carisinyal web banner retina

5 Alasan Kenapa Samsung Galaxy A23 5G Cocok buat Gen Z

Ditulis oleh Ahmad Tsalis pada 27/09/2022

Generasi Z alias Gen Z tumbuh dalam budaya ekspresif. Mereka terbiasa untuk mencurahkan apa saja ke media sosial. Tidak jarang Gen Z mengunggah foto dan video pendek yang kini familier disebut konten. Ada juga Gen Z yang memanfaatkan "Mabar" (main bareng) game untuk menjalin keakraban.

Tren yang demikian ditangkap Samsung Indonesia dengan cukup baik. Samsung pun menawarkan ponsel kelas menengah anyar yang dianggap mampu mengakomodasi seluruh aktivitas Gen Z. Ponsel yang dimaksud adalah Samsung Galaxy A23 5G.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Indonesia, Ricky Bunardi, mengakui bahwa Galaxy A23 5G memang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan Gen Z.

"Samsung memperkaya lini Galaxy A Series dengan Galaxy A23 5G. Smartphone ini menghadirkan berbagai upgrade dari pendahulunya untuk mendukung generasi muda menuangkan passion dan menjalani gaya hidup digitalnya," tutur Ricky, dalam jumpa pers secara virtual pada 26 September 2022.

Ricky menambahkan, Galaxy A23 5G merupakan suksesor dari Galaxy A22 5G yang dirilis pada 2021. Dibanding pendahulunya itu, Galaxy A23 5G mengalami peningkatan di berbagai sektor. Mulai dari performa, kemampuan kamera, hingga dukungan pengisian daya.

Harga dan Ketersediaan

galaxy a23 5g

Samsung Galaxy A23 5G telah tersedia secara online maupun offline mulai 19 September 2022. Namun, Samsung memberikan penawaran spesial kepada konsumen yang membeli Galaxy A23 5G pada periode 23-30 September 2022.

Penawarn spesial tersebut berupa total bonus senilai hingga Rp552.000. Item yang terdapat di dalam bonus tersebut termasuk bebas biaya YouTube Premium 2 bulan, Spotify Premium 3 bulan, dan Samsung Care+ 6 bulan.

Selain itu, konsumen juga bisa mendapatkan cashback trade-in senilai hingga Rp300.000 dan kuota utama selama satu tahun dari IM3 sebesar 252GB. Satu lagi, Galaxy A23 5G juga disertai dengan Travel Adapter 15W yang tersedia langsung saat pembelian.

Adapun Galaxy A23 5G tersedia dalam satu varian memori, yakni 6 GB RAM dan memori internal 128 GB. Opsi warna yang ditawarkan adalah Orange, Black, dan Light Blue.

Alasan Kenapa Samsung Galaxy A23 5G Cocok buat Gen Z

Seperti yang sudah disinggung di paragraf pembuka, Samsung Galaxy A23 5G diciptakan untuk Gen Z. Pertanyaannya, kenapa sih HP ini layak dijadikan andalan buat Gen Z. Berikut penjelasannya secara rinci.

1. Performa yang Ngebut

galaxy a23 5g

Interaksi Gen Z dengan smartphone-nya relatif intens. Mereka tidak hanya mengonsumsi konten, tapi juga memproduksinya. Karena itu, Galaxy A23 5G ditenagai SoC yang ngebut yaitu Snapdragon 695 dari Qualcomm.

SoC ini memastikan Galaxy A23 5G anti-lag saat Gen Z membuka aplikasi media sosial, mengedit konten, hingga bermain game. Jika dibandingkan dengan Galaxy A22 5G, kemampuan Galaxy A23 5G meningkat 24% dalam hal kemampuan komputasi (CPU), serta 22% soal pengolahan grafis (GPU).

Snapdragon 695 didukung dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB. RAM masih bisa diperluas hingga 6 GB melalui fitur RAM Plus. Sementara itu, penyimpanan dapat diekspansi dengan slot microSD khusus sampai 1 TB.

Adapun Galaxy A23 5G juga dibekali NFC. Fitur ini membuat transaksi digital menjadi lebih seamless. Anda bisa melakukan pembayaran hanya dengan menyentuhkan smartphone ke alat penerima pembayaran khusus.

2. Kamera dengan OIS yang Asyik buat Foto dan Video

galaxy a23 5g

Sebuah riset dari Kepios menunjukkan bahwa jumlah pengguna media sosial di Indonesia terus bertambah. Pertambahannya 12,6% selama kurun waktu 2021-2022. Ada sekitar 191,4 juta pengguna media sosial di Indonesia, anak muda (Gen Z) adalah salah satu kelompok pengguna terbesarnya.

Media sosial jelas merupakan wadahnya Gen Z mengunggah berbagai konten. Oleh sebab itu, kemampuan kamera smartphone yang mumpuni jadi hal wajib. Kamera pun merupakan sektor yang ditonjolkan Samsung pada Galaxy A23 5G.

Smartphone ini dibekali dengan empat kamera belakang dan satu kamera depan. Empat kamera belakang Galaxy A23 5G terdiri atas kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 5 MP, serta dua kamera 2 MP yang masing-masing adalah sensor kedalaman dan kamera makro.

Sementara itu, di bagian depan terdapat kamera selfie 8 MP. Seluruh kamera Galaxy A23 5G dipersiapkan untuk menghasilkan konten yang berkualitas di berbagai platform media sosial, termasuk TikTok dan Instagram.

Beberapa fitur andalan yang disematkan pada kamera Galaxy A23 5G di antaranya adalah OIS, mode malam dan, 10x Zoom. Mengenai OIS (Optical Image Stabilization), fitur ini membantu kamera dalam menstabilkan rekaman video maupun jepretan foto.

OIS akan berdampingan dengan EIS (Electronic Image Stabilization) dalam meminimalkan guncangan. Anda tidak perlu takut gambar jadi buram saat merekam video sambil berjalan ataupun bersepeda.

OIS juga membantu mode malam bekerja lebih efektif. Guncangan di tangan akan diredam oleh OIS, ketika kamera berusaha menangkap lebih banyak cahaya di kondisi malam hari. Fitur mode malam jadi senjata buat Anda untuk hasilkan foto yang ciamik, seperti foto kota dengan lampu-lampu di malam hari.

Terakhir soal 10x Zoom, fitur ini membuat tangkapan kamera tetap jelas kendati objek berada di kejauhan. Masih banyak lagi fitur yang dimiliki kamera Galaxy A23 5G untuk hasilkan konten berkualitas. Misalnya seperti mode potret untuk bikin foto bokeh dan mode makro untuk bikin foto keindahan bunga dan sedapnya makanan secara close up.

3. Baterai Tahan Lama

galaxy a23 5g

Galaxy A23 5G ditopang baterai besar berkapasitas 5000 mAh. Bukan tanpa alasan Samsung membekali smartphone ini dengan batera besar. Sebab, menurut dari Kepios, 94% masyarakat Indonesia browsing dengan rata-rata durasi 5 jam per hari.

Masyarakat Indonesia termasuk sangat melek dalam dunia digital. Beragam aktivitas digital mereka lakukan. Mulai dari berkomunikasi, mencari informasi, bekerja atau belajar, menikmati hiburan, hingga memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Aktivitas produksi konten yang dilakukan Gen Z juga terakomodasi dengan baik berkat baterai 5000 mAh Galaxy A23 5G. Mereka bisa membikin konten berjam-jam tanpa khawatir baterai si ponsel cepat habis.

Apalagi, ada pula fitur Adaptive Power Saving yang bikin konsumsi baterai jadi lebih hemat. Mengecas baterai Galaxy A23 5G pun tidak perlu makan waktu lama. Pasalnya, HP ini didukung teknologi 25W Fast Charging yang cukup kencang.

4. Layar yang Mulus dan Responsif

galaxy a23 5g

Galaxy A23 5G mengusung layar Infinity-V Display berukuran besar 6,6 inci yang memberikan tampilan luas dan utuh. Layar dengan panel PLS LCD ini diklaim bikin Anda lebih puas saat marathon film dan series yang lagi trending, maupun checkout barang incaran di e-commerce.

Selain itu, dengan resolusi tinggi FHD+, layar HP ini dapat memanjakan mata Anda dengan kualitas gambar yang jernih, bikin binge-watching series yang lagi trending jadi lebih menyenangkan.

Menariknya lagi, layar Galaxy A23 5G juga sudah dilengkapi dengan refresh rate 120 Hz, jadi kamu bisa lebih nyaman ketika berlama-lama baca thread viral di Twitter, scrolling tanpa henti di TikTok dan Instagram.

Refresh rate 120 Hz juga bikin motion saat mabar game begitu smooth. Adapun layar Galaxy A23 5G juga mendukung touch sampling rate 240 Hz. Artinya, layar HP ini cukup responsif saat menerima perintah sentuhan. Main game jadi makin menyenangkan.

5. Fitur AR Zone buat Seru-seruan

galaxy a23 5g

Agar konten yang Anda hasilkan lebih unik dan berbeda dari yang lain, Anda memanfaatkan fitur AR Zone. Fitur ini membuat Anda bebas berekspresi dengan emoji terpersonalisasi, sehingga bisa mengundang banyak likes di media sosial.

Anda bisa membikin karakter emoji sesuai ekspresi wajah, lalu disematkan di konten video atau foto di IG Reel maupun TikTok. Anda juga bisa edit ekspresi dan outfit sesuai keinginan dalam satu fitur ini.

Menariknya lagi, terdapat fitur emoji mask yang mengubah Anda menjadi karakter animasi, sehingga Anda bisa bebas berkreasi lebih jauh lagi. Selain itu ada AR Doodle untuk bikin coret-coretan estetis, dan AR Emoji Sticker untuk bikin emoji agar lebih menarik dan makin sesuai dengan kepribadian.

Nah, itu dia lima alasan kenapa Galaxy A23 5G cocok buat Gen Z. Menilik fitur dan kemampuan yang ditawarkan, rasanya HP ini memang cocok untuk menunjang berbagai aktivitas anak muda. Bagaimana menurut Anda, apakah Galaxy A23 5G cukup layak dipinang?

Spesifikasi Samsung Galaxy A23 5G

Samsung Galaxy A23 5G
Layar PLS LCD 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram