6 Perbedaan Apple iPad Pro 11 (2021) dan iPad Pro 11 (2020)

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Tidak hanya memori internal yang lebih besar, iPad Pro 11 (2021) pun sudah tak lagi hadirkan RAM 6 GB sebagai varian dasar melainkan 8 GB. RAM berkapasitas 8 GB ini disandingkan dengan memori internal 128 GB hingga 512 GB. Sedangkan untuk memori internal 1 TB dan 2 TB, RAM-nya meningkat lagi menjadi 16 GB.

Dengan memori internal 2 TB, kini Anda benar-benar bisa memanfaatkan tablet sebagai sarana penyimpanan file hasil render video, atau sekadar menyimpan ribuan film HD sebagai sumber hiburan yang lengkap.

3. Kamera Depan

Keduanya rupanya memiliki kamera belakang yang sama, dari jumlahnya hingga ke resolusinya. Namun pada iPad Pro 11 (2021), Apple menambahkan fitur Smart HDR 3 dan juga rentang dinamis yang lebih tinggi pada perekaman video hingga frame rate 30 FPS. Jadi, Anda akan mendapatkan pengalaman lebih baik pada versi keluaran 2021 saat merekam.

Meski kamera belakangnya sama saja, rupanya kedua tablet tersebut memiliki konfigurasi kamera depan yang berbeda. Resolusi 7 MP yang dimiliki iPad Pro 11 (2020) kini meningkat pada versi 2021 menjadi 12 MP.

Untuk diketahui, lensa 12 MP tersebut merupakan sensor ultrawide yang bisa menangkap gambar dengan lebih luas, tepatnya menggunakan sudut keluasan sebesar 125 derajat.

Alhasil, pengguna pun tidak perlu lagi harus berdempetan dengan subjek foto lain supaya semua orang bisa muat dalam satu frame. Kegiatan ber-selfie ria pun jadi semakin mengasyikkan.

4. Port USB

Jangan ditanya lagi, tentu saja kedua versi iPad Pro 11 sudah tidak lagi menghadirkan port pengisian microUSB melainkan sudah gunakan USB Tipe C. Tapi, jenis port pada versi 2021 memiliki kualitas yang berbeda.

iPad Pro (2020) menggunakan USB Tipe C 3.1, merupakan salah satu versi yang paling baik di industri tablet. Berbeda dengan iPad Pro (2021) yang benar-benar selangkah lebih maju dari tablet atau smartphone manapun, karena menawarkan USB Tipe C pada antarmuka Thunderbolt 4.

Ini artinya, port ini bisa digunakan sebagai DisplayPort untuk menayangkan tampilan tablet pada monitor eksternal. Dibandingkan dengan USB Type C biasa, Thunderbolt 4 punya kecepatan transfer yang jauh lebih tinggi juga yakni 40 Gbps.

Kecepatan ini sungguh meningkat secara drastis dibandingkan USB Type C 3.1 biasa. Namun, walau Anda bisa menggunakan monitor eksternal pada resolusi 6K, yang bisa Anda lakukan hanyalah mirroring ketimbang extended.

Jadinya, tidak akan membantu Anda dalam kegiatan multitugas, tapi tetap akan berguna jika niat Anda adalah untuk melakukan presentasi pada klien menggunakan layar yang lebih besar.

5. 4G vs. 5G

Ini tentu sebuah perbedaan lainnya yang penting diperhatikan. Seperti yang kita tahu, perusahaan tablet seringkali merilis produk pada dua varian yakni versi WiFi saja, dan juga varian yang mendukung jaringan mobile.

iPad Pro 11 yang keluaran 2020 selain hadirkan varian WiFi-Only, juga mempunyai versi LTE atau 4G. Sedangkan pada iPad Pro 11 (2021), perangkat tersebut juga mendukung jaringan 5G.

Bagi negara-negara yang sudah menghadirkan jaringan 5G tentu ini jadi sebuah kelebihan. Di Indonesia sendiri pun, jaringan 5G yang mendukung koneksi lebih cepat dengan latensi rendah ini sudah di depan mata.

Apple iPad Pro (2021) secara otomatis menjadi pilihan yang lebih menggiurkan, karena dapat membuka banyak pintu kesempatan dengan kecepatan unduhannya yang berkali-kali lebih kencang ketimbang 4G.

6. Bobot Bodi

Secara bentuk desain dan dimensi bodi, keduanya punya tampilan yang hampir tidak ada bedanya. Barulah saat ditimbang, perbedaan kedua iPad Pro ini jadi terasa.

Di luar dugaan, iPad Pro 11 (2021) rupanya terasa begitu enteng jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya – baik untuk versi WiFi maupun 5G-nya. Untuk diketahui, iPad Pro 11 (2020) punya bobot lebih besar yakni 471 gram untuk varian WiFi-Only dan juga 473 gram untuk varian LTE.

Bobot tersebut sebenarnya masih terbilang ringan untuk seukuran tablet 11 inci. Namun dengan begitu banyaknya penambahan fitur pada iPad Pro (2021), kami sebenarnya berekspektasi beratnya akan ikut naik. Kenyataannya, bobot varian WiFi-nya hanya 466 gram dan versi 5G-nya pun hanya seberat 470 gram.

Untuk versi yang mendukung jaringan mobile, kemungkinan besar Anda tidak akan begitu merasakan perbedaan beratnya saat digunakan sehari-hari. Ini karena keduanya hanya punya selisih 3 gram saja. Anda kemungkinan hanya akan notice perbedaan berat pada varian WiFi yang punya selisih lebih besar.

Simpulan

Sudah tentu, iPad Pro 11 2021 keluar sebagai pemenang. Namun kami tetap salut terhadap spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki iPad Pro 11 2020. Walau setahun lebih "jadul", nyatanya ia masih hadirkan teknologi yang relevan di tahun 2021.

Performa yang dihasilkan Apple A12Z Bionic tetap terbilang gahar, juga masih hadirkan spesifikasi layar Liquid Retina dengan fitur 120 Hz yang memanjakan indera visual.

Tapi sekagum-kagumnya kami dengan generasi kedua, tentu yang versi 2021 jauh lebih mengesankan karena sudah mendukung konektivitas 5G. Keberadaan port Thunderbolt 4 miliknya juga sungguh mengagumkan, Anda jadi bisa menyalin file besar dari dan ke eksternal hardisk tanpa harus menunggu lama.

«1 2
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram