Apa Saja Perbedaan Infinix Note 10 dan Infinix Note 10 Pro?

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Geliat Infinix sepanjang 2021 nyata terlihat. Perusahaan HP asal Hongkong ini sudah meluncurkan deretan ponsel Infinix Hot 10 Series dan Infinix Zero 8 Series. Tak berhenti di situ, Infinix mewarnai kalender Mei 2021 dengan dua HP baru untuk seri Note.

HP seri Note yang dimaksud adalah Infinix Note 10 dan Infinix Note 10 Pro. Infinix sepertinya sengaja melewati angka 9 untuk menamai dua HP suksesor dari Infinix Note 8 ini. Bisa jadi alasannya adalah agar nama kedua produk selaras dengan deretan ponsel Infinix seri Hot yang juga memakai angka 10.

Ngomong-ngomong, Infinix Note 10 dan Infinix Note 10 punya tampang yang mirip. Namun, pastinya dua HP itu punya perbedaan yang kali ini bakal Carisinyal ulas khusus buat Anda. Tapi sebelumnya simak dulu spesifikasi utama kedua ponsel sebagai berikut:

Spesifikasi Infinix Note 10

  • Rilis: Mei 2021
  • Layar: 6,95 inci, IPS LCD, Full HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G85 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi Infinix Note 10 Pro

  • Rilis: Mei 2021
  • Layar: 6,95 inci, IPS LCD, Full HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G95 (12 nm)
  • GPU: Mali-G76 MC4
  • RAM: 6 GB, 6 8B
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Perbedaan Infinix Note 10 dan Infinix Note 10 Pro

Nah, seusai membaca spesifikasi di atas, Anda pasti sudah mencatat sektor mana saja yang berbeda dari kedua ponsel. Apakah cuma itu perbedaannya? Yuk, kita cocokkan saja lewat pembahasan di bawah ini!

1. Desain dan Dimensi

sumber: infinixmobility.com

Tiga hal yang jadi dasar Infinix dalam merancang desain dua ponsel ini adalah progresif, tepat, dan seimbang. Perpaduan itu diklaim Infinix menghasilkan desain dengan citra tech savvy dan stylish. Citra tersebut dapat Anda saksikan mulai dari penutup belakangnya.

Kover belakang kedua ponsel mendapat polesan garis-garis lurus membujur dengan dua perbedaan kontras. Bagian atas berkelir terang, sedangkan separuh bagian bawah berkelir gelap. Bedanya, Infinix Note 10 konsisten memakai desain ini untuk tiga varian warnanya: Hitam, Ungu, dan Emerald Green.

Sedangkan Infinix Note 10 Pro hanya memakai desain ini pada varian warna Hitam dan Ungu saja. Varian warna yang lain, Nordic Secret, berupa gradasi biru dan ungu tanpa garis-garis.

Perbedaan berlanjut ke modul kamera belakang yang memperlihatkan citra tech savvy. Keduanya memakai modul kamera bertingkat. Tingkat teratas merupakan tempat bernaung lensa yang berwarna hitam. Sedangkan tingkat kedua merupakan ring modul yang punya warna senada dengan penutup belakang.

Bedanya, ada enam lingkaran lensa yang menempati modul kamera belakang Infinix Note 10 Pro, sedangkan Infinix Note 10 cuma lima. Itu berarti Infinix Note 10 Pro punya lensa kamera lebih banyak. Selain hal tersebut, tulisan yang tersemat di ring modul kedua ponsel juga berbeda.

Infinix Note 10 pede dengan tulisan "AI | Ultra Night Camera". Sedangkan tulisan yang dibubuhkan pada ring model Infinix Note 10 Pro adalah "AI Quad 64 MP ASPH." dan "1:1.8-2.25/16-24 mm" yang merupakan spesifikasi bukaan dan lensa.

Desain yang mirip ini membuat kedua ponsel bak pinang dibelah dua. Namun, asal Anda tahu, dimensi kedua ponsel ternyata tidak sama. Infinix Note 10 Pro sedikit lebih ramping dengan ukuran 172,8 x 78,3 x 7,8 mm. Sedangkan Infinix Note 10 berdimensi 173,2 x 78,7 x 8,8 mm. Infinix belum mengungkap bobot keduanya.

2. Tampilan

sumber: infinixmobility.com

Infinix Note 10 dan Infinix Note 10 Pro sepakat mengandalkan panel IPS LCD untuk memperkuat sektor tampilan. Panel beresolusi FullHD+ (1080 x 2460 piksel) tersebut menciptakan layar dengan bentang sangat lebar, 6,95 inci.

Namun, karena dimensi Infinix Note 10 Pro sedikit lebih kecil, rasio layar banding bodinya jadi membesar, yakni 84,8% berbanding 84,2% milik Infinix Note 10. Hal itu jadi faktor pembeda pertama di sektor tampilan.

Perbedaan kedua terletak pada kemampuan yang dimiliki. Infinix Note 10 Pro lebih andal dipakai untuk kegiatan gaming karena punya laju penyegaran 90 Hz dengan touch sampling rate 180 Hz. Dengan angka touch sampling rate yang sama, Infinix Note 10 cuma dibekali refresh rate 60 Hz.

Kendati demikian, kedua layar dengan rasio kontras 1500:1 ini sudah mendapatkan sertifikasi rendah radiasi biru dari TÜV Rheinland. Artinya, mata pengguna bisa terhindar dari kelelahan berlebih kendati menatap layar si ponsel dalam waktu lama.

3. Chipset

sumber: infinixmobility.com

Akhiran Pro pada Infinix Note 10 Pro semakin dipertegas oleh sektor dapur pacu. Ya, gara-gara punya embel-embel pro, chipset yang diselipkan di mainboard si ponsel sedikit lebih tinggi daripada yang dipasang untuk Infinix Note 10.

Infinix Note 10 Pro pakai MediaTek Helio G95, sedangkan Infinix Note 10 menggunakan MediaTek Helio G85. Kedua chipset kelas menengah ini memang dibikin lewat proses fabrikasi 12 nm. Namun, arsitektur dan komponen lain yang ada di dalamnya berbeda.

G95 memakai arsitektur Cortex A76 untuk dua core kencangnya yang berkecepatan 2,05 GHz. Sementara enam core CPU hemat daya (2,0 GHz) berbasiskan Cortex A55. Selain itu, ada pula GPU Mali G76 MC4 yang ada di dalam Helio G95. GPU 20 core ini memiliki kecepatan 900 MHz.

Di lain pihak, dua core performa (2,0 GHz) Helio G85 dirancang dengan arsitektur yang lebih lawas, yakni Cortex A75. Untuk core irit dayanya sama-sama memakai Cortex A55 dengan clockspeed yang lebih rendah (6x1,8 GHz). Tak ketinggalan ada Mali G52 MC2 yang merupakan GPU empat core dengan kecepatan 1 GHz.

4. Kamera

sumber: infinixmobility.com

Seperti yang sudah sedikit disinggung pada poin desain, modul kamera belakang kedua ponsel memang punya penampakan berbeda. Hal ini karena spesifikasi kamera yang diusung memang tak sama.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram