Carisinyal / Aplikasi / PDFelement 6, Aplikasi Penyunting PDF yang Kaya Fitur

PDFelement 6, Aplikasi Penyunting PDF yang Kaya Fitur

Ditulis oleh - Diperbaharui

Terkadang, Saya kebingungan ketika membaca sebuah dokumen PDF tapi tidak bisa langsung disunting. Sebab, dokumen PDF biasanya hanya untuk dibaca saja, tidak bisa membubuhkan catatan atau bahkan menggabungkan dua dokumen PDF sekaligus.

Tapi, kali ini Saya menemukan solusi terbaik dengan mengandalkan sebuah software PDFelement6. Software ini sangat membantu Saya, baik dalam menyunting dokumen PDF, mengkombinasikan PDF, hingga mengkonversi PDF. Nah, melalui artikel ini, Saya akan berbagi pengalaman dan juga kelebihan dari PDFelement6. Simak terus ulasannya di artikel ini sampai akhir, ya!

Fitur-fitur PDFelement

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, PDFelement6 ini memang sebuah software khusus PDF. Bukan hanya sekedar membuka dan membaca dokumen PDF saja, karena Saya pun bisa menyunting PDF secara langsung. Tapi, ada fitur bagus lainnya di dalam software ini lho. Inilah beberapa fitur unggulan dari PDFelement6:

1. Edit

Edit

Ya, PDFelement6 sangat memanjakan Saya dengan berbagai macam tools untuk mengedit. Beberapa tools untuk menyunting antara lain, edit teks, gambar, halaman, link, hingga membuat watermarks.

  • Edit Teks

Kapan lagi menemukan software PDF yang bisa langsung menyunting teks? Di PDFelement6 ini, Saya bisa langsung menghapus ataupun menambahkan teks di PDF. Bahkan, Saya pun bisa dengan mudah mengubah jenis font sesuai dengan selera. Tak hanya itu saja, di sini juga tersedia fitur untuk mengatur besar-kecilnya huruf.

Tak ketinggalan, di PDFelement6, Saya bisa mengatur posisi teks, di bagian pinggir kiri, pinggir kanan, ataupun tengah. Pokoknya, Saya bisa bebas menyunting dokumen PDF layaknya sedang mengetik di Microsoft Word. Bahkan, software ini juga bisa menambahkan teks ke dalam PDF lho. Jadi, bukan hanya menyunting saja. Sangat lengkap, bukan?

  • Edit Gambar

Bukan cuma teks saja, Saya juga mencoba untuk menyunting gambar yang ada di dokumen PDF dan hasilnya Saya bisa memutar gambar, menghapus gambar, bahkan juga menambahkan gambar ke dalam dokumen PDF. Juga, ada fitur di mana Saya bisa mengatur posisi gambar lho. Sangat lengkap, kan?

  • Edit Halaman

Tak banyak software PDF yang punya fitur-fitur mumpuni. Di PDFelement6, Saya bisa mendapatkan fitur-fitur bagus dan sangat berguna, salah satunya adalah mengedit halaman. Ya, dengan software ini, Saya bisa menghapus halaman, split page, hingga menambahkan halaman baru di sebuah dokumen PDF.

Yang pastinya, software ini juga bisa untuk menambahkan beberapa halaman dari dokumen PDF lainnya. Misalnya, Saya ingin dokumen PDF A ada di dalam dokumen PDF B, maka Saya hanya perlu memasukan dokumen PDF A ke dalam dokumen PDF B pada fitur insert.

Tenang saja, tidak semua dokumen PDF A akan dipindahkan ke dokumen PDF B, karena Saya juga bisa memilih halaman tertentu yang ingin dimasukan ke dalam dokumen PDF B. Mudah, kan?

  • Menambahkan Link

PDF yang disunting bisa juga untuk menambahkan link. Jadi, Saya bisa dengan mudah mencantumkan sumber berupa link di dalam sebuah teks PDF. Bahkan, software ini pun menyediakan dua tipe link, visible rectangle atau invisible rectangle. Yang bagusnya, Saya juga bisa mengganti warna link agar tidak terkesan monoton.

  • Menambah Watermark

Tidak ada salahnya ketika menyunting sebuah dokumen dan ingin diberi watermark sebagai tanda hak cipta. Maka dari itu, PDFelement6 menambahkan fitur berupa watermark agar penggunanya bisa membubuhkan “tanda kepemilikan” pada PDF yang sudah disunting.

Selain menambahkan watermark, software ini juga bisa untuk menghapus watermark hingga memperbarui watermark. Jadi, memang software ini lengkap banget dan fiturnya pun sangat bagus.

2. Menambahkan Catatan / Annotate

Menambahkan Catatan

Fitur lainnya yang ada di PDFelement6 adalah, Saya dapat menambahkan catatan. Ya, dengan software ini, dengan mudah Saya bisa menuliskan catatan, memberikan highlight, menggambar, memberikan stamp, hingga membubuhkan komentar. Pokoknya, dengan satu software ini saja, Saya sudah bisa melakukan banyak hal!

3. Mengkonversi dan Membuat Dokumen PDF

Mengkonversi dan Membuat Dokumen PDF

Tidak lengkap rasanya jika bisa mengedit PDF tanpa kehadiran fitur konversi dokumen PDF, ya? PDFelement6 paham akan hal itu, maka itu fitur untuk convert PDF pun tersedia di sini. Bahkan, saat melakukan konversi PDF pun tidak membutuhkan waktu lama, sangat cepat!

Selain itu, Saya juga bisa menikmati tools untuk melakukan extract, menggabungkan dua atau lebih dokumen PDF, membuat formulir (check box, radio button, combo box, list box, dll), hingga membentuk template library.

4. Keamanan Terjamin

Keamanan Terjamin

Jangan khawatir masalah privasi dan keamanan, karena PDFelement6 punya fitur untuk menjamin keamanan dokumen PDF. Ada fitur password di mana Saya bisa mengunci dokumen PDF penting menggunakan password yang hanya diketahui oleh Saya.

Selain mengunci dokumen PDF, Saya juga tidak perlu khawatir untuk mengirimkan dokumen PDF penting ke orang lain. Sebab, ada fitur Sign di mana dokumen PDF hanya bisa terbuka dengan menggunakan sign yang Saya buat. Jadi, dokumen PDF penting akan tetap aman tanpa perlu khawatir ada yang melihat. Sangat bagus, kan?

Cara Menggunakan PDFelement6

Tadi sudah dipaparkan mengenai beragam fitur yang ada pada PDFelement6, kini Saya mau berbagi mengenai cara penggunaannya. Tidak ribet dan sangat mudah, bahkan saat pertama kali Saya menggunakan software ini pun sangat mudah dimengerti. Namun, sebelum masuk ke tahap cara menggunakan PDFelement6, silakan unduh dan pasang softwarenya terlebih dahulu.

1. Cara Mengedit

Tak sulit untuk mengedit PDF, entah itu teks, gambar, menambahkan link, ataupun membubuhkan watermark. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengedit PDF menggunakan PDFelement6:

  • Buka dan masuk ke dalam softwarenya, lalu pilihlah menu Edit PDF.

Cara mengedit 1

  • Setelah itu, pilihlah dokumen PDF yang ingin disunting dan klik open.

Cara mengedit 2

  • Selanjutnya, pilihlah menu Edit.

Cara mengedit 3

  • Untuk edit teks, silakan klik pada pilihan Add Text. Di sini Anda bisa langsung mengarahkan krusor ke teks yang ingin disunting. Bahkan, pilihan tools untuk mengganti jenis huruf, ukuran huruf pun tersedia di kolom bagian kanan.

Cara mengedit 4

  • Nah, untuk mengedit gambar maka bisa langsung klik Add Image. Setelah itu akan langsung muncul untuk memilih gambar. Pilihlah gambarnya, setelah itu klik open.

Cara mengedit 5

  • Sedangkan untuk menambahkan link, langsung saja klik Link dan tentukan letak link yang dibutuhkan.

Cara mengedit 6

  • Selanjutnya, untuk menambahkan dan menghapus watermark maka pilihlah Pilihlah Remove Watermark untuk menghapus watermark, update watermark untuk memperbarui watermark, dan New Background untuk menambahkan latar baru (ini bisa diandalkan untuk membuat watermark).

Cara mengedit 7

2. Cara Menambahkan Catatan / Annotate

Nah, untuk tutorial yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk membubuhkan kolom komentar atau catatan. Ingin tahu caranya? Cek langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pilihlah menu Comment. Kemudian, pilihlah tipe kolom catatan atau komentar yang diinginkan. Ada 4 tipe kolom catatan, note, typewriter, textbox, dan area Highlight.

Cara menambahkan catatan 1

  • Untuk tipe Note maka akan muncul kotak dan langsung tuliskan catatan / komentar yang diperlukan.

Cara menambahkan catatan 2

  • Pada tipe typewriter, Anda bisa langsung mengetikan catatan tanpa adanya kotak seperti di tipe Note. Caranya, klik tipe Typewriter dan tuliskan catatannya.

Cara menambahkan catatan 3

  • Sedangkan untuk Text Box, akan muncul kotak sederhana (tidak seperti Note) dan Anda bisa langsung mengetikan catatannya.

Cara menambahkan catatan 4

  • Terakhir, ada Area Highlight di mana Anda bisa memberikan highlight untuk kata-kata tertentu. Lalu, untuk menuliskan catatannya maka bisa langsung klik dua kali di bagian Area Highlight tersebut.

Cara menambahkan catatan 5

3. Cara Menambahkan dan Membuat Stamp

Di PDFelement6 ini juga menyediakan fitur Stamp, di mana Anda bisa menempelkan stamp pada dokumen PDF. Bagusnya, jika Anda tidak memiliki stamp khusus maka software ini punya beberapa contoh stamp yang bisa Anda gunakan. Beginilah cara menggunakannya:

  • Klik pada menu Comment >> Stamps.

Cara menambahkan stamp 1

  • Lalu, pilihlah stamp yang Anda butuhkan. Di sini sudah ada beberapa template untuk stamp yang bisa Anda gunakan. Klik salah satunya dan tempelkan di dokumen PDF Anda. Mudah, kan?

Cara menambahkan stamp 2

  • Untuk membuat stamp, silakan klik pada bagian Create Stamp. Setelah itu, barulah pilih bagian Create Custom Stamp.

cara menambahkan stamp 3

  • Kemudian, masukan gambar stamp yang sudah Anda buat sebelumnya dengan klik Select Picture.
  • Tentukan gambar stamp dan langsung masukan ke dalam dokumen PDF. Selesai, kini dokumen PDF Anda sudah ditambahkan Stamp. 

4. Cara Convert PDF

Mau melakukan convert PDF? Bisa, kok, dengan menggunakan software ini. Bahkan, caranya sangat mudah dan simpel. Anda bisa ikuti beberapa cara ini:

  • Buka software PDFelement6, lanjutkan dengan memilih menu Convert PDF. Nantinya, Anda hanya perlu memilih dan masukan dokumen PDF yang akan di-convert.

Mengkonversi PDF 1

  • Setelah itu, langsung pilih format file yang ingin Anda convert. Jika sudah selesai memilih, maka Anda bisa langsung klik Save.

Mengkonversi PDF 2

Bagaimana, cara menggunakan PDFelement6 ini tergolong sangat mudah dan simpel, kan? Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi, karena semua dokumen PDF bisa disunting bahkan di -convert secara praktis di satu software saja.

Dukungan Sistem Operasi

Mendukung Berbagai Macam Sistem

Kelebihan lainnya yang dimiliki PDFelement6 adalah bisa digunakan di perangkat apapun dengan berbagai macam sistem yang digunakan. Ya, Anda bisa menggunakan software ini di perangkat Windows (Windows 10) dan juga Mac dengan macOS 10.13 High Sierra. Selain itu, untuk PDFelement Express bisa digunakan oleh pengguna Mac dengan macOS 10.12 ataupun di atasnya.

Yang menariknya, bahkan software ini pun tersedia untuk smartphone lho. Untuk pengguna iOS, Software ini bisa berjalan baik di iOS 9. Ingin pakai software ini di HP? Klik di sini untuk mendownload di PlayStore (Android) dan klik link ini untuk download di App Store (iOS).

Varian Produk PDFElement6

Dua Jenis Pemilihan Produk PDFElement6

Ada dua pilihan tipe produk yang bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya masing-masing, standard version dan professional version. Apa, sih, perbedaan antara kedua jenis produk tersebut? Inilah perbandingan dua versi tersebut:

  • Standard Version

Sesuai dengan namanya, versi yang satu ini hanya menyediakan beberapa fitur, seperti mengedit PDF, membuat PDF, menambahkan annotate, jaminan privasi dokumen PDF, menambahkan watermark, header & footer, menambah background, bebas akses template yang sudah tersedia, dan menambahkan page labelling.

  • Professional Version

Berbeda dengan Standard Version, versi pro ini lebih lengkap dan biasanya ditujukan untuk perkantoran yang memang sering mengandalkan PDF. Semua fitur Standard Version hadir di Professional Version dengan tambahan, berikut ini:

Automatic Form Recognition, Optical Character Recognition (OCR), Bates Numbering, Form Data Extraction, Redaction, Batch Process PDF Files, File Size Optimization, Scanner to PDFs, Support PDF/A, On-Demand Product Demonstration, Volume Discounts for Businesses, dan Change Management Consultation.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa memang versi pro lebih banyak keuntungannya. Tapi, kembali lagi dengan kebutuhan masing-masing, jika sekiranya Anda cukup dengan fitur yang ada di Standard Version, maka pilihlah versi standar. Namun, jika Anda lebih membutuhkan fitur editing PDF yang lebih lengkap, pilihlah Professional Version.

Harga

Berapa Harga untuk Setiap Versi

Sudah menentukan mau pilih software versi standar atau pro? Nah, kalau begitu kini saatnya Anda mengetahui harga untuk membeli software ini. Inilah daftar harga untuk setiap versinya baik di Windows maupun Mac:

  • Standard Version, kalau versi standar hanya bisa digunakan para pengguna Windows saja dengan harga $59.95 atau sekitar 900 ribu rupiah.
  • Professional Version untuk Windows bisa dibeli dengan harga $89.95 (untuk 1 PC), $169.11 (untuk 2-10 PC), dan $890.51 (untuk 11-20 PC).
  • Professional Version untuk Mac bisa dibeli dengan harga $59.97 (untuk 1 Mac), $187.91 (untuk 2-10 Mac), dan $989.51 (untuk 11-20 Mac).

Pembelian software PDFelement6 ini bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit ataupun via Paypal.

Testimoni Para Pengguna PDFelement6

Testimoni Para Pengguna PDFelement6

Rasanya kurang afdol jika hanya Saya saja yang mengakui bahwa software PDFElement6 ini benar-benar bagus dan bermanfaat. Pasalnya, beberapa review dan tanggapan dari pengguna lain pun sepakat dengan Saya bahwa PDFelement6 ini layak untuk dimiliki. Seperti yang dikatakan oleh beberapa pengguna:

  • “PDFelements adalah software yang benar-benar Saya cari. Saya tidak perlu membeli software lain lagi dan tidak perlu untuk mempelajarinya dengan susah payah.”
  • “Semua yang dibutuhkan ada dalam satu software tanpa harus membeli software lainnya.”
  • “Produk ini sangat mudah dipahami, sangat efisien dan akurat baik untuk melakukan konversi ataupun membuat dokumen PDF secara original.”
  • “Harganya masuk akal dan menjadi alternatif yang bagus untuk para pengguna.”
  • “Mengunduh software-nya sangat mudah. Saya menggunakan software ini setiap hari dan antarmukanya pun sangat sederhana! Saya punya versi lamanya, saat Saya memiliki PC baru, yang Saya butuhkan PDFelement sebagai satu-satunya pilihan Saya.”
  • “Software ini lebih murah jika dibandingkan Adobe Acrobat. Software ini juga punya banyak fitur yang ditiru oleh Adobe Acrobat. Bahkan, ada juga trial untuk mencoba mengonversi file ke PDF atau sebaliknya. Tapi, siapa yang tahu bahwa file dan dokumen Anda tidak akan bocor? Ditambah lagi dengan kehadiran para hackers yang mengkhawatirkan, jadi keamanan data perlu diperhatikan dengan baik. Maka dari itu, gunakanlah PDF Element. Beli software-nya dan Anda bisa menikmati semua fitur yang ada di Adobe Acrobat dengan harga yang lebih terjangkau. Bahkan, Anda tidak perlu terkoneksi dengan internet! Bagian yang paling menariknya, grafis dari antamukanya sangat mudah dipahami! Jika ada beberapa hal yang tidak dimengerti, Anda hanya perlu mencarinya di Google!”
  • “PDF Element sangat mudah digunakan untuk mengkombinasikan dan mengedit dokumen PDF.”
  • “Produk ini sangat mudah digunakan. Bahkan, Saya bisa dengan mudah untuk mengedit atau membuat form baru.”
  • “Harga yang terjangkau untuk sebuah software PDF editing. Fiturnya, harganya, implementasinya, bahkan sangat mudah dipahami.”
  • “PDF Element adalah software murah dan bisa dijadikan pilihan alternatif untuk para editor PDF.”
  • “Sangat mudah menggunakan software ini tanpa perlu pengetahuan khusus. Bahkan layout-nya pun sangat mudah dimengerti.”
  • “Perusahaan ini benar-benar memberikan kelebihan sesuai dengan apa yang diiklankan. Ini adalah multi-faceted PDF yang luar biasa.”

Demikian tadi pembahasan mengenai software untuk menyunting PDF, PDFelement6. Bagaimana, sangat lengkap dan bagus, bukan?

Kedua produk PDFelement 6, baik versi standar dan pro, bisa dicoba secara gratis dengan klik di sini. Bahkan, jika Anda seorang pelajar, maka Anda bisa menikmati diskon 40% untuk pembelian PDFelement yang berlaku hingga tanggal 14 September.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment