Carisinyal / Tips Trik / Tips Laptop / 5 Perbedaan Notebook dan Netbook yang Harus Anda Ketahui

5 Perbedaan Notebook dan Netbook yang Harus Anda Ketahui

Jika dulu komputer hanya bisa dioperasikan di satu tempat, kini Anda bisa membuka komputer dimana saja. Tentu bukan komputer desktop yang berat ukurannya dan tidak praktis. Melainkan sebuah perangkat yang bisa dibawa kemana saja, alias komputer jinjing, atau orang banyak menyebutnya sebagai laptop atau notebook.

Perangkat laptop atau notebook memang cukup populer karena sekarang banyak orang yang menggunakannya. Lebih praktis, lebih hemat listrik, dan bisa dibawa kemana-mana.

Namun tahukah Anda bahwa notebook atau laptop sebenarnya adalah dua device yang sama tapi berbeda? Tahukah Anda ada varian lain yang juga mirip namun yang lebih kecil yang disebut netbook? Daripada Anda bingung jawabnya, lebih baik Carisinyal langsung bahas saja tentang laptop, notebook, dan netbook.

Laptop awalnya adalah sebuah perangkat komputer jinjing yang memiiki dimensi layar 18 inch. Jadi, sebuah komputer jinjing dengan layar 18 inch lazimnya disebut laptop. Hanya saja seiring perkembangan zaman, penamaan laptop mengacu pada segala jenis komputer yang dijinjing, berapapun dimensi layarnya.

Padahal ada komputer jinjing yang memiliki dimensi layar 18 inch yang umum disebut notebook. Tapi belakangan istilah notebook dan laptop saling menggantikan. Istilah laptop kemudian mengacu pada komputer yang harus dijinjing tidak harus selalu 18 inci.

Selain laptop dan notebook, ada satu istilah lagi yaitu netbook. Netbook ini mengacu pada kata “internet” dan “book.” Istilah ini mengacu pada perangkat yang bisa internetan yang bisa dibawa kemana-mana layaknya buku dan netbook ini juga kadang disebut laptop.

Munculnya istilah notebook dan netbook ini membuat banyak orang bingung, apa perbedaan keduanya? Mengapa ada dua istilah yang sebenarnya bisa disebut oleh satu nama yaitu laptop atau notebook saja? Untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut mari simak perbedaan antara notebook dan netbook berikut ini.

5 Perbedaan Notebook dan Netbook

1. Dimensi Layar

perbedaan notebook dan netbook layar

 

Dimensi layar adalah pembeda yang paling menunjukkan sebuah komputer jinjing disebut notebook atau netbook. Laptop yang memiliki dimensi layar 12-17 inch umumnya disebut notebook. Sementara laptop dengan dimensi layar 7-11 inch disebut netbook.

Seiring munculnya smarpthone dan tablet, popularitas netbook dengan dimensi layar kecil menurun. Kini sudah tak ditemukan lagi netbook yang memiliki dimensi layar 7-10 inch.

Sekarang yang disebut netbook adalah laptop dengan dimensi layar 10 inch lebih sampai dengan 12 inch. Sementara perangkat dengan layar 10 inch ke bawah umumnya hadir di tablet yang sekarang bisa menggantikan netbook karena kehadiran keyboard.

2. Bobot

laptop netbook

Mengingat netbook mengusung dimensi layar yang lebih kecil, bobot beratnya tergolong lebih ringan dibanding notebook. Netbook memang didesain lebih kecil agar lebih mudah dibawa kemana-mana karena umumnya bobot beratnya dibawah 2 kilogram.

Notebook memang ringan tapi tidak seringan netbook. Hanya saja belakangan ini banyak notebook yang mengusung layar 12 inch keatas memiliki desain tipis dan bobot yang ringan. Jadi soal bobot sebenarnya relatif karena sekarang muncul notebook dengan bobot dibawah 2 kilogram.

3. Kehadiran DVD

DVD

Kheadiran DVD menjadi salah satu perbedaan notebook dan netbook. Notebook umumnya hadir dengan DVD. Dimensi notebook yang luas memungkinkan hadirnya slot untuk DVD atau DVD. Netbook tidak ada slot untuk DVD karena bentuk desainnyayang kecil.

Sebenarnya seiring berjalannya teknologi, kehadiran DVD di sebuah laptop tidak jadi utama. Karena notebook sekarang umumnya tipis-tips dan DVD bisa ditambah sendiri jika butuh menggunakan DVD eksternal. Namun masih banyak notebook yang menghadirkan slot untuk DVD.

4. Prosesor

prosesor

Perbedaan notebook dan netbook lainnya ada pada prosesor. Netbook merupakan laptop yang umumnya menggunakan prosesor kelas bawah. Prosesornya bahkan tergolong lambat jika menggunakan netbook untuk pekerjaan berat.

Penggunaan prosesor kelas bawah ini tujuannya agar lebih hemat daya karena netbook umumnya dibawa kemana saja dan umumnya digunakan hanya untuk berselancar di internet dan mengetik ringan.

Notebook memiliki prosesor mulai dari yang kelasnya low-end sampai yang high-end. Notebook dengan prosesor low-end umumnya digunakan untuk kebutuhan dasar seperti mengetik, nonton film, internetan, dan edit foto ringan.

Notebook yang menggunakan prosesor high-end umum digunakan untuk pekerjaan berat dan gaming. Karena itu muncul istilah khusus untuk notebook kelas ini yakni notebook premium dan notebook gaming.

5. RAM

ram laptop

Netbook, waktu awal kemunculannya (sektiar 2007-2008) hadir dengan RAM 512MB sampai 1GB. Sekarang vendor yang memproduksi netbook umumnya menghadirkan RAM 2GB saja. Namun untuk zaman sekarang RAM 2GB terasa kurang, apalagi untuk sistem operasi seperti Windows 10.

Asus adalah salah satu brand yang masih menghadirkan netbook dengan RAM 2GB lewat seri E202. Ada pula netbook dengan RAM lebih tinggi yakni seri E203 yang hadir dengan RAM 4GB.

Selebihnya tak ada netbook yang hadir dengan RAM lebih dari 4GB. Paling banter biasanya laptop 12 inch yang memiliki desain lebih kecil dan berada di kelas premium. Sementara notebook, hadir dengan berbagai varian RAM, mulai dari RAM 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, bahkan ada yang sampai RAM 32GB.

Itu 5 perbedaan antara netbook dan notebook. Sudah amat jelas sekarang mana yang bisa disebut notebook dan netbook. Anda tidak perlu bingung lagi dengan kedua istilah tersebut. Tapi jika Anda bingung memilih perangkat netbook atau notebook, maka Carisinyal menyarankan untuk memilih notebook saja.

Mengapa harus notebook? Untuk zaman sekarang, kebutuhan pemrosesan data lebih berat dan netbook cukup tertinggal dalam hal ini. Ukuran file zaman sekarang juga rata-rata besar dan netbook biasanya hanya memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil, biasanya hanya 320GB.

Alasan lainnya adalah karena sekarang banyak notebook yang sudah memiliki dimensi lebih tipis, bobotnya ringan, dan layarnya tetap lebar. Untuk kebutuhan aktivitas dan produktivitas Anda sebaiknya pilih notebook. Dan Ingat, belilah notebook yang sesuai dengan dana dan kebutuhan Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment