carisinyal web banner retina

Alasan Mengapa POCO M5 Memakai Chipset MediaTek Helio G99

Ditulis oleh Ahmad Tsalis pada 07/12/2022

MediaTek Helio G99 muncul sebagai salah satu SoC atau chipset favorit pada 2022. Berbagai produsen smartphone berbondong-bondong memakai chipset yang satu ini. Konon Helio G99 menawarkan performa tinggi dengan efisiensi penggunaan daya yang baik.

Salah satu produsen yang terpincut memakai Helio G99 adalah POCO. Chipset ini pun hadir untuk mengotaki POCO M5, sebuah ponsel 2 jutaan yang dirilis pada November 2022. Dalam acara daring yang dihadiri Carisinyal, Selasa (6/12/2022), POCO Indonesia menjelaskan alasan di balik penyematan Helio G99 pada dapur pacu POCO M5.

Menurut POCO Indonesia, Helio G99 membuat smartphone dapat menjalankan gim kelas berat dengan baik.

"Gen Z menginginkan smartphone dengan performa maksimal sesuai kegemaran mereka yakni bermain gim. POCO M5 dapat menjadi jawabannya," kata Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia.

Skor Benchmark Helio G99

mediatek helio g99

Dalam pengujian yang dilakukan pada berbagai aplikasi benchmark sintetis, chipset MediaTek Helio G99 memang menunjukkan keunggulannya. Pada AnTuTu 9, Helio G99 mengungguli banyak chipset 4G. Skornya ada di angka 300 ribuan.

Lalu pada aplikasi GeekBench 5, kemampuan CPU Helio G99 lagi-lagi mencatatkan hasil yang impresif. Dalam skenario multicore, chipset yang satu ini punya performa 40% lebih bagus daripada chipset lain yang sama-sama menggunakan proses fabrikasi 6 nm.

helio g99
Perbandingan skor AnTuTu 9 MediaTek Helio G99 dengan chipset kompetitor

Untuk urusan olah grafis, Helio G99 mencatatkan skor GFX Bench 75% lebih tinggi daripada kompetitor di kelas yang sama. Seluruh keunggulan Helio G99 ini muncul berkat racikan yang apik dari MediaTek.

Adalah dua inti performa Cortex A76 yang digabung dengan enam inti efisiensi Cortex A55 pada CPU-nya. Cortex A76 yang dipasang telah ditingkatkan clock speed-nya menjadi 2,2 GHz. Naik 0,2 GHz ketimbang Cortex A76 di Helio G96.

helio g99
Perbandingan performa CPU MediaTek Helio G99 dengan chipset kompetitor
helio g99
Perbandingan performa GPU MediaTek Helio G99 dengan chipset kompetitor

Lebih lanjut, GPU ARM Mali G57 MC2 yang kencang tetap dipakai. Namun, performanya jadi lebih stabil karena Helio G99 menggunakan proses fabrikasi 6 nm.

Proses fabrikasi yang modern ini juga berdampak pada efiensi penggunakan daya POCO M5. Berbekal baterai 5000 mAh, POCO M5 diklaim sanggup digunakan bermain gim selama 15 jam. Kemudian, sang ponsel juga dapat bertahan 21 jam untuk memutar film, 42 jam telepon, dan 476 jam dalam kondisi standby.

Beberapa optimasi disematkan agar kinerja Helio G99 dapat maksimal di POCO M5. Mulai dari MediaTek Hyper Engine 2.0 Lite dan Game Turbo 5 untuk mendongkrak performa, serta Msync 1.0 untuk efisiensi daya. Kemudian, ada juga Selain itu, RAM LPDDR4X dan memori internal UFS 2.2 dipasang supaya potensi Helio G99 semakin keluar.

Mengapa POCO M5 Hanya Tersedia Varian RAM 4 GB?

poco m5 tanpa ultrawide_

Product Marketing Manager POCO Indonesia, Jeksen, menyebut bahwa POCO M5 adalah smartphone 2 jutaan yang mampu meraih skor AnTuTu 9 di angka 300 ribuan. Hal ini merupakan sebuah keunggulan tersendiri dari POCO M5, mengingat skor AnTuTu yang serupa baru bisa diraih HP kompetitor di harga 3 dan 4 jutaan.

Bahkan POCO M5 dapat menjalankan gim berat semacam Genshin Impact, tentunya dengan setelan grafis yang disesuaikan. Atas dasar itulah Jeksen yakin bahwa POCO M5 adalah salah satu ponsel yang banyak diburu di harga 2 jutaan.

Hanya saja, sebagian orang mungkin akan bertanya, apakah POCO M5 akan hadir dengan varian RAM GB? Pertanyaan ini Carisinyal sampaikan secara langsung kepada Head of Marketing POCO Indonesia, Andi Renreng. Untuk diketahui, POCO M5 yang beredar di Indonesia memiliki konfigurasi RAM dan penyimpanan 4/64 GB serta 4/128 GB.

Andi menjawab, RAM 4 GB sudah cukup untuk HP di harga dua jutaan (kecil). Masih menurut Andi, dengan RAM 4 GB, POCO M5 masih kencang karena memakai chipset Helio G99. Ia pun bertutur, POCO M5 memang dirancang untuk Gen Z yang mementingkan performa.

Sementara itu, Gen Z yang perlu HP dengan RAM lebih besar bisa memilih model lain. POCO menawarkan HP seperti POCO M5s yang punya varian RAM 6 GB dan POCO M4 Pro. Keduanya diklaim akan lebih cocok untuk keperluan entertainment.

Adapun POCO M5 memiliki fitur RAM Extension yang dapat diaktifkan untuk menambah RAM secara virtual hingga 2 GB. Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk mendongkrak performa ponsel jika aplikasi yang dibuka perlu RAM lebih.

Nah, itu dia alasan mengapa POCO M5 memakai chipset MediaTek Helio G99. Ternyata Helio G99 dipilih karena mampu membuat performa si smartphone jadi kencang. RAM yang tidak terlalu besar pun tak terlalu masalah lantaran performa POCO M5 tetap kencang.

Spesifikasi POCO M5

POCO M5
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram