carisinyal web banner retina

Yuk, Simak Dulu 6 Perbedaan HP OPPO Reno6 dan Reno7!

OPPO kembali memasarkan smartphone terbaru yakni OPPO Reno7. Ponsel ini merupakan HP OPPO terbaru dengan fitur kamera microlens dengan harga terjangkau. Masuknya Reno7 tentu akan membuat penjualan varian lama, OPPO Reno6 sedikit terganggu.

Padahal, Reno6, yang dirilis pada 2021, masih memiliki spesifikasi yang mumpuni. OPPO Reno6 hadir dengan desain yang lebih segar dibanding seri Reno lama. Ponsel ini bahkan sudah dilengkapi fitur foto dan video yang berteknologi Artificial Intelligence (AI).

Hal ini membuat hasil foto dan video yang dihasilkan lebih halus dan detail. Sektor kamera ini tidak jauh ketinggalan dengan ponsel kamera lainnya yang ada di pasaran.  

Sementara itu, OPPO Reno7 dibekali sejumlah keunggulan yang membuatnya layak untuk menggantikan Reno6. Ia bahkan sudah menggunakan kamera utama dengan sensor baru. Sensor ini membuat hasil foto atau video lebih terang tanpa noise.

Akan tetapi, tetap saja ada kekurangan dan kelebihan pada kedua ponsel OPPO ini yang membuat konsumen bimbang dalam memilih. Karena itu, simak perbedaan OPPO Reno6 dan OPPO Reno7 sampai tuntas dalam artikel ini.

Spesifikasi OPPO Reno6

OPPO Reno6
Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4310 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.199.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi OPPO Reno7

OPPO Reno7
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (microscope) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.199.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan OPPO Reno6 dan OPPO Reno7

Harga yang ditawarkan kedua ponsel ini tidak terlalu jauh. Selisih harga ini bisa jadi akan membuat peminat OPPO Reno6 beralih ke OPPO Reno7. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli yang mana, Anda patut mengetahui apa saja perbedaan Oppo Reno6 dan Reno7

1. Layar

oppo reno6

Mengikuti perkembangan pasar tanah air, OPPO menghadirkan layar berkualitas premium pada Reno Series. Ponsel OPPO ini menggunakan layar yang lebar dengan tepian yang tipis. Layar ini akan membuat pengalaman menonton video atau bermain game lebih nyaman.

OPPO Reno6 dan OPPO Reno7 sama-sama menggunakan layar berukuran 6,4 inci dengan panel AMOLED dan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Layar ini memiliki rasio screen to body mencapai 91,7%, mendukung refresh rate 90 Hz, serta touch response rate hingga 180 Hz. Teknologi ini membuat layar memiliki tampilan yang mulus, serta mampu merespons lebih cepat dan halus.

Layar OPPO Reno6 dan Reno7 juga sudah dibekali dengan teknologi Eye Care Display. Teknologi ini akan memastikan mata kamu terlindungi dari emisi cahaya biru yang berbahaya. 

Satu-satunya yang membedakan layar kedua ponsel adalah proteksi kaca. Reno7 sudah terpasang pelindung Corning Gorilla Glass 5 pada layarnya, sedangkan Reno6 belum. Kaca ini akan meminimalkan layar dari insiden goresan dan benturan hingga 1,2 m.

2. Baterai

oppo reno6

Perbedaan Oppo Reno6 dan Reno7 berikutnya bisa dilihat dari sisi baterai. Memang kedua ponsel tampak menggunakan baterai dengan kapasitas yang tidak terlalu jauh selisihnya. Kapasitas 4310 mAh untuk Reno6 dan 4500 mAh untuk Reno7.

Meski begitu, baterai kedua ponsel ini dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat yang berbeda kelas. Untuk Reno6, OPPO sudah memasang fitur Fast charging 50W. Fitur pengisian daya super cepat ini diklaim mampu mengisi baterai hingga penuh dalam waktu 45 menit saja. Selain itu, ketika baterai terisi dalam waktu 5 menit, bisa digunakan menonton video selama 3 jam.

Sedangkan Reno7 versi 4G hanya menggunakan fitur SuperVOOC 33W yang membuat baterai terisi penuh dalam waktu 60 menit. Hal ini membuktikan bahwa meski produk lama, OPPO Reno6 memiliki fitur baterai yang kekinian. Ia tak kalah dari HP kelas menengah lainnya.

3. Resolusi kamera

oppo reno6

Oppo Reno6 hadir dengan sektor kamera berkualitas untuk memuaskan pecinta fotografi tanah air. Hal ini terlihat dari hadirnya empat kamera di bagian belakang. Kamera belakang ini terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultra wide-angle 8 MP, kamera makro 2 MP dan kamera B/W 2 MP.

OPPO juga sudah menambahkan fitur ala DSLR di HP ini. Misalnya, bokeh flare video portrait yang bisa digunakan untuk kamera depan maupun belakang.

OPPO lantas menghadirkan sedikit perubahan pada sektor kamera OPPO Reno7. Ponsel Android ini ditanami tiga kamera belakang berkualitas tinggi yang terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera mikroskop 2 MP dan kamera makro 2 MP.

Kamera belakang Reno7 sudah dibekali fitur yang cukup lengkap, yakni Portrait Retouching, AI Scene Enhancement, ultra-clear 108MP, hingga 30x Microlens. Fitur terakhir ini membuat ponsel dapat memotret obyek lebih detail.

Perbedaan OPPO Reno6 dan Reno7 di sisi kamera tampak terlihat pada sektor kamera selfie. Reno6 dilengkapi kamera depan 44 MP. Kamera ini dibekali teknologi image clear engine sehingga hasil selfie lebih jelas.

Sementara itu, Reno7 mengandalkan kamera selfie 32 MP dengan sensor IMX709 RGBW. Sensor buatan Sony ini disebut mampu menangkap lebih banyak cahaya dibanding sensor standar dan mampu mempertajam hasil selfie hingga 35%. Tidak lupa, kamera depan ini mampu membuat foto bokeh ala DSLR.

Secara kualitas, kamera belakang kedua HP OPPO ini memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda. Namun, ketika kamu menengok bagian kamera depan, OPPO Reno6 cukup unggul dengan kamera depan 44 MP.

4. Mesin

reno6

Perbedaan OPPO Reno6 dan Reno7 pada mesin memang membuat performa kedua HP berbeda. Pasalnya, OPPO Reno6 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 720G dengan GPU Adreno 618. Sedangkan OPPO Reno7 mengunakan chipset Qualcomm Snapdragon 680 dengan GPU Adreno 610.

Kedua chipset ditenami RAM 8GB sehingga performa ponsel bisa lancar untuk browsing hingga gaming. Meski begitu, Reno6 memiliki performa lebih baik karena menggunakan chipset dengan kecepatan lebih tinggi. Namun, untuk urusan sistem operasi, Reno7 unggul dengan OS Android yang lebih update.

Reno6 dirilis dengan sistem operasi Android 11 berbalut antarmuka ColorOS 11.1. Sementara itu, Reno7 langsung dirilis dengan sistem operasi Android 12 yang dilapisi antarmuka ColorOS 12.1.

5. Desain

reno6

Dari sisi desain, OPPO tidak menghadirkan banyak ubahan pada smartphone terbarunya. Reno6 menggunakan bodi belakang berteknologi OPPO Glow. Dengan teknologi ini, bagian bodi belakang smartphone dapat berkilau sesuai pencahayaan. Tidak hanya itu, bodi belakang ini juga sudah anti gores, anti noda, dan anti sidik jari. 

Untuk Reno7 4G, ia hadir dengan desain minimalis dan mewah. Menariknya, bodi belakangnya dikerjakan dengan teknik Fiberglass-Leather Design. Teknik Ini membuat bodi belakang Reno7 memiliki tekstur sehingga ponsel akan nyaman digenggam dan tidak mudah licin.

6. Harga

reno6

OPPO Reno6 tersedia di pasaran Indonesia dengan harga Rp5.199.000 ketika dirilis pada Juli 2021. Namun, kini OPPO Reno6 versi RAM 8GB dan memori internal 128GB dapat ditemui di toko online dengan harga Rp4 jutaan

Sementara itu, OPPO Reno7 dengan RAM 8GB dan memori internal 256 GB dilepas dengan harga rilis Rp5.199.000 pada April 2022. Harga rilis kedua ponsel memang sama. Namun, harga keduanya per April 2022 sudah mengalami perbedaan.

Simpulan

Perbandingan antara OPPO Reno6 dan Reno7 memang cukup sengit dari sisi kamera dan mesin. Apalagi, Reno6 sebagai produk lama memiliki kamera depan dan mesin yang masih bersaing di pasar ponsel tanah air. Sistem pengisian dayanya pun terbilang cukup cepat.

Sementara itu, untuk kamu yang ingin lebih update secara desain dan sistem operasi, OPPO Reno7 menjadi pilihan tepat. Ponsel kamera ini hadir dengan kamera utama sensor terbaru yang membuat hasil foto dan video lebih jelas dan detail.

Kamu pun dapat lebih banyak menyimpan data karena OPPO Reno7 menghadirkan memori penyimpanan yang super lega. Jadi, lebih tertarik yang mana, Reno6 atau Reno7?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram