Carisinyal / Smartphone / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Nubia Z17 Mini

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Nubia Z17 Mini

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 November 2018

Seperti Huawei yang memiliki jenama di bidang ponsel terpisah bernama Honor, atau seperti Oppo yang masih ada hubungan dengan Realme, ZTE pun memiliki jenama terpisah, namanya adalah Nubia. Logo Nubia ini cukup menculik karena logonya malah terkesan tidak disebut sebagai Nubia.

Hal tersebut bukan masalah besar karena bukan soal jenama Nubia yang bakal dibahas di sini. Yang bakal dibahas adalah salah satu seri Nubia yang masuk secara resmi ke Indonesia, Nubia Z17 Mini.

HP yang ada di kelas harga kisaran Rp2 jutaan ini terbilang kalah pamor dan promosinya yang kurang membuat HP ini jarang mendapat sorotan. Namun jika penasaran dengan fitur dan kemampuan yang ada di HP  ini, maka Anda bisa simak kelebihan dan kekurangan HP yang dapat dikatakan ada di kelas menengah ini.

Spesifikasi Nubia Z17 Mini

ZTE nubia Z17 mini

  • Rilis: April 2017
  • Layar: IPS LCD 5.2 inches 16:9
  • Resolusi Layar: 1080 x 1920 pixels
  • Chipset: Qualcomm MSM8953 Snapdragon 652
  • CPU: Octa-core (4×1.95 GHz Cortex-A72 & 4×1.4 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Adreno 510
  • Memori Internal: 64 GB, 6 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
  • Kamera Belakang: 13 MP, f/2.2, 1/3″, 1.12µm, PDAF + 2 MP, depth sensor,Dual-LED flash, HDR, [email protected]
  • Kamera Depan: 16 MP, f/2.0, 1080p
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 2950 mAh

Kelebihan Nubia Z17 Mini

1. Kamera Depan dan Belakang Cukup Baik

Dual Kamera nubia z17 mini

* sumber: www.youtube.com

Nubia Z17 mini dibekali dengan dua kamera belakang 13 MP + 2 MP. Kamera ini sudah dilengkapi dengan fitur PDAF dan fitur dual LED-flash. Kameranya memiliki fitur yang cukup lengkap dan hasilnya tergolong baik. Kedua kamera mampu menghasilkan kualitas gambar yang baik dan bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh. Berikut beberapa hasil tangkapan kamera belakang dari HP ini.

hasil foto nubia z17 mini

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.techadvisor.co.uk

* sumber: www.gadgetsnow.com

* sumber: www.youtube.com

Dari gambar tersebut, tampak kalau HP ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang baik. Hal ini juga diamini oleh Gayafone jika tangkapan kamera di HP ini tergolong baik. Techadvisor juga mengamini jika kualitas kamera belakang ponsel ini sudah baik meskipun kameranya mengalami kerepotan saat digunakan pada kondisi cahaya rendah.

Techadvisior juga memuji kamera depan HP ini. Malah tangkapan kamera depannya justru lebih baik. Kamera depan HP ini dibekali dengan kamera 16 MP yang mampu menghasilkan selfie yang tergolong cukup oke. Berikut contoh hasil selfie memakai kamera Nubia Z17 Mini.

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.youtube.com

Oh yah, baik kamera depan maupun kamera belakang ponsel ini menggunakan sensor Sony. Cukup wajar jika hasil kameranya tergolong baik. Terlebih kamera belakang ponsel ini mampu menghasilkan rekaman video yang tergolong cukup oke di kelasnya. Karena itu tidak berlebihan jika menyebut sektor kamera pada ponsel ini tergolong baik.

2. Desain yang Stylish

nubia z11 mini

Nubia Z17 Mini hadir dengan bodi yang menarik dan cantik. Desain bodinya tergolong menarik, terlebih karena ponsel ini dibalut dengan finishing material logam. Sentuhan warna emas membuat bodi ponsel ini tambah cakep. Bisa dibilang HP ini tergolong cukup stylish di kelasnya.

Jika dibandingkan dengan HP lain yang ada di kelasnya, HP ini tergolong memiliki desain yang tidak kalah menarik. Terlebih cukup banyak di kelas harga yang sama, banyak HP yang mengusung desain berbahan plastik. Sesuatu yang tentu saja menjadi kurang menarik. Karena itu, soal desain, HP ini sudah tergolong cukup baik.

3. Performa yang Tergolong Kencang

Performa Nubia Z11 Mini

* sumber: www.youtube.com

Nubia Z17 Mini dibekali dengan chipset Snapdragon 652. Chipset ini tergolong jarang digunakan oleh ponsel populer di Indonesia. Umumnya sih untuk seri 6, banyak ponsel yang lebih memilih Snapdragon 625, Snapdragon 630, Snapdragon 636, atau Snapdragon 660.

Pemilihan Snapdragon 652 di HP ini tentu membuat ponsel ini memiliki performa yang berbeda dibanding HP lain yang ada di Indonesia. Lantas, bagaimana performa HP ini? Dengan sokongan RAM 6 GB, HP ini memiliki performa yang tergolong cukup oke. Gadgetsnow menyebut jika nilai Antutu HP ini adalah 83.094. Sementara untuk pengujian Geekbench, HP ini mendapat skor 1.377 untuk single core dan 4.538 untuk multicore.

Gayafone menguji HP untuk beberapa gim di Android, contohnya diuji memainkan gim PUBG. Nubia Z17 Mini ini tergolong cukup enak menjalankan gim PUBG meskipun di pengaturan grafis medium.

Pada pengujian lainnya, Gayafone menguji gim Asphalt 9 dengan grafis tinggi. Hasilnya, Nubia Z17 Mini mampu menjalankan gim Asphalt 9 dengan baik. Karena itu, tidak berlebihan jika bilang performa HP ini tergolong cukup baik di kelas harganya.

4. NFC

nfc nubia z11 mini

* sumber: www.youtube.com

NFC adalah fitur yang sebenarnya kadang dibutuhkan atau tidak. Hal ini bergantung pada penggunanya. Hanya saja di era saat penetrasi penggunaan e-money cukup tinggi, fitur NFC di sebuah ponsel harusnya dihadirkan. FItur NFC ini sebenarnya sudah ada di beberapa tipe ponsel, hanya saja umumnya ada di kelas harga premium alias mahal.

Untuk ponsel dengan kelas harga murah, hanya ada beberapa tipe ponsel murah dengan NFC. Jumlahnya bisa dihitung jari. Karena kebetulan, Nubia Z17 Mini ini ada di kelas harga dari murah ke menengah, Nubia Z17 Mini bisa jadi pelengkap untuk masuk ke daftar ponsel pintar murah yang mendukung NFC.

Sebagai informasi saja, ponsel populer di kelas harga Rp2 jutaan tidak banyak yang mendukung NFC. Karena itu, kehadiran NFC di ponsel ini merupakan satu nilai plus atau kelebihan lain yang coba ditawarkan oleh Nubia Z17 Mini.

5. Kaya Fitur

fitur nubia z17 mini

* sumber: www.youtube.com

Nubia Z17 Mini hadir dengan tampilan antarmuka yang disebut Nubia UI. Nubia UI ini memiliki fitur-fitur yang membuat Nubia Z17 Mini terlihat menarik. Fitur-fitur menarik di Nubia UI ini contohnya adalah split screen, dan beberapa pilihan gesture yang bisa digunakan.

Nubia Z17 Mini sudah mendukung fitur HP kekinian. Selain NFC, HP ini mendukung sensor gyroscope dan juga USB-OTG. Fitur-fitur inilah yang membuat Nubia Z17 Mini tergolong cukup menarik. Oh yah, tidak lupa juga HP ini sudah mendukung sensor sidik jari. Sensor sidik jari ini ada di bagian belakang bodi kamera.

Kekurangan Nubia Z17 Mini

1. OS Ketinggalan Zaman

Marshmellow Nubia Z11 Mini

Meski memiliki fitur yang menarik di Nubia UI, HP ini terbilang cukup ketingglan dari sisi software. Betapa tidak, HP ini hadir dengan Nubia UI yang berbasis Android 6.0  Marshmallow. Saat artikel ini dibuat, Android sudah memperkenalkan Android 9.0 Pie karena itu bisa dibilang OS di HP ini tergolong ketinggalan zaman.

Ada beberapa ponsel pintar Android yang sebenarnya juga cukup ketinggalan zaman dari sisi software, tapi biasanya HP tersebut adalah mengusung Android 7.0 dan bukan Android 6.0 Marshmallow. Penggunaan OS yang cukup lampau ini membuat Nubia Z17 Mini jadi terasa kurang menarik.

2. Bodi Mudah Panas

* sumber: www.gadgetsnow.com

Nubia Z17 Mini memiliki kekurangan yang patut diperhatikan. Kekurangan tersebut adalah bodi HP ini yang cepat panas jika digunakan bermain gim terlalu lama. Banyak yang mengulas HP ini memiliki pendapat yang sama. Gayafone contohnya yang mengatakan kalau saat bermain gim memakai HP ini bodinya cepat panas.

Hal serupa diungkapkan juga oleh Tabloid Pulsa. Menurut mereka, bodi HP ini tergolong cepat panas. Untungnya, bodi metal di HP ini cukup bisa mereduksi panas tersebut.

3. Daya Tahan Baterai yang Kurang Istimewa

test baterai nubia z17 mini

* sumber: www.youtube.com

Nubia Z17 Mini hadir dengan baterai berkapasitas 2.950 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong kecil sehingga membuat HP ini terbilang memiliki daya tahan baterai yang terasa agak kurang. Tech Brothers, Youtuber asal luar negeri menguji daya tahan baterai ini lewat video Youtube berikut ini.

Dalam pengujian tersebut, dapat dilihat kalau Nubia Z17 Mini hanya memiliki daya tahan baterai selama 5 jam lebih sedikit untuk pemakaian intensif. Pada pengujian tersebut juga dilakukan tes pengisian daya. Hasilnya, HP ini dapat diisi penuh selama 2 jam saja. Menilik hasilnya, sih, dapat disimpulkan kalau dari sisi baterai, Nubia Z17 Mini tidak terlalu istimewa meskipun tidak buruk juga.

3. Layar Tidak Kekinian

Layar Nubia Z11 Mini

* sumber: www.youtube.com

Nubia Z17 Mini hadir dengan layar 5,2 inch full HD. Layarnya terbilang cukup jernih. Sayangnya, layar HP ini masih mengusung rasio layar 16:9. Mengingat ponsel HP zaman sekarang sudah mengusung layar 18:9 atau lebih, maka bisa dikatakan HP ini kurang memiliki nilai jual dari sisi layar.

Karena layarnya yang mengusung rasio lama, layar HP ini terasa kecil sehingga terasa kurang begitu lebar. Mengingat tren zaman sekarang, HP dengan layar 18:9 adalah sebuah keharusan maka bisa dikatakan sektor layar ini jadi kekurangna tersendiri.

5. Kurang “Worth it” di Kelas Harganya

nubia z11 mini

* sumber: www.gadgetsnow.com

Sudah disebutkan sebelumnya jika Nubia Z17 Mini berada di kelas harga Rp2 jutaan. Di kelas harga ini, pasarnya cukup ketat. Dengan banderol Rp2,6 jutaan, Nubia Z17 Mini kurang begitu menarik perhatian. Bisa dibilang, harga banderol HP ini kurang wort it jika menilik segala aspek yang dimiliki HP ini.

Penggunaan RAM 6 GB dan ROM 64 GB barangkali jadi nilai plus tersendiri karena jarang di kelas harga Rp2 jutaan yang mengusung RAM 6 GB dan ROM 64 GB. Sayangnya, jika menilik fitur keseluruhan, Nubia Z17 Mini kalah jauh jika dibandingkan Xiaomi Redmi Note 5, Asus Zenfone Max Pro M1, Honor 9 Lite, dan lainnya.

Simpulan

Nubia  Z17 Mini pada dasarnya merupakan HP yang masih cukup menarik jika kebutuhan calon pembeli hanya performa dan memori yang besar saja. Sayangnya, jika menilik aspek lain, masih banyak HP yang menawarkan spesifikasi dan fitur yang lebih baik.

Performa HP di kelas harga Nubia Z17 Mini juga tidak kalah jauh. Bagian kamera pun, Nubia Z17 Mini ini kurang menggigit. Jika aspek kekurangan ini tidak jadi masalah besar, tidak ada salahnya juga untuk melirik Nubia Z17 mini ini. Tertarik?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

Mau cashback 15% pas belanja di Bukalapak? Masukan saja kode BUKASINYAL. Kode ini berlaku untuk pembelian via aplikasi Bukalapak khusus untuk kamu yang yang belum pernah berbelanja di Bukalapak. Minimun pembelian Rp 100.000 dengan maksimal cashback Rp 50.000. yuk tunggu apa lagi, segera pakai kode BUKASINYAL dan dapatkan cashback-nya!

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha aktif menulis sejak 2013 di beberapa situs seperti AnneAhira.com, Portal.Paseban.com, Pricebook, dan lain sebagainya. Pria yang menyukai dunia digital dan teknologi ini sempat menjadi Content Manager di Plimbi.com dan 4vision.com. Selain aktif di dunia tulis menulis, Hilman juga sedang memperlajari duni SEO dan digital marketing.Hilman memiliki blog pribadi yang sudah dibangun sejak 2011. Lewat blog yang sudah dibangun sejak 2011, Hilman pernah menjuarai beberapa lomba blog, seperti Lomba Blog Review Asus Zenfone 2 Laser 2015, Juara 2 Lomba Blog MyRepublic 2015, Juara 1 Lomba Blog Kudo Gathering Bandung 2016, Juara 2 Lomba Blog EVHIVE (Cocowork) Coworking Space 2017.Hilman juga sempat menjuarai lomba blog non teknologi seperti  Juara Harapan Lomba Blog Sunlife 2015, Juara 2 Lomba Karya Tulis Blogger Kementerian Koperasi dan UKM  2017 dan Juara 3 Lomba Blog Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017.

Leave A Comment