carisinyal web banner retina

Simak Baik-Baik 4 Perbedaan Nokia C10 dan Nokia C20 Ini!

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 7 Juni 2021

Siapa sih yang tidak kenal dengan Nokia? Salah satu produsen ponsel ternama asal Finlandia yang sudah eksis hampir beberapa dekade. Seperti yang kita ketahui untuk tetap bersaing dengan kalangan produsen ponsel lainnya, Nokia senantiasa menelurkan produk-produk terbaru dengan suguhan berbagai teknologi.

Seperti di awal April 2021, Nokia baru saja mengumumkan dua produk teranyarnya yakni Nokia C10 dan Nokia C20. Meski Nokia C10 baru akan dirilis pada Juni 2021 mendatang dan Nokia C20 pada Mei 2021, spesifikasi dari kedua ponsel tersebut telah ramai diperbincangkan di dunia maya.

Baik Nokia C10 dan Nokia C20 rupanya terlahir dalam banyak persamaan seperti memiliki sumber daya dengan jumlah yang sama yakni 3.000 mAh dengan mengimplementasikan baterai Li-ion bersistem lepas dan pasang.

Tidak hanya itu, keduanya dibekali dengan dua sensor serupa antara lain akselerometer untuk mengukur kecepatan suatu benda dan proksimiti sebagai pengamanan layar sentuh.

Menyoal tampilan fisik keduanya juga tidak jauh berbeda. Nokia C10 dan Nokia C20 dirancang dengan bodi berukuran 191 gram yang dimensinya adalah 169.9 x 77.9 x 8.8 mm. Untuk layarnya memasangkan panel IPS LCD 6.52 inci dengan bodi-ke-layar sebesar 77.5% dan kerapatan piksel yang mencapai 269 ppi. Dilengkapi juga dengan lapisan pelindung bernama Panda Glass.

Kedua ponsel yang belum dilengkapi dengan fitur NFC ini juga sama-sama menghadirkan menu FM Radio sehingga pengguna bisa mendengarkan alunan lagu dan ocehan penyiar radio di saluran kesayangan. Dengan menggunakan sistem A-GPS, kedua perangkat Nokia ini membawa teknologi Bluetooth versi 4.2 yang mempunyai kecepatan unduh 2.6 kali lebih cepat.

Sebagai ponsel "Adik - Kakak", kedua perangkat di seri C ini menyuguhkan konfigurasi kamera yang serupa mulai dari kamera utama yang beresolusi 5 MP dengan aperture f/2.2 disertai oleh fitur HDR dan LED flash. Sementara untuk, kebutuhan videografinya disusupkan resolusi sebesar [email protected]

Pada kamera selfie, ternyata memiliki modul yang sama dengan kamera utamanya. Untuk berkenalan lebih jauh, mari kita simak spesifikasi dari Nokia C10 dan Nokia C20 yang telah Carisinyal rangkum berikut ini!

Spesifikasi Nokia C10

Nokia C10
  • Rilis: Juni 2021
  • Layar: IPS LCD 6,52 inci 720 x 1600 pixels
  • Chipset: Unisoc SC7331E (28nm)
  • GPU: Mali-400 MP2
  • RAM: 1 GB, 2 GB
  • Memori Internal: 16 GB, 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 5 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Ion 3000 mAh dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi Nokia C20

Nokia C20
  • Rilis: Mei 2021
  • Layar: IPS LCD 6,53 inci 720 x 1600 pixels
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28nm)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 1 GB, 2 GB
  • Memori Internal: 16 GB, 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 5 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Ion 3000 mAh, dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan Nokia C10 dan Nokia C20

Selepas kamu membaca spesifikasi dari Nokia C10 dan Nokia C20, pastinya kamu sudah mulai menemukan beberapa aspek yang ternyata sama. Lantas, adakah perbedaan antara Nokia C10 dengan Nokia C20?

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, Carisinyal akan mengajak kamu untuk menelusuri perbedaan dari kedua ponsel tersebut lewat penjabaran berikut ini:

1. Unisoc SC7331E vs Unisoc SC9863A

Unisoc

Kedua ponsel pintar dari Nokia ini berjalan dengan sistem operasi Android 11 (Go Edition). Lewat sistem operasi ini mampu mendongkrak performa perangkat menjadi lebih kencang.

Adapun fitur dari Android 11 versi ringan ini salah satunya yakni fitur Conversation Notifications, akan memunculkan percakapan di bagian notifikasi untuk memudahkan pengguna membalas pesan.

Setelah ditelisik ternyata kedua perangkat dari Nokia ini memboyong tipe chipset dari Unisoc yang berbeda. Untuk Nokia C10 diotaki oleh chipset Unisoc SC7331E yang berteknologi fabrikasi 28 nanometer.

Lalu, untuk CPU-nya diracik oleh Quad-core yang terbuat dari Cortex-A7 berkecepatan 1.3 GHz. Guna menyuguhkan tampilan visual yang memukau Nokia C10 memakai Mali-400 MP2.

Beralih ke jeroan dari Nokia C20, perangkat ini mengusung profesor dari Unisoc yang bertipe SC9863A dengan proses manufaktur 28 nanometer.


Performanya dapat diandalkan berkat CPU Octa-core yang terdiri dari empat buah Cortex-A55 dengan kecepatan 1.6 GHz dan empat inti Cortex-A55 yang melaju hingga 1.2 GHz. Dipadukan dengan GPU Mali-G52 MC2 untuk menunjang tampilan grafisnya.

Dari dapur pacu yang dimiliki oleh kedua ponsel pintar Nokia tersebut tentunya akan menghasilkan skor AnTuTu berbeda.

Misalnya, pada Nokia C20 berhasil mengumpulkan poin AnTuTu v8 sebanyak 23.006, sementara itu Nokia C1 diperkirakan berada di bawah 23.000-an. Dari sini bisa terlihat kalau kemungkinan performa Nokia C20 sedikit dapat diandalkan dibanding saudaranya.

2. Keragaman pada Sistem Penyimpanan

RAM ROM

Saat ini banyak ponsel pintar keluaran terbaru menawarkan berbagai ukuran ruang penyimpanan mulai dari yang terkecil hingga terbesar. Hal ini tentunya memberikan banyak keuntungan bagi pengguna salah satunya bisa menyimpan banyak data apabila memilih ukuran yang besar atau lebih menghemat dana jika memutuskan pilih ukuran yang kecil.

Dalam hal tersebut, Nokia pun menyuguhkan beberapa pilihan ukuran ruangan penyimpanan pada dua produk terbarunya. Bagi pengguna yang kepincut dengan Nokia C10, perangkat ini tersedia dalam dua pilihan RAM yakni 1 GB dan 2 GB.

Sementara, untuk memori internalnya hadir dalam pilihan 16 GB dan 32 GB. Pengguna bisa memilih kombinasi 1/16 GB, 2/16 GB atau 2/32 GB.

Bila pengguna memboyong Nokia C20, menyajikan dua opsi RAM antara lain 1 GB dan 2 GB. Lalu, pada memori internal hampir sama dengan C10 yang muncul dalam ukuran 16 GB dan 32 GB. Namun, soal kombinasi ruang penyimpanan tampaknya Nokia C20 lebih sedikit memberikan penawaran yaitu hanya 1/16 GB dan 2/32 GB saja.

3. Jaringan 3G vs 4G

Simak Baik-Baik 4 Perbedaan Nokia C10 dan Nokia C20 Ini! 5

Perbedaan lain yang dapat kamu ketahui antara Nokia C10 dengan Nokia C20 adalah perihal jaringan yang disematkannya. Alih-alih menggunakan jaringan 5G yang sedang ramai diperbincangkan, sepertinya kedua ponsel dari Nokia ini memutuskan untuk tidak menggunakan jaringan yang lebih mutakhir tersebut.

Jaringan yang dipakai oleh Nokia C10 adalah 3G, sedangkan untuk Nokia C20 sedikit lebih maju dengan memasangkan jaringan 4G. Perangkat dengan jaringan 3G akan dipersembahkan oleh kemampuan transfer data yang dapat mencapai 473.8 Kbps. Sedangkan, kecepatan maksimumnya mampu melaju hingga 2 Mbps dalam kondisi statis dan 384 Kbps untuk posisi gerak.

Lalu, bagaimana dengan perangkat dengan jaringan 4G seperti Nokia C20? Pastinya kecepatan yang disajikan jauh lebih cepat dibandingkan generasi jaringan pendahulunya. Kecepatan maksimum yang akan dirasakan oleh pengguna dari jaringan 4G yaitu mencapai 100 Mbps. Hal ini memungkinkan kinerja akan kian gesit dan performanya lebih baik.

4. Suguhan Warna dan Harga

Price-1

Adapun distingsi lain antara Nokia C10 dengan Nokia C20 yaitu warna dan harga. Bila kamu hendak membeli Nokia C10, pihak Nokia telah membawa selimut pada perangkat terbarunya ini dalam dua varian warna yaitu Gray dan Light Purple. Sedangkan, Nokia C20 juga muncul dalam dua alternatif warna namun dengan suguhan berbeda antara lain Sand dan Dark Blue.

Lantas, berapakah dana yang harus dipersiapkan untuk membawa pulang Nokia C10 dan Nokia C20? Kedua ponsel dari Nokia menjajakan dengan harga yang berbeda tetapi tidak terlalu jauh selisihnya. Untuk satu buah Nokia C10, kamu perlu menyiapkan budget sekitar Rp1,3 jutaan. Sedangkan, Nokia C20 melayang ke bursa per-ponsel-an di harga Rp1,5 jutaan per unitnya.

Simpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan kalau Nokia C10 dan Nokia C20 mempunyai banyak persamaan, akan tetapi tidak menutup fakta kalau keduanya memiliki perbedaan.

Perbedaan yang terlihat dari kedua ponsel Nokia ini ada pada aspek System on Chips, ukuran ruang penyimpanan, jaringan yang disuguhkan, pilihan warna yang tersedia, dan penawaran harga.

Demikianlah penjabaran dari perbedaan antara Nokia C10 dengan Nokia C20, semoga kamu mendapatkan gambaran dari kedua ponsel pintar ini. Menurutmu, adakah perbedaan lain dari kedua ponsel Nokia ini?

Bila kamu menemukannya jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar, yah! Terus ikuti Carisinyal agar kamu tidak ketinggalan berita seputar ponsel pintar!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram