carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Aplikasi / Bingung Memilih? Ini Perbedaan Avast Pro dan Premier

Bingung Memilih? Ini Perbedaan Avast Pro dan Premier

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 25 Juni 2021

Apa jadinya kalau laptop atau perangkat komputer tidak terpasang antivirus? Ada beberapa resiko yang dapat dialami pengguna jika perangkat komputer atau laptopnya belum memakai antivirus mulai dari gangguan kecil hingga kerusakan besar dengan dampaknya yang terasa.

Untuk mengenal lebih dalam tentang gangguan yang acap kali dialami perangkat komputer atau laptop karena tidak memakai antivirus, Carisinyal akan memberikan beberapa contohnya.

Pertama, komputer atau laptop yang tidak punya perlindungan dari antivirus mudah sekali terserang malware atau virus, memungkinkan adanya kerusakan data dan pencurian data atau informasi pribadi.

Kedua, terkhusus bagi pengguna komputer atau laptop bersistem operasi Windows, perlu diperhatikan bila virus menyerang maka memungkinkan perangkat tersebut akan sering mengalami galat atau error sebab tidak bisa beroperasi dengan optimal.

Ketiga, data-data yang tersimpan bisa tiba-tiba hilang atau tidak ditemukan, hilang, dan bahkan tidak dapat diakses atau dibuka. Keempat, bagi kamu yang sering mengunduh aplikasi atau berkas di internet tanpa kehadiran antivirus maka file-file tersebut tidak dapat tersaring atau terseleksi.

Bisa dikatakan komputer tidak ada wewenang untuk mengecek apakah file tersebut mengandung virus atau tidak. Sebaliknya, jika ada antivirus maka file yang terunduh akan dipindai terlebih dahulu.

Resiko terakhir yang bisa saja dialami oleh pengguna komputer atau laptop tanpa pemasangan antivirus adalah pencurian data pribadi. Bayangkan saja, tanpa kamu sadari ternyata diam-diam ada orang lain atau organisasi ilegal yang merekam segala aktivitasmu di komputer mulai menyimpan berkas penting, kata sandi, dan lain sebagainya. Ngeri, bukan?

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi resiko yang telah disebutkan di atas tersebut maka antivirus hadir sebagai obatnya. Kini banyak perusahaan atau pengembang yang berbondong-bondong menggarap antivirus dengan penawaran sistem keamanan yang canggih dan kuat serta sistem deteksi malware unggulan.

Salah satunya yang terkenal adalah Avast. Avast sendiri memperkenalkan beberapa produk, ada versi Pro dan Premier. Apa perbedaannya? Sebaiknya simak dulu ulasan di bawah ini.

Tentang Avast

Sebelum masuk ke pembahasan inti, sebaiknya kita ketahui sedikit informasi tentang Avast. Bagi kamu yang masing asing dengan Avast, program ini adalah salah satu antiviru yang pertama dirilis pada April 1988 untuk Windows X64.

Dikembangkan oleh Alwil Software yang berasal dari Praha, Republik Ceko, Avast berhasil mencuri perhatian dunia perkomputeran karena misinya untuk memerangi serangan siber secara waktu nyata atau real time.

Antivirus ini telah digunakan di lebih dari 50 juta pengguna rumahan dan kantoran di seluruh dunia. Avast membawa sejumlah teknologi mutakhir yang diciptakan untuk memberi perlindungan kepada para penggunanya terhadap segala bentuk malware. Kecanggihan teknologinya tersebut menyeret Avast dalam memenangkan penghargaan dari ALWIL Software a.s dan bersertifikat ICSA Labs.

Tidak hanya itu, Avast juga menghadirkan dua edisi yang menunjang dalam menghalau virus yang akan masuk ke perangkat komputer atau laptop penggunanya antara lain Avast Pro dan Avast Premium.

Pada edisi pro, pengguna akan disuguhkan oleh keamanan tingkat lanjut yang menggabungkan perlindungan antivirus dan antimalware dengan fitur teknis lainnya dalam mencegah serangan siber.

Sementara, Avast Premier adalah edisi antivirus dari Avast yang menawarkan tameng keamanan kuat dengan filter spam sederhana disertai berbagai fitur memungkinkan pengguna dapat melindungi perangkat meski lintas platform. Lalu, adakah perbedaan antara Avast Pro dan Avast Premier?

Perbedaan Avast Pro dan Avast Premier

Sebagai salah satu produsen perangkat lunak keamanan siber terbesar di dunia, Avast menghadirkan produk yang cocok bagi setiap individu lewat dua opsi perangkat lunaknya yaitu Avast Pro dan Premier.

Bagi kamu yang yang bimbang mau pasang Avast jenis mana, kamu bisa menyimak pemaparan dari Carisinyal mengenai perbedaan Avast Pro dan Avast Premier berikut ini:

1. Keunikan dari Fitur yang Disuguhkan

Avast Pro Premier Carisinyal

Dalam memberikan layanan yang terbaik, kedua jenis Avast ini mempunyai keunikan tersendiri dari fiturnya. Pada produk Avast Pro, pengguna mungkin akan ditawarkan dengan label harga yang lebih terjangkau.

Selain itu, fokus utama dari fitur antivirusnya yaitu untuk melindungi pengguna dari kejahatan siber atau internet yang lebih kuat dibandingkan perangkat lunak antivirus lain.

Sementara, keunikan fitur yang dibawa oleh produk Avast Premier antara lain filter email anti spam untuk mendeteksi dan menghapus ancaman email berbahaya lebih lanjut.

Lalu, dia juga melakukan perbaikan secara otomatis pada keamanan di jaringan rumah pengguna, melindungi pengguna dari mata-mata saat menjalankan Webcam, dan meningkatkan keamanan jaringan dengan Two-way firewall.

2. Pengamanan di Aspek Internet Browsing

Avast Pro Premier 1 Carisinyal

Avast Pro muncul dengan sejumlah fitur yang membuatnya menjadi perangkat lunak berkinerja baik dalam perlindungan internet antara lain Sandbox mode, Password Manager, Secure Browser, dan Bank mode. Sandbox mode memungkinkan kamu dapat melihat pratinjau dan menguji file sebelum diunduh dan disimpan di komputer.

Password Manager pada Avast Pro bertugas untuk mengelola kata sandi, menyimpan informasi masuk untuk situs yang berbeda, hingga menyimpan informasi terkait kartu kredit dan finansial.

Secure Browser, salah satu tugasnya untuk mencegah data tidak dikumpulkan oleh pihak ketiga. Terakhir Bank mode, siap memblokir virus dan malware agar tidak terunduh ke sistem komputer.

Sementara, untuk Avast Premier pada dasarnya hampir mempunyai fungsi yang sama seperti edisi Pro. Akan tetapi pada versi Premier penggunanya akan disuguhkan oleh alat perlindungan Webcam. Hal ini untuk mencegah pihak ketiga memata-matai pengguna saat sedang menjalankan Webcam.

Kemudian, pada edisi Premier ini dilengkapi dengan fitur penghancur data tingkat militer atau military-grade yang lebih komprehensif fan intens sehingga memungkinkan jejak data sensitif dapat sepenuhnya dilenyapkan dari sistem komputer milikmu dengan menggunakan metode yang tidak bisa diperbaiki oleh peretas.

3. Proteksi pada Jaringan Rumah

Avast Pro Premier 2 Carisinyal

Dalam pengamanan jaringan rumah, Avast Pro membawa alat inspeksi Wi-Fi yang memiliki fungsi untuk memindai setiap perangkat untuk menemukan kerentanan adanya virus.

Dengan alat ini, sistem akan memberikan informasi mengenai router atau perangkat lain bila terkena infeksi di suatu jaringan. Begitu pun jika outdoor, alat ini akan memberitahu pengguna bila ada peretasan.

Sedangkan, pada Avast Premier menawarkan fitur pemeriksaan Wi-Fi yang lebih pro. Sistem secara otomatis akan melakukan pembaharuan perangkat lunaknya untuk memindai ancaman dan kerentanan pada komputer.

Pihak Avast menjanjikan kalau edisi Premier mampu beroperasi dengan mumpuni dan pengguna tidak perlu khawatir akan kerusakan pada jaringan rumah.

4. Diferensiasi di Sektor Harga

Price-1

Tidak bisa dipungkiri kalau kedua perangkat lunak antivirus ini menawarkan harga yang berbeda. Bagi kamu yang berminat untuk memasang Avast Pro maka harus mengeluarkan dana sekitar Rp 570 ribu untuk langganan selama setahun mencangkup satu perangkat. Sementara, ada opsi tiga perangkat dengan harga yang ditawarkan sebesar Rp 785 ribu per tahunnya.

Beralih ke Avast Premier yang mematok pelayanan antivirus-nya lebih murah dari edisi Pro yaitu Rp 500 ribu dengan fitur-fitur sama seperti edisi Pro disertai dengan keamanan ekstra untuk jaringan rumah. Sementara itu, untuk tambahan tiga perangkat kamu bisa berinvestasi dengan bajet sekitar Rp 1,4 jutaan untuk satu tahunnya.

Gimana sudah tahukan sekarang perbedaan dari Avast Pro dan Avast Premier? Semua sudah dijelaskan oleh Carisinyal secara lengkap dan rinci di atas dan beli Avast di sini. Menurutmu mana yang terbaik? Coba komen di kolom komentar, yah! Supaya kamu tetap update seputar informasi teknologi, jangan lupa untuk terus ikuti Carisinyal!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram