carisinyal web banner retina

Melihat 6 Perbedaan Advan G5 dan Advan G5 Plus

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 27 Juli 2021

Momentum back to school Juli 2021 dimanfaatkan produsen HP lokal Advan untuk meluncurkan smartphone anyar. Adalah Advan G5 Plus smartphone anyar yang dimaksud. HP ini dilepas dengan harga ritel Rp1.050.000 dan mulai tersedia di pasar daring pada 21 Juli 2021.

CEO Advan Chandra Tansri menyebut bahwa Advan G5 Plus masuk dalam kategori HP kelas entri. Meski begitu, ia mengklaim HP ini mampu mendukung aktivitas sehari-hari. Chandra Tansri juga berharap Advan G5 Plus dapat memberi pengalaman memuaskan - termasuk tampil stylish - kepada generasi milenial. Demikian seperti dikutip dari Detik dan CNN.

Adapun kemunculan Advan G5 Plus menambah deretan HP G5 Series yang diluncurkan Advan sejak 2020. Sebelum HP ini, G5 Series yang hadir adalah Advan G5 dan Advan G5 Elite 2021. Lantas, jika dibandingkan dengan Advan G5, apa sih yang menjadi pembeda?

Nah, artikel perbedaan Advan G5 dan Advan G5 Plus ini akan menjawab pertanyaan itu. Oleh sebab itu, simak baik-baik artikel ini sampai tuntas. Anda dapat membaca spesifikasi singkat kedua ponsel sebagai berikut untuk memulai pembahasan.

Spesifikasi Advan G5

Advan G5
  • Rilis: Mei, 2020
  • Layar: IPS LCD 6,2 inci, HD+
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28 nm)
  • GPU: PowerVR GE8322
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 128 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 0,3 MP + 0,3 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Advan G5 Plus

Melihat 6 Perbedaan Advan G5 dan Advan G5 Plus 2
  • Rilis: Juli, 2021
  • Layar: IPS LCD 6,6 inci, HD+
  • Chipset: UNISOC SC9863A
  • GPU: IMG8322
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD, hingga 128 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + AI
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: 3500 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan Advan G5 dan Advan G5 Plus

Cukup banyak perubahan yang diberi Advan buat Advan G5 Plus. Dalam catatan kami ada 6 poin yang membuat HP ini berbeda ketimbang Advan G5. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain dan Dimensi

Melihat 6 Perbedaan Advan G5 dan Advan G5 Plus 4

Kedua HP sama-sama memiliki desain yang stylish. Tidak mencoba berbeda dari HP-HP lain, tetapi hal itu malah bikin terlihat elegan. Untuk Advan G5, dua varian warnanya, White Green dan Blue Purple, menarik penglihatan. Varian White Green memperlihatkan gradasi yang mulus.

Penutup belakang Advan G5 Plus berbeda. Ia tampak polos dengan dua pilihan warna Dark Grey dan Light Green. Masih soal penutup belakang, yang kentara berbeda lagi tentu saja ada pada modul kamera.

Modul kamera belakang Advan G5 berbentuk persegi, berisikan tiga lingkaran lensa besar serta satu lampu flash. Tatanannya mirip iPhone 11 Pro. Warna modul kamera HP ini selaras dengan penutup belakangnya.

Melihat 6 Perbedaan Advan G5 dan Advan G5 Plus 6

Sementara itu, modul kamera belakang Advan G5 Plus bentuknya persegi panjang. Di situ ada dua lensa kamera plus lampu flash memanjang. Modul kamera ini konsisten dengan kelir hitam di semua varian warna penutup belakang.

Perbedaan soal desain selesai karena bagian depan HP ini mirip, sama-sama mengusung layar ala tetesan air. Selanjutnya kita beranjak untuk melihat sisi dimensi. Akhiran Plus ternyata membawa Advan G5 Plus punya ukuran yang lebih besar ketimbang pendahulunya.

Ya, HP lebih panjang dan lebih lebar, dimensinya terukur 165,3 x 75,7 x 9,6 mm dengan bobot 190 gram. Sedangkan Advan G5 yang lebih pendek memiliki ukuran 156,3 x 75,14 x 9,6 mm dan bermassa 168,9 gram.

2. Layar

Melihat 6 Perbedaan Advan G5 dan Advan G5 Plus 8

Jika dilihat dari teknologi, tidak ada yang berbeda dari layar kedua HP. Mereka sama-sama memakai IPS LCD dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Hal yang tak sama adalah ukurannya, Advan G5 Plus lebih lebar dengan bentangan 6,6 inci. Ukuran layar yang lebar ini bisa jadi akan bikin nyaman Anda yang suka menonton film.

Sementara itu, Advan G5 lebih kompak dengan 6,2 inci. Buat Anda yang suka mengirim pesan di media sosial, HP dengan ukuran layar yang lebih ringkas mungkin bakal lebih enak. Adapun dua-duanya memakai kaca lengkung 2,5D, sehingga layar nyaman digenggam karena bentuknya sedikit melengkung ke dalam.

3. Kamera

Melihat 6 Perbedaan Advan G5 dan Advan G5 Plus 10

Advan memutuskan mengurangi jumlah kamera pada Advan G5 Plus. HP ini hanya memiliki dua lensa kamera belakang, yakni lensa utama 13 MP, f/2.2 dan lensa AI. Sedangkan Advan G5 punya lebih banyak dengan tiga lensa. Masing-masing adalah lensa utama 13 MP, f/2.2 dan dua lensa AI yang masing-masing beresolusi 0,3 MP.

Menurut kami, pengurangan jumlah lensa ini sebetulnya tidak akan banyak berpengaruh dengan kualitas jepretan. Banyak produsen HP yang menyematkan lensa AI, makro, atau monokrom yang mungkin fungsinya tidak terlalu dibutuhkan. Berbeda dengan lensa ultrawide yang sudah pasti bakal sering dipakai.

Nah, lensa ultrawide belum ada di deretan kamera belakang kedua HP ini. Adapun lensa kamera depan Advan G5 dan Advan G5 Plus sama-sama memakai resolusi 5 MP.

4. Konfigurasi Memori

Melihat 6 Perbedaan Advan G5 dan Advan G5 Plus 12

Advan G5 sedikit lebih unggul dalam hal konfigurasi memori. Pasalnya, ia dibekali dengan memori internal 32 GB dengan RAM 4 GB. Dengan kapasitas memori internal yang sama, Advan G5 Plus punya RAM lebih kecil: 3 GB. Secara teori, Advan G5 lebih menang saat digunakan untuk aktivitas multitasking.

Aplikasi yang bisa dibuka dalam satu waktu jadi lebih banyak, dan reload tidak akan sering terjadi saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Terlepas dari itu, kedua HP punya slot microSD yang bisa dimanfaatkan untuk ekpansi penyimpanan sampai 128 GB.

5. Baterai dan Port USB

Melihat 6 Perbedaan Advan G5 dan Advan G5 Plus 14

Advan G5 hadir dengan baterai 4000 mAh. Ukuran baterai ini lebih besar 500 mAh daripada yang dikandung Advan G5 Plus (3500 mAh). Secara teori, Advan G5 akan punya daya tahan baterai yang lebih oke. Hal itu karena kapasitas baterai lebih besar dipadu dengan ukuran layar yang lebih kecil.

Kapasitas memang bukan satu-satunya faktor yang berpengaruh terhadap daya tahan baterai. Namun, yang jelas 3500 mAh tentu kurang karena standar baterai HP masa kini sudah menyentuh 4000 mAh ke atas. Adapun kedua ponsel dibekali teknologi pengisian daya yang sama, yaitu 10 W.

Adaptor yang disertakan dalam paket penjualan memiliki ciri 5 Volt 1,5 Ampere. Bedanya, adaptor untuk Advan G5 sudah memakai port USB C yang jadi standar masa kini. Sedangkan Advan G5 Plus masih menggunakan port microUSB.

6. Sistem Operasi dan Harga Perilisan

Melihat 6 Perbedaan Advan G5 dan Advan G5 Plus 16

Hal lain yang menarik dari Advan G5 Plus adalah dirilis dengan sistem operasi Android 11 terbaru. Keputusan ini patut diapresiasi mengingat banyak HP-HP kelas entri dari produsen lain yang masih menggunakan Android 10. Makin menarik, Advan G5 Plus dirilis dengan harga ritel murah meriah, yakni Rp1.050.000.

Sedangkan saat dirilis pada Mei 2020, Advan G5 mengandung sistem operasi Android 10. Pada waktu perilisannya, HP ini dibanderol dengan harga Rp1.399.000, sedikit lebih mahal daripada Advan G5 Plus.

Simpulan

Demikian ulasan mengenai perbedaan antara Advan G5 dan Advan G5 Plus. Poin-poin yang dirangkum di atas menunjukkan bahwa Advan G5 Plus yang muncul belakangan tidak selalu membawa peningkatan. Ada beberapa poin yang unggul, tetapi ada pula yang tidak lebih baik daripada Advan G5.

Yang lebih unggul tentu saja soal ukuran layar yang lebih besar, sistem operasi Android 11, dan harga perilisan yang lebih terjangkau. Sedangkan untuk baterai dan RAM, Advan G5 Plus sedikit kurang. Meski begitu, dengan harga yang hanya Rp1 juta lebih sedikit, bukankah HP ini tetap menarik? Bagaimana menurut Anda?

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram