carisinyal web banner retina

Yuk, Ketahui Penyebab Memori Internal HP Penuh & Solusinya

Memori internal merupakan salah satu komponen penting dalam proses aktivitas dari sebuah handphone atau smartphone. Selain digunakan untuk menyimpan berbagai file misalnya foto, video, dan dokumen, memori internal juga membantu menunjang pekerjaan HP ketika menjalankan suatu aplikasi.

Memori internal HP yang terlalu sering digunakan sebagai penyimpanan, lama kelamaan akan menjadi penuh.

Pada akhirnya, hal tersebut akan banyak menimbulkan masalah dan terkadang membuat jengkel para penggunanya. Salah satu masalah yang sering terjadi pada HP yang digunakan adalah akan mengalami lag atau lemot.

Namun, tidak semua pengguna mengetahui penyebab dari penuhnya memori internal HP tersebut. Kebanyakan dari pengguna hanya mengetahui bahwa memori internal menjadi penuh dikarenakan terlalu banyak menyimpan foto, video, atau aplikasi yang terinstal. Padahal, penyebab memori internal cepat penuh tidak hanya itu saja.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa penyebab kenapa memori internal HP menjadi cepat penuh. Selain itu, kami juga akan mencoba membagikan beberapa solusi yang bisa diambil atau digunakan untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi.

1. Aplikasi Bawaan HP yang Terlalu Banyak

memori internal penuh_

Ketika membeli HP baru, sudah pasti terdapat aplikasi bawaan atau bloatware, yaitu aplikasi yang sudah terinstal atau terpasang di dalam HP tersebut secara otomatis.

Aplikasi-aplikasi yang terinstal itu sangat beragam tergantung dari jenis dan pengembang HP tersebut. Meskipun begitu, ternyata beberapa aplikasi tersebut bahkan belum tentu akan digunakan kedepannya.

Aplikasi bawaan memiliki dua tipe atau jenis. Pertama, aplikasi sebagai bawaan langsung dari sistem operasi HP, misalnya Android.

Pengguna akan menemukan aplikasi-aplikasi yang dirancang oleh Google, misalnya aplikasi Google, Google Mail, Google Maps, Google Play Music, Google Drive, YouTube, dan lain-lain. Kedua, aplikasi bawaan yang berasal dari pengembang HP.

Xiaomi Mi 8 Lite

Bloatware pada umumnya bukanlah aplikasi yang membahayakan. Namun, tidak sedikit dari para pengguna HP akan merasa terganggu, terlebih lagi jika aplikasi bawaan tersebut terlalu banyak.

Selain itu, bloatware juga akan memakan memori internal yang tidak sedikit. Pada akhirnya, memori internal HP sisa yang bisa digunakan akan menjadi makin sempit dan sedikit.

Selain memenuhi memori internal, aplikasi-aplikasi bawaan atau bloatware juga terkadang akan mengganggu terutama dalam hal iklan. Tidak sedikit aplikasi-aplikasi tersebut yang mengandung berbagai iklan tertentu di dalamnya, misalnya iklan penawaran produk-produk tertentu, permintaan penginstalan suatu aplikasi, dan sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa meng-uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan jika aplikasi tersebut memang bisa di-uninstall.

Selain itu, Anda juga bisa menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak akan digunakan melalui fitur settings – apps – kelola aplikasi – pilih aplikasi dan klik disable. Namun, cara tersebut belum tentu bisa dilakukan kepada semua tipe handphone.

2. Terlalu Sering Mengambil Foto, Video, atau Rekaman Suara

Samsung Galaxy S10

Tidak dapat dimungkiri bahwa banyak dari pengguna HP senang dalam mengabadikan setiap momen yang dialaminya. Pada akhirnya, galeri HP pengguna tersebut akan banyak dipenuhi oleh foto, video, atau rekaman suara. Sadar atau tidak, ternyata hal ini menjadi salah satu penyebab dari cepat penuhnya memori internal pada HP.

Sebenarnya tidak ada salahnya mengabadikan setiap momen yang dilalui, tetapi akan lebih baik jika Anda membatasi hal tersebut, sehingga tidak menjadi berlebihan.

Karena makin banyak foto, video, atau rekaman suara yang diambil, maka makin banyak pula memori yang dibutuhkan untuk menyimpannya. Terlebih jika foto tersebut memiliki kualitas yang tinggi.

Makin jernih atau tinggi kualitas yang dimiliki setiap foto atau video, maka makin besar pula ukuran dari foto dan video tersebut. Hal itu akan menyebabkan memori internal HP kalian menjadi makin cepat penuh hanya dengan foto atau video saja.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kami menyarankan untuk mengurangi kebiasaan mengabadikan momen yang tidak terlalu penting.


Selain itu, karena hasil foto, video, dan rekaman suara yang diambil akan tersimpan di memori internal. Maka, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menambah kapasitas memori HP menggunakan memori eksternal jika tersedia.

Dengan menambah memori eksternal pada HP, Anda bisa memindahkan file foto, video, atau rekaman suara tersebut ke dalam memori eksternal agar penyimpanan internal memiliki ruang yang lebih banyak.

Namun, jika tidak HP tidak memiliki slot untuk memori eksternal, kalian bisa memindahkan foto, video, atau rekaman suara tersebut ke dalam komputer yang Anda miliki.

3. Aplikasi yang Diinstal Memiliki Size yang Besar

youtube go

Penyebab memori internal HP cepat penuh selanjutnya adalah aplikasi-aplikasi yang terinstal memiliki size yang besar.

Besarnya size suatu aplikasi biasanya berbanding lurus dengan fitur-fitur yang diberikan. Makin banyak fitur yang bisa digunakan, maka makin besar pula size yang harus diunduh untuk bisa menggunakan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Meski begitu, tidak sedikit developer atau pengembang suatu aplikasi yang masih memperhatikan para pengguna HP dengan memori internal yang tergolong kecil.

Hal itu terlihat dari beberapa developer aplikasi yang menyediakan versi kecil (lite) dari aplikasi tersebut, tetapi dengan pertimbangan beberapa fitur yang tidak akan bisa dgunakan layaknya dalam aplikasi versi asli.

Dengan adanya versi lite dari beberapa aplikasi tersebut tentunya akan sangat membantu para pengguna HP yang memiliki memori internal yang tidak terlalu besar. Hal tersebut menjadi salah satu solusi apabila aplikasi versi asli memiliki size yang dirasa cukup besar dan memutuskan untuk menghemat ruang memori internal di dalam HP.

Misalnya, jika Anda senang berselancar di Facebook, Anda dapat mengandalkan Facebook Lite untuk menghemat ruang, ketimbang dengan menggunakan aplikasi Facebook yang biasa.

4. Data Pengguna dan Cache

Masalah Di Cache Aplikasi

Penyebab selanjutnya yang sering terjadi adalah size dari aplikasi-aplikasi yang sering digunakan makin membesar.

Hal ini disebabkan oleh beberapa jenis data yang digunakan ketika memproses suatu aplikasi, lalu menumpuk seiring berjalannya waktu. Data-data tersebut dapat berupa data pengguna maupun data cache sebagai hasil menunduh file dari aplikasi yang digunakan.

Misalnya pada salah satu aplikasi chatting terpopuler yang sangat sering digunakan untuk berkomunikasi yaitu WhatsApp.

Selain berkomunikasi melalui pesan teks dan telepon, WhatsApp juga memiliki fitur lain, misalnya berbagi foto, video, audio, dokumen, dan sebagainya. File tersebut akan terkumpul sebagai data pengguna yang bisa menjadi makin besar seiring waktu.

Pada akhirnya, memori internal dalam HP akan menjadi cepat penuh hanya karena satu aplikasi saja. Selain data pengguna, ada juga yang dinamakan data cache. Data cache merupakan data yang memiliki sifat sementara yang terkumpul karena aplikasi tersebut sedang berjalan atau digunakan.

Sebagai contoh, ketika sedang berselancar di internet menggunakan aplikasi Browser, sudah pasti akan menemukan tampilan foto maupun video di suatu halaman internet tertentu.

Ketika aplikasi Browser sedang memuat foto atau video tersebut, data cache dari aplikasi Browser juga akan secara otomatis tersimpan di dalam penyimpanan internal HP.

Sebenarnya data cache ini memiliki kegunaan atau fungsi agar ketika mengunjungi halaman internet yang sama sebelumnya, aplikasi Browser tersebut akan mampu menampilkan konten foto dan video dengan cepat. Dengan kata lain aplikasi Browser tidak perlu lagi untuk mengunduh konten yang ada di halaman tersebut.

Meskipun data cache ini bisa dibilang berguna, tetapi jika dibiarkan saja maka ukurannya pun akan makin membesar. Maka dari itu, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan rutin menghapus data cache pada aplikasi tertentu, terlebih jika ukuran data cache tersebut sudah besar dan memenuhi memori internal HP.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus data aplikasi (data pengguna maupun cache), yaitu:

Pergi ke menu Settings dan cari menu Apps.

hapus cache_

Dalam menu Apps klik Manage Apps/Kelola Aplikasi.

hapus cache 2_

Cari atau pilih aplikasi yang akan dihapus datanya.

hapus cache 3_

Klik Clear data atau Hapus semua data.

hapus cache 4_

Akan muncul pilihan untuk menghapus semua data atau hanya data cache saja.

Nah, itulah beberapa penyebab yang mungkin terjadi dari memori internal HP yang cepat penuh dan solusi yang bisa dilakukan agar memori internal tidak cepat penuh.

Jika Anda punya pengetahuan lain dari penyebab dan solusi mengenai masalah memori internal HP yang cepat penuh ini, silakan bagikan kepada kami melalui kolom komentar di bawah.

Kami juga sangat terbuka untuk menerima setiap saran dan kritik yang membangun dari agar artikel yang kami buat menjadi semakin lebih baik.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram