carisinyal web banner retina

Inilah 8 Perbedaan Infinix Zero 5G dan Infinix Zero 20

Ditulis oleh Aris Wibowo

Di 2022 ini, Infinix Indonesia hadirkan seri Zero yang menarik. Contohnya adalah Infinix Zero 5G dan Infinix Zero 20. Kedua HP mid-range ini hadir untuk mengisi segmen yang berbeda. Infinix Zero 5G dikhususkan untuk Anda yang butuh ponsel 5G harian terjangkau. Sedangkan Infinix Zero 20 dipasarkan untuk Anda yang gemar membuat vlog karena mengusung sektor kamera berkualitas.

Menariknya, kedua HP Infinix ini dipasarkan dengan harga yang tidak jauh berbeda. Maka dari itu,  pembahasan dalam artikel ini mengenai apa saja perbedaan Infinix Zero 5G dan Infinix Zero 20. Simak spesifikasi utama kedua ponsel seperti berikut ini sebagai pembukaan.

Spesifikasi Infinix Zero 5G

Infinix Zero 5G
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 13 MP (telephoto) 2 MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Infinix Zero 20

Infinix Zero 20
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Infinix Zero 5G dan Zero 20

Nah, jika Anda tertarik untuk meminang salah satu HP Infinix ini untuk gadget harian.Yuk,simak terlebih dahulu perbedaan keduanya. Seluruh perbedaan ponsel Infinix dapat Anda temukan pada poin-poin berikut ini dan bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli.

1. Desain Berbeda, Bodi Masih sama-sama Berbahan Plastik

Infinix Zero 5G

Infinix Zero 5G bisa dibilang punya kesan yang elegan. Apalagi saat Anda menengok bagian bodi belakangnya. Pada bagian tersebut, terdapat housing kamera yang nampak hampir menempel pada bodi. Tonjolan kamera belakang ini memiliki lekukan yang halus nan simetris. Desain bodi ini disebut “Uni-Curve Design”.

Sayangnya, karena bodi belakang ini menggunakan finishing glossy, akan sangat mudah kotor apalagi saat digenggam. Bekas sidik jari akan mudah menempel. Solusinya memang, Anda harus menggunakan soft case bawaan. Namun, saat memakai soft case, kesan mewah HP ini menghilang.  

Sementara itu, bagian bodi belakang Infinix Zero 20 tampak bersih dengan modul kamera berbentuk persegi panjang yang vertikal dilengkapi dua buah kamera dan lampu flash. Ponsel ini dibekali kamera utama dan kamera ultrawide yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama besar.

infinix zero 20 desain bodi_

Untuk bagian bodi belakang, Infinix menggunakan teknologi baru bernama MDA atau Metal Direct Antena), dengan fitur ini antena selular yang terinstal di bodi perangkat secara menyeluruh akan memiliki koneksi yang lebih kencang dan stabil.

Perbedaan lain kedua HP ini ialah pada seri Zero 20 memiliki bodi belakang yang mirip bahan metal padahal aslinya masih berbahan plastik. Sementara seri Zero 5G menggunakan bodi belakang berbahan plastik polikarbonat khusus. Bagian rangka pinggir sudah terbuat dari aluminium yang diklaim masih nyaman digenggam tangan karena berdesain melengkung. 

Beralih di sisi depan, Infinix Zero 5G dan Infinix Zero 20 mengusung desain yang berbeda. Kedua HP masih menggunakan layar lebar dengan kamera depan beda model.

Infinix Zero 20 hadir dengan model waterdrop.

Sedangkan kamera depan Zero 5G, memang tampil lebih modern, yakni model punch hole di tengah atas layar. Desain kamera yang berbeda ini sebagai tanda bahwa Infinix Zero 20 dipasarkan beda kelas dengan Infinix Zero 5G.

Lalu, bagaimana dengan dimensinya?, Infinix Zero 5G hadir dengan tebal hanya 8,8 mm dan berat 199 gram. Sementara itu, Infinix Zero 20 memiliki tebal 8 mm dan berat 196 gram. Perbedaan ini jelas membuat infinix Zero 20 sangat nyaman digunakan untuk harian karena lebih tipis dan sedikit lebih kecil..

2. Layar IPS VS AMOLED

infinix zero 5g tanpa stereo speaker_

Membahas spesifikasi layar, kedua ponsel Infinix Zero ini memiliki spesifikasi yang cukup menjanjikan. Apalagi, infinix memang terkenal menghadirkan ponsel dengan layar yang berkualitas.

Nah, kali ini Infinix ternyata menggunakan layar yang sedikit berbeda dalam Zero series ini. Dalam Infinix Zero 5G, terpasang layar berukuran 6,78 inci. Layar lebar ini sayangnya masih menggunakan panel IPS dengan resolusi Full HD+.

Layar IPS ini diklaim hemat daya dan mampu menampilkan detail yang baik. Namun, dibalik itu semua, panel IPS ini tidak memiliki akurasi warna yang baik. Selain itu, layar ini hanya mendukung fitur Widevine L3 yang artinya hanya bisa streaming hingga resolusi 480p saja.

Berbeda dengan layar untuk Zero 20 berukuran 6,7 inci yang sudah menggunakan panel AMOLED dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel. Alhasil layar si ponsel mampu menampilkan kontras yang lebih baik dan warna yang lebih hidup dibanding HP pesaingnya.

Layar AMOLED ini juga sudah didukung dengan sertifikasi TUV Rheinland untuk kenyamanan mata dan mencegah efek cahaya biru berlebih sampai ke mata.

Perbedaan muncul lagi pada bagian refresh rate dan kecerahan layar. Infinix Zero 5G  mendukung kecerahan 500 nits di indoor, refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 240 Hz. Maka dari itu, layarnya pun bisa menampilkan tampilan yang lebih mulus serta lebih responsif. 

Sementara itu, layar Infinix Zero 20 sudah mendukung refresh rate 90 Hz dan kecerahan layar  400 nits. Maka dari itu, layarnya pun bisa menampilkan tampilan yang mulus serta responsif. Apalagi, Infinix menghadirkan teknologi True Color yang membuat warna yang ditampilkan lebih impressive dan membuat layar lebih hemat daya. 

Secara keseluruhan, layar Infinix Zero 20 memang lebih baik meski memiliki refresh rate yang dibawah Zero 5G. Layar Zero 20 memiliki tampilan yang lebih jelas dan lebih akurat. Namun, untuk bermain game, tentu Zero 5G cukup nyaman digunakan karena memiliki refresh rate dan touch sampling yang lebih tinggi..

3. Sama-Sama MediaTek Beda Seri

dimensity 900

Untuk memenuhi kebutuhan pasar Infinix menggunakan chipset berbeda-beda dalam varian Zero ini. Seperti dalam Infinix Zero 5G dengan chipset kelas tinggi yakni MediaTek Dimensity 900 dengan konektivitas 5G. Sedangkan Infinix Zero 20 hadir dengan chipset MediaTek Helio G99. Lalu bagaimana detail dapur pacu keduanya?

Untuk Infinix Zero 5G kini memakai chipset MediaTek dimensity 900. Meski bukan chipset baru, chipset ini sudah terbukti kualitasnya sehingga layak digunakan untuk ponsel harian maupun gaming.

Dimensity 900 dibuat dengan fabrikasi 6 nm sehingga memiliki efisiensi tinggi. Prosesor octa-core ini terdiri dari 2 buah core Cortex A78 berkecepatan 2,4 Ghz dan 6 buah core Cortex A55 2.0 Ghz.  

Chipset ini juga dibekali teknologi HyperEngine terbaru. Teknologi ini berpengaruh pada kualitas gambar dan grafis serta koneksi jaringan kala HP digunakan bermain game.

Untuk memberikan performa yang kencang, chipset MediaTek ini disokong RAM 8 GB jenis lpddr5, GPU Mali G68 MC4, memori internal 128 GB UFS 3.1 hingga modem dual sim 5G. Tidak lupa, Infinix menambahkan erdal engine dan RAM virtual tambahan 5 GB agar performa HP kian optimal.

Infinix juga menambahkan sistem pendingin Heat Pipe Thermal Module 2.0 dan 3D Cooling master yang akan memonitor suhu perangkat dan mendinginkan dengan cepat. Dengan sistem ini HP tidak akan mudah panas meski digunakan terus menerus.

Untuk pengujian performa, menurut David Gadgetin, Infinix Zero 5G memiliki skor AnTuTu 9 476.221.Ketika digunakan bermain game PUBG mobile, HP ini bisa memainkan dengan pengaturan Smooth Extreme 60 fps. Game dapat dimainkan dengan lancar dan gyro cukup responsive. Untuk game, smartphone ini sangat lancar tanpa masalah.

Ketika digunakan bermain game Genshin Impact selama 30 menit, HP Infinix ini cukup stabil dan tidak terlalu panas. Bahkan saat diperiksa, suhu tertinggi di bagian bodi belakang hanya mencapai 41 derajat.

Beralih ke Infinix Zero 20, Ponsel MediaTek Helio G99 dibuat dengan teknologi fabrikasi 6 nm. Dengan proses fabrikasi yang sudah ditingkatkan, MediaTek mengklaim chipset Helio G99 ini lebih hemat daya 30% dibanding chipset seri sebelumnya. 

MediaTek Helio G99 dibekali dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dua core Cortex A76 performa tinggi dengan kecepatan 2,2 Ghz dan enam buah Cortex A55 berkecepatan 2.0 Ghz untuk efisiensi daya.

Agar performanya kian optimal, chipset ini disokong GPU Mali G57 serta dukungan RAM 8 GB LPDDR4X dan memori penyimpanan 128 GB. Keunggulan bertambah dengan adanya fitur RAM virtual tambahan sebesar 5GB sehingga total RAM menjadi 13 GB.

Menurut pengujian yang dilakukan Gadgetfren, Infinix Zero 20 memiliki skot AnTuTu 9 373.528. Dengan skor ini, HP ini bisa digunakan untuk multitasking dan bermain game dengan lancar.

4. Konfigurasi Kamera Berbeda

infinix zero 20

Sejak beberapa tahun terakhir, Infinix terus membenahi sektor kamera dalam setiap produknya. Nah, untuk varian Zero, Infinix mencoba menawarkan sektor kamera yang lebih baik dibanding seri Hot dan Note.

Untuk konfigurasi kamera yang digunakan kedua HP Infinix ini memang mirip dengan resolusi dan sensor yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk memenuhi permintaan pengguna HP saat ini. .

Sebagai ponsel 3 jutaan,  dalam Infinix Zero 5G, Anda akan menemukan konfigurasi kamera yang sedikit berbeda. Kali ini Infinix mencoba menghadirkan kamera telephoto sebagai nilai lebih. Infinix memasang kamera utama 48 MP dengan teknologi Ultra Vision Camera dan sensor ISOCELL HP1 dari Samsung. Untuk bukaan kamera f/2.0 dan sudah dilengkapi PDAF.

Untuk kamera kedua, ada kamera telephoto 13 MP dengan 2x Optical Zoom, 30x Digital Zoom, bukaan f/2.5 dan PDAF. Terakhir ada kamera bokeh 2 MP bukaan f/2.4. Untuk kamera depan, HP Infinix 5G ini hanya dibekali kamera 16 MP f/2.0..

Untuk perekaman video, kamera utamanya mampu merekam video 4K 30fps dan kamera depan hanya video 1080p 30fps.

Menurut Gadgetin, hasil jepretan dari HP ini cukup bagus dan memuaskan. Detail saat kondisi minim cahaya juga cukup bagus untuk HP mid-range. Sayangnya pemrosesan warna hasil fotonya kurang optimal. Di beberapa kesempatan masih ditemukan hasil foto yang memiliki warna pucat. 

Beralih ke Infinix Zero 20. Ponsel ini mengusung sektor kamera yang cukup tinggi. Ponsel ini memakai tiga kamera belakang dan sebuah kamera depan. Menariknya, Infinix justru fokus menghadirkan sektor kamera depan yang kian berkualitas untuk membuat konten video.

Nah, mari kita bahas secara rinci spesifikasi satu per satu kamera HP ini. Untuk kamera utama, Infinix memasang sensor 108 MP dengan sensor yang mirip seri Infinix Note 12 Pro. Kamera tersebut memiliki bukaan f/1.8, dilengkapi autofokus PDAF.

Lalu kamera kedua memiliki resolusi 2 MP memiliki fungsi sebagai kamera depth. Kamera ini punya bukaan f/2.4, dan terakhir mengenai kamera Ultrawide berukuran 13 MP dengan AF.

Keunggulan HP ini justru hadir di bagian kamera depan. Infinix memasang kamera depan 60 MP dengan Autofokus dan OIS. Infinix mengklaim bahwa ini menjadi smartphone dengan kamera selfie resolusi terbesar yang ada.

Untuk perekaman video, baik kamera depan dan kamera belakang mampu membuat video 1440p 30fps.

Lalu bagaimana hasil fotonya? Menurut Youtuber FlashGadget, ponsel ini mampu menghasilkan foto dengan pencahayaan yang baik di mode auto. Untuk mode HDR, detail yang dihadirkan juga cukup jelas dengan warna natural. 

Untuk hasil kamera selfie, tentu hasilnya cukup jelas dan detail. Apalagi, kamera depan ini sudah dibekali OIS sehingga untuk merekam video sangat stabil. Sayangnya, mic yang dihadirkan masih kurang optimal.

5. Baterai 5000 mAh vs 4500 mAh

infinix zero 20

Selain fokus menghadirkan performa, Infinix juga fokus menghadirkan perangkat yang tahan lama digunakan dan cepat dalam pengisian baterai.  Untuk itulah, Infinix Zero 5G dan Zero 20 ini sudah memakai kapasitas baterai dan fitur fast charging yang berbeda.

Dalam Infinix Zero 5G, Anda akan mendapati fitur fast charging 33W dengan batera 5000 mAh. Kala melakukan pengisian daya, HP ini hanya butuh waktu 30 menit untuk mengisi baterai 50%. Sedangkan untuk mengisi penuh butuh waktu 1 jam 20 ment.

Beralih ke Infinix Zero 20. Dengan bekal baterai 4500 mAh serta teknologi fast charging 45W dan charger bawaan yang ada dalam paket penjualan, Zero 20 bisa mendapat waktu pengecasan sekitar 30 menit. Pengecasan dengan tempo singkat itu dilakukan untuk mengisi baterai kosong hingga 75%. 

6. Konektivitas 5G vs 4G

infinix zero 5g jaringan 5g_

Pembahasan berlanjut ke poin konektivitas. Infinix Zero 5G mendukung konektivitas yang lengkap. Mulai dari jaringan seluler 5G, NFC, WIFi 6, dan Bluetooth 5.2. Fitur wifi 6 juga membuat kecepatan upload dan download di ponsel ini lebih cepat dibanding seri sebelumnya.

Sayangnya, varian Zero 20 tidak memiliki konektivitas 4G dan hanya mendukung wifi 5. Meski belum 5G, dengan modul 4G yang terdapat di SoC MediaTek G99, konektivitas 4G di HP ini cukup cepat dan akurat.

7. Android 11 vs Android 12

XOS 10 infinix

Sebagai sebuah ponsel Android, Infinix menghadirkan sistem operasi dengan antarmuka XOS yang terkenal nyaman untuk gaming. Untuk varian Zero 5G sayangnya masih menggunakan sistem Android 11 dengan antarmuka XOS 10. Berbeda dengan Zero 20 yang sudah menggunakan sistem Android 12 dengan XOS 12. 

8. Harga Rilis

infinix zero 20

Infinix Zero 5G dipasarkan dengan harga Rp3,6 juta untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 128 GB

Infinix Zero 20 akan dipasarkan di Indonesia dengan harga 3,6 jutaan untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. 

Simpulan

Itu tadi merupakan sejumlah perbedaan yang dapat ditemukan pada Infinix Zero 5G dan Infinix Zero 20. Jika dilihat lebih seksama, spesifikasi dan fitur yang dibawa Zero 20 memang cocok untuk Anda yang hobi fotografi. Performa kamera depan dan belakang mampu menjadikan HP ini sebagai teman perjalanan yang handal dan menyenangkan.

Sementara itu, Zero 5G tampak dipersiapkan untuk ponsel harian yang nyaman dibawa berkegiatan. Mengusung bodi yang elegan, HP ini memiliki keunggulan fitur 5G sehingga dapat digunakan berkomunikasi maupun browsing lebih maksimal. Sayangnya, kualitas layarnya kurang maksimal dan tidak ada NfC di dalamnya.

Bagaimana menurut Anda, lebih tertarik dengan Infinix Zero 5G atau Infinix Zero 20?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram