carisinyal web banner retina

Huawei MatePad 11 2023, Tablet Gahar dengan Pengalaman PC

Ditulis oleh Ananda Ganesha M pada 04-05-2023

Huawei telah merilis sebuah tablet yang agak berbeda dari mayoritas rivalnya. Adalah Huawei MatePad 11 2023, tablet yang resmi masuk ke Indonesia dengan menawarkan user experience selayaknya desktop atau laptop. Bagaimana tidak? Tablet yang dirilis dengan HarmonyOS 3.1 ini menyediakan ekosistem software WPS Office yang diklaim sebagai "PC-level".

Artinya, ia tidak seperti tablet atau smartphone kebanyakan yang menampilkan antarmuka terbatas. Kini dengan Huawei MatePad 11 2023, aplikasi bisa menampilkan menu-menu dan ikon perintah dengan cara yang persis seperti laptop.

Sejumlah spesifikasinya pun sudah dirancang untuk menunjang gaya hidup pelajar dan perkantoran, seperti layarnya yang colorful dan memukau, performa papan atas dengan chipset flagship, penggunaan stylus dan keyboard yang intuitif dan menyenangkan, serta masih banyak lagi.

Ada setidaknya 6 alasan mengapa Anda harus beralih ke Huawei MatePad 11 2023 agar produktivitas semakin praktis, yakni sebagai berikut ini.

1. Layar dengan Resolusi 2.5K, Mendukung 120 Hz!

huawei matepad 11 2023 layar_

Huawei MatePad 11 2023 mendukung layar IPS LCD berukuran 11 inci yang menghadirkan resolusi di atas rata-rata, yaitu 2.5K alias 2560 x 1600 piksel. Layar tersebut tentunya menyajikan ketajaman tingkat tinggi melebihi para rivalnya, yang mana rata-rata masih menggunakan resolusi 1080p.

Agar mendukung reproduksi warna yang lebih hidup, Huawei membekali teknologi gamut warna DCI P3 yang mendukung sebanyak 16,7 juta tampilan warna. Ini untuk memastikan agar konten apa pun yang ditampilkan senantiasa mampu membuat pengguna terpukau.

Dirancang untuk tetap nyaman dilihat dalam waktu lama, Huawei MatePad 11 2023 juga memiliki layar yang tersertifikasi TUV Rheinland Low Blue Light serta TUV Rheinland Flicker-Free. Ini supaya intensitas cahaya biru yang dapat membuat mata tidak nyaman bisa dikurangi. Selain itu, layar juga tidak akan menampilkan isu kedipan (flicker) yang biasa muncul pada brightness rendah.

Layar tablet mendukung fitur Huawei FullView Display yang membuatnya sungguh terlihat lebar. Layar dirancang dengan rasio screen-to-body yang begitu tinggi yaitu 86%. Ini dikarenakan bezel bodi depan yang dibuat setipis mungkin demi memaksimalkan immersion pada layar.

Yang tak ketinggalan, layar memiliki dukungan refresh rate 120 Hz agar pengalaman menjelajahi antarmuka dan dunia maya bisa terasa 2x lipat lebih mulus. Sejumlah aplikasi dan gim yang mendukung juga dapat merasakan benefit-nya, yakni agar grafis bisa terlihat lebih lancar dan memaksimalkan kemungkinan pengguna untuk menang.

Pokoknya, ini adalah rancangan layar yang cocok untuk semua kebutuhan. Baik itu demi produktivitas maupun multimedia, layar Huawei MatePad 11 2023 memiliki segala hal yang dibutuhkan agar aktivitas semakin lancar.

2. Performa Kelas Atas dengan Snapdragon 865

Snapdragon 865

Tentu tidak masuk akal menawarkan pengalaman PC jika tidak dengan performa yang memadai. Tak perlu khawatir, Huawei juga telah menyematkan SoC (system on chip) kelas atas berupa Qualcomm Snapdragon 865. Ini adalah chipset flagship yang paling sering digunakan perangkat premium di tahun 2020.

Snapdragon 865 sendiri dibangun pada fabrikasi 7 nm TSMC, memiliki sebanyak 10,3 miliar transistor serta terdiri atas delapan unit prosesor. Kedelapan CPU tersebut ialah satu unit Kryo 585 Prime (Cortex A77) berkekuatan 2.84 GHz, tiga inti Kryo 585 Gold (Cortex A77) berfrekuensi 2.42 GHz, serta empat inti Kryo 585 Silver (Cortex A55) dengan clock hingga 1.8 GHz.

Tidak lupa, tersedia juga kartu pengolah grafis (GPU) berupa Adreno 650 yang bertanggung jawab atas kelancaran processing grafis di tablet ini, seperti saat bermain gim, menonton film, atau mengedit gambar dan video.

Perihal konfigurasi memorinya, Huawei MatePad 11 2023 didukung dengan RAM seluas 6 GB yang disertai penyimpanan internal 128 GB. Ini adalah gambaran kapasitas yang cukup ideal untuk perangkat sekelas tablet. Sudah mumpuni dalam menangani aktivitas multi-tasking serta menampung beragam aplikasi yang dibutuhkan.

3. Tingkat Produktivitas Sekelas PC, Ubah Tablet Menjadi Laptop

huawei matepad 11 2023 multi window_

Pernah mencoba membuka aplikasi Office pada smartphone atau tablet? Besar kemungkinan, menu yang ditampilkan hanyalah dalam bentuk satu baris yang sulit digunakan. Nah, Huawei MatePad 11 2023 menawarkan sesuatu yang benar-benar berbeda.

Di dalamnya sudah tersemat software WPS Office yang menyajikan antarmuka persis seperti pada desktop. Sehingga, pengguna dapat mengerjakan berbagai macam dokumen seperti word, Excel, PowerPoint, PDF, dan sebagainya tanpa hambatan.

Aplikasi Office di tablet ini juga memiliki kemampuan yang sama dengan desktop dalam hal rumus Excel tingkat advanced. Jadi tidak ada lagi alasan tidak produktif saat mengerjakan hal-hal yang bersifat pembukuan.

Tablet juga mendukung fitur SuperHub yang memungkinkan pengguna melakukan drag and drop dokumen, gambar, teks, dan file lainnya pada perangkat lain yang terhubung (seperti HP dan PC).

Sedang mengerjakan tugas yang menumpuk? Tenang, ada fitur multi-window yang praktis untuk menampilkan banyak jendela aktif dalam sekali waktu. Caranya pun cukup simpel, Anda hanya perlu melakukan flick pada sisi jendela yang sedang aktif, kemudian tinggal memilih jendela di latar belakang yang mau dimunculkan.

Layar pun secara otomatis akan menampilkan dua jendela aktif dengan ukuran yang sama besarnya (proporsional). Tentu saja pengguna pun diizinkan mengubah ukuran jendela pada formasi 1:2 atau 2:1, cukup dengan hanya menggeser border pada jendela aplikasi.

Agar semakin menyerupai laptop, Huawei MatePad 11 2023 menyediakan aksesoris papan ketik yang bisa dipasangkan dan dicabut dengan begitu mudahnya. Keyboard ini sekaligus bisa menjadi casing yang dapat berikan perlindungan menyeluruh terhadap perangkat.

4. M-Pencil, Stylus dengan Pengalaman Seperti Pulpen dan Kertas

huawei matepad 11 2023 m pencil_

Sebelumnya sempat disinggung kalau Huawei MatePad 11 2023 disuguhkan dengan keyboard yang praktis dan nyaman. Yang perlu diketahui lagi adalah, keyboard tersebut sekaligus berfungsi untuk menampung stylus yang dinamakan Huawei M-Pencil.

Huawei M-Pencil menyajikan sebanyak 4.096 tingkat sensitivitas tekanan dan kemiringan, sehingga memudahkan pengguna mengarsir dan mengatur ketebalan stroke. Pengguna juga dapat dengan mudah berganti mode dari pulpen ke penghapus, yakni dengan double tap pada area sentuh M-Pencil.

Sebagai software pendukung, terdapat Huawei Notes yang sungguh memanfaatkan kapabilitas stylus ke jenjang berikutnya. Anda bisa mengubah tulisan tangan menjadi teks digital yang dapat diseleksi dan disalin. Tersedia juga berbagai template yang bisa diedit dengan mudah demi dapat memangkas waktu dalam membuat laporan, atau tugas dokumen lainnya.

Kustomasi yang didukung pun begitu mendalam, termasuk dapat mengubah jenis tulisan seperti font dan warna, serta memberikan highlight dan anotasi pada bagian-bagian yang diinginkan. Terdapat juga fitur yang bisa "menyalin warna" dari gambar referensi untuk kemudian diterapkan pada sketsa yang sedang Anda buat.

5. Bodi Ringkas, Enak Dibawa Ke Mana Saja

huawei matepad 11 2023 desain bodi tipis__1

Desain tentu menjadi salah satu aspek utama yang tidak lupa diperhatikan oleh Huawei. Pada tablet ini, menggunakan desain bodi dengan tingkat ketebalan 7,2 mm serta bobot seringan 489 gram.

Mengusung konsep desain "Starlight Sand", bodi belakang tablet sungguh terasa premium dan tidak mudah dihinggapi oleh bekas noda sidik jari. Modul kameranya yang eye-catching juga dirancang agar tampil modern, dengan aksen visual lonjong dan sisi-sisi melengkung untuk berikan vibe anak muda yang dinamis.

Kamera belakang tablet dikemas dengan resolusi 13 MP pada bukaan apertur f/1.8, dan pastinya sudah mendukung fitur autofokus. Di sisi depan, pengguna juga disuguhkan kamera selfie yang mumpuni dengan resolusi 8 MP (bukaan f/2.0).

Stylus pun bisa menempel di bodi tablet untuk di-charge, semakin mendukung mobilitas pengguna agar bisa bekerja di mana saja. Saat inspirasi menyerbu, pengguna dapat mengabadikan momen sekitar dan mengubahnya menjadi karya seni indah menggunakan M-Pencil.

6. Puas Streaming dengan Jaringan Kencang dan Speaker Mutakhir

huawei matepad 11 2023 wi-fi 6_

Karena layar Huawei MatePad 11 2023 ini sungguh memukau, pastinya sayang jika tidak dipakai untuk hiburan. Melakukan streaming pada platform OTT populer seperti Netflix dan Disney+ Hotstar akan semakin seru, karena perangkat mendukung protokol Wi-Fi 6.

Dengan begitu, kecepatan internet semakin terasa stabil dan cepat. Tidak ada lagi masalah buffering yang bisa bikin pengalaman menonton kurang memuaskan.

Berbekal baterai berkapasitas 7.250 mAh, pekerjaan dan hiburan bisa berlangsung dari pagi sampai malam tiada henti. Bahkan, perangkat diklaim bisa memutarkan video selama 12 jam. Perangkat ini juga bisa di-charge melalui teknologi fast charging 22,5 W menggunakan port USB Type-C.

Menggabungkan fitur quad stereo speaker dengan Huawei Histen 8.0, hasil suara speaker tablet ini sungguh terdengar jernih dan lantang. Cocok untuk menunjang aktivitas multimedia seperti menonton dan gaming.

Huawei MatePad 11 2023 Bisa di-Pre-Order pada 12 Mei 2023

huawei matepad 11 2023 pre order__1

Huawei MatePad 11 2023 bisa dibeli dengan cara pre-order pada periode 12 Mei 2023 hingga 26 Mei 2023.

Selama masa pre-order tersebut, pembeli juga akan turut diberikan beragam benefit lainnya yaitu keyboard, Huawei M-Pencil generasi ke-2, Huawei Cloud Storage berkapasitas 50 GB, akun membership Vidio Platinum selama 2 bulan, serta mouse Bluetooth. Total benefit tersebut bernilai hingga Rp3,1 juta.

Sayangnya, Huawei belum mengungkapkan harga rilis yang dibanderol pada tablet mutakhir tersebut. Kita tunggu saja. Yang pasti, Huawei MatePad 11 2023 akan tersedia pada akun resmi Huawei di Shopee dan Tokopedia.

Spesifikasi Huawei MatePad 11 2023

Huawei MatePad 11 2023
Layar IPS LCD 11 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 7250 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram