carisinyal web banner retina

Inilah Kekurangan dan Kelebihan Oppo Mirror 5

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Setelah sukses merilis Opoo Mirror 5S, kini Oppo memperkenalkan seri terbaru smartphone tersebut dalam versi yang lebih ekonomis, Mirror 5. Oppo Mirror 5 adalah smartphone murah yang sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE.

Mengingat smartphone 4G LTE biasanya dibandrol dengan harga selangit, Oppo memberikan pilihan smartphone yang kompatibel dengan jaringan tersebut dan dibandrol dengan harga terjangkau. Tak hanya itu saja, smartphone cantik ini juga dilengkapi dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang memanjakan penggunanya.

Apa saja spesifikasi, kekurangan, serta kelebihan yang ditawarkan dari smartphone asal Tiongkok ini? Yuk Simak review Oppo Mirror 5 dari Carisinyal berikut ini.

Spesifikasi

  • Layar: IPS LCD 5 inch, 540 x 960 pixels (220 ppi)
  • Memori internal: 16 GB, 2 GB RAM
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 128 GB
  • Chipset: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 "64-bit"
  • CPU: Quad Core 1.2 GHz, Cortex-A53
  • GPU: Adreno 306
  • Sistem Operasi: Android OS v5.1 (Lollipop)
  • Kamera utama: 8 MP, 3264 x 2448 pixels
  • Fitur kamera: LED flash, Aperture F/2.2, slow shutter, 1.4 um pixels size, Pure Image 2.0+ engine, expert mode, fast lens, Beautify 3.0, Double Exposure, geo-tagging, face detection, digital zoom, autofocus, touch focus, panorama, HDR, GIF
  • Kamera depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Polimer 2420 mAh

Desain

kelebihan dan kekurangan oppo mirror 5

Smartphone yang memiliki dimensi 143.4 x 71.2 x 7.7 mm ini dibalut dengan casing berpola berlian (diamond) yang sangat elegan. Casing belakang smartphone dengan berat 160 gram ini mengusung teknik embossil ultraviolet yang membuat pola berliannya akan bersinar jika terkena sinar matahari. Smartphone yang baru dirilis bulan Juli 2015 lalu ini tersedia dalam 2 pilihan warna, yakni biru dan putih.

Layar

Resolusi layar Mirror 5 memang lebih rendah dari Mirror 5S, yakni hanya 540 x 960 pixels dengan kerapatan warna 220 ppi. Resolusi tersebut dikemas dalam sebuah layar berukuran 5 inch yang mengusung tipe IPS LCD Capacitive Touchscreen dengan 16 juta warna.

Meskipun resolusi yang diberikan Mirror 5 terbilang rendah, Anda tak perlu khawatir karena smartphone ini sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop yang didukung dengan teknologi Color OS 2.1 sebagai interface untuk membuat tampilannya menjadi lebih berwarna.

Prosesor

review oppo mirror 5

Untuk komponen dapur pacu, Mirror 5 mengandalkan prosesor Quad Core 1.2 GHz Cortex-A53 yang diimbangi dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 64-bit. Komponen ini cukup kuat untuk mengoptimalkan kinerja sebuah smartphone.

Di sektor grafis, Mirror 5 dibekali dengan GPU Adreno 306 yang membuat tampilan grafis smartphone ini menjadi lebih berkualitas, terutama untuk mendukung kegiatan bermain game di smartphone. Kombinasi dapur pacu tersebut sebenarnya sudah mumpuni untuk aktifitas sehari-hari, namun agak mengecewakan jika melihat banderol harganya yang ada di atas Rp 2,5 juta.

Memori

Apakah Anda gemar mengunduh berbagai aplikasi di smartphone? Jika ya, Mirror 5 siap menyediakan memori internal sebesar 16 GB. Jika itu dirasa belum cukup, Anda bisa memasang microSD hingga 128 GB untuk menyimpan game, foto, musik atau video.

Tak perlu khawatir smartphone akan menjadi lemot, karena RAM yang ditawarkan oleh Mirror 5 cukup besar, yakni 2 GB. Jadi, dengan dapur pacu yang cukup kuat dan kapasitas RAM yang besar, Anda bisa menggunakan smartphone ini untuk keperluan multitasking.

Kamera

Apakah Anda penggemar selfie? Oppo Mirror 5 menawarkan kamera belakang dengan resolusi 8 MP. Kamera ini dilengkapi dengan LED flash dan mampu merekam video dengan resolusi 1080p. Untuk mengambil foto diri, Anda bisa memanfaatkan kamera depan dengan resolusi 5 MP.

Ambil saja foto sebanyak-banyaknya, karena Oppo Mirror 5 menyediakan kapasitas penyimpanan yang lumayan besar, bukan? Kamera Mirror 5 juga didukung dengan berbagai fitur terkini, mulai dari autofocus, Beautify 3.0, Double Exposure, geo-tagging, Expert mode, fast lens, GIF, dan masih banyak lagi.

Konektivitas

Dalam review Oppo Mirror 5 ini rasanya kurang afdol jika tidak membahas tentang konektivitas. Pasalnya, Mirror 5 sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE. Jaringan ini menjanjikan koneksi internet super cepat dan tidak lemot. Konon, jaringan ini bisa mencapai kecepatan download hingga 150 Mbps.

Namun, apabila di wilayah Anda belum ter-cover jaringan 4G LTE, maka Anda bisa menggunakan jaringan 2G atau 3G dengan smartphone ini. Opsi lain untuk konektivitas smartphone ini adalah menggunakan jaringan Wi-Fi.

Tak sampai disitu saja, Anda juga bisa berkirim data dengan smartphone lain menggunakan Bluetooth v4.0 atau port infrared yang mungkin jarang Anda temukan di sebagian besar smartphone masa kini. Port infrared tersebut juga dapat digunakan sebagai remote control untuk perangkat elektronik yang Anda miliki seperti TV, AC, dan lainnya.

Baterai


Mirror 5 menggunakan baterai Li-Polimer 2420 mAh. Kapasitas baterai yang digunakan termasuk kecil. Akan tetapi, prosesor dan layar yang digunakan smartphone ini tidak terlalu memakan banyak daya baterai.

Namun, apabila Anda cenderung menggunakan smartphone ini dengan intensitas tinggi, maka sebaiknya Anda selalu menyediakan charger atau power bank untuk mengisi daya baterai smartphone ini jika habis. Jenis baterai yang digunakan Mirror 5 adalah Li-Polimer, yang artinya jenis baterai tersebut sedikit lebih kuat dibanding baterai tipe Lithium-Ion.

Fitur

Fitur-fitur lain yang disematkan di dalam Mirror 5 berupa radio FM dan berbagai jenis GPS, mulai GPS built-in, A-GPS dan GLONASS. Selain itu, smartphone ini juga dapat menjadi smart remote control sebagai pengganti remote yang sebenarnya.

Beberapa sensor, seperti Off screen gesture, one hand mode, dan gloves & wet touch support juga menyertai Oppo Mirror 5. Smartphone dual SIM ini juga sudah menggunakan sistem operasi yang mutakhir, yakni Android Lollipop v 5.1.

Harga

Nah, inilah informasi yang paling ditunggu-tunggu. Untuk memiliki sebuah smartphone 4G LTE dengan sistem operasi terbaru ini Anda perlu menyiapkan uang 2,9 juta rupiah. Harga tersebut tidaklah terlalu mahal bagi Anda yang mengincar desain stylish yang ditawarkannya.

Namun bagi Anda yang lebih mementingkan performa dan spesifikasi, harga tersebut tentu terbilang overpriced. Pasalnya, banyak produsen lain yang menawarkan smartphone dengan spesifikasi serupa dengan harga di bawah Rp 2 juta.

Kelebihan Oppo Mirror 5:
- Desain stylish dengan pola potongan berlian
- Sudah dibekali RAM sebesar 2GB
- Kulitas speaker jempolan
- Kualitas kamera yang cukup baik

Kekurangan Oppo Mirror 5:
- Resolusi layar rendah
- Hanya menggunakan chipset kelas bawah Snapdragon 410
- Harga terlalu mahal

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram