lebih ringan ada proses CNC untuk menciptakan struktur yang kuat.

Selain itu, penggunaan penutup kaca yang sangat tipis pada touchpad juga membuat laptopnya nampak lebih tipis.

Kelebihan lainnya, ASUS mengklaim bahwa laptop ini menawarkan daya tahan baterai hingga 14 jam untuk streaming video.

Performa Tetap Kencang di Kelasnya

ASUS Zenbook S 13 OLED_

Meskipun bodinya tipis, compact, dan ringan, Zenbook S 13 OLED (UX5304) masih didukung oleh prosesor terkini, yaitu 13th Gen Intel® Core™ i7-1355U. Prosesor dengan konfigurasi 10 core dan 12 thread ini bisa didorong hingga frekuensi 5GHz.

Intel® Core™ i7-1355U adalah prosesor modern yang telah dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi. Chip grafis, yang bernama Intel® Iris Xe, memiliki performa cukup kuat untuk mendukung kebutuhan komputasi grafis sehari-hari, bahkan masih dapat digunakan untuk bermain game kasual.

Tidak hanya itu, prosesor Intel® Core™ i7-1355U juga dilengkapi dengan fitur-fitur modern, seperti Intel® Quick Sync yang memungkinkan proses encoding dan decoding video berjalan lebih cepat.

Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga merupakan laptop yang telah divalidasi oleh platform Intel EVO, yang menjamin kemampuannya untuk bekerja, belajar, menikmati hiburan, hingga membuat konten yang kreatif.

Untuk memaksimalkan performa dari prosesor ini, ASUS telah membekali Zenbook S 13 OLED (UX5304) dengan memori LPDDR5 berkapasitas 16GB dan storage PCIe 4.0 SSD. Kombinasi keduanya memastikan Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat beroperasi dengan cepat dan nyaman untuk multitasking.

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) membuktikan komitmen ASUS dalam menghadirkan perangkat berperforma tinggi sekaligus ramah lingkungan. Menggabungkan inovasi teknologi, desain ringan dan tipis, serta bahan-bahan daur ulang, laptop ini mewujudkan laptop yang memadai untuk segala aktivitas.

Selain itu, kemampuan performanya yang mumpuni menandakan bahwa laptop ini layak menjadi pilihan bagi pengguna yang menginginkan kualitas dan produktivitas tanpa harus mengorbankan lingkungan.

Jika kamu salah satu yang tertarik dengan kehadiran laptop ini, bisa langsung pesan laptopnya lewat situs resmi ASUS, ya.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram