carisinyal web banner retina

Ketahui 7 Perbedaan OPPO Find X5 Pro dan OPPO Find X6 Pro

Ditulis oleh Aris Wibowo

Di pasar ponsel kelas entry-level hingga mid-range, nama produsen OPPO memang menjadi salah satu pilihan terbaik. Sayangnya untuk pasar ponsel flagship, nama OPPO masih belum bisa bersaing.

Walaupun demikian, OPPO tidak patah semangat dan kembali menghadirkan produk berkelas melalui seri OPPO Find X6 Pro. Hadirnya seri ini kabarnya membawa sejumlah peningkatan dibanding seri OPPO Find X5 Pro sebelumnya.

Kali ini, OPPO Find X6 Pro membawa sektor kamera yang mumpuni. Dibekali 3 kamera utama dengan sensor jumbo, kamera HP OPPO ini diklaim mampu menghasilkan foto dan video yang lebih detail dari pesaingnya. Selain itu, OPPO juga sudah memasang chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang performanya sudah terbukti kencang.

Sebelumnya, OPPO Find X5 Pro dianggap kalah bersaing dengan ponsel flagship lainnya. Padahal, spesifikasi ponsel ini cukup bersaing dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1. Sayangnya, sektor kamera di HP ini dirasa kurang maksimal. Selain itu, fast charging yang dibawa juga terasa lambat.

Tentu akan menarik membahas perbedaan kedua HP OPPO ini. Apalagi, kedua ponsel flagship ini memiliki rentang harga yang tidak jauh berbeda. Untuk memahami lebih lanjut tentang kecanggihan teknologi dan fitur yang ditawarkan dalam OPPO Find X5 Pro dan OPPO Find X6 Pro, Anda bisa baca dulu spesifikasinya di bawah ini! 

Spesifikasi OPPO Find X5 Pro 

OPPO Find X5 Pro
Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (telephoto) 50 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi OPPO Find X6 Pro 

OPPO Find X6 Pro
Layar LTPO3 AMOLED 6.82 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 50 MP (periscope telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan OPPO Find X5 Pro dan OPPO Find X6 Pro 

OPPO Find series memang dibuat untuk menjawab kebutuhan konsumen OPPO yang mencari teknologi terkini dalam sebuah smartphone. Tidak heran setiap seri OPPO Find memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Supaya lebih jelas, simak ulasan di bawah ini.

1. Desain Bodi Baru, Anti Mainstream

oppo find x5 pro nfc 360 derajat_
Desain OPPO FInd X5 Pro

Menengok bagian desain bodi, OPPO FInd X5 Pro tampil elegan dengan rancang bangun unibody. Hal ini membuat modul kamera tampak menyatu dengan keseluruhan bodi ponsel. DI bagian bodi belakang, Anda akan menemukan bodi belakang yang terbuat dari keramik. 

Karena berbahan keramik, HP ini dua kali lipat lebih keras dibanding kaca. Bahkan GSM Arena mengatakan HP ini memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap baret. Yang berbeda, produsen mendesain tombol OPPO Find X5 Pro secara terpisah. Ini membuat desainnya hadirkan bodi samping kanan ada tombol power dan samping kiri terdapat tombol volume. 

Untuk penggunaan harian, HP OPPO ini memiliki berat 218 gram. Bobotnya cukup berat untuk sebuah ponsel flagship. Walaupun demikian, berat ini masih terasa wajar mengingat sejumlah fitur yang ditanamkan di HP ini. Untuk dimensi, OPPO Find X5 Pro memiliki punya dimensi 163.7 x 73,9 x 8.8 mm

oppo find x6 pro 2_
Desain OPPO Find X6 Pro

Sementara itu, OPPO Find X6 Pro datang dengan desain yang sungguh berbeda. Smartphone kelas atas ini hadir dengan model bodi belakang berbeda dengan sebuah modul kamera besar berbentuk lingkaran.

Untuk bodinya juga hadir dengan konsep dua warna, dimana bagian atas berwarna putih dan bagian bawah berwarna hijau untuk versi kulit. Ada juga varian warna coklat dan Hitam untuk satu warna bodi saja untuk versi bahan bodi kaca.

OPPO menggunakan bahan bodi kaca dengan lapisan Corning Gorilla 5 dengan rangka aluminium. Desain bodi ini cukup mewah dibanding desain ponsel OPPO lain. Bodi samping hadir dengan konsep melengkung agar ponsel lebih nyaman digenggam. Secara keseluruhan OPPO Find X6 Pro lebih mirip sebuah kamera digital mengingat modul kamera berbentuk lingkaran yang besar.

Secara dimensi, OPPO Find X6 Pro hadir lebih besar dengan ukuran 164.8 x 76.2 x 9.5 mm berikut bobot 218 gram. Dimensi yang tebal dan berat ini, memang mengganggu. Namun, berkat desain bodi samping, ponsel ini tetap nyaman digunakan harian.

Seperti HP flagship pada umumnya, baik OPPO Find X5 Pro dan FInd X6 Pro sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP68. Hal ini meminimalisir kerusakan apabila ponsel terjatuh ke air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

2. Layar Lebar dan Lebih Terang

oppo find x5 pro layar_
Layar OPPO Find X5 Pro

Perbedaan dimensi kedua ponsel otomatis menyebabkan layar yang bisa dipasang juga berbeda ukuran. OPPO Find X5 Pro memiliki layar dengan bentang 6,7 inci, sedangkan ukuran layar OPPO Find X6 Pro berukuran  6,82 inci. Kedua layar sudah disokong resolusi 2K 1440 x 3168 piksel. 

OPPO masih mengandalkan panel AMOLED. Bedanya, OPPO Find X5 Pro memakai panel LTPO2 sedangkan OPPO Find X6 Pro memakai panel LTPO3. Walaupun demikian, kedua layar tetap menampilkan kualitas tampilan, kejernihan, dan warna yang luar biasa memukau.

HP OPPO Find X6 Pro ini diklaim mampu mencapai tingkat kecerahan puncak 2500 nit. Tingkat kecerahan itu lebih tinggi ketimbang yang bisa diraih OPPO Find X5 Pro yang hanya 1300 nit. Ini membuat OPPO Find X6 Pro menjadi salah satu ponsel dengan kecerahan layar tertinggi.

Soal teknologi layar, OPPO menghadirkan refresh rate yang lebih tinggi yakni 120Hz pada kedua ponsel 5G ini. Hal ini membuat pergerakan gambar pada layar terlihat lebih halus.

Kedua layar HP OPPO ini sudah mendukung 18-bit colour dan HDR10+, sehingga tampilan layar kian jernih dan kaya warna. Fitur ini juga akan membuat layar ponsel OPPO memberikan tampilan dengan rentang dinamis yang tinggi.

Bagian layar kedua HP diklaim tidak mudah tergores atau rusak. Hal ini disebabkan OPPO memasang lapisan pelindung Corning Gorilla Victus di OPPO Find X5 Pro dan lapisan pelindung Corning Gorilla Victus 2 di OPPO Find X6 Pro. OPPO mengklaim layar tidak akan rusak meski jatuh dari ketinggian 2 meter.

3. Dapur Pacu Qualcomm Beda Generasi

oppo find x5 pro

Sebagai produsen kelas atas, OPPO berusaha menghadirkan dapur pacu yang kekinian dan performa kencang. Maka dari itu, dalam kedua ponsel OPPO Find series ini sudah ditopang chipset premium dari Qualcomm yang powerful tapi beda generasi.

OPPO Find X5 Pro mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Chipset ini memiliki konfigurasi prosesor octa-core yang terdiri dari 1 unit Kryo Prime berbasis Cortex X2 (3 GHz), tiga inti kinerja tinggi Kryo Gold berbasis Cortex A710 (2,5 GHz) dan 4 inti hemat daya Kryo Silver berbasis Cortex A510 (1,8 GHz). 

Chipset ini kian lancar berkat disokong RAM berjenis LPDDR5 dengan kapasitas 12 GB dan memori internal tipe UFS 3.1 berukuran 256 GB. Cukup disayangkan, OPPO tidak menghadirkan slot microSD di HP ini. Selanjutnya, terpasang kartu pengolah grafis berupa Adreno 730. 

Menurut pengujian yang dilakukan GSM Arena, OPPO Find X5 Pro mendapat skor 1.012.896 untuk AnTuTu 9. Untuk GeekBench 5 mendapat skor 1002 (single-core) dan skor 3433 (multi-core). Dari data ini, tentu performa OPPO Find X5 pro tidak perlu diragukan lagi. Sejumlah game berat seperti Genshin Impact dengan lancar di pengaturan high.

snapdragon 8 gen 2_

Nah, OPPO menghadirkan peningkatan yang cukup mengesankan dalam dapur pacu OPPO Find X6 Pro. Kali ini, OPPO memakai chipset generasi lebih baru, yakni Snapdragon 8 Gen 2. Ini merupakan SoC premium dengan fabrikasi 14nm yang memiliki konfigurasi octa-core, yakni 1 unit Cortex X3 (3,2 GHz), 2 unit Cortex A715 (2,8 GHz), 2 unit Cortex A710 (2,8 GHz) dan 3 inti Cortex A510 (2,0 GHz). 

Selain itu, terdapat GPU Adreno 740 dan RAM 12 GB atau 16 GB LPDDR5 di HP ini. Sedangkan untuk penyimpanan, HP Android  ini memakai memori internal 256 GB atau 512 GB. Sayangnya, sama seperti seri pendahulunya, OPPO tidak menghadirkan slot microSD untuk memori tambahan.

Berdasarkan data dari Nanoreview, OPPO Find X6 Pro mendapat skor AnTuTu 9 1.319.392. Sedangkan menurut pengujian YouTube The Tech Cap, hasil uji GeekBench 6, HP Android 5G ini mendapat skor 1520 (single-core) dan skor 5106 (multi-core). Dari data ini tampak peningkatan dapur pacu OPPO Find X6 Pro sangat signifikan. Anda pun dipastikan bisa bermain game dengan lancar di HP ini.

4. Kamera Telephoto Baru Sensor Besar

oppo find x5 pro telefoto zoom_

Konfigurasi kamera yang digunakan OPPO Find X5 Pro dan Find X6 Pro tidak berbeda jauh. Keduanya memakai tiga kamera belakang yang terdiri atas kamera utama, kamera ultrawide, dan kamera telephoto. Dari ketiga kamera tersebut hanya ada beberapa perbedaan yang membuat kualitas kamera meningkat.

Menengok sektor kamera utama OPPO Find X5 Pro, terdapat kamera utama 50 MP Sony IMX766 dengan bukaan f/1.7. Di kamera utama ini terdapat teknologi Multi Directional PDAF dan OIS. Kamera utama ini sudah didukung stabilisasi 5-axis yang mirip kamera SLR.

Untuk kamera ultrawide, OPPO memakai kamera 50 MP dengan bukaan f/2.2 sudut 110 derajat dengan teknologi OIS dan Multi Directional PDAF. Sedangkan untuk kamera telephoto, OPPO memasang kamera 13 MP IMX 766 bukaan f/2.4 52 mm 2x Optical Zoom dengan teknologi PDAF.

OPPO Find X5 Pro juga dilengkapi dengan chip kamera bernama MariSiliicon X buatan OPPO berkolaborasi dengan Hasselblad. Chip ini kabarnya bisa menampilkan warna yang natural dan akurat. Chip ini juga membuat hasil foto malam hari bisa lebih jelas dan detail.

Hadirnya chip kamera ini membuat Anda bisa merekam video di malam hari dengan resolusi 4K yang minim noise serta detail. Selain itu, HP OPPO Find X5 Pro ini juga bisa merekam video HDR dengan profil warna 20-bit.

Menurut GSM Arena, hasil foto dari mode auto dan mode malam tampak sama-sama detail dan kualitas cukup baik meski minim cahaya. Warna yang ditampilkan juga cukup cerah. Simak hasil foto di bawah ini.

oppo find x5 pro hasil kamera utama_Sumber: Tom's Guide
Hasil foto OPPO Find X5 Pro
oppo find x5 pro hasil kamera mode malam_Sumber: Tom's Guide
Hasil foto OPPO Find X5 Pro

Membedah kekuatan utama OPPO Find X6 Pro, terpasang kamera utama 50 MP Sensor 1 inci Sony IMX 989 dengan bukaan f/1.8. Dalam kamera utama ini terdapat teknologi Multi Directional PDAF, Laser AF, dan OIS. Untuk kamera ultrawide, OPPO memakai kamera 50 MP IMX890 dengan bukaan f/2.2 sudut 110 derajat dengan teknologi OIS dan Multi Directional PDAF.

Peningkatan besar muncul di sektor kamera telephoto-nya. Dalam OPPO Find X6 Pro, kali ini terpasang kamera 50 MP IMX 890 bukaan f/2.6 65 mm 2.8x Optical Zoom dengan teknologi OIS dan Multi Directional PDAF.

Menurut Youtuber The Tech Chap, hasil kamera 3 kamera 50 MP di Find X6 Pro sangat impressive. Hasil fotonya memiliki dynamic range dan tesktur yang detail. Peralihan antar lensa juga cukup halus. Bahkan untuk hasil kamera bokehnya sangat mirip dengan hasil kamera profesional.

Yang menarik, hasil kamera telephoto OPPO FInd X6 Pro ini bisa bersaing dengan hasil dari kamera telephoto Samsung Galaxy S Series. 

Sama seperti OPPO Find X5 Pro, OPPO Find X6 Pro juga dilengkapi dengan chip kamera bernama MariSiliicon X buatan OPPO berkolaborasi dengan Hasselblad. Namun, berkat sokongan prosesor gambar dari Snapdragon dan chip ini, hasil foto Find X6 Pro sangat natural dan mewah. Berikut hasil fotonya.

HASIL KAMERA OPPO FIND X6 PRO 1_
Hasil kamera OPPO Find X6 Pro
hasil kamera oppo find x6 pro 3_
Hasil kamera OPPO Find X6 Pro
hasil kamera oppo find x6 pro 2_
Hasil foto OPPO Find X6 Pro

Menyadari kebutuhan kamera depan yang jernih untuk membuat vlogging. OPPO masih percaya pada kamera selfie resolusi 32 MP dengan bukaan f/2.4 baik di Find X5 Pro dan Find X6 Pro. Adapun kamera selfie OPPO Find X6 Pro memiliki teknologi PDAF.

5. Baterai Sama, Beda Fast Charging

oppo find x5 pro cover thumbnail

Sebagai ponsel flagship, OPPO Find series selalu dibekali baterai yang awet digunakan dan fast charging yang cepat. Dalam hal ini, OPPO Find X5 Pro memakai kapasitas baterai yang umum, yakni 5000 mAh.

Produsen juga menawarkan fitur fast charging 80W dan wireless charging 50W. Dengan teknologi ini, OPPO mengklaim ponsel dapat terisi daya 50% dalam waktu 12 menit saja. Untuk pengisian penuh 100% pun hanya butuh 40 menit saja.

OPPO Find X6 Pro juga masih menggunakan baterai berukuran sama: 5000 mAh. Bedanya, Produsen menghadirkan fast charging 100W. Dengan teknologi ini, OPPO mengklaim ponsel dapat terisi daya 45% dalam waktu 10 menit saja. Untuk pengisian penuh, hanya butuh 30 menit saja.

6. Konektivitas WiFi 7 Vs WiFi 6

wifi 6Sumber: https://www.androidauthority.com/wi-fi-6e-1072589/

Jenis konektivitas yang didukung kedua ponsel mirip-mirip saja. Kedua ponsel sudah mendukung jaringan seluler 5G dan NFC. Namun, generasi Bluetooth yang bisa didukung kedua ponsel sedikit berbeda.

OPPO Find X5 Pro mendukung Bluetooth 5.2 dan OPPO Find X6 Pro punya Bluetooth 5.3. Versi Bluetooth 5.3 mengalami peningkatan efisiensi energi dan pengalaman pengguna maupun pengalaman di aplikasi. 

Sementara di sektor WiFi, OPPO Find X5 Pro mendukung WiFi 6 dan OPPO Find X6 Pro dibekali WiFi 7. Dengan WiFi 7, OPPO FInd X6 Pro bisa mendapat kecepatan transfer data yang lebih tinggi. WiFi ini akan memiliki kecepatan transfer data maksimum 30 Gbps.

7. Android 12 vs Android 13

android 13_

OPPO Find X5 Pro membawa sistem operasi Android 12 dengan antarmuka ColorOS 12.1. Sedangkan OPPO Find X6 Pro dibekali dengan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka ColorOS 13.1. Dalam antarmuka ini, OPPO mencoba menggabungkan sejumlah fitur utama Android 13. Selain itu, antarmuka ini memberikan pengalaman visual yang lebih ringkas dan nyaman.

Simpulan

OPPO FInd X5 Pro menjadi salah satu ponsel flagship yang memiliki desain yang nyaman, performa mumpuni untuk game dan fotografi. Sayangnya, kemampuan pengisian baterai ponsel ini terbilang biasa saja. Selain itu, kecerahan layar HP ini juga terasa kurang terang. 

Nah, dalam OPPO Find X6 Pro terdapat sejumlah peningkatan yang cukup berarti. Ponsel premium ini memiliki layar yang terang di kelasnya, dapur pacu yang digunakan juga kencang. Selain itu, kamera ponsel ini memiliki kamera telephoto dengan jepretan yang jelas dan detail. Dukungan ColorOS terbaru juga membuat pengalaman navigasi smartphone ini kian menyenangkan.

Untuk harga, OPPO Find X5 Pro dipasarkan dengan harga Rp12.200.000 untuk varian 8 RAM dan memori 256 GB. Sedangkan OPPO Find X6 Pro dipasarkan dengan kisaran harga Rp13.000.000.

Bagaimanapun juga OPPO FInd X5 Pro dan Find X6 Pro merupakan salah satu opsi menarik yang punya kemampuan prima di berbagai sektor.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram