carisinyal web banner retina

Lini Laptop Lenovo dan 6 Laptopnya yang Menarik di 2023

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha pada 13/02/2023

Soal penamaan laptop, saya punya pendapat kalau penamaan laptop itu rumit jika dibandingkan dengan produk ponsel atau tablet. Kerumitan itu biasanya karena angkat di belakang penamaan yang biasanya membedakan penggunaan prosesor, penggunaan GPU, dan lain-lainnya. 

Namun, berbeda dengan Lenovo. Lenovo ini sudah mencoba menyederhanakan penamaan laptop yang membuat awam bisa memilih dengan muda memilih laptop dengan prosesor yang digunakan.

Contohnya jika memakai prosesor Intel, maka ada angka i di belakang angka seri. Jika memakai AMD, tidak ada angka i. Misalnya, Lenovo YOGA 9 dan Lenovo YOGA 9i. Kedua laptop punya spesifikasi serupa dari semua sisi. 

Pembedanya, Lenovo YOGA 9 memakai prosesor AMD dan Lenovo YOGA 9i memakai prosesor dari Intel. 

Mengenal Penamaan Lini Laptop Lenovo 

Lenovo Media Gathering “Smarter Technology for All”
Lenovo Media Gathering “Smarter Technology for All”

Selain kode huruf i, Lenovo juga hadirkan penamaan untuk jenis laptop tertentu. Misalnya, nama “Slim” biasanya untuk laptop tipis “Flex” untuk laptop yang bisa dilipat sampai 360 derajat, dan “Duet” untuk laptop yang bisa dilepas bagian keyboard-nya dan membuat perangkat bisa diubah hadi tablet. 

Ada juga penamaan “Carbon”. Penamaan ini spesial karena seri laptop Lenovo yang ada embel nama tersebut mengindikasikan kalau laptop tersebut dibuat dengan kombinasi aluminium dan karbon fiber. Kombinasi ini membuat laptop punya bodi desain yang tipis tetapi kuat. 

Untuk lini laptopnya sendiri, Lenovo punya enam jenama yang terdiri dari ThinkPad, ThinkBook, IdeaPad, Lenovo series, YOGA, dan Legion. 

SERI LAPTOP LENOVO

ThinkPad dan ThinkBook adalah lini laptop Lenovo untuk kalangan bisnis dan enterprise. Untuk kalangan bisnis UMKM, ada juga seri lebih rendah nya yakni lewat Lenovo V series atau seri Lenovo yang punya angka V di depannya. Contohnya Lenovo V14. 

IdeaPad adalah seri laptop mainstream yang berorientasi pada target pasar konsumen akhir. Seri ini dijual mulai dari harga terjangkau sampai belasan juta. Bahkan, IdeaPad juga punya seri laptop gaming terjangkau. 

Konsumen juga bisa memilih laptop Lenovo yang lebih premium yang dinamakan YOGA. Seri ini menghadirkan desain, layar, dan hardware yang lebih premium. Contohnya bahan premium untuk desain, dukungan teknologi layar sentuh, dan penggunaan prosesor kelas atas. 

Seri Lenovo YOGA hadir dengan fungsi hybrid atau 2-in-1 yang membuat laptop bisa diubah jadi mode tablet.  Ada juga seri yang tidak hybrid alias clamshell yang dinamakan Lenovo YOGA Slim. 

Lenovo YOGA Slim biasanya punya desain yang lebih tipis dengan layar yang hanya bisa ditekuk sampai 180 derajat. 

Satu seri lagi adalah Lenovo Legion. Ini adalah seri laptop gaming premium. Semua spesifikasi yang dihadirkan ditujukan untuk pengalaman bermain gim yang menyenangkan. 

Berkenalan Langsung dengan Laptop Lenovo 

Lenovo Media Gathering “Smarter Technology for All”
Lenovo Media Gathering “Smarter Technology for All”

Penjelasan soal penamaan laptop Lenovo bukan tanpa sebab. Penjelasan tersebut adalah langkah pertama saya untuk mencoba atau setidaknya melihat langsung berbagai lini laptop Lenovo. 

Kebetulan, pada Selasa 7 Februari 2022, saya menghadiri acara Media Gathering “Smarter Technology for All” yang diselenggarakan Lenovo Indonesia di Atmosphere Resort Café Bandung. 

Pada acara tersebut, pihak Lenovo membawa beberapa lini laptop dan dua produk AIO (All-in-One) untuk dicoba dan dilihat langsung oleh para awak media Bandung. 

Pada gelaran tersebut juga, pihak Lenovo Indonesia menjelaskan tentang seri laptop Lenovo dan juga berbagai keunggulan yang ditawarkannya.

Salah satu daya tarik yang dibahas adalah perihal after sales dan garansi. Daya tarik ini bisa saya jabarkan berikut ini. 

  • Accidental Damage Protection

Lenovo Accidental Damage Protection ( ADP) merupakan layanan garansi di luar garansi yang sudah ditawarkan. Sederhananya, garansi ini akan menjamin kalau produk Lenovo yang dipakai jika terkena kerusakan akibat kelalaian sendiri akan tetap dapat garansi. 

Garansi seperti ini biasanya jarang diberikan. Mengingat banyak jenama laptop yang hanya menawarkan garansi mesin atau suku cadang saja. Contoh yang termasuk garansi ADP misalnya laptop tiba-tiba terkena tumpahan kopi. 

Jadi, untuk beberapa laptop Lenovo tertentu, ada dua layanan garansi. Yang pertama garansi umum dan yang kedua adalah garansi ADP. Garansi ADP biasanya hanya berlaku 1 tahun saja tapi menariknya bisa di-cover berkali-kali. 

  • Lenovo Premium Care 

Lenovo Premium Care merupakan layanan after sales dari Lenovo untuk konsumen yang membeli produk Lenovo premium. Layanan ini menawarkan keunggulan untuk konsumen  yang malas untuk datang ke service center.

Berkat layanan ini, teknisi dari Lenovo yang bakal datang menjemput jika ada perangkat yang perlu diperbaiki. Menariknya, Lenovo Premium Care ini tersedia 24 jam tiap harinya. 

  • Appointment Booking System via WhatsApp

Ada juga layanan Appointment Booking via WhatsApp. Layanan ini membuat konsumen tidak perlu ribet mengantri jika akan datang ke service center Lenovo. Caranya juga mudah. Konsumen hanya perlu WhatsApp ke nomor +6221 50851766. Kemudian ikuti petunjuk yang diberikan pada chat sesuai kebutuhan. 

Layanan after sales ini perlu diacungi jempol. Jarang ada jenama laptop yang memberikan layanan purna jual sebaik Lenovo.

Selain penjelasan soal layanan purna jual, pihak Lenovo Indonesia juga mempersilakan para awak media untuk melihat lebih dekat dengan produk Lenovo. 

Saya pun mencoba mengamati atau setidaknya berkenalan dengan 6 laptop Lenovo yang menurut saya menarik untuk dibeli di 2023. Keenam laptop tersebut sebagai berikut. 

1. Lenovo Yoga Slim 7 Pro X

Lenovo Yoga Slim 7 Pro X_

Dari penamaannya, pembaca pasti bisa menebak kalau laptop ini adalah laptop dengan desain premium dan tipis. Karena tidak ada huruf “i”, prosesor yang dipakai adalah AMD. 

Tipe prosesor yang digunakan adalah AMD Ryzen™ 6000 series HS Creator Edition. Di pasaran, ada berbagai konfigurasi pilihan. Ada AMD Ryzen™ 9 6900 series HS Creator Edition, ada yang memakai Ryzen™ 7 6800 series HS Creator Edition, dan ada yang memakai AMD Ryzen™ 5 6500 series HS Creator Edition

Dengan dukungan NVIDIA GeForce RTX 3050 atau GTX 1650, jelas membuat laptop ini jadi salah satu laptop yang ringan dan kencang. Bisa dibilang, ini adalah laptop untuk kreasi konten, desainer grafis, dan segala profesi atau kegandrungan lain yang membutuhkan performa grafis kencang.

Untuk menunjang aktivitas grafis, layarnya pun sudah dibuat sedemikian rupa agar warna yang ditampilkan jadi seakurat mungkin. Hadirkan resolusi 3K, tidak ada lagi penampakkan buram - semua yang ada di layar akan dijajakan secara tajam dan memanjakan mata.

Bahkan, layar sudah mendukung kalibrasi perangkat Delta E < 1 dan gamut warna sRGB 100% untuk akurasi warna terbaik kelas dunia. Untuk kian tingkatkan pengalaman gaming, tersedia juga refresh rate 120 Hz agar pergerakkan di layar semakin mulus.

Lenovo Yoga Slim 7 Pro X

Bukan itu saja, mata pengguna akan semakin dibuat nyaman tanpa lelah berkat adanya sertifikasi TUV Rheinland agar emisi cahaya biru bisa diminimalisir.

Mau dipakai menonton film bluray? Layar hasil racikan Dolby Vision dan suara stereo speaker dari Dolby Atmos akan hadirkan pengalaman sinematis terbaik selayaknya di bioskop.

Pengguna yang berniat lakukan hal-hal produktif pada laptop juga tidak perlu lelah meng-scroll-scroll sekadar agar semua tampilan terlihat dalam sekali waktu. Pasalnya, aspek rasio yang diusung layar adalah 16:10, sehingga work area dapat terlihat lebih luas dibandingkan mayoritas laptop lain.

Konektivitas laptop ini juga sudah dikemas dengan yang terbaik. Ia mencakup WiFi 6E (khusus Windows 11 Pro), Bluetooth 5.1, dua buah port Thunderport 4 untuk dipasangkan ke monitor eksternal, dan masih banyak lagi.

Sudah bukan rahasia lagi, Lenovo Yoga Slim 7 Pro X adalah laptop yang pas untuk aktivitas grafis manapun, tanpa membebani penggunanya dengan lag atau stutter

Selain tersedia dengan prosesor AMD, Lenovo Yoga Slim 7 Pro X juga punya varian Intel. Tentu namanya adalah Lenovo Yoga Slim 7i Pro X. 

Dari penjelasan tersebut, jelas Lenovo Yoga Slim 7 Pro X ditujukan untuk kalangan profesional, kreator konten, dan konsumen yang butuh laptop tipis tetapi kencang. 

2. Lenovo Yoga 9i

Lenovo Yoga 9i

Tidak ada kata Slim di seri ini. Itu berarti laptop ini merupakan laptop Yoga yang bisa dilipat sampai 360 derajat.

Tentu ini jadi kelebihan sendiri mengingat ada kalangan konsumen yang butuh laptop tipis dan bisa diubah mode layarnya ke mode tablet. 

Layar yang ditawarkan Lenovo Yoga 9i juga tidak main-main. Varian tertinggi menawarkan  panel OLED dengan resolusi 4K. Ada juga varian layar yang menawarkan resolusi 2K. Yang memakai varian OLED ini hadir dengan dukungan 100 persen DCI-P3 dan 100 persen sRGB.

Lenovo Yoga 9i juga menyediakan varian panel layar IPS dengan resolusi Full HD dengan fitur 100 persen sRGB. 

Lenovo Yoga 9i adalah laptop Intel Evo. Ini berarti laptop ini ditenagai dengan prosesor Intel dan mengharuskan laptop punya daya tahan baterai lebih dari 8 jam pemakaian. 

Lenovo Yoga 9i

Prosesor Intel yang dipakai di Lenovo Yoga 9i adalah Inte® Core™ i7-1280P atau Intel® Core™ i7-1260P. Ada juga varian yang memakai  Intel® Core™ i5-1240P.

Karena menawarkan Intel Evo, konektivitas yang ditawarkan tentu harus baru dan lengkap. Karena itu, laptop ini punya port Thunderbolt, protokol WiFi 6E untuk kecepatan internet tinggi, serta hadirkan Bluetooth 5.2 untuk latensi yang lebih rendah ketika gunakan TWS.

Lenovo Yoga 9i (2022)_

Dari spesifikasi yang ditawarkan, Lenovo Yoga 9i ini hadir sebagai laptop yang cocok digunakan untuk para profesional yang butuh laptop ringkas dan kencang. Menilik spesifikasi yang ditawarkannya juga, laptop ini cocok digunakan untuk pengeditan video ringan dan sedang alias cocok juga digunakan untuk kreator konten. 

3. Lenovo Legion 5i Pro 

Lenovo Legion 5i Pro

Waktu saya memegang seri Yoga, feel yang didapat itu memang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana. Karena memang tujuannya untuk calon konsumen yang butuh laptop ringkas. 

Beda cerita ketika saya memegang Lenovo Legion 5i Pro. Feel yang didapat itu rasanya seperti sebuah perangkat “PC Desktop ringkas” yang mudah dibawa kemana-mana. 

Bobotnya mencapai 2,49 kg. Untuk ukuran laptop gaming ini umum. Ada banyak hal yang perlu dikompromikan untuk desain agar mencapai performa maksimal. Contohnya tentu kehadiran kartu grafis up to NVIDIA GeForce RTX 3070 yang notabene merupakan salah satu yang terbaik dalam industri laptop gaming.

Lenovo Legion 5i Pro

Kartu grafis itu berpadu dengan RAM DDR5 16 GB atau 32 GB. Sementara di dapur pacu, ada prosesor Intel® Core™ i9-12900H, Ada juga pilihan untuk memakai Intel® Core™ i7-12700H atau Intel® Core™ i5-12500H. 

Lenovo juga menyediakan varian yang memakai prosesor AMD up to AMD Ryzen™ 7 5800H. Tentu saja namanya menjadi Lenovo Legion 5 Pro saja. 

Dengan spesifikasi tinggi, jelas berbagai gim dilibas dengan baik di laptop ini. Terlebih Lenovo juga sematkan spesifikasi tinggi di Lenovo Legion 5 Pro atau 5i Pro ini. 

Contohnya adalah penggunaan layar IPS  WQHD+ dengan refresh rate 165Hz

Bahkan, Lenovo Legion 5 Pro atau 5i Pro ini cocok juga digunakan untuk kebutuhan kreator konten. Pasalnya, layar yang ditawarkan sudah mendukung 100 persen sRGB sehingga membuat tampilan layar hadirkan warna yang baik. 

Lenovo Legion 5i Pro

Tidak ketinggalan,  Lenovo Legion 5 Pro atau 5i Pro dilengkapi TrueStrike Keyboard yang akan membuat pengguna terasa nyaman saat mengetik atau main gim. 

Satu hal yang saya pahami juga, bodi yang berat pada Lenovo Legion 5 Pro tentu diperhitungkan. Dengan spesifikasi tinggi, tentu butuh sistem pendingin yang membuat hardware tetap maksimal dalam menjalankan gim berat. 

Karena itu  Legion 5 Pro atau 5i Pro ini sudah dibekali sistem pendingin yang dinamakan Coldfront 3.0. Sistem pendingin ini menjamin laptop bisa punya performa tinggi sepanjang waktu dan bodi laptop tidak terlalu panas. 

Adapun keunikan lain dari Legion 5 Pro/5i Pro juga terletak pada sisi privasinya. Ya, pengguna bisa menutup dan membuka webcam 720p melalui tombol E-Shutter yang praktis. Dengan begini, Anda bisa merasa aman tanpa khawatir ada hacker yang berusaha mengintip melalui webcam.

Lenovo Legion 5i Pro 16IAH7H E4ID

Satu yang tak boleh dilewatkan konsumen adalah soal dukungan produk tambahan. Konsumen yang membeli laptop Lenovo Legion seri apapun (termasuk Legion 5 Pro/5i Pro), mendapat layanan Legion Ultimate Support

Legion Ultimate Support ini semacam layanan tanpa biaya tambahan lagi. Nantinya, para pemilik Lenovo Legion akan dapat saran dari teknisi terkait peningkatan software ataupun optimalisasi hardware yang dapat dihubungi setiap hari 24 jam non-stop via chat, telepon bebas biaya, maupun email. 

4. Lenovo IdeaPad Slim 3

Lenovo IdeaPad Slim 3

Lenovo juga menyediakan berbagai lini laptop untuk kebutuhan komputasi dasar. Mereka menghadirkan tipe laptop ini di seri Lenovo IdeaPad Slim 3 dan IdeaPad Slim 1. 

Namun, yang saya coba saat acara adalah Lenovo IdeaPad Slim 3. 

Pada dasarnya keduanya tidak jauh berbeda. Keduanya adalah seri laptop yang hadir sebagai jawaban kebutuhan konsumen yang cari laptop untuk mengerjakan tugas, bekerja, maupun untuk main game ringan.  

Bisa dibilang,  Lenovo IdeaPad Slim 3 merupakan laptop terjangkau yang target pasarnya begitu gemuk. Karena itu, seri laptop ini punya berbagai varian prosesor. 

Untuk seri AMD misalnya, tersedia varian prosesor rendah dari AMD 3020e, Athlon™ Silver, Athlon™ Gold, AMD Ryzen™ 3 dan 5 3000 series, AMD Ryzen™ 5000 series, dan yang paling baru Ryzen™ 7000 series. Semua varian merupakan tipe prosesor U atau seri yang lebih hemat daya. 

Lenovo IdeaPad Slim 3

Hal ini seperti Lenovo Ideapad Slim 3i (14) varian prosesor Intel Celeron N4020. Secara fitur, laptop ini sama persis dengan Lenovo Ideapad Slim 3 yang memakai prosesor AMD 3020e. Sama-sama memakai SSD, punya desain minimalis, tombol power yang terpisah dari keyboard, serta webcam dengan shutter penutup.

Bedanya hanya terletak di prosesor yang digunakan. Buat Anda yang sudah nyaman dengan prosesor Intel tidak perlu bersusah hati untuk pindah ke AMD. Nominal yang Anda bayarkan buat menebus Ideapad Slim 3i (14) ini pun selisih sedikit dari varian AMD-nya, yakni Rp3.889.000 saja.

5. Lenovo IdeaPad Flex 5i

Lenovo IdeaPad Flex 5i

Selanjutnya ada Lenovo IdeaPad Flex 5i. Ini adalah laptop yang bisa memenuhi kebutuhan dasar tetapi sekaligus memiliki berbagai peningkatan dari segala sisi dibanding IdeaPad seri slim. 

Peningkatan itu tentu terlihat dari form factor laptop yang memungkinkan pengguna bisa bekerja secara fleksibel. Kata-kata “Flex” disini jelas menunjukan jika laptop bisa digunakan lebih fleksibel dalam mode laptop ataupun diputar 360 derajat. 

Peningkatan juga terlihat dari hadirnya prosesor Intel® Core™ generasi ke-12. Varian yang tersedia adalah  Intel® Core™ i7-1255U, i5-1235U, dan i3 1215U. Tersedia pula varian yang lebih murah yakni  Intel® Pentium™ Gold 8505. 

Lenovo IdeaPad Flex 5i

Karena generasi ke-12, semua tipe prosesor yang dihadirkan di seri ini punya prosesor khusus untuk efisiensi dan untuk performa. Sayangnya, untuk varian Pentium, prosesor untuk performanya hanya 1 core saja. 

Sektor layar tentu tidak ketinggalan. Sektor ini jadi nilai jual karena laptop menghadirkan konsep yang bisa diputar layarnya. 

Lenovo IdeaPad Flex 5i

Layarnya hadir dengan dua varian, ada yang 16 inci ada juga yang 14 inci. Semua layar sudah mendukung teknologi layar sentuh dan sertifikat TUV. Beberapa seri malah hadirkan fitur 1000 persen SRGB atau 100 persen DCI-P3.

Tentu saja layarnya juga mendukung penggunaan stylus pen. Menariknya, seri  Lenovo IdeaPad Flex 5i sudah dibekali dengan stylus pen di paket penjualannya.

6. Lenovo IdeaPad Duet 5i

Lenovo IdeaPad Duet 5I

Di antara keenam seri yang dihadirkan Lenovo Indonesia, saya tertarik dengan Lenovo IdeaPad Duet 5i. Boleh dibilang seri ini menghadirkan fleksibilitas yang lebih baik jika dibandingkan  IdeaPad Flex 5i.

Fleksibilitas dalam hal ini adalah keleluasaan pengguna untuk membuat perangkat ini dipakai lebih bebas.

Jika IdeaPad Flex 5i bisa memutar layar sampai 360 derajat, maka Lenovo IdeaPad Duet 5i memungkinkan penggunanya melepas bagian keyboard cover sehingga membuat perangkat bisa digunakan layaknya tablet yang sebenarnya. 

Itulah kenapa Lenovo IdeaPad Duet 5i tergolong menarik. Terlebih laptop ini menawarkan bobot yang lebih ringan yakni 839 gram untuk bobot layarnya dan 350 gram untuk keyboard covernya. 

Lenovo IdeaPad Duet 5I

Itu berarti, bobot total Lenovo IdeaPad Duet 5i tidak sampai 1,2 kg. Ini tentu menarik dan membuat  Lenovo IdeaPad Duet 5i lebih cocok dipilih buat pengguna yang butuh laptop sangat ringkas dan mudah dibawa ke mana-mana. 

Untuk spesifikasinya, Lenovo IdeaPad Duet 5i hadirkan prosesor Intel® Core™ generasi ke-12. Varian yang tersedia adalah  Intel® Core™ i7-1255U, i5-1235U, dan i3 1215U. Untuk RAM, ada pilihan RAM 8 GB maupun 16 GB. 

Lenovo IdeaPad Duet 5I

Untuk sisi layar, laptop ini hadirkan layar LTPS 12,4 inci dengan resolusi 2,5K. Layarnya ini diklaim sudah 95 persen DCI-P3 dan mendukung Dolby Vision. 

Jelas tersedia juga stylus pen di paket penjualan laptop. Sayangnya, pen ini tidak punya tempat untuk disimpan. Tidak ada juga sistem magnetik yang membuat pen bisa dengan mudah menempel di bagian laptop. 

Terlepas dari itu, Lenovo IdeaPad Duet 5i jadi laptop yang sangat menarik untuk mereka yang sibuk dan butuh laptop yang sangat ringkas. 

Sebenarnya, saya masih ingin bercerita satu-satu terkait laptop Lenovo yang dihadirkan. Namun, tulisan ini saja sudah terlalu panjang. 

Pada akhirnya, dari acara ini, saya punya pengetahuan lebih soal produk Lenovo dan terkait seri atau lini laptopnya. Selain itu, saya juga patut mengapresiasi layanan dari Lenovo soal after sales dan garansi. 

Sebagai catatan terakhir, saya ingin memberitahukan kalau semua lini laptop Lenovo yang dijual saat ini sudah dibekali Windows 11 dan Microsoft Office Home & Student 2021

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram