10 Perbedaan HP ASUS ZenFone 8 dan ZenFone 8 Flip

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

8. Sertifikasi IP Rating

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah asus-zenfone-8-flip-hanya-90-hz.jpg

Rasanya, sertifikasi IP Rating jadi sebuah kewajiban bagi para smartphone flagship. Jika sebuah HP memiliki IP Rating, itu artinya mereka punya ketahanan yang baik terhadap air dan debu. Tentu saja, IP rating ini punya tingkatan-tingkatan tersendiri.

Umumnya, HP 10 jutaan sudah hadir dengan IP68 yang merupakan level IP tertinggi pada sebuah smartphone. Dan memang benar, ASUS ZenFone 8 juga sudah memiliki IP68 ini. Alhasil dia pun bisa bertahan di dalam air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Berbeda dengan versi Flip yang sama sekali tidak menyediakan sertifikasi IP. Mungkin hal ini dipengaruhi oleh keberadaan mekanisme kamera berputar yang membuat smartphone sulit bertahan di air.

9. Ketersediaan 3,5mm Jack Audio

Anda masih gunakan earphone klasik yang menggunakan kabel biasa? Kabar bagus, setidaknya ASUS ZenFone 8 biasa masih belum menghilangkan konektivitas ini. Berbeda dengan ZenFone 8 Flip yang "berperilaku" selayaknya HP flagship pada umumnya.

Ya, Anda tidak akan menemukan port 3,5 mm jack audio pada ASUS ZenFone 8 Flip. Artinya, cara yang bisa ditempuh agar tetap dapat gunakan headset adalah melalui wireless earphone atau dengan menggunakan adapter.

10. Opsi Laju Penyegaran

Dari segi layar, sudah diketahui kalau baik ASUS ZenFone 8 maupun ASUS ZenFone 8 Flip memiliki ukuran yang berbeda. Rupanya tidak hanya ukurannya saja, melainkan juga opsi laju penyegaran atau refresh rate keduanya pun tak sama.

Sebagai informasi, layar HP umumnya hanya hadirkan laju penyegaran 60 Hz saja. Tapi semakin ke sini, produsen HP mulai banyak menambahkan laju penyegaran tinggi yang beragam-ragam supaya layar bisa tampilkan pergerakkan yang lebih mulus.

ASUS ZenFone 8 menghadirkan laju penyegaran 2 kali lipat lebih tinggi dari normal yakni 120 Hz. Berbeda dengan ASUS ZenFone 8 Flip yang hanya menyuguhkan opsi refresh rate tinggi di angka 90 Hz saja.

Simpulan

Itu tadi perbedaan utama di antara ASUS ZenFone 8 dan ZenFone 8 Flip yang perlu Anda ketahui. Rupanya, masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

ZenFone 8 Flip sendiri nampaknya selangkah lebih maju karena hadirkan mekanisme kamera berotasi yang unik, sama seperti ASUS ZenFone 7 Pro yang dirilis setahun sebelumnya.

Akan tetapi, hal ini mendorong ASUS untuk menghilangkan beberapa fitur yang dirasa penting. Misalnya saja, dia jadi hanya punya refresh rate 90 Hz yang lebih banyak dimiliki oleh ponsel mid range.

Perangkat inipun jadinya tidak menghadirkan IP rating seperti ZenFone 8. Padahal seperti yang sebagian besar dari kita rasakan, rasanya aneh melihat ponsel flagship yang tidak dibubuhkan ketahanan terhadap debu dan air.

Di balik itu juga, ZenFone 8 memiliki kekurangan juga karena tidak menghadirkan kamera telefoto dan resolusi kamera depannya pun biasa-biasa saja.

Juga, ponsel ini punya ukuran layar lebih kecil yang dinilai sebagian orang akan berpengaruh buruk terhadap pengalaman sinematis. Jangan lupa kunjungi artikel kelebihan dan kekurangan ASUS ZenFone 8 Flip untuk info lebih lengkap.

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram