carisinyal web banner retina

Rasa Aman dan Dukungan Produktivitas Bersama One UI 3.1 di Galaxy A32, A52, dan A72

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 7 Juni 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK SAMSUNG

Di semester awal 2021, Samsung Galaxy S21 series jelas jadi primadona karena seri ini adalah seri flagship Samsung yang tergolong bagus dan bisa diterima di pasar dengan baik. Namun, menurut hemat saya, yang justru jadi perhatian masyarakat di Indonesia ada pada trio Samsung Galaxy A32, Galaxy A52, dan Galaxy A72. 

Ketiga ponsel tersrbut menarik perhatian karena harganya lebih terjangkau daripada Galaxy S21 series. Ketiganya berada di segmen pasar kelas menengah yang bisa dibilang merupakan target pasar yang paling potensial. 

Terlebih Samsung Galaxy A32, Galaxy A52, dan Galaxy A72 menawarkan berbagai kelebihan menarik. Contohnya Samsung Galaxy A32 yang menawarkan keunggulan di sektor layar dengan desain bodi yang ciamik dan beda. 

Samsung Galaxy A32, Galaxy A52, dan Galaxy A72

Sementara Samsung Galaxy A52 dan Galaxy A72 tawarkan kemampuan tahan air berkat sertifikasi IP67. Dengan sertifikasi ini, Samsung Galaxy A52 dan Galaxy A72 dapat digunakan ketika pemakainya berada di kondisi yang dekat dengan air, misalnya tidak sengaja kehujanan di tengah jalan. 

Selain itu, Samsung Galaxy A52 dan Galaxy A72 punya fitur OIS yang membuat hasil foto dan video lebih baik dan stabil. Sementara Galaxy A72 punya keunggulan lain berkat hadirnya kamera telefoto yang tergolong bisa jadi daya jual lain.

Dengan berbagai keunggulan yang berbeda dan kelas harga yang berbeda, ketiga ponsel tersebut punya persamaan penting. Persamaan tersebut adalah dukungan sistem operasi terbaru yang bisa memberikan pengalaman menarik bagi para penggunanya.Sistem operasi yang dimaksud adalah One UI 3.1 berbasis Android 11.  

Mengenal One UI 

One UI

One UI sendiri adalah tampilan antarmuka sistem yang dikembangkan Samsung dan diperkenalkan pertama kali pada 2018. Antarmuka ini jadi pengganti g Samsung Experience UX and TouchWiz yang ketika itu kurang memberikan pengalaman penggunaan yang menarik. 

Samsung menyebut One UI sebagai cara unik dalam memakai ponsel layar lebar yang umum hadir di pasaran.l. Dengan One UI, pengguna dibebaskan dalam berpikir dan bertindak sesuka hati dengan memberi kebebasan pengguna merancang pengalaman digital yang sesuai dengan yang ingin diekspresikan. 

One UI hadirkan desain yang lebih menonjol dan menghadirkan fitur dan elemen penting di sepanjang layar. Tujuannya agar pengguna bisa lebih leluasa memakai fitur dengan satu tangan dan lewat ibu jari. 

Fitur yang dihadirkan One UI bertujuan agar  perangkat keras dan perangkat lunak Samsung "bekerja bersama dalam harmoni yang sempurna" dan memberikan pengalaman yang lebih "alami". Berkat ini pulalah, tampilan antarmuka Samsung lebih mudah dan nyaman digunakan, termasuk pengguna awam sekalipun. 

One UI sendiri sudah melewati beberapa versi. Sampai artikel ini dibuat, One UI sudah mencapai versi 3.1. Versi ini pertama kali hadir di Samsung Galaxy S21 Series. Selanjutnya, versi ini juga hadir di beberapa perangkat Samsung kelas atas dan menengah. Termasuk trio Samsung Galaxy A72, Galaxy A32, dan Galaxy A52. 

Fitur One UI 3.1 di Galaxy A32, A52, dan A72 

One UI

Dengan One UI 3.1, Samsung Galaxy A32, Galaxy A52, dan Galaxy A72 punya berbagai fitur menarik yang bisa memberikan pengalaman yang oke bagi para penggunanya. Seperti yang saya tulis di judul, One UI 3.1 dapat menunjang produktivitas pengguna dan memberikan rasa aman. Rasa aman dalam hal ini adalah rasa aman dalam pemakaian jangka waktu yang lama. 

Soal dukungan produktivitas, hal ini mengacu pada fitur eksklusif yang hanya dimiliki beberapa HP Samsung, Link to Windows. Fitur ini merupakan fitur yang memungkinkan ponsel Samsung dapat terhubung dengan mudah di laptop Windows. 

Berkat fitur ini, pengguna tidak perlu repot berganti device dari Android di HP Samsung ke Windows di laptop maupun PC Desktop. Pasalnya, berkat fitur Your Phone atau Link to Windows, semua bisa terhubung dengan mudah. 

Dengan fitur ini, produktivitas Anda bisa meningkat karena lebih menghemat waktu. Anda tidak perlu repot menyambungkan kabel untuk memindahkan data kerjaan di Galaxy A32, Galaxy A52, dan Galaxy A72 ke laptop Windows. 

Link to Windows

Anda juga bisa melakukan panggilan telepon lewat laptop, mengecek notifikasi, bahkan menjalankan aplikasi di Galaxy A32, Galaxy A52, dan Galaxy A72 di laptop Windows. Fitur ini sendiri merupakan fitur kerjasama antara Samsung dan Windows. 

Fitur ini awalnya hanya hadir di ponsel Samsung kelas atas seperti Galaxy seri S dan Galaxy seri Note. Namun, beberapa HP Samsung kelas menengah, seperti Galaxy A32, Galaxy A52, dan Galaxy A72 mendukung fitur ini. 

Sementara untuk rasa aman mengacu pada klaim Samsung untuk memberikan pembaruan sistem pada Galaxy A32, Galaxy A52, dan Galaxy A72. Samsung mengklaim jika ketiga perangkat tersebut bakal mendapatkan pembaruan sistem operasi selama 3 versi dan pembaruan keamanan selama 4 tahun. 

Sebagai informasi, Galaxy A32, Galaxy A52, dan Galaxy A72 sudah hadir dengan Android terbaru, yakni Android 11. Dengan dukungan pembaruan sistem sampai 3 kali, itu berarti ketiganya bakal mendapat pembaruan sistem sampai Android 14. 

Dengan keunggulan tersebut, wajar jika pengguna  Galaxy A32, Galaxy A52, dan Galaxy A72 dapat merasa aman karena bakal menikmati OS Android terbaru untuk 3 tahun kedepan. Itu artinya, pengguna juga tidak perlu repot mengganti ponsel selama ponsel tersebut masih nyaman digunakan. 

Ada juga berbagai fitur menarik lain yang ditawarkan One UI 3.1. Namun, fitur-fitur minor berikut ini juga perlu jadi perhatian karena bisa memberikan pengalaman penggunaan yang menyenangkan. 

Rasa Aman dan Dukungan Produktivitas Bersama One UI 3.1 di Galaxy A32, A52, dan A72 5
  • Private share

Dengan fitur ini, pengguna Galaxy A32, Galaxy A52, dan Galaxy A72 dapat dengan mudah berbagi data yang terenkripsi. Pengguna juga dapat mengatur izin dan tanggal kedaluwarsa untuk data tersebut. Tidak ketinggalan, pengguna juga dapat memberikan akses hanya untuk baca.

  • Eye comfort shield: 

Dengan gaya hidup digital zaman sekarang, tidak bisa dipungkiri, banyak orang tidak bisa lepas dari layar ponsel. Efeknya dari hal ini adalah mata pengguna menjadi tegang karena keseringan menatap layar. 

Untuk itulah, Samsung hadirkan fitur ini bagi ponsel mereka yang sudah mengusung One UI 3.1, terutama  pengguna Galaxy A32, Galaxy A52, dan Galaxy A72. Dengan fitur ini,  cahaya biru yang dipancarkan dari layar ponsel dapat disesuaikan menurut waktu tertentu.

  • Multimic recording

Fitur ini hadirkan kemampuan merekam audio dari perangkat sambil tetap terhubung via  Bluetooth secara bersamaan. Hal ini tentu saja memberikan pengalaman multimedia yang menyenangkan 

  • Object eraser

Fitur ini bisa mendukung kreativitas, bahkan menunjang produktivitas. Pasalnya, dengan fitur ini, pengguna dapat menghilangkan objek dari sebuah foto di HP Samsung. 

  • Enhanced single take

Melalui fitur ini, pengguna cukup sekali menekan tombol shutter kamera, pengguna bisa mengambil beberapa gambar dan klip video. Fitur ini hadir di ponsel Samsung kelas atas namun tampaknya bakal hadir ke beberapa ponsel kelas menengah. 

Dengan dukungan antarmuka yang menarik serta dukungan sistem untuk 3 tahun kedepan, tidak berlebihan menyebut Galaxy A32, Galaxy A52, dan Galaxy A72 sebagai ponsel yang layak dibeli. Terutama jika ingin digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, saya apresiasi juga kehadiran fitur-fitur produktivitas lainnya di One UI 3.1 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram