carisinyal web banner retina

Melihat 7 Perbedaan Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10i

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 24 Agustus 2021

Infinix biasanya meluncurkan beberapa model HP dalam satu seri. Model pertama untuk seri Hot 10 sudah meluncur pada September 2020, namanya adalah Infinix Hot 10. Ponsel ini diperkenalkan sebagai pilihan smartphone gaming karena didukung SoC mumpuni, MediaTek Helio G70.

Sementara itu, model lain dengan nama Infinix Hot 10i meluncur pada Mei 2021. Biasanya, akhiran "i" pada suatu ponsel memiliki makna bahwa HP tersebut merupakan varian rendah dari versi regulernya. Dalam hal ini, Infinix Hot 10i diposisikan sebagai "adik" dari Infinix Hot 10.

Hanya saja, kedua HP ternyata sama-sama memakai SoC Helio G70. Lantas kenapa Infinix Hot 10i dapat dikategorikan sebagai versi lite dari Infinix Hot 10? Pertanyaan tersebut akan Carisinyal jawab dalam artikel perbedaan Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10i ini. Karena itu, baca ulasannya sampai habis!

Spesifikasi Infinix Hot 10

Melihat 7 Perbedaan Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10i 1
  • Rilis: Oktober, 2020
  • Layar: IPS LCD 6,78 inci, HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G70
  • GPU: Mali-G52 2EEMC2
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 16 MP + 2 MP + 2 MP + VGA
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5200 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi Infinix Hot 10i

Melihat 7 Perbedaan Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10i 3
  • Rilis: Mei, 2021
  • Layar: IPS LCD, 6,52 inci, HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G70
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 3 GB, 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD, hingga 128 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + QVGA
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 6000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10i

Cukup banyak faktor pembeda antara Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10i. Berdasarkan observasi kami, ada tujuh sektor yang membuat kedua ponsel tidak sama. Apa saja itu? Yuk, simak satu per satu!

1. Desain

Melihat 7 Perbedaan Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10i 5Sumber: infinix.com

Anda pasti sudah langsung bisa membedakan kedua ponsel dalam sekali lirikan. Hal itu tidaklah mustahil lantaran desain yang dipakai masing-masing HP memang tak sama. Mari kita mulai meninjau desain keduanya dari sisi belakang.

Infinix Hot 10 disebut memiliki desain interlaced light and shadow pada penutup belakangnya. Desain tersebut mampu menampilkan efek garis-garis diagonal, saat penutup belakangnya terkena cahaya.

Sementara itu, Infinix Hot 10i memiliki desain penutup belakang yang lebih kalem. Terdapat garis-garis lurus dari atas ke bawah yang memenuhi penutup belakang si ponsel. Penutup belakang Hot 10i kinclong seperti kaca, terinspirasi danau garam terbesar di dunia, Salar de Uyuni, Bolivia.

Masih di area belakang, hal yang membedakan kedua ponsel adalah modul kameranya. Untuk Hot 10, modul kameranya berbentuk persegi panjang dengan kelir hitam. Adapun modul kamera Hot 10i berbentuk persegi dengan sisi-sisi melengkung, dan warnanya selaras terhadap penutup belakang.

Melihat 7 Perbedaan Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10i 7Sumber: infinix.com

Kemudian, logo Infinix pada Hot 10 dicetak secara horisontal di bawah sensor sidik jari. Lalu ada tulisan "Hot" yang ada di bagian bawah penutup belakang. Hot 10i berbeda karena logo Infinix dicetak secara vertikal di pojok kiri bawah kover belakang.

Perbedaan desain kedua ponsel berakhir pada gaya layarnya. Infinix Hot 10 lebih modern karena mengadopsi layar dengan kamera depan punch-hole (infinity-o). Lubang kamera berada di sisi kiri atas. Sementara itu, Hot 10 masih memakai layar dengan kamera depan ala tetesan air.

Adapun Infinix Hot 10 memiliki empat varian warna, yaitu Obsidian Black, Amber Red, Moonlight Jade, dan Ocean Wave. Di sisi lain, Hot 10i punya pilihan warna Black, Purple, Morandi Green, serta Heart of Ocean.

2. Ukuran Layar

Melihat 7 Perbedaan Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10i 9Sumber: infinix.com

Kedua HP ini dirancang untuk tujuan utama yang sama, yakni perangkat yang andal untuk bermain game. Hanya saja, ukuran layar masing-masing tidak sama. Infinix Hot 10 lebih besar dengan bentang 6,78 inci, sedangkan Infinix Hot 10i lebih ramping dengan bentang 6,52 inci.

Sebagian orang akan cenderung senang dengan layar yang lebih luas. Pasalnya, layar yang besar bisa memberi pengalaman yang maksimal. Misalnya, saat bermain game, kesalahan memberi perintah pada karakter lakon bisa diminimalkan.

Di sisi lain, ada juga orang yang suka dengan layar yang tidak terlalu lebar. Salah satu alasannya yakni agar si HP mudah dimasukkan saku celana dan lebih nyaman dipakai.

Terlepas dari itu, kualitas layar kedua ponsel setara. Mereka sama-sama mengandalkan panel IPS LCD dengan resolusi HD+ dan level kecerahan maksimal 500 nit.

3. Kamera

Melihat 7 Perbedaan Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10i 11Sumber: infinix.com

Infinix Hot 10 dibekali empat kamera belakang yang ditemani empat lampu LED flash. Empat kamera itu yakni: kamera utama 16 MP, f/1.85; kamera makro 2 MP, sensor kedalaman 2 MP, dan kamera QVGA alias lensa AI sebagai sensor low light.

Di sisi depan, Hot 10 memiliki kamera swafoto 8 MP, f/2.0 dengan dua lampu flash. Baik kamera depan dan kamera belakang bisa merekam video dengan resolusi maksimal 2K.

Spesifikasi yang sama ternyata tidak ditemui pada Infinix Hot 10i. Pasalnya, Infinix memangkas jumlah kamera maupun resolusi pada Hot 10i. Di sektor buritan, Hot 10i hanya memiliki dua kamera aja, yakni kamera utama 13 MP, f/1.8 dan lensa AI. Kedua kamera itu ditemani empat lampu LED flash.

Di bagian depan, Hot 10i punya kamera selfie 5 MP dengan satu lampu LED flash. Kamera depan dan kamera belakang Hot 10i juga bisa merekam video hingga resolusi 2K.

4. Varian Memori

Melihat 7 Perbedaan Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10i 13Sumber: infinix.com

Infinix Hot 10 yang meluncur secara resmi di Indonesia memiliki dua varian memori. Dua varian itu yakni 4 GB RAM dengan memori internal 64 GB, dan 4 GB RAM didampingi storage 128 GB.

Sementara itu, Infinix Hot 10i versi internasional punya varian memori berjumlah tiga alias lebih banyak. Tiga varian itu yakni 3 GB RAM dengan memori internal 32 GB, 4 GB RAM plus 64 GB ruang simpan, dan 6 GB RAM yang ditemani storage 128 GB.

Untuk multitasking dan gaming, varian dengan RAM 6 GB tentu akan lebih mantap. Kategori itu hanya dimiliki oleh Infinix Hot 10i. Adapun baik Hot 10i maupun Hot 10 memiliki slot microSD khusus untuk keperluan ekspansi ruang simpan sampai 128 GB.

5. Kelengkapan Sensor

Melihat 7 Perbedaan Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10i 15Sumber: infinix.com

Infinix Hot 10 punya segala sensor yang penting buat sebuah smartphone, alias bersifat esensial. Total sensor yang dimilikinya berjumlah enam. Rinciannya, sensor akselerometer, cahaya, giroskop (software), proksimitas, kompas, dan sidik jari.

Sayang sekali, Infinix Hot 10i tidak memliki kelengkapan sebagaimana Hot 10. Ia hanya membawa sensor akselerometer, cahaya, proksimitas, dan sidik jari.

Ketiadaan sensor kompas tentu saja membuat Hot 10i tidak bisa jadi alat penentu arah saat sambungan internet tidak ada. Sedangkan absennya sensor giroskop membuat Hot 10i tidak bisa dipakai untuk mengarahkan karakter saat bermain game.

6. Baterai

Melihat 7 Perbedaan Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10i 17Sumber: infinix.com

Kedua ponsel sebetulnya dibekali baterai dengan ukuran yang melampaui standar masa kini. Namun, Hot 10i punya kapasitas lebih besar dengan 6000 mAh, sedangkan Hot 10 cuma 5200 mAh.

Perbedaan kapasitas ini membuat Hot 10i secara teori punya waktu pakai yang lebih lama, mengingat SoC yang dipakainya sama dengan Hot 10. Dalam pengujian yang dilakukan oleh Jagat Review, Infinix Hot 10 mencatatkan waktu nyala 28 jam 20 menit pada tes video playback.

Waktu nyala itu terbilang luar biasa. Jika demikian, Infinix Hot 10i bisa jadi mengukir waktu nyala lebih panjang karena punya baterai yang lebih besar.

7. Software

Melihat 7 Perbedaan Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10i 19Sumber: infinix.com

Saat diluncurkan pada September 2020, Infinix Hot 10 dibekali dengan sistem operasi Android 10. Sistem operasi tersebut dibalut dengan antarmuka XOS 7.0. Sementara itu, Infinix Hot 10i yang dirilis belakangan sudah memakai Android 11 dengan balutan antarmuka XOS 7.5.

Sistem operasi dan antarmuka yang lebih baru tentu saja menawarkan tambahan fitur-fitur anyar, selain juga tetap membawa fitur-fitur yang sudah ada pada versi sebelumnya. Fitur baru di XOS 7.5 di antaranya adalah XFloat dan Video Ringtone.

XFloat berfungsi untuk menyematkan chat Anda kepada seseorang di homescreen. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuka aplikasi perpesanan yang Anda pakai untuk sekadar membalas pesan si pengirim. Sementara itu, Video Ringtone berfungsi untuk menyetel dan menampilkan video pondek sebagai tanda saat ada panggilan masuk.

Dua fitur itu tentu saja bakal ada juga buat Infinix Hot 10 jika peningkatan software telah diberikan.

Simpulan

Infinix tampaknya merancang Infinix Hot 10 sebagai ponsel yang mumpuni untuk berbagai aktivitas (all rounder). Tidak hanya untuk bermain game, tapi juga untuk kegiatan multimedia, fotografi, dan lain sebagainya. Karena itu, layar yang disematkan besar dan konfigurasi kameranya oke. Sensor-sensornya pun lengkap.

Sementara itu, Infinix Hot 10i sepertinya ditujukan secara khusus buat mereka yang suka main game dengan ketahanan baterai luar biasa. Maka tak heran bila sektor lain yang tidak ada hubungannya dengan gaming dipangkas, seperti kamera dan sensor kompas. Walau begitu, ponsel ini juga tidak punya sensor giroskop yang penting buat main game.

Nah, itulah ulasan mengenai perbedaan Infinix Hot 10 dan Infinix Hot 10i. Kami menyimpulkan bahwa perbedaan yang yang ada pada kedua HP sengaja diciptakan untuk menyasar segmen yang berbeda. Bagaimana menurut Anda, lebih cocok memakai ponsel yang mana?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram