carisinyal web banner retina

POCO X5 5G, Kembalinya HP POCO X Series Berperforma Tinggi di Kelasnya

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna pada 06/02/2023

POCO X5 5G akhirnya resmi diperkenalkan pada 6 Februari 2023. POCO kembali memperkenalkan produk terbarunya untuk lini X Series setelah absen di tahun kemarin. Sebagai salah satu jajaran X Series, POCO X5 5G ini tentu memiliki kemampuan yang mumpuni. Sebab X Series milik POCO ini digadang-gadang atau dikenal sebagai “Rajanya Mid-range”.

Performa Tinggi dari Snapdragon 695 5G

Salah satu sektor yang menjadi unggulan dari HP ini tentu saja chipsetnya. Untuk menunjang pekerjaan berat hingga bermain game, POCO X5 5G mengandalkan performanya pada chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G. Chipset ini dirancang khusus untuk jaringan 5G sehingga kecepatannya menjadi lebih unggul.

POCO X5 5G ini sempat ramai diperbincangkan karena dianggap mengalami downgrade dari pendahulunya. Alasannya tidak lain karena penggunaan chipset dengan seri angka lebih rendah serta angka clock speed yang tidak lebih tinggi dari pendahulunya. Namun, pihak POCO menegaskan bahwa chipsetnya ini justru mengalami beberapa peningkatan.

Hal itu dipertegas dengan penjelasan mengenai keunggulan dan peningkatan dari chipset satu ini, misalnya CPU yang digunakannya sudah lebih baru yaitu Cortex-A78. Dengan begitu, meski memiliki clock speed lebih rendah dari pendahulunya, performa yang dihasilkannya sudah mampu bersaing di kelasnya.

Snapdragon 695

Beralih ke kartu pengolah grafisnya, Snapdragon ini sudah didukung oleh GPU Adreno 619. GPU ini merupakan penyempurnaan dari Adreno 618. Dengan kata lain, grafis yang ditampilkan juga menjadi lebih mulus.

Selain memiliki performa tangguh, Snapdragon 695 5G ini dibangun atas arsitektur 6 nm. Arsitektur tersebut membuat chipset ini memiliki efisiensi atau ketahanan daya kelas atas. Hal ini menjadi penyeimbang antara performa dengan kecepatan oke dan efisiensi daya yang berkelas. Anda bisa memainkan game dengan durasi yang lebih lama.

Penggunaan chipset Snapdragon 695 5G pada POCO X5 5G di kelas harganya ini memang cukup menarik. Sebab, chipset ini juga digunakan untuk HP di kelas harga yang lebih tinggi. Skor AnTuTu yang berhasil dicapai chipset ini yaitu 404.767, lebih tinggi dari Snapdragon 732 yang hanya mencapai skor 364.802.

Performa yang tinggi memang masih menjadi salah satu pasar terbaik terutama di Indonesia. Apalagi POCO X5 5G ini sudah dibekali RAM LPDDR4x yang didukung oleh Dynamic RAM Expansion Technology 3.0. Hal ini membuatnya bisa memperluas RAM hingga 13 GB. Kapasitas RAM yang luas ini tentu sangat disukai terutama oleh anak muda.

Hal ini memang menjadi salah satu tujuan yang coba dicapai, sesuai dengan tuturan dari kepala marketing POCO Indonesia, “POCO X Series memang diciptakan untuk anak muda yang butuh HP dengan performa ekstrem.” Tutur Andi.

Dengan kapasitas yang luas serta performa tinggi di kelasnya, POCO X5 5G ini sudah mampu menjalankan berbagai game populer. Mulai dari PUBG Mobile, Mobile Legend, hingga Genshin Impact sekalipun.

Di samping performa chipsetnya yang mumpuni, POCO X5 5G ini juga dilengkapi oleh konektivitas pendukung lainnya. Salah satunya adalah WiFi 5 dan Bluetooth 5.2. Hal ini mempermudah dalam melakukan transfer file apapun dengan lebih cepat.

Setelah membaca keunggulan dari sektor performa yang dimiliki oleh POCO X5 5G ini, apakah kalian merasa tertarik untuk memilikinya? Tunggu info lanjutan dari kami mengnai POCO X5 yang akan hadir Februari 2023 ini, ya!

Spesifikasi POCO X5 5G

POCO X5 5G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram