Inilah 7 Perbedaan Advan G9 dan Advan GX, Apa Saja?

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Merupakan harga rilis, niscaya kedua harga tersebut akan terus menurun seiring berkembangnya waktu. Baik Advan GX maupun G9 adalah kedua ponsel entry level yang cukup bersaing, terlebih mengingat nyaris tidak ada HP 1,4 jutaan yang sudah tawarkan RAM 4 GB seperti Advan G9.

6. Dimensi Bodi

advan g9 pro usb tipe c

Aspek lainnya yang bisa diperhitungkan dari produk smartphone adalah dimensi bodi dan bobot. Dengan menyuguhkan bobot yang ringan, pengalaman penggunaan bisa terasa lebih nyaman. Selain itu, bodi dengan tingkat ketebalan lebih rendah akan membuatnya mudah terasa pas di kantong ataupun di tangan.

Biasanya, gadget yang lebih powerful memiliki bobot yang lebih berat. Namun kali ini, Advan G9 dan Advan GX sama-sama memiliki bobot seberat 190 gram. Bobot yang sama ini bisa jadi dikarenakan kapasitas baterai yang sama, yakni Li-Po 5200 mAh.

Di sisi lain, karena ukuran layar Advan GX lebih besar, ia pun otomatis memiliki bodi yang lebih memanjang dan melebar, memiliki dimensi 173,3 x 78,3 mm. Ukuran bodi Advan G9 yang lebih kecil membuatnya memiliki dimensi bodi 165 x 76,3 mm saja.

Bagaimana dengan tingkat ketebalannya? Well, ini dia yang menarik. Tidak disangka-sangka, bodi Advan GX terasa lebih tipis di genggaman, hanya 8,9 mm saja! Padahal, bodi Advan G9 lebih bongsor di angka 9,5 mm.

Yap, rupanya selain melesat dari segi performa chipset, Advan juga semakin berkembang dalam menghadirkan desain bodi yang ergonomis.

7. USB Type C vs microUSB

Kedua perangkat ini sama-sama memiliki baterai berkapasitas 5200 mAh. Namun, keduanya memiliki port pengisian daya yang berbeda. Sementara Advan GX dihadirkan dengan USB Type-C, Advan G9 masih menggunakan jenis port pengisian jadul microUSB.

USB Type-C selalu menjadi opsi yang lebih diinginkan, karena memiliki tingkat kecepatan transfer data yang lebih baik. Selain itu, form factor USB Type-C tidak berbentuk trapesium seperti microUSB, sehingga Anda tidak akan kesulitan mengatur posisi colokan kabel saat hendak menyambungkannya ke port.

Simpulan

Terlihat jelas siapa pemenangnya, Advan GX tidak hanya lebih unggul dari segala hal dibandingkan Advan G9, namun juga punya kekuatan yang layak membuatnya tersanding dengan ponsel-ponsel Tiongkok entry-level seperti realme, Xiaomi Redmi, dan juga Infinix.

Hingga artikel ini dibuat, Advan memang belum mengeluarkan ponsel yang menggunakan chipset MediaTek ataupun Qualcomm. Namun demikian, penggunaan Unisoc Tiger T618 pada Advan GX merupakan pertanda kalau Advan siap melangkah ke level-level berikutnya.

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram