carisinyal web banner retina

Kenali 6 Perbedaan Advan Nasa, Nasa Plus, dan Nasa Pro

Ditulis oleh Aris Wibowo

Pasar smartphone tanah air masih menjanjikan banyak peluang bagi para produsen gadget. Tak terkecuali Advan. Produsen lokal ini kembali menghadirkan smartphone terbarunya di 2022 yang diklaim siap membawa perubahan pada kelas ponsel entry-level.  Ponsel tersebut adalah Advan Nasa Pro.

Advan Nasa Pro hadir untuk memuaskan para konsumen anak muda Indonesia yang gemar bermain media sosial dan membuat konten. Menariknya, Advan berani menambahkan nama Pro di produknya. Pasalnya, beberapa produk yang menggunakan embel-embel nama Pro biasanya memiliki spesifikasi yang lebih unggul daripada versi tanpa nama Pro. 

Sebelum menghadirkan Advan Nasa Pro, Advan pernah hadirkan seri Nasa. Yang pertama adalah Advan Nasa pada 2019. Kemudian ada Advan Nasa Plus pada 2020. Kedua produk tersebut masih bisa dicari di toko online. Lantas, apa sajakah perbedaan ketiganya?

Spesifikasi Advan Nasa

Advan NASA
Layar IPS LCD 5.2 inci
Chipset UNISOC SC9832E
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera 5 MP (wide)
Baterai Li-Ion 2450 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Advan Nasa Plus

Advan NASA Plus
Layar IPS LCD 5.2 inci
Chipset UNISOC SC9832E
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera 5 MP (wide) 0.3 MP ()
Baterai Li-Ion 2450 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Advan Nasa Pro

Advan NASA Pro
Layar IPS LCD 6.1 inci
Chipset UNISOC SC9832E
RAM 2 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Spesifikasi Advan Nasa, Nasa Plus, dan Nasa Pro

Ada gap dua tahun dari kehadiran Advan Nasa Plus ke Nasa Pro. Apakah gap ini cukup membuat seri Pro terlihat berbeda dengan seri sebelumnya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Layar

Advan Nasa

Bagian layar memang menjadi bagian terpenting dalam sebuah smartphone. Pasalnya, layar menjadi bagian untuk mengoperasikan smartphone. Maka dari itu, banyak produsen smartphone berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan layar berteknologi terbaik.

Beberapa produsen juga mulai menghadirkan ukuran layar yang lebar agar smartphone kian nyaman digunakan untuk sekadar browsing internet atau bermain game.

Advan Nasa, Advan Nasa Plus, dan Advan Nasa Pro juga dibekali teknologi layar yang cukup baik di kelas entry level. Meski tidak bisa berharap banyak, Advan sudah menghadirkan teknologi layar baru yang diklaim membuat layar mampu menampilkan gambar maupun video dengan baik meski layar terpapar sinar matahari.

Untuk ukuran layar, Advan Nasa hanya menggunakan layar berukuran 5,2 inci dengan resolusi qHD 960 x 540 piksel. Advan Nasa Plus pnya resolusi layar yang sama. Bedanya, dimensi layarnya sedikit lebih lebar yakni 5,4 inci.

Namun, Advan mengklaim layar HP ini dibekali teknologi color gamut yang lebih komplit. Teknologi ini mampu menghadirkan warna lebih tajam dan akurat dibandingkan ponsel lokal lainnya.

Sementara itu, Advan Nasa Pro hadir dengan layar lebih lebar dan resolusi yang lebih baik. Advan memakai layar IPS berukuran 6,08 inci dan resolusi HD+. Sama seperti Advan Nasa dan Nasa Plus, seri Pro ini mampu menampilkan warna yang tajam dan akurat. Dukungan resolusi layar yang lebih tinggi juga membuat detail di layar lebih jelas dan jernih.

2. Baterai

Advan Nasa Plus

Untuk kamu yang mengandalkan HP dalam berbagai kegiatan sehari-hari, mungkin kamu akan sedikit kecewa dengan kapasitas baterai ketiga HP terbaru Advan ini. Hal ini disebabkan karena ketiganya hadirkan kapasitas baterai yang keicl untuk era sekarang.

Advan Nasa dan Advan Nasa Plus sama-sama hanya dibekali kapasitas baterai 2450 mAh. Sementara Nasa Pro memakai baterai 3000 mAh saja. Kapasitas baterainya dirasa kecil dibandingkan ponsel entry-level lain yang sudah menggunakan baterai 4000 mAh sampai 5000 mAh.

Walaupun baterai yang dihadirkan kecil, Advan menjamin ponsel Android miliknya ini tetap irit kala digunakan mengakses media sosial saja mengingat tidak banyak fitur yang ada di HP ini. Klaim tersebut tentu belum tentu benar mengingat prosesor dan layar adalah dua faktor dominan penguras daya baterai.

3. Resolusi Kamera

advan nasa pro baterai minim_

Pengguna HP di Indonesia memang gemar mengabadikan foto dan video melalui HP. Hal ini ditanggapi oleh Advan dengan menghadirkan sektor kamera yang mumpuni.

Dibagian kamera belakang, Advan Nasa mengandalkan kamera tunggal 5 MP. Sedangkan untuk kamera depan hanya 2 MP. Advan Nasa Plus memakai konfigurasi kamera yang serupa. Hanya saja, kamera belakang Advan Nasa Plus hadir dengan tambahan kamera 0,2 MP alias di belakang ada dua kamera.

Berbeda dengan Advan Nasa Pro. Ponsel Android murah ini menggunakan dual kamera yang lebih baik yakni 13 MP Autofocus dan 5 MP. Sedangkan kamera depan mengandalkan kamera 5 MP. 

Kamera HP Advan ini memang tidak bisa sedetail HP Android murah lainnya. Namun, untuk kegiatan standar seperti video call atau sekadar menyimpan foto untuk kenangan, kedua HP ini sudah mampu. Apalagi, Advan Nasa Pro sudah menggunakan kamera yang lebih baik. Kamera Advan Nasa Pro diklaim sudah cukup baik untuk dipakai membuat konten di sosial media. 

Menariknya, ketiga HP sudah dibekali sistem keamanan berupa Face iD. Sesuatu yang cukup bisa diapresiasi untuk sebuah ponsel murah.

4. Sistem Operasi dan Jeroan

advan nasa pro layar_

Perbedaan Advan Nasa, Nasa Plus, dan Advan Nasa Pro selanjutnya ada pada bagian mesin. Sebagai HP 4G murah, kedua produk Advan ini memang dibekali sektor mesin yang tidak mewah.

Perbedaan paling terlihat tentu pada sektor sistem operasi, Advan memberikan seri Nasa sistem operasi Android 9. Nasa Plus hadir dengan Android 10. Sementara itu, Nasa Pro dibekali sistem operasi yang lebih update yakni Android 11. Dengan sistem yang lebih baru, Advan berharap Nasa Pro dapat digunakan membuat konten media sosial lebih baik.

Menariknya, Advan Nasa, Advan Nasa Plus, dan Advan Nasa Pro dibekali dapur pacu yang sama yakni berupa chipset SC9832E. Chipset ini terdiri dari prosesor quad-core yang disokong GPU A53 mali 820. Prosesor ini terdiri empat inti dengan kecepatan 1,4 Ghz.

Performanya memang terbilang biasa saja. Apalagi, mesin HP 4G murah ini hanya disokong RAM 2 GB. Yah, RAM 2 GB untuk 2022 memang bakal melelahkan pengguna.

Perbedaan lainnya terletak pada memori penyimpanan, Advan Nasa dan Nasa Plus hanya dibekali memori internal 16 GB. Sedangkan Advan Nasa pro sudah dibekali 32 GB sebagai memori internalnya. Bila itu belum cukup, kamu masih bisa menambahkan kartu micro SD pada kedua HP Advan ini.

5. Desain

advan nasa pro desain bodi_

Menengok bagian desain, Advan Nasa, Nasa Plus, dan Nasa Pro memiliki konsep desain yang berbeda. Advan Nasa dan Nasa Plus mengusung desain yang lebih elegan namun masih tampak layaknya ponsel entry-level pada umumnya. Advan juga belum menggunakan layar poni pada seri ini.

Berbeda dengan varian Nasa Pro. Smartphone ini hadir dengan desain yang lebih modern. Advan bahkan menghadirkan desain bodi teknologi 2.5D, mirip seri Nasa. Bedanya, bodi ponsel ini lebih tipis dengan tebal hanya 10,2 mm dan memiliki dual kamera belakang.

6. Harga

Advan Nasa Plus

Advan Nasa dipasarkan pada 2019 dengan harga Rp749.000. Sementara Advan Nasa Plus datang dengan harga Rp899.000. Menariknya, Advan menambahkanaplikasi belajar online di Advan Nasa Plus sehingga HP dapat digunakan untuk belajar online.

Untuk Advan Nasa Pro dipasarkan dengan harga Rp1.299.000,00 untuk RAM 2 GB dan memori internal 32 GB. Namun, banyak toko online yang menjual Advan Nasa Pro di harga Rp999.000

Simpulan

Untuk kamu yang mencari ponsel Android 4G murah hanya untuk browsing, belajar online atau bermain media sosial, ketiga seri Nasa tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat. Advan Nasa dan Advan Nasa Plus dapat dipilih jika dana sangat terbartas.

Namun, sebaiknya memilih Advan Nasa Pro. Pertama karena Nasa Pro seri lebih baru karena keluar di 2022. Kedua, Nasa Pro cocok untuk kamu yang tengah mencoba membuat konten – konten menarik, namun hanya memiliki budget terbatas, Advan Nasa Pro bisa dipilih. Ponsel ini memiliki dual kamera yang cukup baik.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram