carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Pengalaman Menyenangkan Memiliki Blog, Hobi Kreatif Bonus Cuan

Pengalaman Menyenangkan Memiliki Blog, Hobi Kreatif Bonus Cuan

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 27 April 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK NIAGAHOSTER
niaga hoster blog (Copy)

“Semua orang butuh pengakuan” adalah teori umum dalam ilmu psikologi. Apa pun bidang yang sedang Anda geluti, Anda pasti punya banyak hal di kepala yang ingin Anda ungkapkan. Bisa berupa ide, pengalaman, pendapat, atau sekedar ocehan.

Sayangnya, tidak banyak yang berhasil mengungkapkan semua itu. Padahal ekspresi diri juga termasuk kebutuhan sekaligus upaya untuk bisa diakui. Kalau kamu berada di situasi yang sama, coba saja membuat blog. Banyak pengalaman ngeblog yang akan membawa manfaat untuk Anda dan pembaca Anda.

Pengalaman Ngeblog Paling Berkesan

1. Berbagi Informasi dan Mengedukasi Pembaca

Blogs (Copy)

Menjadi seorang blogger memberimu kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman pada orang lain. Kalau Anda menggeluti desain grafis, ajari pengunjung blogmu tentang cara membuat desain, tren desain terbaru, cara menjadi desainer, dan tips-tips bermanfaat lainnya.

Ada sensasi kesenangan tersendiri saat pengunjung meninggalkan ‘surat cinta’ di kolom komentar. Kepuasan batin yang didapat adalah pengalaman ngeblog yang akan memacu semangatmu untuk lebih giat menulis.

Tapi ingat, seorang blogger juga mengemban tanggung jawab untuk memberikan informasi yang valid dan bisa dipercaya. Agar tidak salah memberikan informasi, buatlah blog dengan fokus topik (niche) sesuai bidang keahlianmu.

2. Mendapatkan Pengakuan (Plus Popularitas)

72409621-popularity-growth-drawn-on-white-brick-wall- (Copy)

Akui saja, Anda pasti juga ingin diakui. Jika Anda punya passion di bidang musik, Anda ingin orang-orang mengenalmu sebagai seorang musisi, pemain gitar ulung, atau penulis lagu profesional. Naluri semacam ini bukanlah hal yang negatif, justru sangat manusiawi.

Jika Anda terjun ke dunia blogging, Anda bisa bebas mengekspresikan diri Anda. Ceritakan tentang apa yang Anda suka, apa yang Anda bisa, apa yang Anda tahu, dan apa yang sudah Anda capai. Sampaikan dengan bobot materi yang cukup dan gaya penyajian yang menarik. Hasilnya, pengunjung akan mengakui eksistensi dan kompetensi.

Seiring berjalannya waktu, blogmu akan makin ramai. Namamu dikenal luas dan sering di-mention di sosial media. Terdengar klise? Tentu saja tidak. Asal Anda serius dan konsisten, blogging bisa membawamu ke puncak popularitas.

3. Bisa Jadi Jutawan

dollar (Copy)

Anda tidak salah baca. Blog memang bisa dikembangkan menjadi ladang penghasilan. Tidak main-main, penghasilan seorang blogger profesional bisa mencapai puluhan juta per bulan. Tidak percaya? Baca saja pengalaman ngeblog Cosa Aranda.

Pertanyaannya, dari mana para blogger sukses itu mendapatkan uang?

Yang paling umum adalah dari Google AdSense. Ini adalah layanan iklan milik Google Inc. AdSense bekerja dengan cara menampilkan iklan dari klien ke website atau blog di seluruh dunia. Kalau blog sudah memenuhi kriteria, Anda bisa mendaftarkannya untuk ikut program AdSense.

Jika disetujui, Google akan memasang iklan di blogmu. Space iklan inilah yang menjadi ladang uang para blogger. Semakin ramai kunjungan ke blogmu, semakin banyak yang melihat dan klik iklan dari Google, semakin besar pula penghasilan yang Anda dapat dari AdSense.

Cara lainnya adalah lewat program afiliasi. Anda bisa bekerja sama dengan pemilik produk yang membuka peluang partnership afiliasi. Teknisnya, Anda membantu mempromosikan produk mereka di blogmu. Untuk setiap pembelian via link afiliasi milikmu, pemilik brand akan memberikan reward berupa komisi sekian persen.

Kalau ditekuni, blog bisa jadi sumber penghasilan yang fantastis. Cosa Aranda yang kita singgung di atas bisa mengantongi 90 juta rupiah per bulan dari blog pribadi. Kalau dia dan mereka bisa, berarti Anda juga bisa!

Jangan Khawatir Soal Modal, Membuat Blog itu Gratis!

Total biaya dasar yang harus Anda bayar untuk membuat sebuah blog adalah nol rupiah. Ya, platform blogging seperti Blogger dan WordPress tidak memungut biaya untuk blog pribadi dengan domain default. Sayangnya, walaupun memungkinkan, domain bawaan kurang kredibel di mata pengunjung. Blogmu akan kesulitan meraih otoritas di mesin pencari.

Apa Itu Niagahoster

Solusi yang lebih baik adalah membeli domain professional seperti dot com atau dot id. Jangan khawatir, biaya sewa domain tidaklah mahal. Apalagi kalau Anda memanfaatkan promo domain dari Niagahoster. Modal untuk membangun blog jadi lebih ringan.

Sudah siap? Segera eksekusi dan rasakan pengalaman ngeblog versimu sendiri. Buktikan kalau iseng bisa jadi cuan!

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram