carisinyal web banner retina

Huawei Watch Buds, Inovasi Menarik Gabungan Smartwatch dan TWS

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna pada 03/04/2023

Pada 3 April 2023, Huawei secara resmi merilis salah satu perangkat yang unik dan menarik di Indonesia. Apa lagi kalau bukan Huawei Watch Buds. Perangkat ini bisa dibilang membuat segmennya sendiri, sebab kurang cocok jika masuk ke segmen Smartwatch atau Ear Buds.

Sesuai dengan namanya, perangkat ini merupakan Smartwatch yang di dalamnya terdapat sebuah Ear Buds atau TWS (True Wireless Stereo). Hal ini menjadi “The first ever 2-in-1 product” untuk perangkat wearables yang menggabungkan kedua perangkat tersebut.

Hal ini sejalan dengan pernyataan yang disampaikan oleh Patrick Ru sebagai Country Head of Huawei Device Indonesia yaitu “Peluncuran Huawei Watch Buds merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk terus menciptakan perangkat wearables dengan fitur yang unik dan orisinil”.

Huawei Watch Buds ini hadir dengan sejumlah fitur dan teknologi tersembunyi yang cukup menarik. Perangkat ini mampu mempermudah segala aktivitas para pengguna setiap harinya. Tidak hanya itu, desain yang dimilikinya juga terlihat stylish dan sangat bergaya. Kira-kira, apa saja keunggulan yang dimiliki oleh Huawei Watch Buds ini? Simak beberapa keunggulannya berikut ini, ya.

Inovasi Desain Stylish

huawei watch buds

Dari tampilan luarnya, Huawei Watch Buds ini memang terlihat seperti Smartwatch biasa pada umumnya. Namun, ketika Huawei Watch Buds ini dibuka, ia menjadi terlihat lebih menarik dan buat penasaran.

Perangkat ini mengusung desain pop-up cover yaitu penutup yang bisa dibuka. Cara membukanya juga cukup mudah yaitu dengan hanya menekan tombol saja. Rotasi ketika terbuka dan sudutnya juga cukup presisi dengan memberikan kebebasan lebih banyak. Jadi, Anda bisa membukanya dengan bebas mulai dari sudut 10 derajat hingga 75 derajat.

Soal ketahanannya, Anda tidak perlu khawatir. Perangkat ini telah diuji hingga 100 ribu buka dan tutup tanpa adanya masalah.

Kembali ke desain, Huawei Watch Buds ini terinspirasi oleh keindahan arsitektur kota Paris. Bagian kaca lengkung 3D nya menggunakan AMOLED berukuran 1,43 inci dengan resolusi HD. Bodinya terbuat dari baja murni dari material tembaga kelas atas yang fleksibel. Untuk ketahanannya, bagian layarnya ini sudah dilapisi Lithium aluminum-silicon.

Huawei Watch Buds ini dirancang dengan menggunakan desain struktural yang sangat kohesif atau padu. Terdapat sekitar 21 layer atau lapisan yang terdiri dari berbagai macam komponen. Mulai dari 8 photoelectric sensors, pop-up cover module, Earbuds charging unit,  hingga magnetic attachment unit.

Dengan adanya sistem magnetik yang menjadi salah satu komponennya, Anda bisa dengan mudah melepas dan memasang Earbuds ke tempatnya. Pasalnya, terdapat susunan magnet berbentuk cincin 360 derajat yang melingkari Earbuds. Magnet atau Innovative Mutual Magnet Array tersebut memiliki kekuatan medan magnet hingga 40 persen lebih tinggi dari magnet biasa.

Menariknya lagi, kedua Earbuds ini memiliki desain yang mirip tanpa adanya keterangan atau tulisan Right dan Left. Sebab, Earbuds ini mampu mengidentifikasi dan menyesuaikan posisinya sendiri. Anda hanya tinggal memasangnya di telinga saja, setelah itu Earbuds akan mengkalibrasi otomatis untuk menentukan kanan dan kirinya.

Soal ketahanannya, Anda tidak usah khawatir lagi. Pasalnya, kedua Earbuds akan secara otomatis mengisi daya ketika dimasukkan ke dalam Smartwatch. Jadi, Anda bisa menggunakan Earbuds dalam keadaan baterai terisi setelah disimpan beberapa saat. Informasi baterainya juga akan ditampilkan di tampilan Watch faces.

TWS Mungil dengan Teknologi Menarik

huawei watch buds

Menyematkan TWS ke dalam sebuah Smartwatch menjadi inovasi yang cukup menarik dari Huawei. TWS atau Earbuds ini memiliki bentuk silinder octagon dengan berat hanya 4 gram saja. Desainnya yang kompak ini yaitu sekitar 21,8 x 10,3 x 10,3 mm, membuatnya menjadi TWS paling kecil dan ringan yang dimiliki oleh Huawei.

Meski begitu, TWS ini memiliki teknologi yang cukup menarik di dalamnya. Ia dibekali unit diafragma planar jangkauan penuh yang mampu memberikan kualitas suara jernih dan stabil. Jumlah frekuensi yang dihasilkannya berada di antara 20 Hz-20 kHz full-range bandwidth.

TWS ini juga dilengkapi oleh fitur baru yang cukup unik yaitu Wide-Area Auricle Touch Controls. Fitur ini bisa mempermudah pengguna dalam mengatur TWS-nya mulai dari memindahkan musik, volume, hingga menjawab telepon. Bukan menyentuh TWS-nya langsung, tetapi dengan menyentuh area daun telinga dan tragus atau telinga bagian depan dekat dengan pipi.

Lebih lanjut lagi, Huawei juga menyematkan teknologi yang tidak tanggung-tanggung. TWS yang dimilikinya juga sudah dibekali dengan fitur AI ANC (Active Noise Cancellation). Fitur ini mampu menghilangkan suara bising yang mengganggu. Kemudian dilengkapi mikrofon ganda dan sensor bone conduction yang mampu menangkap suara dengan jernih.

Sensor Bone Conduction sendiri merupakan teknologi yang mampu menyaring suara bising di sekitar. Kemudian, diarahkan langsung melewati algoritma peredam bising yaitu Deep Neural Network (DNN). Hal ini membuat pengguna merasa lebih nyaman dalam melakukan panggilan di manapun tanpa terganggu oleh suara bising.

Satu hal menarik lain dari TWS atau Earbuds ini adalah adanya sertifikasi IP53. Sertifikasi ini membuatnya mampu bertahan dari percikan air atau keringat. Jadi, Earbuds ini cukup cocok untuk digunakan ketika berolahraga. Sayangnya, sertifikasi ini tidak turut diberikan untuk Smartwatch-nya.

Fitur Menarik dan Kaya dari Smartwatch

huawei watch buds

Huawei cukup serius dalam memberikan berbagai fitur baru dan menarik ke kedua perangkat ini. Pengguna bisa memanfaatkan lebih banyak fitur untuk mendukung gaya hidup sehat. Perangkat ini mampu memantau berbagai indikator kesehatan dan memberi feedback berbasis data.

Fitur-fitur tersebut terdiri dari meningkatkan kualitas tidur dengan Huawei TruSleep 3.0, memantau detak jantung secara real-time, pemantauan SpO2 untuk mengukur tingkat oksigen secara otomatis, hingga membantu mengatur dan mengontrol stress agar lebih rileks.

Penggunaan Smartwatch ini juga dipermudah melalui berbagai kontrolnya. Misalnya, Anda tidak perlu lagi membuka HP Anda untuk mengangkat telepon, tetapi cukup dengan memasang Earbuds ke telinga. Anda juga bisa menemukan Earbuds Anda jika salah satunya hilang dengan teknologi Find Earphone.

Selain itu, Smartwatch ini juga memiliki desain Watch Face yang bisa disesuaikan. Anda bisa mengatur desain yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Di dalam tampilan Watch Face-nya juga terdapat status baterai dari Earbuds secara langsung. Dengan begitu, Anda bisa melihat apakah Earbuds sudah bisa digunakan atau tidak.

Harga dan Ketersediaan

huawei watch buds

Huawei Watch Buds ini sudah tersedia secara resmi di Indonesia. Anda sudah bisa melakukan pemesanan melalui sesi pre-order mulai dari 3 April - 14 April 2023. Untuk pembeliannya, Huawei juga memberikan layanan cicilan 0 persen dengan harga Rp1.166.500 selama 6 bulan.

Pemesanan bisa dilakukan secara online melalui Huawei Official Store di berbagai e-commerce favorit Anda. Mulai dari Shopee, Tokopedia, Lazada, BliBli, hingga TikTok Shop dengan banyak metode pembayaran. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara offline melalui ritel resmi HUAWEI Experience Store, Erafone, dan Urban Republic di seluruh Indonesia.

Tidak hanya itu, Huawei Watch Buds juga menyediakan garansi selama 1 tahun. Selain itu, jika Anda kehilangan salah satu Earbuds dalam waktu 3 bulan sejak pembelian, masih ada program “ear buds lost worry free”. Program tersebut akan memberikan Anda diskon hingga 50 persen untuk pembelian satu unit Earbuds dengan harga Rp531.000.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram