carisinyal web banner retina

Cek 7 Perbedaan Infinix Hot 11s dan Note 11s Sebelum Beli

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 26 Desember 2021

Pada tahun 2021, Infinix selaku brand yang berkembang pesat di Tanah Air kembali mengeluarkan varian produk lainnya dari Hot dan Note series, yakni Infinix Hot 11s NFC dan juga Infinix Note 11s.

Tentunya mereka berdua ini merupakan penerus dari Infinix Hot 10s NFC dan Infinix Note 10s yang telah Carisinyal bahas sebelumnya. Mengikuti alur penamaannya juga, embel-embel "s" pada kedua HP ini menandakan bahwa mereka berdua adalah hasil peningkatan dari Infinix Hot 11 dan Note 11 reguler.

Umumnya, seri "s" ini memiliki layar yang lebih luas beserta pilihan chipset yang lebih sesuai untuk gaming, namun tentunya dengan harga yang lebih mahal pula. Lantas apa yang membedakan Infinix Hot 11s NFC dengan Note 11 ini? Simak yang di bawah ini untuk tahu jawabannya, ya.

Spesifikasi Infinix Hot 11s NFC

Infinix Hot 11s NFC
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.099.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Infinix Note 11s

infinix note 11s_
Layar IPS LCD 6.95 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.899.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan Infinix Hot 11s dan Note 11s

Mulai dari SoC yang digunakan, fast charging, hingga kameranya, kedua HP ini menawarkan sejumlah perbedaan yang cukup melimpah. Untuk lebih detailnya, silakan simak penjabaran di bawah ini.

1. Helio G88 vs. Helio G96

helio g96Sumber: realme

Industri mobile gaming semakin hari semakin memanas berkat hadirnya beragam permainan bergrafis tinggi, seperti PUBG Mobile, Fortnite, dan juga Genshin Impact. Karenanya kebutuhan akan prosesor dan GPU berkinerja tinggi pada HP meningkat.

Untuk itulah Infinix Hot 11s dihadirkan dengan Helio G88 yang menjadi peningkatan atas Helio G85. Sedangkan, Infinix Note 11s lebih tinggi lagi dengan tawarkan Helio G96 sebagai dapur pacunya, turut hadir sebagai pengganti bagi Helio G95.

Helio G88 pada Infinix Hot 11s

Alasan mengapa Helio G88 dan bukan G85 yang digunakan pada Infinix Hot 11s adalah karena Helio G88 mendukung resolusi kamera hingga 64 MP, tidak seperti Helio G85 yang hanya dukung hingga 48 MP saja. Selain itu, Helio G88 juga turut mendukung laju penyegaran 90 Hz pada layar beresolusi Full HD+.

Adapun dari segi konfigurasi prosesornya, ia menghadirkan sejumlah delapan inti CPU yang mencakup dua inti Cortex A75 dengan kekuatan 2 GHz serta enam inti hemat daya Cortex A55 yang berlari pada frekunesi 1.8 GHz.

Chipset tersebut juga mengusung instruksi set ARMv8.2-A serta dibuat pada proses fabrikasi 12 nanometer. Sebagai kartu pengolah grafisnya, Helio G88 dibekali dengan Mali G52 MC2 pada clock speed 1000 MHz.

Kemudian dari segi fitur utamanya, MediaTek membeberkan beberapa hal antara lain penggunaan teknologi MediaTek HyperEngine 2.0 Lite yang dapat meminimalisir latensi saat bermain game, Dual 4G VoLTE, serta fitur Voice Wakeup yang terintegrasi.

Helio G96 pada Infinix Note 11s

Jika merasa Infinix Hot 11s kurang berkinerja, maka Infinix Note 11s pun hadir sebagai alternatif pilihan. Ia sudah mengantongi chipset Helio G96 yang membawakan sejumlah fitur penting seperti maksimal resolusi 108 MP dan juga dukungan laju penyegaran hingga 120 Hz pada layar Full HD+.

Sebagai inti-inti dari konfigurasi octa core miliknya, tersemat dua unit berkinerja tinggi Cortex A76 (2.05 GHz) dengan dua unit hemat daya Cortex A55 berkekuatan 2 GHz.

SoC (System-on-chip) yang tawarkan proses fabrikasi 12 nanometer ini juga turut mengemas GPU (Graphical Processing Unit) berupa Mali G57 MC2 pada frekuensi 850 MHz. Ya, dari segi kemampuan GPU, rupanya ia masih kalah dengan Mali G52 MC2 pada Helio G88 yang berlari pada frekuensi 1000 MHz.

Di sisi lain, dari segi konektivitasnya pun Helio G96 membekali dirinya dengan LTE Cat. 13 yang lebih unggul dari LTE Cat. 7 pada Helio G88. Lebih lanjut lagi, Helio G96 juga mendukung tipe memori LPDDR4x dengan frekuensi 2133 MHz dan ukuran maksimal hingga 10 GB. Beda halnya dengan Helio G88 (LPDDR4x) dengan frekuensi 1800 MHz dan maksimal 8 GB.

Perbandingan Benchmark

Helio G88 nyatanya memiliki kemampuan mengangkat game yang inferior dibandingkan Helio G96, setidaknya hal ini terlihat dari perbandingan benchmark sintetis yang dilansir dari NanoReview. Infinix Hot 11s menghadirkan skor benchmark AnTuTU v9 sebesar 216.319, sedangkan Helio G96 yang digunakan Note 11s punya skor 342.090 poin.

Tingginya performa Helio G96 juga tercermin dalam pengujian Geekbench 5 di mana ia mendapatkan skor 544 untuk single core dan 1886 untuk multi-core. Tentunya ini lebih baik ketimbang Infinix Hot 11s dengan skor 373 poin untuk single core dan 1362 untuk multi-core.

2. Ukuran Layar dan Refresh Rate

infinix note 11s layar

Sekadar informasi, huruf "s" pada nama Infinix Hot 11s dan Note 11s memang melambangkan peningkatan dari beberapa sisi. Alih-alih Infinix Hot 11 reguler yang suguhkan laju penyegaran (refresh rate) 60 Hz konvensional, varian "s" ini punya layar yang lebih baik karena sudah menghadirkan laju penyegaran sebesar 90 Hz, alias 50% lebih mulus.

Lain lagi dengan Infinix Note 11s yang kini telah menyuguhkan refresh rate 120 Hz yang membuatnya mampu menampilkan pergerakan layar dua kali lipat lebih licin dan smooth. Ini semua berkat penggunaan masing-masing SoC Helio G88 dan Helio G96 yang mendukung refresh rate tinggi tersebut.

Kedua layar ponsel tentu sudah berada pada resolusi Full HD+. Kendati resolusinya sama, namun Infinix Hot 11s hanya mengemas dimensi bentang layar 6,78 inci saja, tidak seperti Infinix Note 11s dengan layar lebih lebar di angka 6,95 inci.

Baik Hot 11s maupun Note 11s sama-sama memiliki panel layar IPS LCD. Bagi varian Note 11s, ini merupakan sebuah "penurunan" dibanding Infinix Note 11 reguler yang sudah gunakan AMOLED. Kendati begitu, sayangnya Note 11 hanya punya layar 6,7 inci saja.

2. eMMC 5.1 vs UFS 2.2

infinix note 11s ufs

Perbedaan selanjutnya terletak pada jenis tipe memori internal yang digunakan. Infinix Hot 11s nyatanya masih andalkan penyimpanan internal berjenis eMMC 5.1 sedangkan Note 11s sudah lebih baik lagi dengan UFS 2.2.

eMMC merupakan singkatan dari embedded MultiMediaCard yang sempat menjadi standar utama memori internal pada masanya. Kemudian barulah UFS alias Universal Flash Storage mengambil alih karena memiliki kecepatan transfer lebih tinggi tanpa mengorbankan konsumsi daya, seperti yang dilansir dari GuidingTech.

Menurut LiveMint.com, UFS 2.1 memiliki kecepatan puncak di angka 5.9 Gb per detik pada satu jalur sementara eMMC hanya punya kecepatan tertinggi di 2 Gb per detik saja. Keunggulan UFS lainnya adalah mampu melakukan proses read dan write di waktu bersamaan ketimbang eMMC yang hanya bisa melakukan keduanya di waktu berbeda.

Lalu, ada juga UFS 2.2 milik Infinix Note 11s yang memiliki kecepatan tulis acak 8 persen lebih tinggi, kecepatan baca acak 35 persen, dan kecepatan tulis sekuensial yang 80 persen lebih tinggi dibandingkan UFS 2.1.

Dengan kata lain, Infinix Not 11s yang gunakan UFS 2.2 akan memiliki performa lebih cepat saat loading game dan aplikasi, juga saat melakukan perpindahan data.

3. Resolusi Kamera Depan dan Belakang

infinix-hot-11s-nfc-kamera_

Berbekal konfigurasi Triple Camera, rupanya dua HP ini agak sedikit berbeda dalam hal resolusinya. Sama-sama suguhkan lensa berkekuatan 50 MP wide-angle (f/1.6) sebagai kamera utama, rupanya kamera pendampingnya agak berbeda.

Kamera kedua pada Infinix Hot 11s memiliki resolusi 2 MP depth sensor dengan kamera ketiganya berupa AI Lens. Sedangkan pada Infinix Note 11s, kamera kedua dan ketiganya adalah lensa 2 MP (f/2.4) dengan fungsi masing-masing berupa makro dan depth sensor.

Untuk diketahui, kamera makro berfungsi untuk memotret subjek berukuran kecil secara close up, membuatnya tampak terlihat besar. Lalu, depth sensor atau sensor kedalaman dapat memberikan efek background blur atau bokeh pada foto, alias membuat latar belakangnya menjadi hilang fokus sehingga memberikan penekanan terhadap subjek foto utama.

Perbedaan selanjutnya terletak pada kamera selfie di mana Infinix Hot 11s mengemas kamera wide-angle 8 MP (f/2.0) sedangkan Infinix Note 11s dua kali lipat lebih besar yaitu kamera 16 MP.

4. Lokasi Fingerprint Scanner

fingerprint

Kedua ponsel turut menghadirkan sensor yang cukup lengkap, seperti akselerometer, gyro, proksimitas, dan juga kompas. Selain itu juga, ada pula sensor pemindai sidik jari yang membantu pemakai dalam membuka kunci layar secara praktis dengan hanya menempelkan jari saja.

Nah, sensor pemindai sidik jari ini rupanya diletakkan pada posisi yang berbeda antara Infinix Hot 11s dan Note 11s. Sementara Hot 11s mengusung posisi rear-mounted fingerprint alias di belakang, Note 11s memilih untuk meletakkannya di samping alias side-mounted fingerprint scanner.

5. Kemampuan Fast Charging

infinix note 11 fast charging

Sama-sama tawarkan port pengisian USB Type-C 2.0, nyatanya kedua HP ini memiliki fitur pengisian cepat dengan daya yang berbeda. Infinix Hot 11s yang memang dibanderol dengan harga lebih murah hanya memiliki fast charging 18 W saja sementara Infinix Note 11s mengusung fast charging 33 W.

Adapun kedua smartphone harga terjangkau ini sama-sama memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh yang dapat bertahan hingga seharian penuh dengan bantuan Super Power Marathon sebagai fitur penghemat daya.

6. Ketersediaan NFC

infinix-hot-11s-nfc-nfc_

Kini, Anda tidak perlu lagi membayar mahal-mahal untuk bisa mendapatkan ponsel dengan fitur NFC. Secara singkat, NFC (Near Field Communication) adalah fitur modern yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi secara digital antar perangkat, ataupun untuk mengisikan saldo kartu eMoney dan eToll dengan hanya menempelkan kartu pada bodi HP.

Varian Infinix Hot 11s yang hadir di Indonesia adalah Infinix Hot 11s NFC, yang artinya ia memang telah dibekali dengan fitur NFC tersebut. Beda halnya dengan Infinix Note 11S yang tidak menyediakannya.

Simpulan

Harga rilis untuk Infinix Hot 11s NFC yang hadir secara resmi di Indonesia mulai dari Rp2.099.000,-. Barulah pada Infinix Note 11s bervarian 8/128 GB, ponsel ini dapat dibeli seharga Rp2.899.000,-. Dilihat dari perbedaan harganya saja kita sudah bisa menilai bahwa Infinix Note 11s merupakan pilihan yang lebih baik.

Misalnya saja dari segi pengisian daya yng sudah mendukung 33 W, sehingga untuk mengisikan baterai hingga penuh hanya perlu sedikit waktu ketimbang daya 18 W pada Hot 11s. Selain itu, SoC yang lebih gahar pada Infinix Note 11s juga turut membantu ponsel menjaga frame rate tetap stabil di saat bermain game berat.

Keberadaan layar 6,95 inci pada varian Note tersebut juga merupakan satu di antara seribu, memberikan imersif yang lebih mendalam yang sulit dijangkau oleh kebanyakan ponsel lainnya yang rata-rata hanya hadirkan layar 6,5 hingga 6,7 inci saja.

Satu-satunya kekurangan Note 11s yang mungkin menjadi deal breaker adalah absennya fitur NFC. Jika memang Anda sering berpergian menggunakan mobil, tentu fitur NFC akan berguna untuk mengisi saldo eMoney untuk bayar parkir. Namun jika tidak membutuhkannya, overall Infinix Note 11s adalah pilihan yang lebih solid. Jadi, sudah tentukan mau pilih yang mana?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram