carisinyal web banner retina

Inilah 3 Laptop Gaming ASUS ROG Paling Powerful 2022

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna pada 24-09-2022

Pada 23 September 2022, ASUS ROG Indonesia kembali mengadakan acara ROG Community Gathering setelah sukses di acara gathering perdana di Jakarta tahun 2022. Acara gathering kali ini diselenggarakan di Bandung tepatnya di kawasan Paskal Hyper Square, Jl. Pasir Kaliki No.23, Kota Bandung.

Acara ROG Community Gathering ini merupakan ajang untuk bertemunya para gamers dan penggemar produk ROG dari berbagai daerah. Acara tersebut dimeriahkan oleh Luthfi Halimawan sebagai pembicara di talkshow interaktif, nobar Final Southeast Asia di ROG Master APAC 2022, dan kompetisi game berhadiah jutaan rupiah.

Selain dimeriahkan dengan kegiatan-kegiatan seru dan hadiah yang menarik, acara ROG Community Gathering ini juga memamerkan beberapa laptop gaming terbarunya yang paling powerful dengan prosesor intel core generasi ke-12 sebagai legenda laptop gaming ASUS ROG terbaru.

Adapun laptop gaming yang dipamerkan di acara tersebut adalah ASUS TUF dash F15 (FX517), ROG Strix Scar 17 SE (G733C), dan ROG Flow Z13 (GZ301). Para gamers dan penggemar prodik ROG yang hadir pun mendapatkan penjelasan detail mengenai kemampuan yang dimiliki oleh ketiga laptop tersebut.

Nah, untuk mengenal lebih lanjut ketiga laptop gaming ASUS ROG tersebut, berikut adalah penjelasan detail mengenai profil dari masing-masing laptopnya baik itu ASUS TUF dash F15, ROG Strix Scar 17 SE, dan ROG Flow Z13.

1. ASUS TUF Dash F15

asus TUF dash F15

ASUS menghadirkan jajaran laptop gaming terbarunya di Indonesia yaitu TUF Dash F15 (FX517) dengan sebutan World’s Slimmest Value Gaming Laptop. Sesuai dengan namanya, laptop TUF Dash ini kembali hadir dengan menawarkan pengalaman game terbaik serta durabilitas bodi yang tangguh dengan ketebalan tidak lebih dari 20 mm.

ASUS TUF Dash ini menghadirkan nuansa baru dengan tampilan garis-garis yang rapi dibaluti cover alumunium yang terinspirasi dari mecha, serta hadir dengan dua varian warna yaitu Off Black dan Moonlight White.

Desain modern yang dibawanya kemudian dipadukan dengan ketebalan hanya 19,95 mm menjadikannya terlihat sangat ramping. Bezel yang dimiliki ASUS TUF Dash F15 ini juga sangat sempit dengan screen-to-body ratio hingga 80% sehingga mampu memaksimalkan ruang layar tanpa gangguan apa pun.

Sama seperti seri TUF lainnya, ASUS TUF Dash F15 juga mengedepankan aspek durabilitasnya. Meskipun memiliki bodi yang ramping, TUF Dash F15 ini telah lolos uji ketahanan ekstrem yang berstandar militer AS yaitu MIL-STD mulai dari ketahanan ketika jatuh, getaran, bahkan berada di lingkungan yang sangat ekstrem.

Sebagai laptop gaming, sudah dipastikan bahwa ASUS TUF F15 memiliki performa yang sangat baik. Ditenagai oleh prosesor intel core generasi ke-12 varian i7-12650H. Prosesor ini memiliki konfigurasi 10 core yaitu 6 P-core dan 4 E-core serta 16 thread yang mampu beroperasi pada frekuensi 4,7GHz.

Selain itu, ASUS TUF Dash F15 dibekali chip grafis laptop NVIDIA terbaru yaitu GeForce RTX 3060 dengan TGP hingga 105W yang memberikan kombinasi hardware powerful untuk bermain game atau penggunaan apapun.

Seri TUF kali ini juga telah dilengkapi oleh MUX Switch yang berfungsi untuk meningkatkan performa gaming dengan mengalihkan jalur data pemrosesan tampilan layar secara langsung ke chip grafis yang dimilikinya yaitu GeForce RTX 3060. Dengan kata lain, MUX Switch ini mampu memangkas latency dan meningkatkan performa hingga 15%.

Sistem pendinginan juga menjadi fokus dari TUF Dash F15, menggunakan Arc Flow yang memiliki 84 bilah kipas dengan ketebalan hanya 0,1 mm di bagian ujungnya. Setiap bilah kipas tersebut mampu mengalirkan udara hingga 13% lebih baik daripada generasi sebelumnya.

2. ROG Strix Scar 17 SE

ROG Strix scar 17 SE

ROG Strix Scar 17 Special Edition (G733C) menjadi laptop pertama yang ditenagai oleh CPU Intel Core generasi ke-12 i9-12950HX. Laptop gaming ini didukung oleh chip grafis dan pendingin yang dapat menghasilkan performa sekelas PC desktop. Lebih menariknya lagi, laptop ini memiliki jumlah sangat terbatas yaitu hanya 20 unit dari September hingga Oktober saja.

Laptop gaming ini memiliki julukan World’s Most Powerful Gaming Laptop yang dirancang khusus untuk para gamers yang mencari mesin gaming dengan performa tertinggi untuk digunakan di setiap pertandingan e-sport. Maka dari itu, dengan hardware khusus yang powerful, laptop ini sangat cocok untuk dipilih dan digunakan.

CPU yang dimiliki ROG Strix Scar 17 SE ini menggunakan konfigurasi 16 core yaitu 8 P-core dan 8 E-core, serta 24 thread yang telah mengalami peningkatan dari sebelumnya. Performa core yang dimilikinya telah mampu berjalan di frekuensi mencapai 5,2 GHz dengan base power 65W.

Tidak hanya itu, CPU milik ROG Strix Scar 17 SE ini memiliki performa yang bisa ditingkatkan melalui manual mode di aplikasi Armoury Crate dan membuatnya berjalan di daya sangat tinggi yaitu 175W. Performa tersebut sudah seperti performa yang dihasilkan oleh PC desktop.

ROG Strix Scar 17 SE ini tidak hanya memiliki CPU powerful, tetapi GPU yang disematkan juga sama powerful-nya yaitu NVIDIA GeForce RTX 3080Ti. GPU tersebut memiliki performa di atas laptop gaming lainnya karena telah ditingkatkan dengan TGP maksimal 175 W melalui Dynamic Boost.

Agar bermain game lebih nyaman, resolusi yang dicapai oleh laptop ini sangat tinggi yaitu mencapai QHD (2560 x 1440) dengan refresh rate 240Hz serta respon super cepat yaitu 3ms. Selain itu, ROG Strix Scar 17 SE dibekali teknologi layar Dolby Vision dan Adaptive Sync untuk memastikan pengalaman bermain game tanpa efek stuttering dan tearing.

Untuk mendukung lebih performa dan kinerja yang dihasilkan, ROG Strix Scar 17 SE ini memiliki sistem pendingin ROG Intelligent Cooling. Dengan menggunakan liquid metal sebagai thermal compound yaitu Thermal Grizzly Conductonaut Extreme pada CPU dan GPU membuatnya mampu menghasilkan suhu operasional hingga 15⁰C.

Laptop dilengkapi dengan vapor chamber dan heatsink yang membantu mendinginkan semua komponen agar bisa melepaskan panas secara optimal. Pelepasan panas tersebut juga dibantu oleh dua kipas Arc Flow yang mampu menghasilkan aliran udara sangat baik dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya.

3. ROG Flow Z13

ROG Flow Z13

Berbeda dengan laptop yang dipamerkan sebelumnya, ROG FLow Z13 (GZ301) sesuai julukannya yaitu World’s Most Powerful Tablet Gaming Laptop merupakan tablet gaming paling powerful di dunia. Meskipun memiliki bodi sangat ringkas, performa yang diberikan oleh tablet ini sangat tinggi karena ditenagai oleh prosesor intel core generasi ke-12.

Untuk varian tertingginya, ROG Flow Z13 ini memakai prosesor Intel Core i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 core yaitu 6 P-core dan 8 E-core, serta 20 thread yang ditingkatkan. Selain itu, terdapat GPU yang disematkan pada tablet gaming ini yaitu NVIDIA GeForce RTX 3050Ti serta MUX Switch yang membantu agar performa gaming lebih maksimal.

ROG Flow Z13 tampil dengan desain yang sangat canggih dan futuristik dengan membawa tema luar angkasa pada abad ke-20. Meskipun begitu, tablet ini tetap mengedepankan konsep utama yang dibawanya yaitu portabilitas.

ROG Flow Z13 dibekali oleh dua pilihan layar, yaitu layar berkualitas 4K 60Hz memiliki color gamut 85% DCI-P3 dan layar Full HD dengan 120Hz memiliki color gamut mencapai 100% sRGB. Keduanya memiliki rasio layar 16:10 dan telah didukung teknologi Dolby Vision, dilapisi Corning Gorilla Glass, Adaptive Sync, dan sertifikasi PANTONE Validated Display.

Sebagai sebuah tabler, ROG Flow Z13 ini dapat dioperasikan menggunakan layar sentuh yang terintegrasi. Agar lebih nyaman dalam penggunaannya, keyboard dan touchpad yang terpasang tersebut bisa dilepas-pasang sesuka hati, serta terdapat penyangga bodi utama di bagian belakang yang bisa dibuka hingga 170⁰.

ROG Flow Z13 ini bisa dibilang memiliki sirkulasi udara yang lebih baik dibandingkan laptop biasanya, hal itu disebabkan karena ROG Flow Z13 ini memiliki komponen utama yang berada di belakang layar. Karena hal itu juga tablet ini mampu menampung hardware kelas gaming meski memiliki tampilan yang ringkas.

Nah, itulah penjelasan mengenai tiga laptop gaming terbaru yang dipamerkan pada acara ROG Community Gathering yang bertempat di kawasan Paskal, Kota Bandung. Ketiga laptop tersebut memiliki performa yang sangat tinggi dan tidak salah jika disebut sebagai legenda laptop gaming karena telah menggunakan prosesor Intel Core dari generasi ke-12.

Dari ketiga laptop yang telah dijelaskan di atas, mana yang menjadi favorit Anda? Atau ada laptop lain di lini ROG yang lebih menarik perhatian Anda? Lini ROG ini memang dibanderol dengan harga yang tinggi, tetapi harga itu menjadi wajar ketika dibandingkan dengan kemampuan dan spek tinggi yang dimilikinya.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram