carisinyal web banner retina

5 Penyebab Laptop Tidak Bisa Connect WiFi Beserta Solusinya 

Internet saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan penting bagi manusia. Tidak heran, sejumlah perangkat terbaru hadir dengan fitur WiFi agar mudah terkoneksi dengan jaringan internet. Laptop bahkan menjadi salah satu perangkat elektronik wajib yang memiliki fitur WiFi.

Hal ini terjadi karena laptop bukan lagi sebagai gadget untuk mengetik pekerjaan kantor semata, melainkan dapat digunakan untuk berbagai hal penting seperti browsing, menonton video online hingga bermain game. Maka akan sangat mengesalkan bila kamu memiliki laptop, namun tidak bisa connect WiFi.

Sebagai informasi, WiFi adalah teknologi modern yang membuat berbagai perangkat elektronik, komputer, hingga smartphone saling berhubungan tanpa harus menggunakan kabel. Dengan teknologi WiFi, kamu tidak perlu repot lagi untuk mencolok-colok kabel kala ingin membuka internet di laptop dan gadget lainnya.

Aktivitas kamu tentu akan lebih mudah dan praktis, apalagi saat ini banyak tempat-tempat umum dipasangi WiFi. Lalu, di area dengan WiFi, bagaimana jika laptop yang biasa kamu gunakan browsing, tidak bisa digunakan karena tidak connect?. Untuk mengetahui solusinya, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Penyebab Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Sangat mengesalkan dan membingungkan bila laptop tidak bisa terhubung atau connect ke WiFi. Apalagi penyebabnya ada berbagai macam. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut penyebab laptop tidak bisa connect WiFi yang perlu kamu ketahui.

1. Salah Password WiFi

Penyebab mendasar laptop yang tidak dapat terhubung WiFi adalah salah password. WiFi memang tersebar di berbagai lokasi, sehingga biasanya dibutuhkan password untuk menghubungkan laptop dengan WiFi yang ada.

Password ini biasanya ada yang sangat mudah dan ada yang sangat rumit. Bila kamu salah mengisikan password, tentu saja laptop tidak akan connect ke jaringan WiFi. Maka, kamu harus mengisi password WiFi dengan teliti. Cek setiap huruf dan angka pada password bila laptop masih tidak mau tersambung WiFi.

Kegunaan password WiFi biasanya untuk memastikan bahwa WiFi memang digunakan oleh pihak yang tepat, karena terkadang ada orang yang menggunakan WiFi secara sembarangan.

Misal untuk meng-update program atau aplikasi berkapasitas besar, men-download film, hingga bermain game online. Jadi, perhatikan selalu apakah password WiFi yang kamu ketik sudah benar agar internet tersambung. 

2. Laptop dalam Kondisi Airplane Mode

connect wifi

Penyebab laptop yang tidak connect WiFi berikutnya adalah karena laptop dalam kondisi airplane mode atau flight mode. Perlu diketahui bahwa setiap produsen menghadirkan sejumlah mode pada laptop demi kenyamanan dan keamanan penggunanya.

Biasanya, laptop yang tidak tersambung WiFi disebabkan salah satunya karena airplane mode yang menyala. Ketika mode ini aktif, maka semua konektivitas termasuk fitur WiFi dalam laptop akan dimatikan.

3. Adanya SSH dan Proxy

proxySumber: Golegal

Sebagian orang di Indonesia tentu ingin mendapatkan internet gratis yang cepat. Oleh karena itu, banyak pengguna internet menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan jaringan internet yang cepat dan stabil, termasuk menggunakan SSH dan Proxy.

Sayangnya, cara ini terkadang mengubah pengaturan network connection pada laptop. Hal inilah yang membuat laptop tidak bisa connect Wifi secara normal.

4. Laptop yang Bermasalah

laptop bermasalah

Penyebab WiFi tidak bisa tersambung selanjutnya ialah adanya driver atau hardware dari laptop kamu yang bermasalah. Bila gadget lain bisa tersambung ke WiFi dengan lancar, dan hanya laptop kamu yang tidak connect, bisa jadi ada bagian laptop kamu yang bermasalah.

Bila hal tersebut terjadi, kamu bisa mengecek bagian driver atau hardware laptop yang berkaitan dengan WiFi. Rusaknya bagian hardware laptop membuat laptop hanya bisa menangkap jaringan wifi dari jarak yang sangat dekat.


Bila biasanya laptop bisa menangkap jaringan WiFi dalam radius 10 meter, kini deteksi hanya bisa dilakukan dalam radius 3 meter karena hardware rusak. Selain itu, laptop juga hanya bisa menangkap jaringan wifi tertentu saja, tidak bisa terlalu banyak.

Hal-hal tersebut tentu akan mengganggu aktivitas kamu dalam berinternet karena harus menentukan jarak yang tepat agar laptop tersambung WiFi. Lebih lanjut, karena sering tersambung ke WiFi, laptop mengalami penumpukan cache data WiFi.

Hal ini bisa membuat penerimaan WiFi di laptop kamu error. Beberapa laptop bahkan tidak akan bisa menerima jaringan WiFi baru selama cache data WiFi penuh. Inilah masalah yang sering tidak disadari oleh banyak pemilik laptop, khususnya bagi mereka yang sering memakai laptop di tempat umum.

5. Jaringan WiFi yang Memang Error

jaringan error

Bila kamu sudah memastikan laptop berjalan normal, tidak ada kerusakan di driver dan hardware. Maka penyebab WiFi yang tidak connect bisa karena jaringan atau perangkat pemancar WiFi yang error.

Solusi Laptop Tidak Connect WiFi

Setelah memahami berbagai penyebab laptop yang tidak bisa tersambung WiFi, kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk memperbaiki hal tersebut. Harapannya laptop bisa kembali digunakan secara maksimal. Inilah solusi laptop yang tidak terhubung atau connect WiFi.

1. Ubah Setelan WiFi Laptop

connect wifi

Salah satu tanda wifi yang tidak connect di laptop adalah munculnya ikon tanda seru pada bagian internet access. Bila ini terjadi, kamu bisa mencoba melakukan perubahan pada setelan WiFi agar laptop bisa terhubung kembali. Begini caranya:

  • Klik Start > Control panel > network and internet.
  • Klik bagian network and sharing center kemudian klik change adapter setting.
  • Pilih wireless connection lalu klik kanan dan pilih properties.
  • Cari tab networking  lalu cari dan klik pada bagian internet protocol version 4.
  • Kemudian pilih obtain IP Address Automatically dan pilih obtain DNS server address automatically.
  • Terakhir, klik OK dan restart laptop kamu.

2. Hapus Data Cache WiFi

connect wifi

Data cache WiFi penuh merupakan penyebab laptop tidak terhubung internet yang jarang disadari. Untungnya, cara mengatasi hal ini cukup mudah.  

  • Masuk ke control panel > network and internet > Network and sharing center
  • Pilih manage wireless networks > hapus semua cache WiFi. 
  • Cara menghapusnya > pilih salah satu data wifi kemudian klik remove.

3. Restart Koneksi (Putus-Sambung)

connect wifi

Bila laptop tidak bisa connect WiFi dan muncul pemberitahuan “unidentified network”, kamu bisa melakukan langkah berikut. Untuk diketahui, pemberitahuan tersebut biasanya muncul karena laptop tidak bisa menemukan IP address dan DNS Server dari jaringan WiFi.

  • Klik ikon WiFi di laptop kamu. Biasanya berada di bagian bawah layar.
  • Pilih jaringan WiFi.
  • Klik tombol “disconnect”. Tunggu hingga jaringan WiFi terputus.
  • Klik tombol “connect”. Tunggu hingga jaringan WiFi tersambung kembali.

4. Restart Laptop atau Modem WiFi

cara mengatasi laptop tidak konek ke wifi 1

Langkah terakhir untuk mengatasi WiFi yang tidak connect ialah me-restart laptop dan modem WiFi. Dengan restart semua data dan pengaturan, setelan WiFi akan kembali ke awal. 

Demikian penyebab laptop tidak bisa connect WiFi beserta solusi untuk memperbaikinya. Hal yang terpenting saat menghadapi masalah ini adalah kamu harus bisa memahami penyebab utamanya dulu sebelum melakukan langkah lainnya. Semoga tips ini bisa membantu, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram