carisinyal web banner retina

Inilah 8 Perbedaan HP ASUS ZenFone 7 dan ZenFone 8

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 14 Agustus 2021

Telah hadir ZenFone 8 di pasaran Eropa dan Taiwan, dibanderol dengan harga Rp10 jutaan yang otomatis membuatnya tergolong sebuah HP flagship. Perangkat ini hadir bersamaan dengan ZenFone 8 Flip yang hadirkan kamera istimewa, yakni Flip Camera yang kamera belakangnya bisa dijadikan kamera depan.

Banyak yang terkesima dengan kamera tersebut, namun sebenarnya ZenFone 8 Flip bukanlah yang pertama hadirkan kamera seperti itu. Adalah ZenFone 7 dan 7 Pro keluaran 2020 yang keduanya menghadirkan kamera berotasi, sehingga pengguna tak perlu mengeluhkan perbedaan kualitas antara hasil foto belakang dan depan.

Untuk itu, kami pun sekarang ingin bandingkan ASUS ZenFone 7 yang unik dengan generasi penerusnya yakni ASUS ZenFone 8. Manakah di antara keduanya yang lebih unggul? Mari simak poin-poin perbedaan di bawah ini.

Spesifikasi ASUS ZenFone 7

Asus Zenfone 7 ZS670KS
  • Rilis: September 2020
  • Layar: Super AMOLED 6,67 inci
  • Chipset: Snapdragon 865 (7 nm)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 6/8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 12 MP
  • Kamera Depan: Modul kamera utama flip-up bermotor
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi ASUS ZenFone 8

Inilah 8 Perbedaan HP ASUS ZenFone 7 dan ZenFone 8 2
  • Rilis: Mei 2021
  • Layar: Super AMOLED, 90Hz, 6,67 inci Full HD Plus
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot terpisah)
  • Kamera Belakang: Triple 64 MP + 8 MP + 12 MP
  • Kamera Depan: Menggunakan kamera belakang (sistem kamera berotasi)
  • Baterai: Li-Pro 5000 mAh

Perbedaan ASUS ZenFone 7 dan ASUS ZenFone 8

ASUS ZenFone 7 memang punya keistimewaan, namun bukan berarti ZenFone 8 tidak layak pilih. Simak baik-baik perbedaan berikut sebagai referensi Anda sebelum membeli.

1. Flip Camera vs. Kamera Biasa

Inilah 8 Perbedaan HP ASUS ZenFone 7 dan ZenFone 8 4

Rupanya ASUS ZenFone 8 punya pendekatan yang berbeda dari generasi sebelumnya. Di tahun 2021, ASUS ZenFone 8 series terbagi jadi dua yakni ZenFone 8 biasa dan ZenFone 8 Flip. Yang mana, versi reguler hanya menghadirkan kamera belakang biasa, tidak seperti Flip yang pakai mekanisme kamera berputar.

Sedangkan pada ZenFone 7 series, baik ZenFone 7 dan ZenFone 7 Pro sama-sama hadirkan Flip Camera. Nah, pada seri ZenFone 7 inilah Flip Camera diperkenalkan, sehingga kamera belakangnya bisa dibalik menghadap wajah pengguna untuk mengambil foto selfie.

2. Gorilla Glass 6 vs. Gorilla Glass Victus

Inilah 8 Perbedaan HP ASUS ZenFone 7 dan ZenFone 8 6

ASUS memang tidak banyak hadiran seri smartphone ke pasaran. Mereka hanya hadirkan dua seri saja yakni ZenFone dan ROG. Nah untuk seri Zenfone, baik untuk yang ke-7 dan ke-8 sama-sama berada pada rentang harga flagship sehingga Anda pun bisa mengharapkan kehadiran Corning Gorilla Glass sebagai pelindung kaca.

Keduanya namun miliki versi yang berbeda. ASUS ZenFone 7 hadirkan Corning Gorilla Glass 6 seperti ASUS ZenFone 8 Flip. Sedangkan untuk ZenFone 8 biasa sudah dirilis dengan lapisan Corning Gorilla Glass Victus yang merupakan versi terkuat di antara semua jajaran Gorilla Glass.

Gorilla Glass 6 miliki persentase keberhasilan tinggi untuk menjaga ponsel agar tidak rusak walau sudah terjauh setinggi 1,6 meter. Tingkat keberhasilan dan jarak ketinggian ini meningkat pada Gorilla Glass Victus yang mengatakan mampu menjaga ponsel dari benturan beton sejauh 2 meter, sekaligus meningkatkan ketahanan juga terhadap goresan.

3. Ukuran Layar dan Opsi Laju Penyegaran

Inilah 8 Perbedaan HP ASUS ZenFone 7 dan ZenFone 8 8

Berada pada tahun rilis yang berbeda, mereka berdua pun punya ukuran layar berbeda. ASUS ZenFone 8 sendiri punya slogan "Big on Performance, Compact in Size" yang artinya punya ukuran bodi yang padat namun dengan performa yang tinggi.

Itu mengapa, pada ASUS ZenFone 8, Anda hanya akan mendapatkan ukuran layar Super AMOLED sebesar 5,9 inci saja. Berbeda dengan ASUS ZenFone 7 yang hadirkan layar lebih luas di angka 6,67 inci. Keduanya memiliki resolusi layar Full HD Plus alias 1080p.

Ukuran layar berbeda, pun dengan opsi laju penyegaran yang diberikan. Laju penyegaran atau yang biasa disebut refresh rate ini mengacu pada seberapa sering layar melakukan refresh setiap detiknya, mirip seperti FPS. Umumnya, refresh rate hanyalah 60 Hz tapi ASUS ZenFone 7 menghadirkan refresh rate tinggi sebesar 90 Hz.

Nah, pada ASUS ZenFone 8, besaran refresh rate ini justru lebih baik lagi di angka 120 Hz. Baik itu saat melakukan scrolling saat browsing maupun menjelajahi feed Instagram, layar bisa bergerak lebih licin.

4. Snapdragon 865 vs Snapdragon 888

Inilah 8 Perbedaan HP ASUS ZenFone 7 dan ZenFone 8 10

Walau keduanya merupakan smartphone di rentang harga flagship, namun keduanya punya performa chipset yang tak sama. ASUS ZenFone 7 yang merupakan HP keluaran 2020 menghadirkan chipset tergahar pada masanya yakni Snapdragon 865.

Ini tentu tidak sebagus ASUS ZenFone 8 yang selangkah lebih maju lagi dengan kehadiran Snapdragon 888. Ya, Snapdragon 865 memang tidak sebaru 888 namun keduanya tetap mampu memainkan berbagai game dengan lancar, meski dengan kestabilan yang berbeda-beda.

Apabila dilihat dari laman NanoReview, sudah jelas kalau Snapdragon 888 lebih unggul karena meraih skor AnTuTu v8 sebesar 708108 poin. Berbeda dengan Snapdragon 865 yang hanya 579515 poin saja. Kesimpulannya sudah jelas, ASUS ZenFone 8 lebih mampu mengangkat game berat terkini seperti Genshin Impact, Wild Rift, dan lain-lain.

5. Triple Camera vs. Dual Camera

Inilah 8 Perbedaan HP ASUS ZenFone 7 dan ZenFone 8 12

Tadi kita bicara soal perbedaan kamera dari segi mekanismenya. Tahukah Anda? Rupanya jumlah kameranya juga berbeda, lho! ASUS ZenFone 7 yang miliki Flip Camera hadirkan tiga buah lensa yang bisa jadi kamera belakang maupun kamera depan.

Kamera-kamera tersebut adalah lensa wide 64 MP, kamera telefoto 8 MP dengan focal length 80 mm dan mampu melakukan zoom optik (zoom tanpa kehilangan kualitas) sebanyak 3 kali, dan terakhir adalah lensa ultrawide 12 MP agar semakin banyak orang bisa masuk ke dalam satu frame.

Bedanya dengan ASUS ZenFone 8 reguler adalah, ponsel ini hanya hadirkan dua lensa tanpa kehadiran kamera telefoto. Jadi, hanya memiliki Dual Camera dengan konfigurasi lensa 64 MP (main camera) dan kamera 12 MP (ultrawide).

6. Baterai 5.000 mAh vs 4.000 mAh

Inilah 8 Perbedaan HP ASUS ZenFone 7 dan ZenFone 8 14

Agar bisa bertahan seharian penuh, smartphone membutuhkan kapasitas baterai yang besar. Seperti kedua HP ini, yang sama-sama hadirkan kapasitas baterai jumbo untuk kelancaran penggunaan harian. ASUS ZenFone 7 namun punya kapasitas lebih besar di angka 5.000 mAh.

Sedangkan, ASUS ZenFone 8 justru hanya hadirkan baterai 4.000 mAh saja. Mengingat keduanya sama-sama pakai layar OLED yang hemat daya, kami yakin kalau baterai 4.000 mAh ini tetap saja tidak akan cepat habis.

Namun jika Anda tipe orang yang sering berpergian dan jarang bertemu stop kontak, ASUS ZenFone 7 akan jadi opsi yang lebih menggiurkan.

7. Ketersediaan microSD Slot dan 3.5mm Jack Audio

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah asus-zenfone-8-bodi.jpg

Tidak selamanya memiliki HP mahal itu enak. Pasalnya, ada fitur yang justru umumnya dihilangkan pada jajaran HP flagship yakni salah satunya adalah port audio 3.5mm. Inilah yang menimpa ASUS ZenFone 7 yang memang tidak hadirkan port berguna ini.

Anda pun harus rela gunakan earphone Bluetooth yang harus sering-sering dicas, ataupun membawa adapter ke mana-mana. Berbeda dengan ASUS ZenFone 8 reguler yang masih memiliki 35mm jack audio port ini.

Selain dari port, keduanya juga berbeda dalam hal ketersediaan slot memori eksternal. Namun kali ini, ZenFone 8 lah yang tidak menyediakan slot memori eksternal sementara ZenFone 7 masih tawarkan 3-card slot. Artinya, pengguna bisa menggunakan tiga kartu sekaligus dalam sekali waktu: SIM 1, SIM 2, dan juga memori eksternal.

8. Bobot Bodi

Inilah 8 Perbedaan HP ASUS ZenFone 7 dan ZenFone 8 17

Betul, ASUS Zenfone 7 memang hadirkan Flip Camera yang inovatif dan sungguh mengubah cara pengguna dalam melakukan selfie. Akan tetapi, hal ini berakibat buruk pada bodinya yang jadi gemuk dan berat.

Diketahui, ZenFone 7 tersebut punya ketebalan yang sebesar 9,6 mm dengan bobotnya yang mencapai 230 gram. Untuk seukuran HP flagship sekalipun, berat seperti ini terbilang kurang nyaman. Beda lagi dengan ASUS ZenFone 8 yang memang punya ukuran bodi lebih compact tersebut.

ZenFone 8 reguler ini punya bobot sebesar 169 gram saja sehingga memegangnya dalam waktu lama tidak akan membuat tangan mudah pegal. Dengan ketebalannya yang 8,9 mm, panjang 148 mm, dan lebar 68,5 mm, menjadikannya begitu mudah disimpan di kantong ataupun saku celana.

Simpulan

Menyoal perbedaan, ZenFone 7 dan ZenFone 8 memang bagaikan langit dan bumi. ZenFone 7 begitu bongsor, tebal, dan punya kamera yang unik sedangkan ZenFone 8 sungguh punya ukuran layar kecil dan dimensi yang begitu compact.

Dengan perbedaan yang sebegitu banyaknya, konsumen pun tak perlu bingung memilih karena keduanya memang ditujukan untuk tipe audiens yang berbeda. Kalau Anda justru tidak suka kamera Flip dan lebih nyaman dengan HP yang kecil, maka ZenFone 8 jelas jawabannya.

Belum lagi, performa ZenFone 8 sungguh tidak tertandingi karena pakai chipset yang lebih kekinian. Namun bagi Anda yang memang pecinta selfie dan ingin tangkap sisi terbaik dari wajah Anda, maka ZenFone 7 lebih mampu mewujudkannya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram