carisinyal web banner retina

Penyebab dan Cara Mengatasi Senter HP Tidak Menyala

Ditulis oleh Aris Wibowo
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Tidak sedikit kasus yang membuat senter pada HP ini malah tidak bisa menyala. Hal ini tentu sangat disayangkan, apalagi jika ingin memotret di keadaan minim cahaya atau hanya sebagai senter saja. Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Nah, dalam artikel ini saya akan bagikan hal-hal apa saja yang mungkin jadi penyebab senter HP tidak menyala. Langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya.

Penyebab Senter HP Tidak Menyala

Munculnya masalah pada senter HP biasanya terjadi secara tiba-tiba. Selain itu, kerusakan senter juga akan membuat harga jual HP jadi berkurang karena kondisi perangkat yang minus. Nah, berikut adalah beberapa hal yang mungkin jadi penyebab senter HP jadi tidak bisa menyala. Silakan simak daftarnya di bawah ini.

1. Pengaturan Senter Bermasalah

senter-hp-

Penyebab awal senter yang tidak menyala biasanya karena pengaturannya yang bermasalah. Pada HP, pengaturan senter memang cukup sederhana yaitu hanya tombol on-off saja. Meski begitu, senter memiliki pengaturan yang sedikit rumit yang berbasis pada hardware dan software.

Biasanya, senter yang tidak menyala ini bisa disebabkan pengaturan hardware dan software senter yang tidak sesuai.

2. Sering Menggunakan Perangkat Sambil Di-Charge

samsung galaxy a33 5g

Penyebab senter HP tidak menyala berikutnya adalah sering menggunakan HP sembari di-charge. Hal ini bisamembuat tegangan listrik yang masuk jadi tidak stabil. Namun, saat ini sudah banyak HP yang mendukung bypass charging sehingga masih aman jika menggunakan HP saat di-charge, bahkan sambil bermain game.

Selain itu, penggunaan charger yang tidak sesuai spesifikasi HP juga akan sedikit memengaruhi komponen di dalamnya, termasuk lampu senter. Apalagi, beberapa lampu senter di HP saat ini berupa LED. Tegangan yang tidak stabil bisa membuat lampu LED putus dan tidak menyala.

3. Sistem Android yang Eror

samsung galaxy a33 5g

Hal lain yang mungkin jadi penyebab senter HP tidak menyala adalah karena sistem Android yang eror. Kerusakan ini biasanya disebabkan karena menginstal aplikasi yang ternyata memengaruhi software lampu senter. Tidak hanya itu, kerusakan terjadi juga karena tidak melakukan update sistem sehingga lampu senter tidak bisa digunakan secara optimal.

4. RAM Penuh

Redmi 12

Untuk Anda yang memiliki HP dengan RAM kecil, ternyata bisa memengaruhi kinerja HP termasuk untuk lampu senter, loh. Ketika RAM yang dipakai sudah hampir penuh, respons yang diberikan akan lambat atau lag. Hal inilah yang mungkin menyebabkan senter HP tidak menyala atau telat merespons. 

Cara Mengatasi Senter HP Tidak Menyala

Setelah mengetahui beberapa hal yang mungkin jadi penyebabnya, Anda tidak usah panik lagi saat senter HP tiba-tiba tidak bisa menyala. Anda bisa mencoba beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Restart HP

Cara Restart HP Xiaomi

Solusi paling mendasar dari semua kendala di HP adalah dengan melakukan restart. Langkah ini dianggap mampu mengembalikan kondisi HP, termasuk masalah senter yang tidak menyala ke kondisi awal atau normal.

Cara me-restart HP juga cukup mudah untuk dilakukan. Anda cukup menekan tombol power dan memilih restart. Setelah itu, tunggu sampai HP kembali menyala dan memulai semua prosesnya.  

2. Menyalakan dan Mematikan Ulang Senter

notif bar samsung_

Penyebab senter HP tidak menyala memang bisa disebabkan pengaturan senter yang bermasalah. Maka, langkah yang bisa Anda coba adalah dengan mengulangi-ulangi tombol hidup matikan senter secara berulang. Cara ini bisa Anda lakukan melalui bagian notifikasi bar atau masuk ke pengaturan HP. 

3. Mengecek Pengaturan Kamera

samsung-camera-settings

Lampu senter pada HP tidak hanya untuk penerangan saja, tetapi juga sebagai lampu flash untuk kamera. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengecek pengaturan kamera pada HP Anda.

Anda bisa memulainya dengan mengembalikan pengaturan kamera ke pengaturan awal atau default. Dengan begitu, lampu senter mungkin bisa menyala dan berfungsi normal kembali.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus cache pada aplikasi senter atau kamera. Anda hanya perlu masuk ke pengaturan HP lalu ke bagian aplikasi. Setelah itu, cari aplikasi kamera atau senter. Pilih bagian penyimpanan dan bersihkan cache.

4. Pasang Aplikasi Senter Pihak Ketiga

Flashlight-Eco-Mobile_

Jika beberapa cara di atas sudah dilakukan dan senter HP tetap tidak menyala, Anda bisa mencoba menggunakan bantuan aplikasi senter di Google Play Store Jika masih tidak menyala juga, ada kemungkinan masalahnya justru berasal dari hardware HP itu sendiri.

Jika sudah seperti itu, tidak ada cara lain selain membawa HP ke service center agar ditangani oleh ahlinya. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan jawaban yang lebih jelas dan bisa diatasi dengan benar.

5. Perbaiki ke Service Center atau Teknisi Handphone

Langkah terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan mendatangi service center resmi untuk diperbaiki. Apalagi jika tipe HP Anda masih garansi. Jika tidak garansi, Anda bisa memperbaiki ke teknisi handphone berpengalaman untuk memperbaiki soal senter ini.

Itulah beberapa hal yang mungkin menyebabkan senter HP tidak bisa menyala. Semoga cara-cara di atas bisa membantu Anda, ya.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram