carisinyal web banner retina

Deretan Laptop ROG Terbaru dengan Prosesor 13 th Gen Intel Core

Ditulis oleh Listiorini pada 28/02/2023

Sebagai salah satu vendor laptop mendunia, ASUS memiliki impact yang sangat besar dalam dunia gaming. Salah satu produk terbaiknya, lini ROG, terus berkembang dan berinovasi menelurkan ragam laptop gaming yang powerful. Di tahun 2023 ini, tepatnya bulan Februari, ASUS menggelontorkan beberapa laptop ROG terbaru dengan spek yang lebih gahar.

Dalam presentasinya, ASUS menyebutkan bahwa laptop ROG kali ini membawa performa dengan teknologi terbaik dibandingkan produk sebelumnya dengan kehadiran prosesor terbaru dari Intel, yaitu Intel® Core™ i9-13950HX.

Mereka menyebut bahwa ada peningkatan 49% dalam performa laptop. Sementara di bagian single thread memiliki peningkatan performa lebih tinggi 11% dibandingkan generasi Intel® Core™ i9-12900HX.

Yang lebih menariknya lagi, ASUS juga turut menyematkan beberapa teknologi terkini, seperti Nebula Display dan sistem pendingin yang lebih komperhensif. Mari mulai kenalan dengan Nebula Display. Ini adalah sebuah teknologi yang menawarkan kualitas layar terbaik saat memainkan game.

Kualitasnya ini dinyatakan mampu menampilkan warna yang kaya dengan tingkat kecerahan yang tinggi. Tidak hanya itu saja, layarnya juga akan lebih responsif dan semua kelebihan tadi sudah tersertifikasi dengan nama ROG Nebula™. Kabar baiknya, Nebula Display ini disematkan pada berbagai jenis laptop ROG terbaru, dari laptop teringkas 13 inci hingga laptop dengan layar 18 inci.

Selesai bahas soal layar, kini beralih pada sistem pendingin. ROG kali ini menjanjikan sebuah laptop dengan sistem pendingin yang eksklusif, atau disebut ROG Intelligent Cooling™ Technology. Di dalam sistem ini ada yang disebut dengan full-width heatsink dan Tri-Fan Technology yang memungkinkan sistemnya akan bekerja lebih optimal dan efisien.

Cukup menarik, bukan? Lantas, apa saja laptop yang dibekali dengan performa kencang dengan sistem pendingin lengkap seperti ini? Untuk menemukan jawabannya, mari baca terus artikelnya sampai akhir!

ROG Strix Scar 16 & 18

ROG Strix Scar 18_

Yang pertama, ASUS menawarkan ROG Stix Scar dengan dua pilihan, yaitu layar 16 inci atau 18 inci. Untuk spesifikasinya sendiri, Strix Scar dibekali prosesor High Performance 13th Gen Intel® Core™ serta chip grafis NVIDIA GeForce RTX™ 40 Series sehingga akan sangat powerful untuk bermain game.

Bukan hanya untuk gamers, ROG Stix Scar kali ini juga bakal cocok dioperasikan untuk para konten kreator, sebab ASUS sudah memberikan layar ROG Nebula™ dan ROG Nebula™ HDR yang menampilkan warna lebih kaya dan terang.

Dan tentu saja, tidak ketinggalan ia disematkan dengan ROG Intelligent Cooling™ Technology yang menggunakan full-width heatsink dan Tri-Fan Technology.

Agar sistem pendinginannya lebih efektif, ASUS juga menambahkan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme liquid metal. Artinya, performa pendinginan di laptop ini lebih meningkat sehingga laptop bisa berjalan dengan lebih kencang.

ROG Zephyrus M16

ROG Zephyrus M16

Ingin punya laptop gaming yang stylish? ROG Zephyrus M16 bisa menjadi pilihan yang bagus. Bukan hanya unggul soal desain, ia juga dilengkapi dengan sistem pendingin full-width heatsink dan Tri-Fan Technology. Kehadiran sistem pendingin ini diklaim dapat bekerja di TDP 135W.

Semakin gahar, tak lupa ASUS juga menyematkan prosesor Intel® Core™ i9 13900H CPU dan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 4090 generasi terbaru. Satu lagi hal menarik dari laptopnya adalah kehadiran MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus demi main game yang lebih puas dan maksimal.

Kelebihan lainnya adalah layar. Kali ini ASUS membawa AniMe Matrix™ LED serta layar ROG Nebula™ yang memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan refresh rate 240Hz. Semakin puas, layarnya ini bahkan sudah tersertifikasi dengan PANTONE Validated Display dan mengusung resolusi QHD.

ROG Zephyrus G16

ROG Zephyrus G16

Selain M16, ada juga pilihan ROG Zephyrus G16 yang menggunakan prosesor hingga Intel® Core™ i9-13900H dan chip grafis hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 4070.

Untuk mendukung para gamers, ASUS juga memberikan MUX Switch dan NVDIA Advanced Optimus. Semua spesifikasi tadi berpadu dengan serasi untuk membentuk ROG Zephyrus G16 sebagai laptop ringkas yang powerful.

Tidak mau kalah dengan lini ROG lainnya, tentu saja Zephyrus G16 juga sudah memiliki layar yang cukup memadai untuk para konten kreator. Ia dibekali dengan screen-to-body ratio hingga 94% serta menggunakan standar ROG Nebula™. Dengan dua kelebihan tadi, ASUS mengklaim bahwa layar di laptop ini bakal menampilkan warna yang kaya dan akurat.

Semakin nyata, layarnya juga ternyata sudah terverivikasi dengan PANTONE VAlidated Display serta color gamut 100% DCI-P3.

ROG Flow Z13

ROG Flow Z13

Ingin punya laptop gaming dengan desain seperti tablet? Pilihlah ROG Flow Z13. Semakin gahar, laptop di lini ROG Flow ini didesain dengan spesifikasi yang lebih canggih dan powerful. Ia dibekali dengan prosesor 13th Gen Intel® Core™ serta konektivitas Thunderbolt 4, juga layar ROG Nebula™.

Dengan semua spesifikasi tadi, tidak heran kalau ROG Flow Z13 bikin penasaran, apalagi ia cukup ringkas dengan layar 13 inci. Dan tentu saja, laptop ini bisa disambungkan ke ROG XG Mobile (GPU Eksternal) untuk ekstra performa. Menarik, ya?

ROG Strix G16/18

ROG Strix G16_

Ada dua varian dalam ROG Strix kali ini, yaitu G16 dan G18. Perbedaannya hanya ada di luas layar, yang satu dibekali layar 16 inci sedangkan satunya lagi 18 inci. Untuk jeroannya sendiri, ASUS memberikan performa dengan tenaga dari Intel® Core™ i9-13980HX serta chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX™ 4080.

Sama seperti jajaran laptop sebelumnya, ia juga sudah dibekali dengan opsi layar ROG Nebula™ untuk kualitas visual terbaik. Sedangkan di bagian sistem pendinginnya juga masih sama, menggunakan tiga kipas bernama Tri-Fan lengkap dengan full-width heatsink sehingga performanya lebih powerful.

TUF Gaming F15

ASUS ROGASUS TUF Gaming F15_

Hari ini ternyata ASUS tidak hanya mengumumkan lini ROG terbarunya saja, karena ada juga satu laptop TUF yang tergolong cukup worth it untuk dimiliki, namanya adalah TUF Gaming F15.

Di lini terbarunya kali ini ASUS memberikan prosesor hingga 13th Gen Intel® Core™ i9-13900H serta chip grafis NVIDIA GeForce RTX™ 4000 Series yang tergolong cukup kencang untuk main game.

Bahkan, seri terbarunya kali ini pun memiliki peningkatan di bagian layar dengan 144Hz, color gamut 100% sRGB, dan dukungan NVDIA G-Sync. Tetapi, yang menurut kami menarik adalah kehadiran sertifikasi militer AS (MIL-STD-810H). Bagaimana, cukup menarik kan?

Awal tahun 2023 menjadi pembuka laptop gaming ASUS yang menarik perhatian. Tidak hanya di lini ROG, ASUS juga memberikan pilihan TUF Gaming terbaru dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Kira-kira, laptop mana yang akan kamu pinang di tahun 2023 ini?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram