Sebelum Beli, Ketahui 10 Perbedaan iPad 2020 dan iPad 2021

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Apple memang senantiasa melakukan update terhadap produk tabletnya. Pembaharuan versi produk ini berbeda dengan iPhone yang gunakan nomor seri di namanya, seperti iPhone 12 Series dan iPhone 13 Series.

Pada seri iPad, kita dapat membedakan produk antar generasi dengan menyebutkan tahun rilisnya, seperti iPad 2020 dan iPad 2021. Atau, kita bisa juga menyebutnya sebagai iPad generasi ke-8 dan iPad generasi ke-9.

Biasanya produk generasi lama yang tergantikan oleh generasi baru akan langsung di-discontinue oleh perusahaan. Namun biasanya Anda tetap dapat membeli produk-produk lama yang masih tersedia secara online maupun offline di toko rekanan Apple.

Nah, setiap kali Apple mengeluarkan generasi terbaru, pastinya ada peningkatan fitur dan spesifikasi, atau bahkan desain bodinya juga. Masalahnya, produk Apple jarang alami perubahan desain sehingga iPad 2020 dan iPad 2021 pun tidak terlihat ada bedanya dari luar.

Carisinyal pun memutuskan untuk beberkan beberapa poin perbedaan yang hanya bisa Anda ketahui jika membandingkannya secara lebih mendalam. Apakah ada fitur baru di iPad 2021 yang tidak dimiliki iPad 2020? Untuk bisa menjawabnya, simak artikel ini sampai tuntas!

Spesifikasi iPad 2020

  • Rilis: September 2020
  • Layar: Retina IPS LCD
  • Chipset: Apple A12 Bionic (7 nm)
  • GPU: Apple GPU (4-core graphics)
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 8 MP
  • Kamera Depan: 1.2 MP
  • Baterai: Li-Ion 32.4 Whr

Spesifikasi iPad 2021

  • Rilis: September 2021
  • Layar: Retina IPS LCD 10.2 inci
  • Chipset: Apple A13 Bionic (7 nm)
  • GPU: Apple GPU (4-core graphics)
  • RAM: TBU
  • Memori Internal: 64 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 12 MP
  • Kamera Depan: 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 32.4 Whr

Perbedaan iPad 2020 dan iPad 2021

Banyak hater yang bilang kalau Apple hanya merilis produk yang sama berulang-ulang setiap tahunnya, tapi nyatanya tidak begitu. Yuk, selami secara mendalam perbedaan antar dua generasi iPad ini!

1. Bobot Bodi

Jika sekilas dilihat, iPad generasi ke-9 dan generasi ke-8 memiliki desain bodi yang sama persis. Bahkan ukuran panjang, lebar, dan ketebalannya pun tidak berbeda. Mereka sama-sama dibekali bezel tebal dan tombol home fisik yang juga berfungsi sebagai sensor pemindai sidik jari.

Di balik persamaannya itu, iPad 2020 dan iPad 2021 memiliki bobot yang sedikit berbeda. iPad 8 diketahui memiliki berat 490 gram untuk varian WiFi, sedangkan versi selulernya 495 gram (LTE). Bobot ini sedikit lebih ringan pada iPad 9 yang hadir di kuartal ketiga 2021, yakni 487 gram untuk varian WiFi dan 498 gram untuk LTE.

Di atas kertas, perbedaan yang kecil ini nampaknya tidak berarti apa-apa. Namun jika Anda menggunakan tablet secara intens, lama-lama pengguna pun dapat merasakan kalau iPad 2021 memang lebih nyaman dan tidak mudah membuat tangan pegal.

Memang, salah satu aspek yang senantiasa berkembang pada teknologi adalah portabilitas sehingga perusahaan tablet dan smartphone kian berlomba-lomba hadirkan bobot ringan pada setiap produknya. Ini bertujuan untuk memberikan pengalaman paling nyaman dan ergonomis pada pengguna.

2. Apple A12 Bionic vs Apple A13 Bionic

Soal performa, produk Apple tidak perlu dipertanyakan lagi. Setiap gawai yang mereka persembahkan ke pasar global selalu memiliki kinerja tangguh dan gesit untuk menunjang berbagai kegiatan berat.

Tidak jarang, produk-produk Apple hadir sebagai perangkat nomor satu di dunia yang punya performa paling kuat. Ini karena ekosistem komponen yang mengandalkan algoritma serta neural engine dalam menjalankan setiap operasinya.

Sejauh ini, tidak ada perangkat Android yang menggunakan teknologi serupa. Itulah salah satu alasan kuat mengapa produk Apple selalu dicari.

Ekosistem yang kuat ini tentu didukung juga oleh chispet yang bertenaga. Untuk iPad 2020 sendiri, ia ditenagai oleh Apple A12 Bionic yang juga dimiliki oleh Apple iPhone X Series. Sedangkan iPad 2021 hadir dengan Apple A13 Bionic yang sebelumnya dimiliki juga oleh iPhone 11 Series.

Ini tentu jadi sebuah pertanyaan, mengapa keduanya menggunakan chipset yang tergolong "jadul" pada masanya? Padahal saat iPad 2021 dirilis, iPhone 13 Series sudah hadirkan A15 Bionic yang bisa dibilang setara dengan Snapdragon 888. Begitu pun dengan iPad 2020 yang saat itu sudah ada iPhone 12 dengan Apple A14 Bionic.

Ini dikarenakan, iPad merupakan seri tablet Apple termurah dibandingkan seri-seri lainnya seperti iPad Pro, Air, ataupun Mini. Sehingga chipset yang dihadirkannya pun memang bukan yang terbaru, melainkan telat beberapa generasi.

Apple A12 Bionic memiliki fabrikasi 7 nm dengan konfigurasi enam inti yang terdiri dari Vortex berkekuatan 2,5 GHz sebanyak dua inti, serta Tempest dengan clock speed 1,6 GHz sebanyak empat inti.

Apple A13 Bionic juga memiliki proses manufaktur yang sama, yakni 7 nm. Namun, memiliki konfigurasi hexa-core yang berbeda, yakni dua inti Lightning dengan clock speed 2,65 GHz, dan empat inti Thunder berkekuatan 1,8 GHz.

Ini merupakan perbedaan yang cukup signifikan dari segi kinerja baik saat bekerja maupun bermain. Skor AnTuTu v9 menunjukkan kalau Apple A12 Bionic tidak lebih unggul di angka 500 ribuan, sedangkan A13 Bionic sudah berhasil mencapai angka lebih tinggi yakni 600 ribuan.

Berdasarkan pengujian Ars Technica, skor single-core Geekbench 5 menunjukkan iPad 9 (2021) menang pada skor keseluruhan 1336 sedangkan iPad 8 (2020) hanya dapat skor 1114. Pun pada multi-core, iPad 2021 yang lebih baru ini punya skor 3408 yang lebih besar dari iPad 2020 dengan skor 2466.

Bukan peningkatan yang drastis-drastis amat, tapi Anda bisa merasakan performa sekitar 40 persen lebih baik dibanding generasi pendahulunya. Baik saat bermain game berat pada pengaturan grafis tertinggi ataupun rendering pada editor video.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram