Sebelum Beli, Simak 7 Perbedaan HP itel Vision 1 dan Vision 2

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Produsen HP asal Hong Kong, itel, memperbarui katalog produknya untuk seri Vision. Anak perusahaan dari Transsion Holdings ini meluncurkan smartphone anyar yang dinamai itel Vision 2. Ponsel ini merupakan suksesor dari itel Vision 1 yang hadir di Indonesia pada 2020.

Lewat tatapan sekilas, itel Vision 2 jelas punya penampilan yang tak sama dengan pendahulunya itu. Namun, itel tentu sudah membubuhkan sejumlah peningkatan yang membuatnya berbeda. Peningkatan itu tentu saja menarik untuk dibahas.

Lantas, apa saja faktor pembeda antara itel Vision 1 dan itel Vision 2? Lalu, seberapa signifikan peningkatan yang diberikan kepada sang suksesor? Dua pertanyaan itu bakal Carisinyal jawab dalam artikel ini. Namun, simak dulu spesifikasi umum dari dua smartphone kelas entri ini sebagai berikut:

Spesifikasi itel Vision 1

Layar IPS LCD 6.1 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 8 MP (wide) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Spesifikasi itel Vision 2

Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 3 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Perbedaan itel Vision 1 dan itel Vision 2

Bagaimana, sudahkah kamu tahu perbedaan antara itel Vision 1 dan Vision 2? Jika sudah, mari kita cocokkan dengan lima poin perbedaan yang sudah kami temukan pada kedua ponsel!

1. Desain

sumber: itel-mobile.com

Kedua ponsel sepakat memakai plastik (polikarbonat) sebagai material pembentuk keseluruhan bodi, termasuk frame dan penutup belakang. Material plastik dipilih karena murah dan memang lazim dipakai buat ponsel kelas entri. Namun, jangan salah, material ini justru lebih tahan pecah ketimbang kaca.

Kendati sama-sama memakai material plastik, dua ponsel ini punya bahasa desain yang berbeda. Hal itu diperlihatkan oleh bagian belakang maupun bagian depan ponsel.

Untuk itel Vision 1 penutup belakangnya polos, dengan logo perusahaan di pojok kanan bawah. Di situ ada sensor fingerprint (tengah atas) dan modul kamera ala iPhone 11 Pro. Pada modul yang terletak di pojok kanan atas ponsel itu ada tiga lensa.

Dua lensa berfungsi sebagai kamera dan satunya adalah lampu flash. Di bawah modul kamera berwarna hitam itu terdapat tulisan "VISION" diikuti "AI DUAL CAMERA" di bawahnya. itel Vision 1 tersedia dalam varian warna penutup belakang biru dan ungu

Bagaimana dengan kover belakang itel Vision 2? Ternyata ia punya garis-garis beralur. Penutup belakangnya juga memiliki efek pancaran cahaya ke segala arah yang dimulai dari modul kamera belakangnya. Nah, bentuk modul belakangnya ini juga berbeda.

sumber: itel-mobile.com

Sebab, bentuknya persegi panjang dengan tiga lensa kamera ditata secara vertikal. Selain itu, warna modul kameranya selalu selaras dengan penutup belakang. itel Vision 2 punya dua varian warna penutup belakang, yakni Gradient Green dan Deep Blue. Selebihnya, posisi sensor pemindai sidik jari dan logo itel sama dengan itel Vision 1.

Bagian belakang selesai, kita berlanjut ke bagian depan. Kedua ponsel sudah memakai layar penuh dengan bezel yang tidak terlalu tebal. Hanya, itel Vision 1 masih mengusung gaya waterdrop notch alias ala tetesan air jatuh dan kaca lengkung 2,5 D. Sedangkan itel Vision 2 sudah lebih kekinian dengan gaya punch hole atau lubang di pojok kiri atas.

Kalau soal dimensi, itel Vision 1 sebetulnya sudah cukup tipis dengan ukuran 155,3 x 73,5 x 8,5 mm. Namun, itel Vision 2 lebih tipis lagi meskipun bentuknya jadi lebih lebar dan lebih panjang. Dimensinya terukur 164,7x 76,3 x 8,3 mm.

2. Tampilan

sumber: itel-mobile.com

Panel IPS jadi pilihan terbaik untuk memperkuat sektor tampilan HP level entri. Biaya produksi panel ini jelas lebih murah daripada OLED. Namun, masalah sudut pandang dan warna masih bisa diadu. Bahkan lebih baik daripada panel TFT yang sama-sama berbasiskan LCD.

Kendati demikian, perbedaan dimensi yang ada membuat bentang layar itel Vision 2 jadi lebih lebar. Ya, layar beresolusi HD+ (1600 x 720 piksel) ponsel ini lebarnya 6,6 inci. Ia sudah menganut rasio 20:9 dan rasio layar banding bodi 90%.

itel tidak memberi penjelasan lebih lanjut mengenai spesifikasi layar ponsel ini. Akan tetapi, layar selebar ini tentu akan lebih memanjakan pengguna untuk menonton film.

Sementara itu, bentang layar itel Vision 1 hanya 6,1 inci (pembulatan dari 6,088). Resolusinya sama-sama HD+ (1560 x 720 piksel). Namun, ia memiliki rasio yang lebih rendah, yakni 19,5:9. itel mengklaim bahwa layar ponsel yang lebih kecil ini bisa mencapai kecerahan 500 nit.

3. Kamera

sumber: itel-mobile.com

Konfigurasi kamera yang dipasangkan ke masing-masing ponsel berbeda. itel Vision 1 lebih sederhana dengan dua lensa kamera belakang. Lensa utama memiliki resolusi 8 megapiksel, lensa sekunder adalah sensor kedalaman 0,8 megapiksel. Keduanya ditemani sebiji lampu flash.

Sedangkan itel Vision 2 lebih gagah, sebab secara jumlah dan resolusi meningkat. Kamera belakang ponsel 4G ini terdiri atas lensa utama 13 MP, lensa makro 2 MP, dan lensa sensor kedalaman. Ketiganya didukung oleh satu lampu flash.

Besar megapiksel memang tak selalu berdampak gambar jadi lebih tajam. Akan tetapi, hal itu akan berguna saat pengguna melakukan cropping. Resolusi besar membuat gambar yang di-crop terhindar dari pecah. Sementara itu, karena punya kamera makro, Vision 2 mampu menjepret benda-benda mungil dalam jarak dekat secara dramatis.

Adapun di sektor kamera depan itel Vision 2 kembali mengungguli Vision 1. Lagi-lagi soal resolusi yang lebih besar. itel Vision 2 dibekali kamera swafoto 8 MP, sedangkan itel Vision 1 cuma 5 MP.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram