carisinyal web banner retina

Simak 5 Perbedaan Infinix Hot 20 dan Infinix Hot 30 Ini

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Infinix Hot 30 series telah diumumkan pada akhir Maret 2023. Seri ini terdiri dari Infinix Hot 30, Infinix Hot 30i, Infinix Hot 30i NFC, dan Infinix Hot 30 Free Fire Limited Edition. Yang bakal di bahas pada kesempatan kali ini adalah Infinix Hot 30 reguler yang menduduki kelas harga menengah ke bawah alias Rp2 jutaan.

Di 2022, perusahaan di bawah naungan Transsion Holdings tersebut juga telah meluncurkan Infinix Hot 20 yang jadi pendahulunya. Sontak hal ini mengundang tanda tanya, apa yang membedakan Infinix Hot 30 dan Infinix Hot 20? Secara, keduanya berada di harga yang tidak beda jauh.

Setiap tahun selalu memiliki standarnya sendiri, dan sudah semestinya Infinix Hot 30 membawakan sejumlah peningkatan dibanding sang "kakak". Agar tahu seberapa jauh perbedaan keduanya, mari simak pada artikel perbedaan berikut ini.

Spesifikasi Infinix Hot 20

Infinix Hot 20
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Infinix Hot 30

Infinix Hot 30
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Infinix Hot 20 dan Infinix Hot 30

Apa saja yang membedakan kedua HP kelas menengah ke bawah ini? Dan melihat dari harga masing-masing, manakah di antaranya yang lebih worth it untuk dibeli? Untuk jawab pertanyaan tersebut, simak poin-poin perbedaan sebagai berikut.

1. Ukuran Layar

infinix hot 30 layar_

Infinix merupakan merk smartphone asal Hong Kong yang terkenal sering memberikan layar besar pada setiap produknya. Ini jelas terlihat pada layar Infinix Hot 20 yang memiliki dimensi 6,82 inci. Namun, resolusinya masih HD+ 720p sehingga memberikan ketajaman yang kurang baik.

Agak kontras dengan Infinix Hot 30 yang jadi generasi penerusnya, di mana layar memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil yaitu 6,78 inci, namun sudah pakai resolusi Full HD+ 1080p.

Kedua smartphone sama-sama menggunakan panel IPS LCD pada aspek rasio 20:9. Belum suguhkan AMOLED, keduanya memang memiliki layar yang cenderung punya kontras rasio inferior dan juga konsumsi daya yang lebih boros. Tapi ini sudah sesuai dengan identitas Infinix Hot series yang menempati posisi entry-level.

Layar HP keduanya juga dibekali kemampuan yang sama yaitu refresh rate 90 Hz. Dengan begitu, smartphone dapat menyajikan tampilan animasi bergeser yang 50% lebih mulus dari 60 Hz konvensional.

Perbedaan kedua layar di HP ini memang condong sedikit. Tapi kalau membutuhkan HP dengan layar lebih besar namun resolusi lawas, bisa memilih Infinix Hot 20. Sedangkan jika lebih mementingkan resolusi yang tajam namun dengan ukuran lebih kecil, bisa pilih Infinix Hot 30.

2. Helio G85 vs. G88

Ilustrasi chipset Helio G88

Performa kedua smartphone cukup powerful untuk menjalankan gim populer tanpa ngelag. Bagaimana tidak? Chipset yang digunakan biasa dipakaikan pada ponsel kelas menengah, yaitu Helio G85 untuk Infinix Hot 20 dan Helio G88 untuk Infinix Hot 30.

Helio G85 dan G88 sejatinya merupakan dua chipset yang memiliki banyak kesamaan. Dua-duanya sama-sama gunakan konfigurasi CPU octa-core yang mencakup dua inti high performance Cortex A75 berkekuatan 2.0 GHz, serta enam unit hemat daya Cortex A55 dengan frekuensi 1.8 GHz. Kedua chipset juga mengandalkan kartu pengolah grafis (GPU) yang sama yaitu Mali G52 MC2.

Perbedaan antara Helio G85 dan G88 memang agak samar-samar. Keduanya hanya berbeda dari sisi dukungan display dan juga multimedia. Pasalnya, Helio G88 sudah support layar Full HD+ dan refresh rate 90 Hz sekaligus. Kemudian, Helio G88 juga mendukung kamera utama beresolusi 64 MP, sedangkan Helio G85 mendukung resolusi maksimal di 48 MP.

Lebih lanjut lagi, Helio G88 juga sudah mendukung HyperEngine 2.0 yang lebih baik dalam pengoptimalan gaming. Daya CPU, memori, dan GPU akan teralokasikan dengan lebih baik ketimbang Helio G85 dengan HyperEngine 1.0.

Melihat dari skor AnTuTu v9 kedua chipset di laman Nano Review, Helio G85 mendapatkan skor 236.339 poin sedangkan Helio G88 meraih skor 229.045 poin. Perbedaan skor ini cuman terpaut 3%, sehingga bisa saja dianggap punya performa yang sama di dunia nyata.

Performa kedua smartphone ini mampu mengangkat gim Mobile Legends dengan pengaturan Ultra tanpa ada isu lagging. Pengguna pun dapat bermain gim berpacu cepat seperti PUBG Mobile dengan frame rate cukup lancar.

3. Sama-sama Kamera Utama 50 MP

infinix hot 20 kamera_

Kamera kedua HP ini juga terbilang cukup berbeda walau tidak terlalu signifikan. Dua-duanya menggunakan resolusi kamera 50 MP yang berjalan pada teknologi quad bayer. Teknologi ini menyatukan empat piksel berdekatan jadi satu. Hal ini membuat pemotretan malam hari terasa lebih jernih karena kamera mampu menyerap cahaya lebih banyak.

Kamera utama di Infinix Hot 20 disertai dengan PDAF sementara Infinix Hot 30 hadir dengan AF. Keduanya juga hanya dibekali dengan satu kamera pendamping. Sementara Infinix Hot 20 hadir dengan kamera QVGA, pihak perusahaan tidak menyebut besaran resolusi dan fungsi kamera pendamping pada Infinix Hot 30.

Perbedaan utama terletak di kemampuan perekaman. Infinix Hot 20 hanya mendukung resolusi 1080p di 30 FPS sedangkan Infinix Hot 30 hadir dengan dukungan 1440p di 30 FPS. Dengan resolusi lebih baik, hasil video pun terlihat lebih tajam dan tidak akan buram saat ditonton di monitor berukuran besar.

Bagian kamera depan kedua ponsel tetap sama yaitu kamera 8 MP dengan dukungan perekaman 1080p di 30 FPS dan disertai Dual LED Flash. Bedanya, Infinix Hot 20 memiliki apertur f/2.0 sedangkan apertur kamera depan Infinix Hot 30 adalah f/2.5.

4. Peningkatan di Fast Charging

infinix hot 30 fast charging_

Infinix Hot 20 dan Hot 30 sama-sama dibekali kapasitas baterai 5.000 mAh. Ketahanan baterai keduanya bisa membuat ponsel digunakan hingga seharian penuh pada satu siklus pengecasan.

Perbedaan keduanya terleta pada kemampuan fast charging. Ya, Infinix Hot 20 hanya memiliki daya pengecasan 18 W sedangkan Infinix Hot 30 hadir dengan daya 33 W. Perbedaan ini hampir terpaut 2x lipat, Anda dapat mengekspektasikan Infinix Hot 30 untuk dicas dengan lebih cepat.

Menurut klaim perusahaan, hanya dibutuhkan waktu 30 menit untuk isi baterai Infinix Hot 30 dari 0-55%. Sementara untuk Infinix Hot 20, waktu yang diperlukan untuk siklus full charge adalah sekitar 2 jam.

5. Versi Android saat Rilis

infinix hot 20 nfc_

Infinix Hot 20 memang dirilis lebih awal ketimbang Infinix Hot 30. Ini yang jadi penyebab Infinix Hot 20 dirilis menggunakan versi OS lebih lawas yaitu Android 12 berantarmuka XOS 12. Ini berbeda dengan Infinix Hot 30 yang sudah membawakan versi Android 13, punya fitur-fitur yang lebih canggih dan modern.

Simpulan

Hingga artikel ini ditulis per April 2023, Infinix Hot 20 dan Hot 30 belum tersedia di Indonesia. Keduanya sama-sama punya harga rilis 599 ringgit Malaysia atau sekitar Rp2,01 juta ketika dirupiahkan. Dengan harga yang sama, dan perbedaan yang tidak terlalu banyak, sebaiknya pilih Infinix Hot 30 yang dirilis lebih baru.

Soalnya, ponsel keluaran terbaru memiliki versi Android yang lebih modern juga. Dan apabila suatu saat ada update versi untuk keduanya, besar kemungkinan Infinix Hot 30 yang bakal lebih langgeng masa dukungan update-nya.

Tapi, Infinix sendiri termasuk brand yang jarang berikan kepastian soal dukungan update. Ada kemungkinan juga versi Android keduanya tidak akan dapat di-update. Infinix Hot 30 juga menyajikan fast charging yang lebih cepat.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram