carisinyal web banner retina

Ini Dia 4 Perbedaan Advan Tab Sketsa dan Advan Tab Sketsa 2

Sebagai salah satu brand lokal ternama di Indonesia, Advan tidak pernah berhenti mengeluarkan produk-produk terbaru demi meningkatkan sisi produktivitas masyarakat Tanah Air. Produk mereka pun kini semakin dilirik, mengingat harganya yang sungguh terjangkau namun tetap menawarkan spesifikasi yang unggul di harganya.

Tidak terlepas pada kedua tablet yang akan Carisinyal bahas di artikel ini, yakni Advan Tab Sketsa dan Advan Tab Sketsa 2 yang sama-sama berada di rentang harga 2 jutaan. Kedua tablet ini sekaligus menjadi sebuah alternatif ringan bagi Anda yang merasa Advan Tab VX (seharga 3 jutaan) kemahalan.

Meski murah, kedua tablet ini sama-sama unggulkan layar yang besar, dukungan terhadap stylus, serta kemampuan baterai yang mumpuni. Untuk lebih jelasnya, yuk simak lebih jauh beberapa poin perbedaan Advan Tab Sketsa dan Advan Tab Sketsa 2 berikut ini!

Spesifikasi Advan Tab Sketsa

Advan Tab Sketsa 1
Layar IPS LCD 10.1 inci
Chipset Unisoc SC9863A
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.100.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Advan Tab Sketsa 2

advan tab sketsa 2
Layar IPS LCD 10.1 inci
Chipset UNISOC Tiger T310
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 8 MP ()
Baterai Li-Ion 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.799.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan Advan Sketsa dan Advan Sketsa 2

Meski sama-sama seharga 2 jutaan, namun Advan memberikan cukup banyak peningkatan pada Advan Tab Sketsa 2 dibandingkan predesornya. Apa sajakah itu? Ketahui pada poin-poin perbedaan di bawah ini.

1. Unisoc SC9863A vs. UNISOC Tiger T310

unisoc tiger t310

Advan kini memberikan sebuah peningkatan pada sisi chipset dibandingkan pendahulunya. Pasalnya, Advan Tab Sketsa yang pertama hanya hadirkan penggunaan Unisoc SC9863A yang lebih sering dijumpai pada HP entry-level 1 jutaan, sementara Advan Tab Sketsa 2 sudah lebih unggul dengan Unisoc Tiger T310 yang hadirkan spesifikasi lebih tinggi.

Kendati kedua chipset dirilis dengan waktu yang tidak terpaut jauh, Unisoc Tiger T310 mampu memberikan performa komputasi dan pengolahan grafis yang lebih baik lagi. Untuk diketahui, kedua chipset ini masih sama-sama andalkan konfigurasi quad core (empat inti) namun dengan jenis unit yang berbeda-beda.

Unisoc SC9863A yang membekali Advan Tab Sketsa dengan klaster inti yang simetris. Di dalamnya, terdapat empat unit ARM Cortex A55 berkekuatan 1.6 GHz dan empat unit hemat daya ARM Cortex A55 dengan frekuensi 1.2 GHz. Chipset yang gunakan set instruksi ARMv8.2-A ini juga dibangun atas fabrikasi 28 nanometer dengan TDP (Thermal Design Power) sebesar 3 W.

Adapun kartu pengolah grafis yang dibawakannya merupakan PowerVR GE8322. GPU ini memiliki 4 unit eksekusi dan 128 shading unit. Sebagai informasi, Anda juga dapat menemukan chipset ini pada beberapa jenis smartphone kelas harga murah seperti Infinix Smart 6, realme Narzo 50i, Nokia C30, dan masih banyak lagi.

Kini berlanjut ke Unisoc Tiger T310 yang disematkan dalam jeroan Advan Tab Sketsa 2. Chipset yang dibuat atas fabrikasi 12 nanometer tersebut menghadirkan konfigurasi prosesor yang terdiri atas satu inti berperforma ARM Cortex A75 (2.0 GHz) dengan tiga inti hemat daya ARM Cortex A55 (1.8 GHz).

Adapun, chipset yang mendukung konektivitas LTE tersebut dibekali pula dengan GPU PowerVR GT7200 untuk menjawab kebutuhan rendering dari aplikasi maupun game yang dimainkan.

Sejauh ini, belum ada (atau hanya sedikit saja) ponsel mainstream yang menggunakan SoC ini. Beberapa ponsel yang menggunakannya adalah Gionee G13 Pro yang desainnya mirip iPhone 13, serta beberapa ponsel lain dari brand UMiDIGI, Oukitel, dan juga AGM.

Jika melihat dari konfigurasi prosesor dari kedua chipset Unisoc tadi, sudah jelas Advan Tab Sketsa 2 lebih unggul. Unisoc Tiger T310 punya clock speed lebih kencang dibanding SoC Unisoc SC9863A pada Advan Tab Sketsa (2 GHz vs. 1.6 GHz).

Juga, besaran transistornya pun hanya 12 nanometer yang lebih kecil dari Unisoc SC9863A dengan fabrikasi 28 nanometer. Secara teori, seharusnya sih Advan Tab Sketsa 2 lebih hemat daya dibandingkan generasi pendahulunya.

2. Varian Memori Internal

varian ram advan tab sketsa 2

Untuk urusan penyimpanan file dan aplikasi, Advan Tab Sketsa satu membekali dirinya dengan memori internal berkapasitas 32 GB yang disandingkan dengan RAM 4 GB. Ya, bukan kapasitas penyimpanan yang ideal, bukan? Ditambah lagi, kini sudah begitu banyak jumlah aplikasi yang beragam.

Oleh karena itu, Advan yang mengerti akan kebutuhan masyarakat pun memberikan peningkatan dua kali lipat pada Advan Tab Sketsa 2 selaku generasi penerus, kini dengan memori internal 64 GB. Namun, RAM-nya tidak berubah karena masih menggunakan kapasitas 4 GB seperti pendahulunya.

Apabila kapasitas penyimpanan internal tersebut masih kurang cukup, kedua tablet juga menyediakan slot memori eksternal untuk menampung microSD hingga kapasitas 128 GB.

3. microUSB vs. USB Type-C

perbedaaan port pada advan tab sketsa 1 dan 2

Sebagai produk keluaran lama, Advan Tab Sketsa memang masih dibekali dengan jenis port pengisian yang cenderung lawas yakni microUSB 2.0. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, microUSB dinilai kurang nyaman dari segi penggunaan, karena seringkali membuat pengguna gagal dalam mencolokkan kabel ke lubang gara-gara bentuknya yang tidak simetris.

Untuk menyiasati hal tersebut, Advan pun kini membekali Tab Sketsa 2 dengan port yang lebih canggih yaitu USB Type-C. Port jenis ini mendukung antarmuka blind mating karena bentuknya yang simetris, sehingga bisa disambungkan ke lubang dengan posisi manapun.

Adapun kedua tablet ini juga dibekali dengan fitur USB OTG (On-the-Go) yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer data dari penyimpanan eksternal seperti hardisk, SSD eksternal, ataupun flashdisk.

4. Harga Rilis

advan tab sketsa 2

Advan Tab Sketsa dan Advan Tab Sketsa 2 merupakan produk tablet yang ditargetkan untuk pasar entry-level. Itulah kenapa keduanya punya harga yang begitu terjangkau sehingga cocok digunakan untuk anak-anak maupun kalangan lainnya.

Sama-sama berada di segmen harga 2 jutaan, sejatinya kedua tablet ini punya banderol harga rilis yang tidak sama persis. Advan Tab Sketsa generasi pertama dilepas ke pasaran seharga Rp2.100.000,-, menghadirkan RAM 4 GB dengan memori internal 32 GB.

Sementara itu, Advan Tab Sketsa 2 yang memang spesifikasinya lebih canggih ini bisa dibeli seharga Rp2.799.000,-. Kendati punya selisih yang cukup jauh hingga beberapa ratus ribu, Advan Tab Sketsa 2 tampaknya lebih worth it dimiliki berkat pemilihan chipset yang lebih gahar, kapasitas memori lebih lega (RAM 4 GB + 64 GB), dan desain bodinya yang terlihat premium.

Persamaan Advan Tab Sketsa dan Advan Tab Sketsa 2

Mengingat keduanya memiliki perbedaan yang terlampau sedikit, Carisinyal pun memutuskan untuk beberkan pula berbagai persamaan keduanya yakni sebagai berikut.

1. Jenis Panel, Ukuran, dan Resolusi Layar

layar advan tab sketsa

Entah mengapa, Advan memutuskan untuk tidak memberikan peningkatan sama sekali dari sisi layar. Baik Advan Tab Sketsa maupun Advan Tab Sketsa 2 sama-sama dibekali dengan ukuran 10.1 inci pada resolusi HD alias 1280 x 800 piksel. Layar keduanya ini punya aspek rasio 4:3 yang menampilkan work area begitu luas dalam sekali tampilan layar.

Adapun jenis panel yang digunakan sama-sama IPS LCD dengan fitur refresh rate standar setinggi 60 Hz. Kedua layarnya pun dihadirkan dengan tingkat kerapatan piksel yang berbeda, Advan Tab Sketsa dengan kerapatan 149 ppi dan suksesornya dengan angka 150 ppi. Meski beda, hal ini sama sekali tidak akan mempengaruhi kualitas ketajaman layar di dunia nyata.

2. Kapasitas Baterai

baterai advan tab sketsa

Sebelumnya telah dikatakan bahwa kedua tablet memiliki port pengisian daya yang berbeda. Kendati begitu, Anda bisa mengekspektasikan durasi penggunaan yang kurang lebih sama. Pasalnya, kedua tablet Advan ini sama-sama mengusung kapasitas baterai 6.000 mAh yang begitu besar untuk menunjang kebutuhan harian dengan waktu yang begitu panjang.

Walau kapasitasnya sama, perbedaan durasi pemakaian lebih tergantung kepada pemakaian dan tingkat efisiensi chipset yang digunakan. Mengingat SoC pada Advan Tab Sketsa 2 punya ukuran transistor yang lebih kecil, kemungkinan ia akan mampu bertahan lebih lama dibandingkan predesornya.

Simpulan

Itu tadi merupakan perbedaan dan persamaan yang dimiliki Advan Tab Sketsa dan Advan Tab Sketsa 2, tablet entry-level seharga 2 jutaan yang sudah mendukung konektivitas LTE/4G beserta dukungan WiFi Dual Band (2,4 GHz dan 5 GHz).

Keduanya pun sama-sama mendukung penggunaan stylus untuk kemudahan menulis yang nyaman. Dengan tablet murah, Anda kini tidak perlu bingung di saat terpentok budget namun tetap harus memiliki tablet touchscreen yang nyaman digunakan menggambar, mencatat, ataupun menambahkan anotasi pada tangkapan layar.

Jadi, sudah tentukan mau memilih yang mana? Advan Tab Sketsa generasi pertama yang lebih murah, atau Advan Tab Sketsa 2 dengan memori internal dan kemampuan chipset yang lebih baik? Jangan lupa kunjungi juga artikel tablet Advan terbaru jika ingin mempertimbangkan pilihan lain sebelum membeli.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram