Carisinyal / Asus 2018 / Yuk, Cari Tahu Perbedaan HP Asus Zenfone 5, 5Z dan 5Q Ini!

Yuk, Cari Tahu Perbedaan HP Asus Zenfone 5, 5Z dan 5Q Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Maret 2019

Bukan hanya tersohor sebagai produsen laptop dan notebook handal saja, Asus juga terkenal sebagai produsen smartphone canggih yang tentunya memiliki banyak peminat. Asus bahkan berhasil menyita perhatian para pencinta gadget dengan memberi kejutan spesial lewat Asus Max Pro M1, HP murah dengan spesifikasi yang tidak murahan.

Selain Asus ROG Phone dan Max Pro M1, Asus juga meluncurkan HP-HP keren lainnya. Beberapa di antaranya adalah Asus Zenfone 5,5Z dan 5Q. HP-HP ini ternyata memiliki berbagai macam perbedaan yang menarik untuk dibahas.

Nah, pada kesempatan kali ini, Carisinyal akan mengajak Anda untuk mengupas tuntas mengenai perbedaan Asus Zenfone 5, 5Z dan 5Q. Penasaran? Simak langsung saja pembahasannya di bawah ini.

Spesifikasi Asus Zenfone 5

  • Chipset: Qualcomm SDM636 Snapdragon 636 (14 nm)
  • RAM & Memori: 6 GB & 64 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 8 MP
  • Baterai: Li-Ion 3300 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 5.000.000

Untuk update harga terbaru, silakan klik Link ini.

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Asus Zenfone 5z

Asus Zenfone 5z ZS620KL

  • Chipset: Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm)
  • RAM & Memori: 6 GB & 128 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 8 MP
  • Baterai: Li-Ion 3300 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 6.750.000

Untuk update harga terbaru, silakan klik Link ini.

Spesifikasi selengkanya…

Spesifikasi Asus Zenfone 5Q

  • Chipset: Qualcomm® Snapdragon™ 630 14 nm
  • RAM & Memori: 4 GB & 64 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 8 MP
  • Baterai: Li-Ion 3300 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 2.850.000

Untuk update harga terbaru, silakan klik Link ini.

Spesifikasi selengkanya…

Perbedaan Asus Zenfone 5, 5Z dan 5Q

1. Desain Berbeda

Asus Zenfone 5 dan Asus Zenfone 5Z sudah mengusung desain futuristik dengan bezel tipis di bagian layar, dan sudah menggunakan poni ala HP-HP kekinian. Kover belakangnya berlapis aluminium yang reflektif ketika terkena cahaya, sehingga menghasilkan pantulan cahaya yang sedap dipandang mata. Kesan premiumnya sangat terasa.

Sementara Asus Zenfone 5Q punya kover belakang yang dilapisi kaca. Sehingga tampilannya tak kalah mewah dibanding dua saudaranya. Sayangnya, kover belakangnya ini tidak dilindungi Corning Gorilla Glass sehingga rentan pecah, tergores, atau retak.

Letak lensa kamera dari Asus Zenfone 5 dan 5Z berada di sisi kanan bodi belakangnya, sementara posisi kamera belakang Asus Zenfone 5Q berada di tengah bodi bagian belakang.

Asus Zenfone 5 dan 5Z tersedia dalam varian warna Midnight Blue dan Meteor Silver, sedangkan Asus Zenfone 5Q mempunyai tiga varian warna yang tak kalah cantik, yakni Midnight Black, Moonlight White serta Rouge Red.

2. Ukuran Layar

perbedaan asus 5 5z dan 5q Asus Zenfone 5Z (9)

Baik Asus Zenfone 5 dan Asus Zenfone 5Z sudah dibekali dengan layar berukuran 6.3 inci dengan rasio layar 18:7:9 dan resolusi full HD+ 1080 x 2246 piksel serta kerapatan layarnya 402 ppi sehingga tampilan layarnya tajam. Layarnya juga sudah diproteksi pelindung layar dari Corning, yakni Gorilla Glass.

Sementara Asus Zenfone 5Q mengusung layar sebesar 6.0 inci dengan rasio layar 18:9 dan resolusi layarnya juga sudah full HD+ 1080 x 2160 piksel dengan kerapatan 402 ppi. Layar dari HP ini juga sama-sama menggunakan Corning Gorilla Glass.

Asus Zenfone 5, 5Z dan seri 5Q sama-sama menggunakan panel layar IPS LCD yang memiliki reproduksi warna yang bagus dan tidak kalah nyaman di mata jika dibandingkan dengan layar berpanel OLED.

Karena ukuran layarnya yang besar dan tampilannya tajam, ketiga HP ini cocok untuk digunakan menonton serial Netflix favorit Anda. Apalagi, Asus Zenfone 5 dan 5Z sudah memenuhi standar warna DCI-P3. DCI-P3 adalah standar warna baru yang digunakan di Industri film Hollywood agar kualitas gambarnya terlihat lebih nyata. Sayangnya, layar Asus Zenfone 5Q belum memenuhi standar warna ini.

Oh ya, jika Asus 5Z dan seri 5 sudah dilengkapi poni alias notch di layarnya, Asus Zenfone 5Q tak memiliki poni spesial ala HP kekinian ini, bezelnya juga masih terbilang tebal, lho.

3. Chipset Berbeda Seri

snapdrgon processor

Perbedaan lainnya yang menonjol dari ketiga HP ini ada di sektor dapur pacunya. Ketiganya sama-sama mengusung chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon tetapi berbeda seri. Asus Zenfone 5 dibekali chipset Snapdragon 636. Sementara Asus Zenfone 5Q mengusung chip Snapdragon 630, dan Asus Zenfone 5z menggunakan Snapdragon 845 yang masih menjadi SoC terbaik saat ini, meski sudah ada Snapdragon 855.

Meski Asus Zenfone 5 dan seri 5Q masih menggunakan chip Snapdragon kepala 6, kedua HP ini masih bisa diandalkan untuk membuka ragam jenis aplikasi, misalnya aplikasi sosial media seperti Instagram, Facebook dan juga Twitter.

Untuk bermain game berat seperti PUBG, kedua HP ini juga masih bisa diandalkan, kok. Meski pengaturan grafisnya tidak di posisi rata kanan. Ya, menurut GadgetIn, HP Asus Zenfone 5 ini mampu menjalankan game populer sejuta umat dengan pengaturan grafis medium. Sementara untuk bermain PUBG di HP Asus Zenfone 5Q, disarankan menggunakan setting grafis rendah atau rata kiri saja.

Kalau performa dari HP Asus Zenfone seri 5Z, sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Mau digunakan untuk menjalankan aplikasi sosial media atau bermain game, sudah pasti lancar jaya. Main PUBG juga bisa menggunakan setting grafis rata kanan.

4. Resolusi Kamera

perbedaan asus 5,5z dan 5q Asus Zenfone 5Z (3)

Perbedaan lain yang dapat ditemukan pada ketiga HP ini juga ada di sektor kameranya. Asus Zenfone 5 dan seri 5Z sama-sama mengusung dual kamera di bagian belakang bodinya. Ya, dua HP ini sama-sama dibekali satu lensa lebar 12 MP yang sudah didukung Optical Image Stabilizer agar kualitas foto tetap bagus dan tidak buram meski ada goncangan saat fotonya diambil.

Selain itu, kamera utamanya ini juga sudah mendukung phase detection auto focus yang mampu mengunci fokus pada objek foto dengan lebih baik. Sementara satu lensa lainnya yang ada pada bagian belakang bodi HP ini berukuran 8 MP yang cocok digunakan untuk foto selfie. Kamera dua HP ini sudah didukung fitur HDR, panorama serta LED Flash.

Nah, jika Asus Zenfone 5 dan 5z punya dual kamera di bagian belakang bodi, Asus Zenfone 5Q tidak begitu. Selain di bagian belakang bodi, Asus juga menaruh dua lensa kameranya ini di bagian depan sebagai kamera selfie-nya. Salah satu lensanya berukuran 20 MP yang tentunya lebih dari cukup untuk kebutuhan swafoto.

Beralih ke kamera utamanya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Asus Zenfone 5Q juga punya dual kamera utama, yang salah satunya beresolusi 16 MP.

Hasil jepretan dari kamera yang dimiliki HP-HP di atas sama-sama memiliki kualitas yang bagus dan tentunya cocok untuk dipajang di laman sosial media Anda.

5. Fast Charging

FC Huawei Mate 20

Ketiga HP ini sama-sama dibekali baterai berkapasitas standar, yakni sebesar 3300 mAh. Namun, hanya Asus Zenfone 5 dan seri 5Z saja yang sudah mengantongi teknologi pengisian daya cepat atau fast charging. Sementara Asus Zenfone 5Q belum mendukung teknologi ini. Sehingga, Anda harus menunggu lebih lama untuk mengisi daya baterai HP.

6. Micro USB vs USB Tipe-C

USB Tipe C

* sumber: style.tribunnews.com

Asus Zenfone 5 dan Asus Zenfone 5Z sudah dibekali dengan port USB tipe-C yang merupakan port USB generasi terbaru ketimbang micro USB yang ada pada HP Asus Zenfone 5Q. USB tipe-C ini dapat membantu proses transfer data maupun pengisian daya baterai.

Walau sudah menggunakan port USB generasi terbaru, Asus masih berbaik hati karena melengkapi HP Asus Zenfone 5 dan 5Z dengan audio jack berukuran 3.5 mm, sehingga Anda tak perlu menggunakan konverter untuk memasang earphone di HP.

7. Versi Bluetooth

Bluetooth 1

Selain semua perbedaan di atas, ternyata ada satu perbedaan lain yang dimiliki HP-HP ini. Yup, versi Bluetooth yang tertanam. Memang, saat ini banyak orang yang sudah menganggap keberadaan Bluetooth ini tak begitu penting, tetapi tidak bagi sebagian yang lain.

Asus Zenfone 5z dan seri 5 sudah dibekali Bluetooth versi 5.0 yang memiliki kecepatan transfer data dan tingkat keamanan yang lebih baik ketimbang Bluetooth 4.2 yang ada pada HP Asus Zenfone 5Q.

8. DTS Headphone X

Berbahagialah bagi Anda yang suka menonton film dan main game di HP sambil memasang earphone. Perlu diketahui, HP Asus Zenfone 5Z dan seri 5 ini sudah dibekali teknologi DTS Headphone X, sehingga ketika Anda mendengarkan musik atau menonton film, Anda akan dapat menikmati kualitas audio terbaik. Sayangnya, HP Asus Zenfone 5Q belum didukung teknologi satu ini.

9. Varian RAM dan ROM

Review Asus Zenfone 5z

Varian RAM dan ROM dari HP-HP ini juga berbeda. Asus Zenfone 5 tersedia dalam pilihan RAM 4 hingga 6 GB dengan ROM 64 GB. Sementara Asus Zenfone 5Q tersedia dalam pilihan varian RAM 3 hingga 4 GB dengan ROM 32 hingga 64 GB. Sedangkan HP Asus Zenfone 5Z tersedia dalam varian RAM 4 hingga 8 GB dengan kapasitas ROM 64 hingga 256 GB.

Simpulan

Kesimpulan yang dapat diambil dari penjabaran di atas adalah, HP-HP ini sama-sama memiliki kualitas yang bagus. Baik dari sektor performa hingga kameranya. Anda hanya tinggal memilih sesuai keinginan, kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Jika Anda menginginkan HP Asus seri ini, namun dengan performa yang masih oke walau nggak ngebut-ngebut banget, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada HP Asus Zenfone 5 atau 5Q.

Namun, jika Anda sangat mementingkan performa dapur pacu dibanding yang lainnya, tentu Anda dapat menjadikan HP Asus Zenfone 5Z sebagai pilihan utama.

Sampai di sini pembahasan mengenai perbedaan HP Asus Zenfone 5,5Z dan 5Q. Bagaimana, Anda tertarik untuk memiliki salah satu dari ketiga HP keren besutan Asus ini?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar