Carisinyal / Tips Trik / Inilah 5 Fitur Tersembunyi pada OS Windows 8

Inilah 5 Fitur Tersembunyi pada OS Windows 8

OS Windows 8 adalah sistem operasi terbaru buatan Microsoft yang hadir dengan berbagai kelebihan. Berbagai fitur terbaru hadir dalam sistem operasi Windows 8 ini, seperti Metro, dukungan aplikasi dari Windows Store, dan lainnya. Selain berbagai fitur tersebut, ternyata ada juga fitur yang disembunyikan pada sistem operasi ini. Apa sajakah fitur tersebut? Berikut Carisinyal akan mengulasnya.

Aero

Tema Aero identik dengan Windows 7 karena menjadi tema default pada sistem operasi tersebut. namun tema ini tidak lagi disertakan pada OS Windows 8. Nah jika Anda sudah terlanjur cinta dan ingin memiliki tema ini lagi pada Windows 8, maka Anda dapat melakukan sedikit perubahan pada registry untuk melakukannya. Berikut langkah-langkah yang hanrus Anda lakukan:

  • Tekan tombol Win + R lalu ketik “resources.” Buka Themes > Aero dan copy aerolite.msstyles ke folder utama (Themes). Klik agree ketika windows meminta persetuan dari administrator.
  • Copy file aero.theme dan taruh file tersebut di desktop Anda. Klik kanan pada file tersebut dan buka open with > notepad. Setelah terbuka di notepad klik File > save as dan beri nama file tersebut “aerolite.theme” tanpa tanda petik. Kemudian lakukan perubahan sebagai berikut:
    1. Ubah semua baris ke lima dengan DisplayName= Aero Lite
    2. Cari bagian [VisulaStyles] lalu ganti isinya dengan Path=%ResourceDir%ThemesAeroAerolite.msstyles
  • Simpan kembali file tersebut kemudian buka Control Panel > Change the Theme atau klik kanan pada desktop lalu pilih personalization, maka Anda akan melihat sebuah tema Aero Lite terpasang di sana.

Animasi Start Screen

os windows 8

Ketika Anda menyalakan OS Windows 8 untuk pertama kali, Anda akan disuguhi sebuah animasi unik ketika tampilan start screen muncul. Sayangnya, animasi tersebut hanya muncul sekali dan tidak tampil lagi ketika Anda membuka start screen. namun jangan bersedih karena Anda dapat memunculkannya kembali dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Tekan tombol Win + R, lalu ketik regedit. Klik agree jika Windows meminta persetujuan Administrator.
  • Bukalah folder HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionImmersiveShellGrid lalu klik kanan pada kolom sebelah kanan dan pilih New > DWORD (32-bit) Value
  • Tulis nama file tersebut sebagai Launcher_SessionLoginAnimation_OnShow, lalu buka dan rubahlah value-nya menjadi 1.
  • Klik OK dan tutup registry editor, maka start screen Anda akan selalu memunculkan animasi setiap Anda buka.

 Baris start screen

Start screen yang terdapat pada OS Windows 8 Anda akan terdiri dari 4 baris horizontal secara default. Sebenarnya Anda juga bisa merubah jumlah baris tersebut sesuai dengan keinginan Anda. berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol Win + R, lalu ketikan regedit. Klik agree jika Windows meminta persetujuan Administrator.
  • Buka folder HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionImmersiveShellGrid lalu cari file Layout_MaximumRowCount.
  • Buka file tersebut lalu ubah base-nya ke decimal lalu masukan jumlah baris yang Anda inginkan pada kolom value. Jumlah maksimal baris yang bisa Anda masukan adalah 5.
  • Klik OK dan tutup registry editor, lalu restart windows 8 Anda untuk melihat hasilnya.

 Search di dalam aplikasi

Jika dibandingkan dengan Windows 7, pencarian pada OS Windows 8 terasa agak sedikit rumit. Akan tetapi jika Anda mengetahui tekniknya maka semuanya akan terasa mudah. Salah satu fitur menarik yang terdapat pada sistem operasi ini adalah pencarian di dalam aplikasi tertentu saja. Untuk dapat menikmati fitur ini Anda hanya tinggal membuka Settings > Change PC Settings > Search, lalu pilihlah aplikasi yang ingin Anda masukan ke dalam pencarian atau yang ingin Anda hilangkan dari hasil pencarian Anda.

Mengambil screenshot pada OS Windows 8

Fitur untuk mengambil screenshot memang sudah ada pada Windows edisi pertama, namun tidak pernah dimunculkan secara langsung. Beberpa cara sebenarnya bisa dilakukan untuk mengambil screenshot ini, seperti dengan tombol printscreen dan paint, ataupun melalui bantuan aplikasi pihak ketiga. Hal tersebut tentu saja cukup merepotkan. Namun kini pada OS Windows 8 Anda hanya tinggal menekan tombol Win + Print Screen maka screenshot tersebut akan langsung tersimpan dalam format PNG di picture library.


Artikel Terkait

About the Author:

Hobi membaca dan menulis segala sesuatu tentang olahraga, teknologi, makanan, hingga hal-hal berbau mistis. Saat ini menjadi penulis dan CEO di Bacaterus.com dan Carisinyal.com.

Leave A Comment