carisinyal web banner retina

Telisik Lebih Jauh 5 Perbedaan Nokia G10 dan Nokia C10 Ini!

Pada awal April 2021 Nokia secara resmi mengumumkan beberapa produk terbarunya yang di antaranya adalah Nokia G10 dan Nokia C10. Keduanya terlahir dengan teknologi panel yang serupa yakni IPS LCD, menjanjikan sudut pandang baik, mengkonsumsi daya baterai lebih rendah, dan tampilan layar yang jelas.

Kedua ponsel yang mempunyai ukuran layar sebesar 6.52 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel ini rupanya ditemukan selisih dalam beberapa kategori salah satunya pada sensor. Nokia G10 terlahir dengan tiga buah sensor antara lain pemindai sidik jari, akselerometer, dan proksimiti. Berbeda dengan Nokia C10 yang harus ikhlas kehilangan sensor fingerprint.

Untuk mengenal lebih dekat dengan kedua ponsel garapan Nokia berbeda seri ini Carisinyal telah membuat daftar spesifikasinya. Dari spesifikasi berikut ini diharapkan kamu bisa menemukan persamaan atau tentunya perbedaan dari Nokia G10 dan Nokia C10. Yuk, dibaca dengan teliti yah!

Spesifikasi Nokia G10

Nokia G10
  • Rilis: April 2021
  • Layar: IPS LCD 6,52 inci 720 x 1600 pixels
  • Chipset: MediaTek Helio G25 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5050 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi Nokia C10

Nokia C10
  • Rilis: Juni 2021
  • Layar: IPS LCD 6,52 inci 720 x 1600 pixels
  • Chipset: Unisoc SC7331E (28nm)
  • GPU: Mali-400 MP2
  • RAM: 1 GB, 2 GB
  • Memori Internal: 16 GB, 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 5 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Ion 3000 mAh dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan Nokia G10 dan Nokia C10

Sudahkah kamu menemukan perbedaan antara Nokia G10 dengan Nokia C10 dari spesifikasi di atas? Bila kamu masih belum memperoleh perbedaan tersebut, mari kita telisik lebih jauh lewat penjabaran yang telah Carisinyal ramu di bawah ini:

1. Tampilan yang Tak Sama

Nokia G10 Bodi

Terlahir dari 'keluarga' berbeda, Nokia G10 dan Nokia C10 mempunyai teknologi layar yang rupanya mirip. Kedua ponsel tersebut memutuskan untuk memakai panel berteknologi IPS LCD berukuran 6.52 inci yang diklaim lebih hemat daya baterai dan ketajaman yang baik.

Beresolusi 720 x 1600 piksel, keduanya mendapatkan jumlah kerapatan piksel yang seimbang yakni 269 ppi. Namun, perbedaan mulai tampak pada ukuran bodi banding layar yang diusung oleh keduanya.

Dalam hal ini Nokia G10 dianugerahi rasio 81,9%, sementara layar-ke-bodi pada Nokia C10 adalah 77,5%. Dengan demikian, bila rasio jauh lebih besar maka bazelnya akan lebih kecil dan hal inilah yang terlihat pada Nokia G10, sehingga pengguna bisa lebih leluasa saat menonton video dan lainnya.

Selain itu, dimensi tubuh dari kedua ponsel garapan Nokia ini juga ada gap. Nokia G10 dirancang dengan ukuran 164.9 x 76 x 9.2 mm, sedangkan Nokia C10 sepertinya sedikit lebih besar dimensi bodi berkonfigurasi 169.9 x 77.9 x 8.8 mm. Kemudian, bila menimbang-nimbang bodi maka Nokia C10 lebih ringan yaitu 191 gram daripada Nokia G10 yang berbobot 194 gram.

Di sisi lain Nokia G10 telah didukung dengan teknologi Splash Protection yang memungkinkan tubuhnya anti akan cipratan. Alih-alih menggunakan teknologi Splash Protection, Nokia C10 justru menggunakan lapisan Panda Glass pada layarnya, diklaim dapat menghalau goresan-goresan ringan yang menyentuh pada layar.

2. Diramu oleh Jeroan Berbeda

Chipset Carisinyal

Setelah ditelisik lebih lanjut kedua ponsel Nokia ini punya resep berbeda pada jeroan yang dibawanya. Diawali dengan sistem operasi dari Nokia G10 yang dikendarai oleh Android 11, sedangkan Nokia C10 memutuskan untuk berjalan di atas Android 11 (Go Edition).

Dalam hal ini, sistem Android 11 lebih banyak menyuguhkan fitur dan menu terbaru dibandingkan versi Go yang lebih ringan.

Performa Nokia G10 yang tangkas dan tangguh tidak terlepas dari sokongan prosesor MediaTek Helio G25 ber-fabrikasi 25 nanometer yang terdiri dari empat inti Cortex-A53 melaju hingga 2.0 GHz dan empat buah Cortex-A53 dengan kecepatan 1.5 GHz.

Lalu, perangkat ini menyajikan PowerVR GE8320 yang bertugas untuk memberikan tampilan grafis lebih optimal. Berbeda dengan kinerja dari Nokia C10 yang berjalan mulus karena kehadiran prosesor Unisoc SC7331E didasarkan pada proses 28 nanometer.

Ponsel ini juga mengandalkan CPU Quad-core dengan konfigurasi Cortex-A7 berkecepatan 1.3 GHz untuk mendongkrak kinerja lebih mumpuni dan kartu grafis bernama Mali-400 MP2 untuk menunjang tampilan visual yang maksimal.

Pada aspek ruang penyimpanan kedua perangkat ini kompakan menyediakan tiga kombinasi tapi dengan diferensiasi ukuran. Nokia G10 hadir dalam kombinasi yang terdiri dari 3/32 GB, 4/32 GB, dan 4/64 GB, sedangkan Nokia C10 siap menyimpan data maupun memasang aplikasi dengan kombinasi penyimpanan antara lain 1/16 GB, 2/16 GB, dan 2/32 GB.

3. Selisih pada Konfigurasi Kamera

Nokia G10 Camera

Sudah barang tentu banyak orang yang melirik modul kamera dari sebuah ponsel pintar sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya. Bicara tentang kamera pada ponsel pintar, Nokia telah membekali konfigurasi kamera yang dapat diandalkan di Nokia G10 dan Nokia C10. Namun, dalam hal ini keduanya mempunya perselisihan dalam resolusi yang disematkan.


Melirik kamera depan milik Nokia G10, pengguna akan disuguhkan dengan resolusi kamera berukuran 8 MP. Lalu, untuk sistem videonya menyajikan kualitas rekaman dengan jumlah piksel 1080 yang frame setiap detiknya 30fps.

Sedangkan, Nokia C10 hadir dengan sensor 5 MP berdiafragma f/2.2 disertai oleh LED flash. Kemudian, kemampuan merekamnya berada pada resolusi 720p.

Pengguna dari Nokia G10 akan lebih betah mengeksplorasi kamera utamanya sebab telah dibenamkan tiga sensor yang terdiri dari 13 MP lengkap dengan teknologi Autofokus di sensor utama, 2 MP pada sensor makro, dan 2 MP untuk sensor kedalaman.

Didukung dengan fitur HDR, panorama, dan LED flash, kamera belakangnya mempunyai resolusi video berukuran [email protected] Pada Nokia C10, pengguna akan bersua dengan kamera belakang yang mempunyai lensa sebesar 5 MP ber-aperture f/2.2.

Untuk fitur kamera utamanya, Nokia C10 hanya melampirkan dua fitur antara lain LED flash dan HDR. Guna menyokong kegiatan merekam momen para penggunanya, kamera utama dari perangkat ini mempersembahkan konfigurasi berukuran [email protected]

4. Sistem Baterai yang Jauh

Nokia Battery

Membahas sumber daya baterai dari kedua ponsel besutan Nokia ini sangat menarik pasalnya memiliki gap yang terbilang jauh dengan sistem berbeda.

Pada Nokia G10, penggunanya akan dimanjakan dengan baterai Li-Po tanam yang berdaya 5.050 mAh. Sementara, Nokia C10 harus mengalami krisis sumber daya sebab masih memakai baterai Li-Ion 3.000 mAh dengan sistem lepas-pasang.

Tidak hanya sampai di sana, Nokia G10 juga mempunyai sistem pengisian daya yang kecepatannya hingga 10W sehingga memungkinkan baterai dari perangkat akan cepat full. Sedihnya teknologi pengisian cepat tidak disematkan pada Nokia C10, dengan demikian pengguna sepertinya harus lebih sabar untuk menunggu baterai perangkat terisi penuh.

5. Konektivitas, Warna, dan Harga

Bluetooth

Disimilaritas lain yang dapat ditemukan dari kedua ponsel Nokia ini adalah pada aspek konektivitas, warna, dan harga. Pada aspek konektivitas di sisi fitur USB, Nokia G10 telah merancang port untuk dapat dihubungkan dengan USB Type-C 2.0 dan USB On-The-Go. Sedangkan, Nokia C10 mempunyai port yang hanya dikhususkan untuk microUSB 2.0.

Nokia G10 menghadirkan teknologi Bluetooth versi 5.0 yang diklaim punya jangkauan lebih luas dan kecepatan transfer lebih cepat maksimal hingga 2 Mbps. Berbeda dengan Nokia C10 yang harus ikhlas karena teknologi Bluetooth-nya masih memakai versi 4.0, kecepatan komunikasinya tidak jauh lebih cepat dari edisi di atasnya.

Pada sistem navigasi, Nokia G10 berkolaborasi dengan tiga perusahaan antara lain A-GPS dari Amerika, GLONASS garapan Rusia, dan BDS besutan Tiongkok. Sedangkan, Nokia C10 memilih untuk memfokuskan sistem navigasi pada satu perusahaan saja yaitu A-GPS.

Adapun perbedaan warna yang disajikan dari kedua ponsel Nokia ini. Pengguna dapat melihat warna Dusk dan Night yang menyelimuti perangkat Nokia G10. Sementara, bagi pengguna yang berminat pada Nokia C10 akan disuguhkan oleh dua pilihan warna antara lain Gray dan Light Purple.

Harga yang dilayangkan oleh Nokia G10 dan Nokia C10 tentunya akan berbeda mengingat spesifikasinya memiliki banyak distingsi. Penasaran? Nah, untuk Nokia G10 dipatok mulai dari 140 Euro atau setara dengan Rp 2,4 jutaan untuk satu unitnya. Sedangkan, Nokia C10 menjajaki di pasaran dengan harga sekitar 75 Euro atau Rp 1,3 jutaan per perangkatnya.

Simpulan

Dari pembahasan di atas bisa dilihat kalau Nokia G10 hadir dengan bodi yang berlapiskan proteksi cipratan, rasio bodi-ke-layar yang lebih luas, dapur pacu besutan MediaTek Helio, ruang penyimpanan yang lebih besar, punya empat sensor kamera, Bluetooth 5.0, kehadiran pemindai sidik jari, dan baterai yang besar.

Sementara, Nokia C10 unggul dalam hal dimensi bodi yang lebih besar, tubuh yang lebih ringan, mempunyai lapisan pelindung layar bernama Panda Glass, diusung oleh prosesor dari Unisoc, kamera selfie dimeriahkan oleh fitur LED flash, dan tentunya penawaran harga yang lebih terjangkau.

Sekian pemaparan mengenai perbedaan Nokia G10 dan Nokia C10. Diharapkan setelah membaca artikel ini kamu mendapatkan wawasan dan pencerahan untuk menentukan ponsel idaman produksi Nokia tersebut. Jangan lupa untuk senantiasa memantau Carisinyal agar kamu tidak ketinggalan berita seputar teknologi maupun gadget, yah!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram