10 Perbedaan HP ASUS ZenFone 8 dan ZenFone 8 Flip

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Jika Anda pemerhati dunia gadget, tentu sudah mendengar kabar kalau ASUS ZenFone 8 dan ASUS ZenFone 8 Flip sudah hadir di pasaran Eropa dan juga Taiwan. Sayangnya hingga artikel ini ditulis, belum ada kabar pasti apakah keduanya akan hadir pula di Tanah Air.

Yang pasti, keduanya tetap punya spesifikasi yang menarik untuk dibahas. Sebagai ponsel yang termasuk pada jajaran flagship, Anda pun diyakini akan melihat beberapa spek dan fitur yang mengagumkan di kelasnya. Terlebih pada ASUS ZenFone 8 Flip, si HP unik yang hadirkan mekanisme kamera lain dari biasanya.

Sementara ASUS ZenFone 8 punya harga sekitar Rp10 jutaan, ZenFone 8 Flip dihargai dengan lebih mahal yakni Rp13 jutaan. Apa saja sih perbedaan keduanya? Simak yang berikut ini.

Spesifikasi ASUS ZenFone 8

  • Rilis: Mei 2021
  • Layar: Super AMOLED, 90Hz, 6,67 inci Full HD Plus
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot terpisah)
  • Kamera Belakang: Triple 64 MP + 8 MP + 12 MP
  • Kamera Depan: Menggunakan kamera belakang (sistem kamera berotasi)
  • Baterai: Li-Pro 5000 mAh

Spesifikasi ASUS ZenFone 8 Flip

  • Rilis: Mei 2021
  • Layar: Super AMOLED, 90Hz, 6,67 inci Full HD Plus
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot terpisah)
  • Kamera Belakang: Triple 64 MP + 8 MP + 12 MP
  • Kamera Depan: Menggunakan kamera belakang (sistem kamera berotasi)
  • Baterai: Li-Pro 5000 mAh

Perbedaan ASUS ZenFone 8 dan ASUS ZenFone 8 Flip

Hadirkan banyak perbedaan, mungkin Anda pun bertanya-tanya mana yang lebih layak dibeli di antara keduanya. Oleh karena itu, yuk cari tahu pada beberapa poin perbedaan ASUS ZenFone 8 dan ZenFone 8 Flip berikut ini!

1. Ketebalan dan Bobot

ASUS ZenFone 8 reguler punya bobot yang lebih ringan daripada ZenFone 8 Flip. Kemungkinan, ini disebabkan karena mekanisme kamera flip yang menjadikan ZenFone 8 Flip begitu tebal dan berat.

Sementara ZenFone 8 punya berat 169 gram dengan ketebalan 8,9 mm, justru yang Flip jauh lebih besar di berat 230 gram serta ketebalan 9,6 mm. Perbedaan keduanya sangat jauh, sehingga pengguna benar-benar akan merasa kenyamanan lebih tinggi saat menggunakan ZenFone 8 sehari-harinya ketimbang yang Flip.

2. Mekanisme Kamera

Dari penamaan kedua produknya saja sudah berbeda, yang satu ada kata Flip dan yang satunya lagi tidak. Ini sungguh menjadi clue perbedaan terbesar. Sementara ZenFone 8 memiliki mekanisme kamera yang biasa saja, ZenFone 8 Flip mempunyai kamera belakang yang bisa berotasi agar menghadap ke arah wajah.

Kamera belakang ZenFone 8 tak bisa dijadikan kamera selfie, berbeda dengan yang versi Flip. Oleh karena itu, pada ZenFone 8, ditambahkan satu kamera depan berbentuk punch hole dengan resolusi 12 MP. Sehingga, kualitas yang bisa diharapkan pada fotografi selfie tidak bisa diharapkan agar sebagus kamera belakangnya.

3. Jumlah Kamera Belakang

Inipun tentu jadi sebuah perbedaan yang kentara. ZenFone 8 diketahui hanya punya mekanisme kamera biasa, namun anehnya justru dialah yang kedapatan jumlah kamera lebih sedikit yakni hanya Dual Camera. Satu kameranya ini merupakan lensa wide beresolusikan 64 MP yang sudah dihadirkan dengan OIS.

Sementara itu lensa keduanya adalah kamera ultralebar 12 MP. Ini tentu berbeda dengan ASUS ZenFone 8 Flip, di mana jumlah kameranya ada tiga alias Triple Camera. Lensa utamanya sama-sama punya kamera 64 MP, namun kali ini tanpa gunakan OIS.

Selain itu, ZenFone 8 Flip juga memiliki lensa telefoto 8 MP yang dapat digunakan untuk lossless zoom 3 kali. Inilah lensa yang tidak dimiliki oleh ZenFone 8 biasa. Barulah untuk lensa ketiganya, Flip menggunakan kamera ultrawide yang sama dengan yang ada di ZenFone 8 reguler yakni lensa 12 MP.

4. Ukuran Layar

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah asus-zenfone-8-flip-layar.jpg

Dari segi ukuran layar, ZenFone 8 Flip keluar sebagai pemenang. Ya, ia dihadirkan dengan ukuran lebih lebar yakni 6,67 inci dibandingkan dengan ZenFone 8 biasa yang hanya 5.9 inci. Tentu saja karena keduanya masuk ke jajaran HP mahal, keduanya sudah gunakan resolusi layar 1080 x 2400 piksel.

Hal ini jugalah yang memengaruhi perbedaan dimensi dari kedua ponsel. ZenFone 8 akhirnya jadi punya desain yang lebih kompak dan juga mengedepankan sisi portabilitas dengan panjangnya yang sebesar 148 mm. Sementara itu, ZenFone 8 Flip lebih panjang di angka 165 mm.

5. Versi Gorilla Glass

Kabar bagus bagi Anda yang terkadang tidak sengaja menjatuhkan ponsel, karena baik ZenFone 8 maupun 8 Flip sama-sama telah dibekali dengan lapisan kaca antigores di layarnya. Tidak tanggung-tanggung, keduanya gunakan Corning Gorilla Glass yang sudah teruji ketangguhannya.

Namun, versi yang dimiliki masing-masing ponsel rupanya berbeda. Dalam hal ini, ASUS ZenFone 8 lebih unggul karena hadirkan Corning Gorilla Glass Victus yang merupakan versi tertangguh di industri smartphone. Sedangkan pada ZenFone 8 Flip, hanya gunakan Corning Gorilla Glass 6 yang selevel di bawah Victus.

6. Ketersediaan Slot MicroSD

Walau sudah hadirkan memori internal besar, tetap saja beberapa pengguna ingin keberadaan microSD pada smartphone yang dimilikinya. Apakah Anda termasuk salah satu dari jenis pengguna ini? Maka, sebaiknya gunakan saja ASUS ZenFone 8 Flip.

Pasalnya, ZenFone 8 reguler nampaknya tidak hadirkan slot microSD sama sekali, sementara itu ZenFone 8 menyediakannya dalam bentuk 3-card slot. Artinya, Anda tidak perlu repot-repot mencabut kartu SIM kedua jika ingin memasukkan kartu memori eksternal.

7. Kapasitas Baterai

Kira-kira di manakah antara keduanya yang lebih bertahan lama untuk pemakaian sehari-hari? Jawabannya sudah tentu ASUS ZenFone 8 Flip yang memang disematkan kapasitas lebih besar, yakni 5.000 mAh.

ASUS ZenFone 8 juga sebenarnya masih cukup oke dengan hadirkan baterai 4.000 mAh, namun tentu menjadikannya lebih cepat boros baterai dibandingkan saudaranya.

Benar saja, menurut GSM Arena, ZenFone 8 Flip memang punya endurance rating yang lebih besar. Sementara dia dihadirkan dengan skor 98 jam, ZenFone 8 biasa hanya memiliki skor 88 jam saja. Ini saja sudah bukti nyata kalau ZenFone 8 Flip memang lebih tahan baterai.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram