Carisinyal / Perbedaan Laptop dan Notebook, Netbook, dan Lainnya

Perbedaan Laptop dan Notebook, Netbook, dan Lainnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Di jaman sekarang ini laptop sudah bukan barang asing lagi karena kita sering melihatnya di berbagai tempat. Pada awalnya istilah laptop merujuk pada semua jenis perangkat PC portabel. Namun semakin hari semakin banyak jenis laptop yang bermunculan sehingga muncullah berbagai istilah baru. Saat ini tidak jarang kita sering bingung dengan perbedaan laptop dan notebook, netbook, ultrabook, dan lainnya.

Secara umum baik itu notebook, netbook, ataupun ultrabook semuanya dapat disebut laptop karena fungsinya sebagai PC portabel. Akan tetapi ketiga perangkat tersebut memiliki perbedaan dan karakteristik masing-masing, baik dari segi ukuran ataupun komponen yang ada di dalamnya.

Nah kali ini Carisinyal akan mengulas berbagai macam perbedaan laptop dan notebook serta yang lainnya agar Anda tidak kebingungan lagi dengan berbagai istilah tersebut. Namun ingat, berbagai istilah ini mungkin saja akan berubah definisinya di kemudian hari karena dunia teknologi tidak pernah berhenti berevolusi.

Notebook

Notebook merupakan generasi pertama dari laptop sehingga banyak orang yang menyebut perangkat ini sebagai laptop yang sebenarnya. Notebook adalah perangkat pengganti desktop PC yang paling sempurna karena hampir semua komponen pada desktop PC ada di dalamnya.

Secara umum sebuah notebook akan dibekali dengan sebuah touchpad sebagai pengganti mouse dan juga CD/DVD/Blu-Ray Drive. Selain itu, terdapat juga port USB, HDMI, VGA, card reader, serta fitur-fitur opsional lainnya seperti Bluetooth dan WiFi. Untuk menopang dayanya, setiap notebook juga sudah dilengkapi dengan sebuah baterai.

Toshiba Qosmio X75

Salah satu hal yang paling mudah untuk membedakan notebook dengan perangkat lainnya adalah melalui ukurannya. Notebook memiliki ukuran layar mulai dari 12 inci hingga 18 inci. Selain itu, ketersediaan CD/DVD/Blu-Ray Drive juga menjadi kunci utama untuk membedakan notebook dari berbagai perangkat lainnya.

Netbook

Perangkat yang selanjutnya adalah netbook atau yang sering disebut sebagai laptop mini. Perangkat ini menjadi sangat populer semenjak kemunculan seri Asus eeePC. Netbook memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan notebook, yakni antara 9 inci hingga 12 inci. Saat ini kebanyakan netbook memiliki ukuran sebesar 11.6 inci.

perbedaan laptop dan notebook

Selain ukurannya yang kecil, netbook juga tidak dilengkapi dengan CD/DVD/Blu-Ray Drive. Spesifikasi dari netbook juga biasanya jauh di bawah notebook, mulai dari prosesor, kartu grafis, dan lainnya. Karena berbagai kekurangan tersebut, maka harga netbook juga sangat terjangkau. Saat ini di Indonesia harganya berkisar antara 2 hingga 4 jutaan.

Kekurangan tersebut sebenarnya menjadi kelebihan tersendiri buat netbook. Ya, dengan bodi yang kecil dan ringan serta harga yang murah, netbook sangat cocok digunakan oleh para pelajar atau mahasiswa. Netbook sangat nyaman digunakan untuk mengetik, browsing internet, ataupun menonton video.

Akan tetapi jika Anda sering bermain game atau sering menggunakan aplikasi grafis, maka netbook sangatlah tidak cocok. Pasalnya, spesifikasi yang dimiliki netbook tidak akan sanggup untuk menjalankannya dengan lancar.

Ultrabook

Ultrabook merupakan salah satu anggota terbaru dalam keluarga laptop. Istilah ultrabook sendiri pada awalnya diperkenalkan oleh Intel, namun kemudian digunakan secara umum oleh semua manufaktur. Secara sederhana, ultrabook ini adalah perbaduan antara notebook dan juga netbook.

perbedaan laptop dan notebook ultrabook

Ultrabook hadir dengan ukuran yang kecil layaknya netbook, yakni antara 11 hingga 15 inci. Selain itu, ultrabook juga tidak dilengkapi dengan CD/DVD/Blu-Ray Drive. Meskipun ukurannya kecil, namun Ultrabook memiliki spesifikasi yang sama dengan notebook atau bahkan lebih tinggi lagi.

Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari ultrabook adalah penggunaan SSD (Solid State Drives). SSD merupakan hard disk generasi terbaru yang dapat menyuguhkan performa yang jauh lebih baik daripada hard disk cakram biasa. Beberapa ultrabook hanya dibekali dengan SSD, namun ada juga yang dibekali dengan SSD dan hard disk satndar.

Ciri-ciri lainnya dari ultrabook adalah bodinya yang ramping dan ringan sehingga mudah dibawa ke mana saja. Selain itu, layar ultrabook juga biasanya sudah berupa touchscreen atau layar sentuh. Karena berbagai kelebihannya tersebut maka saat ini ultrabook dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Beberapa ultrabook yang cukup populer di antaranya adalah Macbook Air dan Asus Zenbook.

Chromebook

laptop acer terbaru terbaik

Chromebook merupakan perangkat laptop paling murah yang ada saat ini. Dari segi ukuran, perangkat ini ada pada kisaran 11 hingga 15 inci layaknya ultrabook. Namun, chromebook memiliki spesifikasi yang sangat minimalis denagn sistem operasi yang berbeda dari yang lainnya.

Yuk Subscribe Carisinyal di YouTube

Ya, seperti tergambar dari namanya, chromebook berjalan pada sistem operasi ChromeOS buatan Google. Sistem operasi tersebut berbasis web sehingga dapat berjalan cukup lancar meskipun dengan spesifikasi yang pas-pasan.

Dengan harganya yang ada di kisaran 2 hingga 3 jutaan, chromebook sangatlah cocok bagi para pelajar pemula. Pasalnya, chromebook yang cocok digunakan untuk mengakses internet ataupun menggunakan berbagai macam aplikasi office.

Tablet PC

Lenovo Yoga Tablet 10 HD+

Seri yang terakhir adalah tablet PC atau sering disebut juga sebagai laptop hybrid dan tablet hybrid. Perangkat ini disebut hybrid karena dapat diubah menjadi tablet ataupun laptop dalam sekejap. Perubahannya tersebut bisa dengan cara diputar, digeser, dan lainnya.

Sistem operasi yang digunakan oleh tablet PC biasanya adalah OS mobile seperti Android, iOS, ataupun Windows RT. Berbagai spesifikasinya juga lebih condong ke perangkat tablet sehingga banyak yang menyebut perangkat ini sebagai tablet yang diberi keyboard.

Perangkat tablet PC ini cocok digunakan oleh pengguna tablet yang sering mengetik di perjalanan atau di berbagai tempat lainnya. Sayangnya karena harganya cukup mahal, kebanyakan orang lebih memilih membeli tablet plus keyboard eksternal ataupun langsung membeli perangkat laptop saja.

Itulah berbagai macam definisi serta perbedaan laptop dan notebook, netbook, ultrabook, chromebook, serta tablet PC. Dengan mengetahui berbagai perbedaan tersebut, kini Anda tidak perlu bingung lagi membedakannya. Selain itu Anda juga kini dapat memilih perangkat yang cocok untuk kebutuhan sehari-hari.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *