carisinyal web banner retina

Inilah 5 Perbedaan itel Pad 2 vs itel VistaTab 30

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

itel kembali memperpanjang napasnya di segmen tablet dengan merilis itel VistaTab 30 pada Juni 2024. Tablet ini hadir di Indonesia setelah kedatangan produk tablet itel lainnya yaitu itel Pad 2. itel VistaTab 30 memiliki harga yang sedikit lebih tinggi, tapi tetap berada di angka Rp1 jutaan saja.

itel menyematkan beberapa perbedaan yang cukup menarik dari kedua tablet ini. Mulai dari desain, ukuran layar, hingga kapasitas baterai. Jika Anda mencari tablet dengan harga terjangkau, itel Pad 2 atau itel VistaTab 30 ini mungkin cocok. Silakan simak beberapa perbedaannya berikut agar memudahkan Anda dalam memilih.

Spesifikasi itel Pad 2

itel Pad 2
Layar IPS LCD 10.1 inci
Chipset UNISOC Tiger T606
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi itel VistaTab 30

itel VistaTab 30
Layar IPS LCD 11 inci
Chipset UNISOC Tiger T606
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 7000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan itel Pad 2 dan itel VistaTab 30

Berada di harga yang sama, kedua tablet itel ini bisa jadi pilihan yang bagus untuk Anda yang mencari tablet murah. Agar lebih mudah dalam memilih, berikut beberapa kelebihan dari itel Pad 2 dan itel VistaTab 30 yang mesti Anda tahu.

1. Desain Lebih Premium dan Ringan

itel vistatab 30

Dilihat secara kasat mata, itel VistaTab 30 ini memiliki tampilan desain yang lebih premium. Terutama di bagian modul kameranya. Tablet ini menggunakan desain boba dengan lingkaran kamera bulat disusun secara zig-zag. Desain modul ini mulai populer sejak iPhone 11 Pro Series hadir dan mulai banyak digunakan oleh beberapa HP Android lainnya.

Berbeda dengan itel Pad 2 yang memiliki modul kamera berbentuk persegi panjang dengan warna dasar hitam. Modul kamera ini hanya diisi satu lingkaran berisi kamera yang cukup besar. Kemudian di bagian bawahnya ada lampu LED flash untuk membantu pencahayaan saat kondisi gelap.

Saya sendiri menyukai desain modul seperti ini karena memberikan kesan premium saat melihatnya pertama kali. Namun, jangan salah sangka, hanya ada satu kamera saja yang bersemayam di sana, sisanya hanya sebagai hiasan untuk menunjang estetika saja.

Kemudian untuk bodinya, itel VistaTab 30 menambahkan sentuhan aksen brush metalik yang terasa lebih lembut saat disentuh. Sedangkan itel Pad 2 hanya memiliki bodi polosan saja. Namun, kelembutannya tetap tidak jauh berbeda jadi tetap terasa nyaman saat digunakan.

Terdapat perbedaan lainnya yang dimiliki oleh kedua tablet ini yaitu dari segi ketebalan. Itel Pad 2 memiliki ketebalan yang sudah cukup baik untuk sebuah tablet yaitu 9,05 mm. Sedangkan itel VistaTab 30 memiliki ketebalan yang lebih tipis yaitu 8 mm.

2. Layar Lebih Luas dan Tajam

itel vistatab 30

Sebagai sebuah tablet, itel Pad 2 memiliki ukuran layar yang cukup luas yaitu 10,1 inci. Ukuran layar ini sebenarnya sudah cukup ideal untuk sebuah tablet. Meski begitu, itel VistaTab 30 memiliki ukuran layar lebih luas yaitu 11 inci. Saya tentu menyukai ukuran tablet yang lebih luas karena penggunaannya jadi lebih nyaman dan puas.

Menariknya, kedua tablet ini juga sudah menggunakan panel IPS LCD. Warna yang ditampilkan sudah cukup baik. Bedanya, itel Pad 2 memiliki resolusi layar yang sedikit lebih rendah yaitu HD+ saja atau 1280 x 800 piksel. Hal ini mungkin akan memengaruhi tingkat ketajaman gambar dan warna yang dihasilkan. Kerapatan piksel yang dimilikinya yaitu 149 ppi.

Sementara itu, itel VistaTab 30 memiliki resolusi layar yang sedikit lebih tinggi yaitu Full HD+ atau 1920 x 1200 piksel dengan kerapatan piksel mencapai 149 ppi. Jika Anda sering berada di luar ruangan yang biasanya cerah, tampaknya tablet ini cukup bisa diandalkan dengan kecerahan layar puncak hingga 450 nit.

Meski bukan kecerahan layar terbaik untuk sebuah tablet, gambar dan tulisan yang ditampilkan cukup terlihat jelas saat di luar ruangan. Setidaknya tablet ini lebih baik dengan klaimnya, karena itel Pad 2 tidak memiliki klaim untuk tingkat kecerahan layar ini.

Kedua tablet ini sama-sama memiliki kualitas stereo speaker yang cukup menarik. Stereo speaker-nya berjumlah dua dan sudah menggunakan teknologi Smart PA yang mampu membuat suara terdengar nyata secara 3D. Pengalaman menonton film jadi terasa lebih imersif berkat kombinasi layar dan suara yang menyenangkan.

3. Baterai 6000 mAh vs 7000 mAh

itel vistatab 30

Salah satu hal yang mungkin jadi peningkatan dari itel VistaTab 30 adalah memiliki kapasitas baterai lebih besar. Kapasitas baterai yang disematkannya yaitu 7000 mAh. Tentu tablet pasti memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dari HP, agar penggunaannya jadi lebih panjang setiap harinya.

Dengan kapasitasnya, itel VistaTab 30 ini benar-benar bisa diandalkan untuk aktivitas apapun setiap harinya. Menurut klaimnya, tablet ini bisa bertahan hingga 700 jam dalam keadaan standby, serta 4,5 jam untuk menonton secara berulang atau bermain game.

Berbeda dengan itel Pad 2 yang hanya dibekali kapasitas baterai 6000 mAh saja. Meski begitu, kapasitas ini sudah cukup untuk membuatnya bertahan selama seharian. Menurut klaimnya, tablet ini mampu bertahan hingga 13,2 jam untuk mendengarkan musik, 5 jam browsing, 4,2 jam untuk menonton, dan 3,2 jam untuk bermain game.

Sedangkan jika tablet dalam keadaan standby atau tidak digunakan, itel Pad 2 diklaim mampu bertahan sampai 504 jam lamanya. Hal ini memang wajar mengingat kapasitasnya yang berada di atas standar.

Sayangnya, kedua tablet ini hanya dibekali fitur pengisian daya 10W saja. Hal ini membuat kecepatan pengisian dayanya terbilang lambat. Apalagi itel VistaTab 30 yang punya kapasitas baterai lebih besar. Namun, Anda bisa mengisi daya baterai kedua tablet ini di malam hari saat tidur.

4. Keberadaan Fitur AI

itel vistatab 30

itel Pad 2 dan itel VistaTab 30 ini menjadi tablet yang cocok digunakan oleh semua kalangan. Mulai dari para pekerja kantoran, pelajar, bahkan anak-anak. Pasalnya, keduanya sudah dibekali fitur Google Kids Space yang ramah untuk penggunaan anak-anak.

Fitur Google Kids Space ini akan membantu menampilkan konten edukasi untuk membantu pertumbuhan sang Anak. Aktivitas seperti belajar hingga bermain game sambil belajar bisa dinikmati dalam fitur ini dengan menyenangkan.

Tenang saja, fitur ini akan memfilter atau memilih mana saja konten yang cocok untuk dinikmati oleh anak atau tidak. Jadi, itel akan membantu mengawasi anak Anda saat Anda harus bekerja atau melakukan aktivitas lain.

Tidak hanya itu, itel VistaTab 30 juga menjadi tablet pertama itel yang menawarkan fitur AI di dalamnya. Kehadiran fitur AI memang jadi salah satu tren yang sering ditawarkan oleh beberapa gadget, terutama smartphone. itel tidak ingin kalah dan menyematkannya juga pada tabletnya.

Hanya saja, fitur AI yang ditawarkannya ini tidak selengkap fitur AI di beberapa gadget lain. Hanya ada AI Voice Assistant seperti yang ditawarkan oleh Google, serta AI Drawing Book untuk menemani aktivitas sang anak. Setidaknya, Anda bisa menemukannya di itel VistaTab 30 ini, sedangkan itel Pad 2 tidak memilikinya.

5. Harga dan Ketersediaan

itel pad 2

Perbedaan lainnya dari kedua tablet ini tentu saja ada di harganya. itel Pad 2 memiliki harga yang lebih murah yaitu sekitar Rp1,6 jutaan. Sedangkan itel VistaTab 30 memiliki harga yang sedikit di atasnya yaitu Rp1,9 jutaan.

Menariknya, harga yang dibanderolkan tersebut berlaku untuk kapasitas memori yang sama yaitu RAM 4 GB dan internal 128 GB. Kapasitas memori ini jadi satu-satunya yang ditawarkan oleh itel di dua tabletnya yaitu itel Pad 2 dan itel VistaTab 30.

Tenang saja, itel masih menyediakan slot microSD untuk memperluas kapasitas memori di kedua tablet ini. Anda bisa memperluasnya sampai 512 GB untuk menyimpan lebih banyak berkas. Lalu keduanya hanya menawarkan satu varian warna saja yaitu Deep Grey.

Simpulan

itel Pad 2 dan itel VistaTab 30 menjadi dua tablet milik itel dengan harga terjangkau yang cukup menarik. Keduanya masih memiliki harga di Rp1 jutaan. Keduanya memiliki beberapa hal yang cukup menarik, misalnya layar luas, desain, hingga baterai tahan lama. Namun, beberapa spesifikasi tersebut memiliki perbedaan yang mungkin memengaruhi pilihan Anda.

Selebihnya, Anda akan mendapatkan fitur yang sama, salah satunya adalah fitur Google Kids Space. Hal ini membuat kedua tablet ini cocok untuk semua kalangan, mulai dari pekerja kantoran, pelajar, bahkan anak-anak sekalipun. Tablet ini juga menawarkan jaringan 4G dan WiFi untuk penggunaan internet di manapun dan kapanpun.

Nah, setelah melihat beberapa perbedaannya, apakah Anda sudah menentukan pilihan antara kedua tablet ini? Mana yang lebih cocok untuk Anda, apakah itel Pad 2 atau itel VistaTab 30? Silakan tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Kategori: ,
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram