carisinyal web banner retina

Belajar Tentang Fotografi Mainan Bersama realme C55 NFC 

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha pada 26/03/2023

Pada Selasa, 21 Maret 2023, saya berkesempatan hadir di acara realme Champion Roadshow Bandung di Samiya Cafe. Saya hadir mewakili komunitas sebagai pengguna realme, bukan sebagai perwakilan media. Karena saat artikel ini tayang, saya merupakan pengguna realme narzo 50 5G. 

Sebagai perwakilan komunitas, tentu tidak ada kewajiban untuk menuliskan acara liputan. Tapi jiwa liputan saya menggelora sehingga gak ada alasan untuk tidak menuangkan kegiatan tersebut di Carisinyal.com. 

realme C55 NFC dan Workshop Fotografi

realme C55 NFC

Pada gelaran tersebut hadir Krisva Angnieszca PR Lead realme Indonesia dan Ian Huang, Public Relations Manager realme SEA. Mereka menjelaskan soal keunggulan realme C55 NFC yang memang jadi salah satu HP menarik di kelas harga Rp2 jutaan. 

Mbak Krisva juga mengatakan soal update OS bagi HP realme. Semua HP realme yang hadir di Indonesia dijanjikan punya software update selama 2 kali atau 2 tahun janji security update selama 3 tahun. Itu berarti baik seri C, seri GT, realme number, dan narzo punya jaminan update OS selama 2 kali. 

Jaminan update ini jelas jadi penting mengingat saat ini banyak orang memakai HP dalam rentang waktu cukup lama, malah bisa sampai 3, 4 atau lebih. 

Karena saya pemakai narzo 50 5G, saya mencoba mengulik bocoran soal narzo seri berikutnya. Ian Huang membocorkan sedikit kalau seri narzo yang baru kemungkinan hadir di tengah tahun 2023 ini. 

Setelah berdiskusi dengan pihak realme Indonesia, ada kegiatan workshop yang menarik. Kegiatan workshop tersebut adalah Photo Toy Photography bareng Wastu Aji fotografer mainan asal Bandung. 

Saya mendapat ilmu baru dari workshop ini. Terlebih ketika berbicara foto mainan, bukan sekadar mainan dipotret saja. Menurut Wastu Aji, fotografi mainan itu merupakan jenis  fotografi yang mengambil mainan sebagai subjeknya. 

Saat melakukan foto mainan, yang coba dihadirkan adalah berusaha menghidupkan mainan. Seolah-olah mainan itu punya ekspresi ketika ada dalam bingkai foto. 

Dalam workshop ini, Wastu Aji juga mendemokan hasil foto mainan memakai perangkat realme C55 NFC. 

Ternyata, fotografi mainan tidak membutuhkan kamera profesional yang mahal. Memakai HP 2 jutaan seperti realme C55 NFC juga ternyata bisa dilakukan. 

Karena itu, yang mengikuti workshop fotografi kali ini tidak hanya sekadar mendapat ilmu tetapi mempraktekannya. 

Dengan memakai realme C55 NFC, para peserta yang hadir ditantang untuk memotret mainan untuk kemudian dikirim di Instagram. Tantangan ini juga berhadiah. 

Tentu ini merupakan rangkaian kegiatan acara yang menarik. Tidak sekadar memberi informasi soal produk tetapi juga mempraktekan kemampuannya. Dalam hal ini, realme C55 NFC coba dihadirkan kemampuan maksimal lewat kompetisi fotografi mainan. 

Sekilas Produk realme C55 NFC 

realme c55 nfc cover

Lantas, seperti apa sebenarnya realme C55 NFC ini? Sebenarnya, pembahasan realme C55 NFC sudah cukup banyak di Carisinyal.com. Namun, saya akan hadirkan kembali informasi produk soal realme C55 NFC berikut ini.

realme C55 NFC adalah smartphone terbaru dari realme yang dirilis pada Maret 2023. Smartphone ini menawarkan spesifikasi unggulan dengan harga terjangkau, mulai dari Rp2.499.000 untuk varian 6/128 GB12. realme C55 NFC memiliki desain bodi tipis dan dapat berubah warna tergantung sudut pandang. Smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur NFC 360˚ yang dapat mendeteksi perangkat NFC di segala arah.

realme C55 NFC dibekali dengan layar IPS LCD berukuran 6,72 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel dan refresh rate 90 Hz. Layar ini memiliki kecerahan hingga 680 nits dan touch sampling rate 180 Hz. 

Di bagian atas layar, terdapat lubang kamera depan beresolusi 8 MP yang dapat merekam video 1080p@30fps. Di bagian belakang, terdapat kamera utama ganda beresolusi 64 MP (wide) dan 2 MP (monochrome) yang dapat merekam video 1080p@30/60fps.

realme C55 NFC ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G88 yang memiliki CPU octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G52 MC2. Chipset ini dapat menjalankan game populer dengan lancar pada setelan grafis menengah. 

Smartphone ini juga memiliki RAM 6 GB atau 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB yang dapat diperluas dengan kartu microSD hingga 1 TB. Selain itu, smartphone ini juga memiliki fitur Dynamic RAM yang dapat meningkatkan kapasitas RAM hingga 8 GB.

realme C55 NFC memiliki baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang mendukung pengisian cepat 33 watt. Dengan charger bawaan, smartphone ini dapat terisi penuh dalam waktu sekitar satu jam 13 menit. 

Smartphone ini juga memiliki fitur UltraBoom Speaker with Dirac yang dapat menghasilkan suara berkualitas tinggi. Untuk keamanan, smartphone ini memiliki sensor sidik jari di samping yang menyatu dengan tombol power.

realme C55 NFC menjalankan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka realme UI 4.0. Antarmuka ini menawarkan berbagai fitur menarik, seperti Mini Capsule (notifikasi ala Dynamic Island), Smart Sidebar, Floating Window, Dark Mode, dan lain-lain. Smartphone ini juga mendukung konektivitas Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan USB Type-C4.

Yang menarik perhatian jelas adalah Mini Capsule. Fitur kekinian ini bisa membuat area kamera depan mengembang dan mengempis. Hal itu membuat tampilan notifikasi berpindah ke area kiri dan kanan lubang kamera depan. Hal itu membuat lubang kamera depan terlihat dinamis karena seolah-olah berubah ukuran.

realme C55 NFC adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari smartphone dengan spesifikasi unggulan dan harga terjangkau. Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan warna: Sunshower (keemasan) dan Rainy Night (hitam).


Demikian sedikit catatan tentang pengalaman saya mengikuti kegiatan realme Champion Roadshow di Bandung. 

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram