carisinyal web banner retina

Yuk, Telisik Apa Saja Perbedaan Advan G5 dan G5 Elite!

Di penghujung 2020 Advan, sebuah perusahaan elektronik keluaran Tanah Air yang juga sering memproduksi ponsel pintar, kembali mengumumkan anggota terbarunya yaitu Advan G5 Elite. Padahal pada Mei 2020 vendor ponsel pintar kebanggaan Indonesia ini telah merilis Advan G5.

Bila dilihat dari kedua ponsel Advan ini tampak memiliki bodi depan yang sama dengan kamera depan berada di tengah atas layar. Kemiripan juga kembali terasa pada sistem operasi antara Advan G5 dan G5 Elite yang menggandeng Android 10. Pun dengan jenis layar dari kedua ponsel ini sangat kompak yaitu layar sentuh kapasitif IPS LCD, meski ukurannya berbeda. Advan G5 lebih besar 0,1 inci dibandingkan dengan Advan G5 Elite.

Lalu, adakah perbedaan lain dari kedua ponsel garapan Advan ini? Kali ini Carisinyal akan mengajak kamu untuk menelisik apa saja perbedaan antara Advan G5 dan G5 Elite. Yuk, langsung saja disimak pembahasannya sampai tuntas!

Spesifikasi Advan G5

Advan G5

  • Rilis: Mei, 2020
  • Layar: Layar sentuh kapasitif IPS LCD, 6,2 inci
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28 nm)
  • GPU: IMG8322
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD, hingga 32 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 0,3 MP + 0,3 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi Advan G5 Elite

Yuk, Telisik Apa Saja Perbedaan Advan G5 dan G5 Elite! 2

  • Rilis: Desember, 2020
  • Layar: Layar sentuh kapasitif IPS LCD, 6,1 inci
  • Chipset: Unisoc SC9832E (28 nm)
  • GPU: Mali-T820 MP1
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 5 MP
  • Kamera Depan: 2 MP
  • Baterai: Li-Po 3000 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan Advan G5 dan Advan G5 Elite

Ada beberapa perbedaan yang perlu diketahui antara Advan G5 dan Advan G5 Elite. Beberapa perbedaan itu dilihat dari bentuk dan spesifikasinya. Berikut beberapa perbedaannya.

1. Bodi dan Layar Hampir Sepadan

advan g5 elite layar

Seperti yang dikatakan di atas kalau bodi depan dari kedua ponsel ini bak anak kembar. Akan tetapi, bagaimanapun Advan G5 dan Advan G5 Elite memiliki perbedaan pada dimensi bodinya. Advan G5 membawa dimensi 156.3 x 75.14 x 9.6 mm, sementara Advan G5 Elite dengan dimensinya yaitu 154,5 x 73 x 9,7 mm. Hal ini, membuat Advan G5 mendapatkan gelar bodi dengan dimensi yang lebih besar daripada Advan G5 Elite.

Beralih pada diferensiasi dari layar kedua ponsel ini yang ternyata sangat tipis yaitu hanya terpaut 0,1 inci saja. Dalam hal ini Advan G5 Elite meski bertekuk lutut akan ukuran layar dari Advan G5 yaitu 6,2 inci. Sedangkan Advan G5 Elite mentok di ukuran 6,1 inci saja, yang membuatnya lebih sempit dibanding Advan G5. Sementara untuk tipe layar mereka terlihat bergandengan tangan dengan tipe Layar sentuh kapasitif IPS LCD.

Penggunaan IPS LCD pada ponsel pintar khususnya Advan G5 maupun Advan G5 Elite mampu memberikan warna yang lebih natural sesuai dengan aslinya. Pun, warna atau gambar bisa terlihat dengan jelas meski berada di bawah sinar matahari secara langsung sekalipun.

2. Resolusi Kamera Jomplang

advan g5 elite dual camera

Sebenarnya dalam bentuk dan tata letak pada kamera depan maupun belakang antara Advan G5 dengan Advan G5 Elite tidak jauh berbeda. Kamera selfie yang mematung di tengah atas layar, sementara kamera utama yang bersemayam di kiri atas belakang ponsel. Model atau dari tata letak kameranya sangat kekinian, bak ponsel pintar ternama lainnya.

Namun, yang membedakan adalah resolusi dari kedua ponsel ini yang dapat dikatakan sangat jomplang. Pada kamera belakang Advan G5, memiliki tiga bulatan lensa dengan ukuran 13 MP + VGA + VGA disertai dengan fitur lampu Flash. Sedangkan, pada Advan G5 Elite kamera belakangnya terhenti di resolusi 5 MP yang ditemani dengan fitur lampu Flash saja.

Untuk kamera depan dari Advan G5 Elite jatuh di resolusi 2 MP, sementara Advan G5 cukup tinggi dengan besaran resolusinya yaitu 5 MP. Meskipun beda tipis akan tetapi dalam urusan kamera depan ataupun kamera belakang, Advan G5 lebih ulung disandingkan Advan G5 Elite. Sehingga hasil dari jepretan kamera selfie ataupun kamera utama Advan G5 akan lebih bagus dan tajam.

3. Pertarungan Prosesor

Octa Core

Berbicara mengenai sistem operasi dari Advan G5 dan Advan G5 Elite terlihat harmonis dengan Android 10. Akan, tetapi kedua ponsel ini memiliki perbedaan yang mencolok pada Chipset, CPU, hingga GPU. Pada unit pemrosesan grafis (GPU), kedua ponsel ini memiliki tipe yang beda, Advan G5 dengan IMG8322 dan Advan G5 Elite dengan Mali-T820 MP1.

Untuk Advan G5, mengajak Unisoc SC9863A (28 nm) sebagai jenis Chipset-nya dan pada Advan G5 Elite memasang Unisoc SC9832E (28 nm). Berdasarkan Gadget Versus, Unisoc SC9832E lebih dulu hadir di pasaran yaitu pada kuartal 2 2018 dan diikuti oleh SC9863A di kuartal 4 2018.

Disebutkan juga bahwa SC9863A memiliki teknologi yang telah diperbarui atau upgrade, disandingkan dengan SC9832E. Salah satunya dari segi performa yang lebih unggul, hal ini membuat Advan G5 dapat beroperasi lebih kencang.

Begitupun dengan CPU dari kedua ponsel ini yang ternyata adanya perbedaan, Advan G5 dioperasikan dengan jenis Octa-core dan Advan G5 Elite dengan Quad-core. Meski berbeda CPU, Advan G5 dan Advan G5 Elite cocok untuk aktivitas multi-tasking dan bermain aplikasi gim.

Akan tetapi, Quad-Core memakan daya yang cukup besar dan tidak lebih cepat dibanding dengan Octa-Core. Dengan demikian, Advan G5 akan memiliki kinerja yang jauh lebih lancar.

4. Kapasitas Baterai Tidak Kompak

Baterai Advan G5

Masuk pada sesi kapasitas baterai kedua ponsel ini juga tidak kompak, maksudnya memiliki ukuran yang berbeda. Kendati, Advan G5 dan Advan G5 Elite memiliki tipe baterai Li-Po dan tidak dapat dilepas, nyatanya untuk besaran daya berbeda. Pada Advan G5 kapasitas baterai yang tertanam yaitu sebesar 4.000 mAh jauh lebih besar, sementara Advan G5 Elite yang tidak lain ponsel yang baru saja rilis hanya bermuatan 3.000 mAh.

Dilansir dari Digit.in, ponsel pintar yang memiliki daya baterai 3.000 mAh dapat bertahan lama jika hanya digunakan untuk aktivitas atau tugas-tugas dasar saja. Sedangkan, ponsel pintar dengan baterai 4.000 mAh mampu bertahan lebih lama bahkan lebih dari satu hari. Sehingga, dapat dipastikan kalau Advan G5 pantas mendapatkan penghargaan dalam besaran kapasitas daya baterai daripada Advan G5s.

5. Memori dan Konektivitas

Color Advan G5 Elite

Adapun diferensiasi minor antara Advan G5 dengan Advan G5A yang terletak pada segi memori, konektivitas, warna, hingga harga. Di segi memori terlihat kalau Advan G5 lebih besar dengan penyimpan internal yaitu 32 GB dengan RAM 4 GB dan penyimpan eksternal microSD yang mampu ditambah hingga 32 GB.

Berbanding dengan Advan G5 Elite yang harus puas akan ruang penyimpanan internal yang dimilikinya yaitu berukuran 16 GB beserta RAM 3GB dan penyimpan eksternal micro SDXC dengan slot khususnya.

Berpindah ke segi konektivitas, Advan G5 dan Advan G5 Elite mempunyai versi Bluetooth yang sama yaitu 4.2. Pada versi Bluetooth ini  keamanan lebih tinggi dan kecepatan unduh meningkat 2,6 kali daripada versi sebelumnya.

Lalu, apa yang membedakan pada kedua ponsel ini? Rupanya Advan G5 Elite dilengkapi dengan Bluetooth A2DP yang memungkinkan ponsel pintar ini untuk terhubung secara nirkabel ke nirkabel ke headset stereo Bluetooth dan begitupun mengirimkan beragam file.

Untuk USB (microUSB 2.0, USB On-The-Go) tidak ada celah dalam mengulik perbedaan dari kedua ponsel ini, akan tetapi untuk sistem navigasi berbasis satelit Advan G5 Elite berkolaborasi dengan GPS dan A-GPS. Sementara, untuk Advan G5 hanya bernaung pada A-GPS. Ini memungkinkan sistem navigasi Advan G5 Elite lebih akurat karena ditopang oleh dua teknologi.

Bagi kamu yang ingin membungkus Advan G5, ponsel pintar ini menawarkan dua pilihan warna yaitu White Green dan Blue Purple. Sedangkan, bila pilihanmu jatuh pada Advan G5 Elite kamu bisa memilih Black, Blue, dan Green, yang tentunya lebih banyak opsi. Beranjak ke segi harga, Advan G5 Elite ternyata lebih murah yang dibandrol Rp. 960.000. Sementara itu, Advan G5 sedikit lebih mahal yang berada di harga Rp. 1.095.000.

Simpulan

Yuk, kita ambil benang merah dari pembahasan kedua ponsel pintar garapan Advan ini! Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Namun, jika diadukan maka Advan G5 mengungguli dari segi prosesor yang lebih kencang, bodi dan layar yang lebar, baterai dengan daya yang besar, dan penyimpan internal yang juga luas.

Tidak lupa di segi kamera,Advan G5 lebih oke dengan ukuran resolusi yang lebih besar. Dengan demikian, akan menghasilkan foto maupun video lebih bagus dan tajam.

Sedangkan, untuk Advan G5 Elite ulung di segi teknologi Bluetooth yang mampu lebih cepat melakukan transfer data, sistem navigasi ganda (GPS dan A-GPS), pilihan warna yang lebih beragam, dan tentunya harga yang lebih terjangkau atau hanya terpaut kurang dari Rp100 ribuan dari Advan G5.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan Advan G5 dengan Advan G5 Elite. Terima kasih telah menelisik bersama perbedaan dari kedua ponsel ini. Dari kedua ponsel Advan ini, kamu mau pilih yang mana? Coba komen di kolom komentar! Bagi kamu yang penasaran dengan berita dan perkembangan ponsel pintar berikutnya, jangan lupa untuk terus pantau situs Carisinyal, yah!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram