carisinyal web banner retina

Tengok 7 Perbedaan Infinix Hot 10s dan Hot 11s NFC Ini!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 15 November 2021

Tidak semua smartphone Infinix diluncurkan dengan siklus satu tahunan. Beberapa HP Infinix ada yang lahir hanya dalam kurun enam bulan dari pendahulunya. Hal itu seperti Infinix Hot 10s dan Infinix Hot 11s NFC. Infinix Hot 10s, yang resmi hadir di Indonesia pada Mei 2021, sudah menemui penggantinya pada November 2021.

Siklus pendek enam bulanan ini bukan hal yang aneh bagi produsen smartphone masa kini. Pasalnya, arus perkembangan teknologi yang cepat mendorong orang untuk berganti HP. Bahkan, riset dari MARS Indonesia menyatakan, hanya ada 28% pengguna smartphone yang sabar menunggu hingga setahun untuk berganti HP baru.

Nah, pertanyaannya ada hal baru apa saja yang dibawa oleh Infinix Hot 11s NFC, sehingga membuatnya berbeda dengan Infinix Hot 10s? Pertanyaan itu akan terjawab melalui artikel ini. Maka dari itu, simak pembahasannya sampai habis!

Spesifikasi Infinix Hot 10s

Infinix Hot 10s
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.699.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Infinix Hot 11s NFC

Tengok 7 Perbedaan Infinix Hot 10s dan Hot 11s NFC Ini! 2
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.099.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan Infinix Hot 10s dan Hot 11s NFC

Infinix Hot 11s NFC tidak hanya berganti baju. Ada banyak komponen miliknya yang menciptakan perbedaan dengan Infinix Hot 10s. Kami mencatat setidaknya ada tujuh perbedaan di antara kedua ponsel. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Desain dan Dimensi

Tengok 7 Perbedaan Infinix Hot 10s dan Hot 11s NFC Ini! 4

Infinix Hot 11s NFC adalah ponsel yang punya kepribadian berbeda dengan Hot 10s. Hal itu terlihat sejak Anda mengamati desain kedua ponsel, mulai dari belakang hingga depan.

Di bagian belakang, Anda akan melihat penutup belakang dengan corak garis seperti jaring-jaring pada Infinix Hot 10s. Penutup belakang tersebut reflektif, bisa memantulkan objek di depannya. Inspirasi desain ini berasal dari dataran garam Salar de Uyuni di Bolivia.

Di penutup belakang Hot 10s itu ada pemindai sidik jari dan modul kamera berkelir hitam. Modul itu punya dua tingkatan. Tingkat pertama ditempati lampu flash, sedangkan pada tingkat kedua terdapat empat lensa dengan formasi 2-2.

Tengok 7 Perbedaan Infinix Hot 10s dan Hot 11s NFC Ini! 6

Sementara itu, penutup belakang Infinix Hot 11s NFC memiliki corak garis-garis lurus. Tidak ada pemindai sidik jari di situ. Sensor pemindai sidik jari ponsel ini ditaruh di tombol power. Kemudian, modul kamera Hot 11s NFC berbentuk persegi panjang dengan warna selaras penutup belakang.

Tatanan lensa di modul Hot 11s NFC berbeda dari Hot 10s. Satu lensa dengan ukuran lingkaran paling besar di taruh di posisi paling atas. Di bawahnya ada empat lensa berbaris 2-2.

Balik ke sisi depan, layar Infinix Hot 11s NFC sudah mengadopsi layar dengan kamera depan punch hole. Lubang kamera depan ada di posisi tengah atas. Sementara itu, Infinix Hot 10s tampil dengan layar bergaya tetesan air sebagai rumah dari kamera depan.

2. Tampilan

Tengok 7 Perbedaan Infinix Hot 10s dan Hot 11s NFC Ini! 8

Kedua ponsel diposisikan sebagai smartphone gaming kelas terjangkau. Karena itu, sektor tampilannya turut diperhatikan dengan memberi refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz. Konten animasi yang muncul pun jadi mulus, dan respons layar jadi gesit.

Perbedaan layar Hot 10s dan Hot 11s NFC ada di ukuran dan resolusinya. Hot 10s memang lebih lapang dengan bentang 6,82 inci, sedangkan Hot 11s NFC 6,78 inci. Hanya saja, Hot 11s NFC memakai resolusi lebih tinggi.

Resolusinya 1080 x 2480 piksel alias Full HD+, konten yang tampil dari layarnya pun sangat detail. Sementara itu, resolusi Hot 10s sekadar HD+ (720 x 1640 piksel). Layar HD+ bukannya kurang bagus, malah beban kerja HP jadi ringan. Baterainya pun jadi lebih irit.

3. Chipset

Tengok 7 Perbedaan Infinix Hot 10s dan Hot 11s NFC Ini! 10

Dua ponsel Infinix ini sama-sama memakai chipset MediaTek Helio G series, sebuah SoC yang cukup terkenal akan performa kencangnya. Namun, Infinix Hot 10s menggunakan Helio G85, sedangkan Infinix Hot 11s NFC disokong Helio G88.

Helio G85 dan Helio G88 sebetulnya merupakan SoC yang sama. Basisnya adalah delapan inti, terdiri atas empat inti performa Cortex A75 (2,0 GHz )dan empat inti efisiensi Cortex A55 (1,8 GHz). Kedua SoC juga dibikin dengan fabrikasi 12 nm dan punya GPU Mali-G52 MC2.

Hanya saja, MediaTek mengklaim bahwa Helio G88 sudah disetel ulang agar performanya meningkat. Penyetelan itu ada pada frekuensi GPU yang semula 950 MHz jadi 1000 MHz alias 1 GHz.

Kemudian, Helio G88 dirancang agar sebuah HP memungkinkan dipasangi beberapa kamera dengan resolusi tertinggi 64 MP. Helio G85 juga sama, bisa dipasangi beberapa kamera, tetapi resolusi maksimalnya harus mentok di 48 MP.

4. Kamera

Tengok 7 Perbedaan Infinix Hot 10s dan Hot 11s NFC Ini! 12

Ada peningkatan pada sisi kamera berkat hadirnya SoC MediaTek Helio G88 di sektor dapur pacu Infinix Hot 11s NFC. Ya, HP ini memiliki kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.6. Kamera utama itu ditemani sensor kedalaman 2 MP, lensa AI, dan empat lampu flash.

Sementara itu, kamera utama Infinix Hot 10s punya resolusi 48 MP dengan bukaan f/1.8. Komponen penyerta kamera utama tersebut sama dengan yang dipakai Infinix Hot 11s NFC.

Perbedaan spesifikasi tersebut menjadi indikasi bahwa kamera utama Hot 11s NFC lebih sensitif dalam menangkap cahaya, sehingga gambar yang dihasilkan lebih terang.

Tak ada lagi perbedaan sektor kamera di kedua ponsel. Kedua ponsel sama-sama memakai kamera depan 8 MP f/2.0 dengan dua lampu flash. Mereka juga sama-sama mampu merekam video hingga resolusi 1440p (2K) pada 30 fps, untuk kamera belakang maupun kamera depan.

5. Konektivitas

Tengok 7 Perbedaan Infinix Hot 10s dan Hot 11s NFC Ini! 14

Infinix Hot 11s NFC hadir sesuai namanya. Ya, HP ini dilengkapi NFC multifungsi yang salah satunya bisa dipakai untuk pembayaran non-tunai. Infinix Hot 10s belum punya NFC, yang punya adalah Infinix Hot 10s NFC. Ponsel yang disebut terakhir juga masuk secara resmi di Indonesia.

Selain NFC, Infinix Hot 11s NFC unggul karena sudah memakai colokan USB C yang bisa dibolak-balik. Pengguna pun tak perlu ragu mengecas ponsel kendati melakukannya sambil merem. Sementara itu, Hot 10s masih pakai port microUSB yang rawan rusak saat terjadi kesalahan pencolokan.

Selebihnya, tidak ada perbedaan dalam hal konektivitas. Kedua ponsel sama-sama mendukung jaringan 4G, WiFi 5 Ghz, dan Bluetooth 5.0.

6. Speaker

Tengok 7 Perbedaan Infinix Hot 10s dan Hot 11s NFC Ini! 16

Infinix memang sudah lama memercayakan sektor keluaran suaran pada teknologi dari DTS. Dengan setelan dari DTS yang bisa diutak-atik, pengguna bisa menikmati suara sesuai profil kesukaan masing-masing.

Hanya saja, speaker Infinix Hot 11s NFC lebih mantap karena memakai konfigurasi ganda atau stereo. Speaker utama ponsel ini ditaruh di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya merangkap sebagai earpiece di bingkai layar bagian atas.

Infinix Hot 10s belum menganut konfigurasi seperti sang adik. Speaker-nya cuma satu alias speaker tunggal yang dipasang di rangka bawah.

7. Baterai

Tengok 7 Perbedaan Infinix Hot 10s dan Hot 11s NFC Ini! 18

Baterai adalah salah satu key selling baik untuk Infinix Hot 10s maupun Infinix Hot 11s NFC. Namun, baterai yang dikandung Hot 10s berkapasitas 6000 mAh, 1000 mAh lebih besar ketimbang baterai Hot 11s NFC.

Apalagi dengan resolusi layar yang hanya HD+, Hot 10s berpotensi besar punya waktu pakai lebih lama ketimbang si adik. Kenyataan itu memang benar berdasarkan klaim Infinix.

Dalam skenario music playback, Hot 10s mampu menyala hingga 182 jam. Sementara itu, Hot 11s NFC cuma bisa melayani penggunanya sampai 142 jam pada skenario yang sama.

Adapun Infinix menerangkan bahwa Hot 11s NFC mendukung pengisian cepat 18W. Hot 10s tidak disebutkan jenis teknologi pengisian apa yang didukung. Namun, saat dites oleh Jagat Review, adaptor dengan output 15W dan 18W dapat mempercepat pengisian baterai, ketimbang dengan adaptor bawaan 10W.

Simpulan

Dalam tempo sekitar 6 bulan, Infinix mampu melahirkan Hot 11s NFC yang merupakan perbaikan dari Hot 10s. Berdasarkan ulasan di atas, dapat diketahui bahwa Hot 11s NFC memiliki beberapa perbedaan meliputi desain, SoC, konektivitas, tampilan, kamera, baterai, dan speaker.

Beberapa perbedaan itu ada yang sifatnya merupakan perbaikan. Hal itu seperti tampilan layar dengan resolusi Full HD+, colokan USB C pada sektor konektivitas, kamera utama 50 MP, dan konfigurasi speaker ganda.

Namun, apa yang telah diusahakan Infinix tentu bakal kembali kepada penilaian konsumen. Nah, kalau menurut Anda, apakah Infinix Hot 11s NFC lebih oke ketimbang Infinix Hot 10s?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram