carisinyal web banner retina

HUAWEI Watch D Resmi Dirilis, Bawakan Fitur Tensimeter Akurat

Ditulis oleh Ananda Ganesha M pada 29/08/2022

HUAWEI merupakan brand yang senantiasa hadirkan inovasi dari setiap produk yang dihasilkan. Tidak hanya mengeluarkan produk smartphone, perusahaan juga rajin membangun ekosistem IoT (Internet of Things) dengan portofolio produk beragam dan saling terhubung.

Tepat pada hari Senin (29/08/2022), HUAWEI meluncurkan dua produk aksesoris berupa HUAWEI Watch D dan HUAWEI FreeBuds Pro 2 melalui launch event yang diselenggarakan via daring.

HUAWEI Watch D digadangkan sebagai smartwatch dengan fitur yang tak pernah dijumpai sebelumnya pada smartwatch manapun, yaitu fitur pendeteksian tekanan jantung yang akurat.

Saking akuratnya, hasil pengukuran ini bisa dianggap setara dengan alat tensimeter yang biasa digunakan di rumah ataupun saat diperiksa ke dokter.

Peluncuran smartwatch dengan kemampuan mendeteksi tekanan darah akurat ini juga mendapatkan apresiasi dari Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Setiaji.

Beliau mengungkapkan bahwa hipertensi menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Atas dasar ini, Kementerian Kesehatan RI menggalakkan kampanye CERAMAH (Cek Tekanan Darah di Rumah) bertagar #KetahuiTakananDarahmu.

Tujuannya adalah menganjurkan masyarakat untuk secara rutin memantau tingkat tekanan darah. "Sesuai dengan kampanye tersebut, kami mendukung hadirnya HUAWEI WATCH D yang dilengkapi dengan teknologi pengukuran tekanan darah, sebagai salah satu pemanfaatan teknologi digital untuk kesehatan masyarakat," tambahnya.

Beliau juga menambahkan bahwa data kesehatan dari pengguna dapat menjadi dukungan bagi Kemenkes dalam mengembangkan platform Indonesia Health Service.

HUAWEI Watch D, Tensimeter Portabel dengan Hasil yang Begitu Akurat

huawei watch d_

dr. Vito Damay turut hadir dalam acara launch event, memberikan penekanan pada pentingnya mengecek tekanan jantung secara berkala. Pasalnya, hipertensi merupakan "the silent killer" yang sulit dideteksi namun menjadi penyebab berbagai macam komplikasi seperti stroke dan penyakit jantung.

“Memantau tekanan darah secara rutin merupakan langkah pencegahan yang dapat dilakukan. Penting dilakukan pada yang muda juga apalagi pada orang yang sudah memiliki riwayat tekanan darah tinggi sebagai evaluasi dan monitor pola hidup sehat yang dilakukan atau evaluasi pengobatan.” ungkapnya.

Sulitnya menyempatkan waktu untuk mengecek tensi, menjadi alasan utama di balik sulitnya mendeteksi hipertensi sedari dini. Kendati kini sudah ada alat tensimeter yang bisa dioperasikan di rumah, namun tetap dirasa kurang praktis lantaran bentuknya yang tidak portabel.

Itu mengapa, Huawei Watch D pun hadir sebagai jam tangan pintar yang bisa memonitor kondisi tekanan darah yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Portabilitas Tingkat Tinggi

huawei weight_

Untuk dapat memonitor tensi secara berkala, ada alat medis berbasiskan pergelangan tangan yang dinamakan dengan OMRON U30. Namun, alat ini tetap kurang portabel dan sulit digunakan saat berpergian.

Huawei Watch D dirancang sebagai alternatif dengan desain bodi yang jauh lebih compact. Jam tangan pintar ini hanya berukuran 1/25-nya saja dari OMRON U30, serta memiliki bobot yang 6 kali lipat lebih ringan.

Akurasi yang Dapat Diandalkan

huawei akurasi_

HUAWEI Watch D hadirkan sensor tekanan udara yang akurasinya setara dengan tingkat medis, sanggup mendeteksi perpindahan tekanan nadi sekecil 0,01 mmHg. Perangkat ini juga punya margin of error sangat sedikit, yaitu sebesar kurang lebih 3 mmHg.

Akurasi tinggi pada HUAWEI Watch D juga berkat keberadaan desain kantong udara dua lapis, dirancang agar pas pada strap dengan tingkat kerapatan tinggi.

Kantong udara ini juga mengandalkan metode pengukuran tekanan darah oscillographic. Diketahui, lebar cuff pada perangkat ini sebesar 30 mm, 5x lipat lebih kecil dari lebar cuff pada OMRON U30.

HUAWEI Watch D ini juga menggunakan algortima TruBPTM Blood Pressure Measurement yang dikembangkan selama 6 tahun, lebih dari 20 paten terkait algoritme, dan lebih dari 15.000 set verifikasi data tubuh.

Mengukur Lebih Nyaman dengan Lebih Sedikit Tekanan

huawei less pressure_

Saat melakukan pengukuran tekanan darah di rumah, seringkali kita merasa tidak nyaman karena tekanan terlalu tinggi yang dirasakan lengan atas. Alat medis OMRON U30 memiliki tingkat satuan tekanan 756 N yang bikin tidak nyaman.

Berbeda dengan Huawei Watch D dengan tekanan 109 N, alias 7x kali lipat kecil. Dengan merasakan lebih sedikit tekanan, pengguna dapat merasa lebih nyaman setiap kali lakukan pendeteksian tekanan darah.

Lebih Sunyi, Tanpa Khawatir Ganggu Sekitar

huawei sunyi_

Alat pendeteksian tekanan darah tradisional di rumah seringkali keluarkan bunyi yang cukup keras saat digunakan, yakni lebih dari 45 dB. Hal ini bisa membuat pengguna enggan karena takut mengganggu orang di sekitar, terlebih saat berada di lingkungan kantor ataupun saat malam hari di kamar.

Berkat hadirnya teknologi HUAWEI Micropump pada Watchpad D, pengguna bisa merasakan proses pengukuran tekanan darah dengan jauh lebih sunyi namun dengan akurasi yang sama baiknya.

Dengan begini, Anda bisa lakukan pengecekan tekanan darah tanpa membangunkan pasangan yang sedang terlelap di sebelah Anda.

Hadirkan Fitur Pengingat yang Intuitive

huawei health community_

Jam tangan pintar ini hadirkan teknologi monitoring HUAWEI TruSleepTM yang dapat mengirimkan pengingat tekanan darah setiap Anda bangun tidur.

Selain itu, perangkat ini juga akan secara otomatis mengirimkan pengingat saat mendeteksi detak jantung yang abnormal. Jam tangan pintar ini menghadirkan serangkaian daily task untuk mengatasi isu gaya hidup, seperti latihan pernapasan, asupan cairan harian, asupan garam, dan BMI.

Pengguna juga dapat terhubung dengan Health Community untuk membagikan informasi mengenai kesehatan kita dengan orang-orang terdekat.

Fitur-Fitur Pelengkap Lainnya

huawei workout mode_

HUAWEI Watch D tidak hanya unggulkan fitur pelacakan tekanan darah, melainkan juga punya fitur-fitur pelengkap lain yang tak kalah berguna. Seperti pendeteksian detak jantung sepanjang hari, sleep monitoring, serta pendeteksian suhu kulit.

Tersedia juga sebanyak 78 mode olahraga yang mencakup aktivitas berlari, bersepeda, lompat tali, dan masih banyak lagi. Seperti rata-rata smartwatch kebanyakan, HUAWEI Watch D juga tampilkan fitur basic seperti informasi cuaca, alarm, kontrol media, dan sebagainya.

Durasi Ketahanan Baterai hingga 7 Hari

huawei watch d durasi baterai_

Dengan beragam fitur menarik yang ditawarkannya, HUAWEI Watch D rupanya tetap suguhkan masa daya baterai yang panjang. Pada penggunaan normal, jam tangan pintar ini diklaim bisa bertahan hingga 7 hari lamanya. Penggunaan normal tersebut pun bisa saja mencakup pengecekan tekanan darah sebanyak enam kali per hari.

Harga dan Tanggal Perilisan HUAWEI Watch D

huawei watch d

HUAWEI Watch D bisa Anda dapatkan dengan harga special yaitu Rp5.499.000,-. Pada masa promosi dari tanggal 1-12 September 2022, Anda juga akan mendapaktan bonus HUAWEI FreeBuds 4 senilai Rp2.199.000 untuk setiap pembelian HUAWEI Watch D.

Pada masa promosi tersebut, Huawei juga hadirkan penawaran cicilan 0% selama 12 bulan dengan angsuran mulai dari Rp458.250 per bulan dan cashback dengan mitra bank sampai dengan Rp200.000,-.

Untuk setiap pembelian HUAWEI Watch D, pelanggan berhak untuk mendapatkan voucher potongan harga Rp100.000 di HUAWEI Official Store ShopeeTokopedia, dan Blibli. Pelanggan juga bisa mendapatkan HUAWEI Watch D secara offline, di HUAWEI Authorized Experience Store.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram